KASKUS

Bahaya lho gan.. Tidur dengan KIPAS ANGIN!

Quote:


Quote:Indonesia memang memiliki iklim yang cukup panas. Meskipun di malam hari, kita akan tetap merasa gerah sehingga banyak yang menggunakan kipas angin untuk mengurangi hawa panas. Pilihan menggunakan kipas angin saat tidur adalah pilihan yang umum. Kipas angin seolah-olah membuat kita tertidur dengan rasa nyaman karena hembusan anginnya. Tidak hanya anak-anak yang cenderung tidak betah dengan suhu panas, melainkan juga orang dewasa yang cenderung selalu berkeringat saat berada di udara gerah nan panas. Tetapi ternyata kebiasaan tidur dengan kipas angin memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Jika kipas angin langsung mengarah tepat ke wajah, Anda bisa kesulitan bernapas. Hal ini disebabkan kurangnya kandungan oksigen dalam sel darah karena sedikitnya jumlah oksigen yang masuk ke dalam tubuh. Akibatnya, organ-organ dalam tubuh tidak dapat bekerja secara maksimal. Parahnya lagi, jika Anda tidur dengan menggunakan kipas angin tanpa adanya ventilasi dan sirkulasi udara yang cukup. Hembusan kipas angin di dalam ruangan yang tertutup seperti itu mampu menyebabkan seseorang mati lemas karena minimnya oksigen yang dapat dihirup oleh tubuh kita, ditambah dengan udara yang tidak segar terperangkap di dalam ruangan tersebut karena tidak adanya perputaran udara yang cukup. Sebagai informasi untuk Anda, hembusan yang dihasilkan oleh kipas angin mampu membuat suhu tubuh kita menurun drastis karena sebenarnya saat orang sedang tertidur, suhu tubuhnya akan menurun dengan sendirinya, begitu juga dengan tekanan darah dan sistem pernapasannya. Hal ini akan fatal akibatnya bagi jantung dan paru-paru. Kedua organ ini sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia, bukan? Menurunnya suhu tubuh, tekanan darah dan sistem pernapasan akan membuat kinerja kedua organ ini menjadi terganggu. Hentikan kebiasaan buruk ini agar kesehatan tetap terjaga dan kualitas hidup tidak menurun. Memang sulit tertidur dengan cuaca yang panas dan gerah namun kamu bisa melakukannya secara perlahan. Anda boleh menggunakan kipas angin saat tidur, hanya saja cobalah untuk menghadapkan kipas angin ke arah yang lain sehingga tidak langsung mengarah ke tubuh. Jarak kipas angin dengan tempat tidur Anda jangan terlalu dekat. Pastikan bahwa kamar Anda memiliki ventilasi yang cukup sebab ventilasi yang baik akan membuat kamar jadi lebih dingin dan sirkulasi udaranya menjadi lebih bagus bagi kesehatan.

Quote:Jadi kesimpulan dari dampak negatif kipas angin yaitu,
  • Membuat suhu tubuh tidak stabil

Saat kita tidur sebenarnya suhu tubuh akan menurun, jika kita tidur sambil menyalakan kipas angin atau AC itu berarti suhu tubuh kita akan lebih menurunkan suhunya hingga drastis. Kalian tau hal yang berlebihan itu tidaklah bagus.

  • Sistem pernapasan terganggu

Menurunnya suhu tubuh yang ekstrim akan membuat sistem pernapasan kita terganggu, jika pernapasan terganggu maka dapat diketahui sendiri akiabatnya, akibatnya akan sangat fatal.

  • Kekurangan oksigen

Gaya model rumah modern akhir-akhir ini semua didesain serba tertutup rapat, apabila anda menyalakan kipas saat tidur dengan kamar yang tertutup rapat bisa jadi anda akan kekurangan oksigen.


