KASKUS

10 Fakta Menarik Tentang Negara Jepang

10 Fakta Menarik Tentang Negara Jepang


Quote:
Spoiler for No Repost:

Jangan Lupa Rate & Bagi Cendolnya



Quote:
Quote:Tentang Negara Jepang
Jepang adalah sebuah negara kepulauan di Asia Timur. Letaknya di ujung barat Samudra Pasifik, di sebelah timur Laut Jepang, dan bertetangga dengan Republik Rakyat Cina, Korea, dan Rusia. Pulau-pulau paling utara berada di Laut Okhotsk, dan wilayah paling selatan berupa kelompok pulau-pulau kecil di Laut Cina Timur, tepatnya di sebelah selatan Okinawa yang bertetangga dengan Taiwan.

Jepang terdiri dari 6.852 pulau yang membuatnya merupakan suatu kepulauan. Pulau-pulau utama dari utara ke selatan adalah Hokkaido, Honshu (pulau terbesar), Shikoku, dan Kyushu. Sekitar 97% wilayah daratan Jepang berada di keempat pulau terbesarnya. Sebagian besar pulau di Jepang bergunung-gunung, dan sebagian di antaranya merupakan gunung berapi. Gunung tertinggi di Jepang adalah Gunung Fuji yang merupakan sebuah gunung berapi. Penduduk Jepang berjumlah 128 juta orang, dan berada di peringkat ke-10 negara berpenduduk terbanyak di dunia. Tokyo secara de facto adalah ibu kota Jepang, dan berkedudukan sebagai sebuah prefektur. Tokyo Raya adalah sebutan untuk Tokyo dan beberapa kota yang berada di prefektur sekelilingnya. Sebagai daerah metropolitan terluas di dunia, Tokyo Raya berpenduduk lebih dari 30 juta orang.

Menurut mitologi tradisional, Jepang didirikan oleh Kaisar Jimmu pada abad ke-7 SM. Kaisar Jimmu memulai mata rantai monarki Jepang yang tidak terputus hingga kini. Meskipun begitu, sepanjang sejarahnya, untuk kebanyakan masa kekuatan sebenarnya berada di tangan anggota-anggota istana, shogun, pihak militer, dan memasuki zaman modern, di tangan perdana menteri. Menurut Konstitusi Jepang tahun 1947, Jepang adalah negara monarki konstitusional di bawah pimpinan Kaisar Jepang dan Parlemen Jepang.

Sebagai negara maju di bidang ekonomi, Jepang memiliki produk domestik bruto terbesar nomor dua setelah Amerika Serikat, dan masuk dalam urutan tiga besar dalam keseimbangan kemampuan berbelanja. Jepang adalah anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa, G8, OECD, dan APEC. Jepang memiliki kekuatan militer yang memadai lengkap dengan sistem pertahanan moderen seperti AEGIS serta suat armada besar kapal perusak. Dalam perdagangan luar negeri, Jepang berada di peringkat ke-4 negara pengekspor terbesar dan peringkat ke-6 negara pengimpor terbesar di dunia. Sebagai negara maju, penduduk Jepang memiliki standar hidup yang tinggi (peringkat ke-8 dalam Indeks Pembangunan Manusia) dan angka harapan hidup tertinggi di dunia menurut perkiraan PBB. Dalam bidang teknologi, Jepang adalah negara maju di bidang telekomunikasi, permesinan, dan robotika.

Pendidikan
Pendidikan dasar dan menengah, serta pendidikan tinggi diperkenalkan di Jepang pada 1872 sebagai hasil Restorasi Meiji. Sejak 1947, program wajib belajar di Jepang mewajibkan setiap warga negara untuk untuk bersekolah selama 9 tahun di Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama (dari usia 6 hingga 15 tahun). Di kalangan penduduk berusia 15 tahun ke atas, tingkat melek huruf sebesar 99%, laki-laki: 99%; perempuan: 99% (2002).

Hampir semua murid meneruskan ke Sekolah Menengah Atas, dan menurut MEXT sekitar 75,9% lulusan sekolah menengah atas pada tahun 2005 melanjutkan ke universitas, akademi, sekolah keterampilan, atau lembaga pendidikan tinggi lainnya. Pendidikan di Jepang sangat kompetitif,[106] khususnya dalam ujian masuk perguruan tinggi. Dua peringkat teratas universitas di Jepang ditempati oleh Universitas Tokyo dan Universitas Keio. Dalam peringkat yang disusun Program Penilaian Pelajar Internasional dari OECD, pengetahuan dan keterampilan anak Jepang berusia 15 tahun berada di peringkat nomor enam terbaik di dunia.

