Post [HELP] Anak Desain Komunikasi Visual (DKV), Masup Gan!

misi gan, tadinya ini trit ada di forum education, tapi kaga ada yang reply (alias sepi)
ane mau tanya-tanya nih, semoga agan-sista bisa bantu
tahun ini Insya Allah ane udah niat banget mau kuliah ambil jurusan DKV, kebetulan ane demen ngotak-ngatik sotosop
yang ane mau tanya ama agan-sista sekalian itu;
contoh test masuknya kaya gimana gan? terus materi pembelajarannya apa aja? dan prospek ke depannya gimana? peluang kerjanya dimana aja?
satu lagi, ane mau mastiin kalo DKV itu kaga ada pelajaran itung-itungannya, bener kaga gan? (ane benci itung-itungan gan)
(maap gan kalo banyak tanya) mohon masukanya ya agan-sista
kalo emang itu pilihan sesuai hati nurani ya lanjutkan aja gan

setau ane sih DKV kagak ada itungannya. terus tes masuk biasanya sih ada yang disuruh bikin gambar suasana gitu, tergantung uninya juga sih gan.

belajarnya ya tentang warna, bentuk, typografi dan lainnya yang berhubungan sama gambar gambar gitu.

Untuk prospek sih cerah. tergantung yang ngejalaninya juga. Sukses atau nggaknya tergantung individu masing masing

sekian pendapat ane, sori kalo kurang pas, ane anak ekonomi soalnya
ane bantu sundul gan
Enak...

Biasanya tes masuknya di suruh gambar situasi
Trus tes pengetahuan umum.

Hmmm....

Cuma rada capek lahh ngerjain tugasnya,tergantung mental dan kreatifitas...

Pekerjaan setelah lulus?
Lumayanlahhh....



ane anak DKV ITHB Bandung..

jujur,di semester pertama agan bakal dapet matkul Gamtuk (gambar bentuk) nirmana 2D (bermain dengan cat & kuas ) fotdas ( fotografi dasar) dan komputer grafis,

kl di kampus saya, Gamtuk langsung tahap pembelajaran,diawal agan bakal belajar gambar 100% realis,manga,dan sebagainya dianggap sampah,agan harus bisa gambar semirip mungkin..

nirmana , ini matkul yang paling gila di semester 1, bermain dengan kuas,disuruh buat lingkaran,garis dsb. terus dihitemin pake kuas,harus bagus,jgn ada kesalahan,

fotdas, cuma teknik2 foto,tapi diwajibkan punya DSLR,kalau ga bakalan ribet

komgraf, disemester awal agan bakal belajar corel & photoshop,disuruh edit2 foto biasanya,

intinya dalam dkv ntar ada ILUSTRASI,DKV1,2,3,GAMBAR EKSPRESIF,KOMPUTER MULTIMEDIA,FOTODASAR 2&3 sama MKU2 lain,ada juga PSIKOLOGI DASAR,dkv asik,cm bener

jangan sampai sakit,soalnya ane angkatan 2012,sakit brow rasanya di DKV
Ane tkang soto gan,tpi ga kuliah hahaha cma ada yng ngajarin alhamdulilah skarang bisa buat pghasilan...saran blajar autocad 3d,3ds max,ma sotosop .insyaALAH prospeknya bgus..
Quote:Original Posted By qisatria
kalo emang itu pilihan sesuai hati nurani ya lanjutkan aja gan

setau ane sih DKV kagak ada itungannya. terus tes masuk biasanya sih ada yang disuruh bikin gambar suasana gitu, tergantung uninya juga sih gan.

belajarnya ya tentang warna, bentuk, typografi dan lainnya yang berhubungan sama gambar gambar gitu.

Untuk prospek sih cerah. tergantung yang ngejalaninya juga. Sukses atau nggaknya tergantung individu masing masing

sekian pendapat ane, sori kalo kurang pas, ane anak ekonomi soalnya


thanks ya gan masukannya
Quote:Original Posted By .fus.ro.dah.
ane bantu sundul gan


Quote:Original Posted By Pengkhianat
Enak...

Biasanya tes masuknya di suruh gambar situasi
Trus tes pengetahuan umum.

Hmmm....

Cuma rada capek lahh ngerjain tugasnya,tergantung mental dan kreatifitas...