Parah juga ya gan

Lalu bagaimana mengatasinya?
Ini sedikit tipsnya gan


Quote:Tips
Untuk mencegah sesak napas karena membiarkan kipas angin dan AC menyala sepanjang malam, setel timer 15-30 menit saat mulai beranjak tidur. Selain itu arah angin pada kipas harus diputar agar angin yang menarah ke tubuh kita tidak terlalu besar.

Kalau memang bisa tidur karena terlalu gerah, menyalakan kipas angin dengan keadaan pintu kamar yang dibiarkan terbuka. Tujuannya adalah untuk menghindari kejenuhan karbondioksida dalam ruangan dan sirkulasi udara dapat berfungsi dengan baik.
Quote:Original Posted By Login13
Tambahan gan, dari gru ane blg sama seperti apa yg TS bilang. Ada cara lain lagi yg lebih bisa membuat nyaman, kata guru ane sediakan air di baskom atau ember, setelah itu taroh dikamar. Ntar kipas yg kita nyalakan jgn langsung di arahkan ke kita, arahkan aja ke ember ato baskom yg di isi air. Ntar rasanya di kamar kayak make AC gan, adem adem gitu

Quote:Original Posted By BieasCulture
kalo menurut ane sih, boleh pake kipas. ane juga termasuk pengguna kipas.
1. jarak kipas dengan tempat tidur di atur senyaman mungkin jangan terlalu deket juga.
2. kalo bisa kipas harus muter biar sirkulasi nya ga terlalu sumpek.
3. kondisi buttonya di pertengahan aja. button 2 yang angin nya sedang" saja,
4. dan taro posisi jgn terlalu deket kepala dan kaki. tengah" aja
5. kalo bisa ruangan dirawat biar ga berdebu. bahaya kalo ruangan berdebu pake kipas, apalagi kalo kipasnnya kenceng. maintain kipas nya 2 minggu sekali.
*quote ane : pake kipas tanpa baling" kayanya unik.

quotepenting : please agan" buat yg make Ac, jangan pake AC, yang buat lapisan ozon tipis itu gara AC . jadi makin panas nanti bumi kita, perkiraan suhu bumi tiap beberapa tahun naik. bayangin aja 1 rumah 1 AC. ane abis dpt pencerahan dr dosen ane tentang AC soal nya. *ini sekedar saran


Kalo TS sih mendingan pake exhaust fan aja cukup

Update! info dari agan agan
Spoiler for info:


Quote:Tinggalkan cendol bila berkenan

Sumber

Official Thread of phiiers
betul....... kalo di biasakan dari keci,, perutnya jadi buncit.
kalo ane bukan sesek napas gan

bersin" 2 hari 2 malam iya dah
ane suka pake kipas,,, tp ga di arahin lgs..
Quote:
  • Sistem pernapasan terganggu

Menurunnya suhu tubuh yang ekstrim akan membuat sistem pernapasan kita terganggu, jika pernapasan terganggu maka dapat diketahui sendiri akiabatnya, akibatnya akan sangat fatal.

pantesan akhir" ini ane sering sesak napas
ane tinggal di daerah yang udah dingin gan
jadi ga pernah pake kipas angin
ane pake AC gan
Gk contack lngsung jg kali -_- kipasnya..
masa sampai segitunya gan
Ngeri juga ya
ane gak punya kipas angin atau AC
ane sering tuh gan
Quote:Original Posted By kutubutara
ane suka pake kipas,,, tp ga di arahin lgs..

sama gan kipas dibelokan aja
enakan tidur pake blower gan
AC juga bahaya neh gan
ane mlh nonstop pake kipas gan
ane udah gak pake untungnya
Quote:Original Posted By sontoloyo.ente
ane mlh nonstop pake kipas gan


sama gan
untung nya ane gak suka pake kipas angin gan soalnya biar irit biaya listrik di rumah
serem juga yah untung ane jarang pake kipas angin
pantesan aja ane sering kebangun gara-gara gabisa nafas kayak kehabisan oksigen gitu