Peringkat Internasional

▪ Indeks Pembangunan Manusia - peringkat ke-8 dan 3 besar di Asia
▪ Indeks Kebebasan Pers - peringkat ke-11
▪ PDB - peringkat ke-2
▪ Indeks Kualitas Hidup - peringkat ke-17
▪ Indeks Persepsi Korupsi - peringkat ke-17
▪ Indeks Kebebasan Ekonomi - peringkat ke-17
▪ Laporan Daya Saing Global - peringkat ke-7
▪ Peringkat dunia FIFA - peringkat 23
▪ Total Perdagangan Internasioanl - peringkat 2


Nah, inilah hal-hal menarik dari negeri sakura Jepang :

Quote:1. Sejarah Berdirinya Jepang
Spoiler for :

Menurut mitologi tradisional, Jepang didirikan oleh Kaisar Jimmu pada abad ke-7 SM. Kaisar Jimmu memulai mata rantai monarki Jepang yang tidak terputus hingga kini. Meskipun begitu, sepanjang sejarahnya, untuk kebanyakan masa kekuatan sebenarnya berada di tangan anggota-anggota istana, shogun, pihak militer, dan memasuki zaman modern, di tangan perdana menteri. Menurut Konstitusi Jepang tahun 1947, Jepang adalah negara monarki konstitusional di bawah pimpinan Kaisar Jepang dan Parlemen Jepang.


Quote:2. Jepang Negerinya Pekerja Keras
Spoiler for :

Sudah menjadi rahasia umum bahwa bangsa Jepang adalah pekerja keras. Rata-rata jam kerja pegawai di Jepang adalah 2450 jam/tahun, sangat tinggi dibandingkan dengan Amerika (1957 jam/tahun), Inggris (1911 jam/tahun), Jerman (1870 jam/tahun), dan Perancis (1680 jam/tahun). Seorang pegawai di Jepang bisa menghasilkan sebuah mobil dalam 9 hari, sedangkan pegawai di negara lain memerlukan 47 hari untuk membuat mobil yang bernilai sama. Seorang pekerja Jepang boleh dikatakan bisa melakukan pekerjaan yang biasanya dikerjakan oleh 5-6 orang. Pulang cepat adalah sesuatu yang boleh dikatakan “agak memalukan” di Jepang, dan menandakan bahwa pegawai tersebut termasuk “yang tidak dibutuhkan” oleh perusahaan.


Quote:3. Perkembangan Ekonomi Jepang yang Pesat
Spoiler for :

Jepang adalah perekonomian terbesar nomor dua di dunia setelah Amerika Serikat, Jepang bersama Jerman dan Korea Selatan adalah 3 negara yang pernah mencatatkan diri sebagai negara-negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat sepanjang sejarah dunia, dengan PDB nominal sekitar AS$4,5 triliun. dan perekonomian terbesar ke-3 di dunia setelah AS dan Republik Rakyat Cina dalam keseimbangan kemampuan berbelanja. Industri utama Jepang adalah sektor perbankan, asuransi, realestat, bisnis eceran, transportasi, telekomunikasi, dan konstruksi. Jepang memiliki industri berteknologi tinggi di bidang otomotif, elektronik, mesin perkakas, baja dan logam non-besi, perkapalan, industri kimia, tekstil, dan pengolahan makanan. Sebesar tiga perempat dari produk domestik bruto Jepang berasal dari sektor jasa.

Quote:4. Keunikan Bahasa Jepang
Spoiler for :

Lebih dari 99% penduduk Jepang berbicara bahasa Jepang sebagai bahasa ibu. Bahasa Jepang adalah bahasa aglutinatif dengan tuturan hormat (kata honorifik) yang mencerminkan hirarki dalam masyarakat Jepang. Pemilihan kata kerja dan kosa kata menunjukkan status pembicara dan pendengar. Menurut kamus bahasa Jepang Shinsen-kokugojiten, kosa kata dari Cina berjumlah sekitar 49,1% dari kosa kata keseluruhan, kata-kata asli Jepang hanya 33,8% dan kata serapan sekitar 8,8%.Bahasa Jepang ditulis memakai aksara kanji, hiragana, dan katakana, ditambah huruf Latin dan penulisan angka Arab. Bahasa Ryukyu yang juga termasuk salah satu keluarga bahasa Japonik dipakai orang Okinawa, tapi hanya sedikit dipelajari anak-anak. Bahasa Ainu adalah bahasa mati dengan hanya sedikit penutur asli yang sudah berusia lanjut di Hokkaido. Murid sekolah negeri dan swasta di Jepang hanya diharuskan belajar bahasa Jepang dan bahasa Inggris.


Quote:5. Orang Jepang Lebih Memilih Hewan Peliharaan
Spoiler for :

Industri hewan peliharaan di Jepang diperkirakan bernilai lebih dari ¥1 triliun (atau sekitar Rp. 100 triliun) per tahun. Dari toko yang menjual hewan, toko makanan dan aksesoris, tempat pemandian air panas bersama hewan, kelas yoga bersama hewan, studio foto khusus hewan, sampai restoran dimana anjing dan kucing boleh makan bersama di meja makan, semuanya tersedia disini. stagnasi ekonomi Jepang telah memukul banyak orang. Lebih dari 10 juta orang berusia antara 20 dan 34 tahun masih tinggal dengan orangtua mereka. Mereka tidak mampu untuk membeli atau mengontrak rumah sendiri, mereka tidak mampu untuk menikah dan memulai sebuah keluarga. jadi memelihara hewan merupakan salah satu solusi paling masuk akal disini. Bagi orang kaya, hewan peliharaan tidak cerewet, tidak merengek, dan tidak menangis-nangis, cocok untuk menjadi teman bermain kapan saja. Bagi orang yang berpenghasilan pas-pasan, hewan tidak terlalu mahal dan tidak ribet untuk dipelihara.
Lanjutan...
Quote:6. Keistimewaan Bunga Sakura Bagi Rakyat Jepang
Spoiler for :