Pekerjaan setelah lulus?
Lumayanlahhh....





gan
mental yang 1000x lebih kuat dari baja, kreatifitas tanpa batas
ane ikut nyimak gan
Quote:Original Posted By Richeza
ane anak DKV ITHB Bandung..

jujur,di semester pertama agan bakal dapet matkul Gamtuk (gambar bentuk) nirmana 2D (bermain dengan cat & kuas ) fotdas ( fotografi dasar) dan komputer grafis,

kl di kampus saya, Gamtuk langsung tahap pembelajaran,diawal agan bakal belajar gambar 100% realis,manga,dan sebagainya dianggap sampah,agan harus bisa gambar semirip mungkin..

nirmana , ini matkul yang paling gila di semester 1, bermain dengan kuas,disuruh buat lingkaran,garis dsb. terus dihitemin pake kuas,harus bagus,jgn ada kesalahan,

fotdas, cuma teknik2 foto,tapi diwajibkan punya DSLR,kalau ga bakalan ribet

komgraf, disemester awal agan bakal belajar corel & photoshop,disuruh edit2 foto biasanya,

intinya dalam dkv ntar ada ILUSTRASI,DKV1,2,3,GAMBAR EKSPRESIF,KOMPUTER MULTIMEDIA,FOTODASAR 2&3 sama MKU2 lain,ada juga PSIKOLOGI DASAR,dkv asik,cm bener

jangan sampai sakit,soalnya ane angkatan 2012,sakit brow rasanya di DKV


DSLR ya? ane kaga punya gan
kalo di semester 1 ane sedikit lebihnya tau gan soalnya ane dulu bantuin temennya temen ane ngerjain tugasnya, lumayan buat nambah uang saku

ane cuma bingung ama DSLRnya doang gan
anak DKV kbanyakan maen 3dmax & corel draw, jarang pakek sotosop
tugas bejibun, ga ada waktu buat maen

belum beli alat alatnya, mahal cokkkk
Quote:Original Posted By Revolutionbegin
anak DKV kbanyakan maen 3dmax & corel draw, jarang pakek sotosop
tugas bejibun, ga ada waktu buat maen

belum beli alat alatnya, mahal cokkkk


kayanya buat agan DKV itu mengerikan ya?
tapi tetep, tekat ane udah bulet gan!
semangART!!!
Quote:Original Posted By semut025
ane ikut nyimak gan


monggo gan disimak
Quote:DSLR ya? ane kaga punya gan
kalo di semester 1 ane sedikit lebihnya tau gan soalnya ane dulu bantuin temennya temen ane ngerjain tugasnya, lumayan buat nambah uang saku

ane cuma bingung ama DSLRnya doang gan


iya,pasti pake DSLR untuk tugas Fotografi,nah disitu gw jg punya temen yg gaada DSLR,terpaksa minjem2 atau numpang waktu temen2 hunting,agak ngerepotin sih

terus bener itu kata sista diatas,anak dkv pada akhirnya jarang pake photoshop,kebanyakan pasti corel,adobe premiere dan ilustrator,

sok kl ada yg mau ditanyain lagi gan
ane bukan anak dkv nih gan
Quote:Original Posted By Richeza


iya,pasti pake DSLR untuk tugas Fotografi,nah disitu gw jg punya temen yg gaada DSLR,terpaksa minjem2 atau numpang waktu temen2 hunting,agak ngerepotin sih

terus bener itu kata sista diatas,anak dkv pada akhirnya jarang pake photoshop,kebanyakan pasti corel,adobe premiere dan ilustrator,

sok kl ada yg mau ditanyain lagi gan


oh gitu ya gan, nanti ane usahain deh beli DSLR
katanya, kalo udah nyampe semester 4 keatas kita disuruh milih 1 jalur yang kita suka ya gan? misal agan minat di fotografi, agan seriusin dibidang fotografi. emang iya gan?
terus menurut agan, yang paling susah jadi anak DKV itu di lempengan mana gan?
gan mau tanya sekalian dong jurusan dkv itu harus dr ipa ya?
Quote:Original Posted By binkssake


oh gitu ya gan, nanti ane usahain deh beli DSLR
katanya, kalo udah nyampe semester 4 keatas kita disuruh milih 1 jalur yang kita suka ya gan? misal agan minat di fotografi, agan seriusin dibidang fotografi. emang iya gan?
terus menurut agan, yang paling susah jadi anak DKV itu di lempengan mana gan?



sebenarnya bukan milih 1 jalur,tapi kaya lebih memfokuskan kemana,soalnya pada akhirnya agan bakal menguasai banyak hal di DKV,tapi juga bakal fokus ke 1 hal,bisa ke fotografi,editing,freehand manual,ataupun kerja di kantoran..

cape tugas gan,soalnya gaakan ada hari tanpa tugas,itu udah terbukti di semua DKV,intinya saran paling bener ni kl masuk dkv

JANGAN PERNAH NUMPUK TUGAS!
Quote:Original Posted By Fulldreamt0paz
gan mau tanya sekalian dong jurusan dkv itu harus dr ipa ya?


ga harus dari IPA,tapi ada sebagian universitas yang ada jurusan dkv,kalau agan dari IPA,ntar biasanya gaada tes PU ( pengetahuan umum,kyk matematika dll,padahal gapenting jg :s ) kalau anak IPA langsung test bahasa inggris sama ngegambar biasanya..

biasanya ya..
tp memang gadiwajibkan kok..