Bunga sakura merupakan bunga nasional jepang, oleh sebab itu jepang di kenal sebagai negri sakura. jepang dan bunga mungilnya ini menjadi dua hal yang sulit di lepaskan. Bunga mungil ini telah mengisi semua aspek kehidupan dan mengalir dalam darah masyarakat jepang. keberadaannya sangat penting karna telah merasuki kalbu semua orang jepang. Saking pentingnya ada festival dan ada ke meriahan menyambut kehadiran sang bunga mungil, cantik, dan bersahaja tersebut.


Quote:7. Keunikan Sumo Olahraga Nasional Jepang
Spoiler for :

Sumo adalah olahraga asli Jepang dan sudah dipertandingkan sejak berabad-abad yang lalu. Sumo adalah olahraga saling dorong antara dua orang pesumo yang berbadan gemuk sampai salah seorang didorong keluar dari lingkaran atau terjatuh dengan bagian badan selain telapak kaki menyentuh tanah di bagian dalam lingkaran. Pesumo (rikishi) perlu berbadan besar dan gemuk karena semakin tambun seorang pegulat sumo semakin besar pula kemungkinannya untuk menang. Pertandingan sumo selalu didahului oleh ritual yang panjang, walaupun pertandingannya sendiri sering hanya berlangsung beberapa detik. Pegulat yang kalah kuat bisa cepat sekali terdorong keluar dari lingkaran atau terjatuh, sedangkan pertandingan yang seimbang bisa berlangsung sampai beberapa menit. Pegulat sumo yang mempunyai lingkar perut besar dan tubuh yang gemuk mempunyai kemungkinan besar untuk menang, walaupun kadang-kadang pegulat yang lebih kecil tapi memiliki teknik luar biasa bisa mengalahkan pegulat yang lebih gemuk.


Quote:8. Ninja
Spoiler for :

Jika kita membicarakan tentang jepang pasti tidak ketinggalan yang satu ini yaitu ninja. Ninja atau Shinobi (dalam bahasa Jepang, secara harfiah berarti "Seseorang yang bergerak secara rahasia") adalah seorang mata - mata zaman feodal di Jepang yang terlatih dalam seni ninjutsu (secara kasarnya "seni pergerakan sunyi") Jepang. Ninja, seperti samurai, mematuhi peraturan khas mereka sendiri, yang disebut ninpo. Menurut sebagian pengamat ninjutsu, keahlian seorang ninja bukanlah pembunuhan tetapi penyusupan. Ninja berasal dari bahasa Jepang yang berbunyi nin yang artinya menyusup. Jadi, keahlian khusus seorang ninja adalah menyusup dengan atau tanpa suara. Filosofi ninja adalah meraih hasil maksimal dengan tenaga minimum. Muslihat dan taktik lebih sering dilakukan daripada konfrontasi langsung. Ninja tidak memiliki status mulia seperti samurai, sehingga ninja bebas melakukan apapun untuk mengatasi masalah tanpa terikat oleh nama baik keluarga dan kehormatan.


Quote:9. Kepopuleran Anime Jepang
Spoiler for :

Salah satu yang ciri khas yang menonjol dari jepang ialah serial kartunya (anime) sangat populer bukan hanya di jepang saja tapi sudah sangat terkenal di dunia. Anime adalah animasi khas Jepang, yang biasanya dicirikan melalui gambar-gambar berwarna-warni yang menampilkan tokoh-tokoh dalam berbagai macam lokasi dan cerita, yang ditujukan pada beragam jenis penonton. Anime dipengaruhi gaya gambar manga, komik khas Jepang. Anime pertama yang mencapai kepopuleran yang luas Astro Boy karya Ozamu Tezuka pada tahun 1963. Sekarang anime sudah sangat berkembang jika dibandingkan dengan anime zaman dulu. Dengan grafik yang sudah berkembang sampai alur cerita yang lebih menarik dan seru. Masyarakat Jepang sangat antusias menonton anime dan membaca manga. Dari anak-anak sampai orang dewasa. Mereka menganggap, anime itu sebagai bagian dari kehidupan mereka.


Quote:10. Kepercayaan Masyarakat Jepang Terhadap Mithologi Sangat Tinggi
Spoiler for :

Sebagai masyarakat yang hidup negara maju hampir di segala bidang baik teknologi, ekonomi, budaya dll. ternyata masyarakat jepang masih memiliki kepercayaan mengenai hal-hal yang berbau mistik (Mithologi). ini terbukti begitu banyaknya mithologi dari jepang yang telah tersebar luas di dunia maya. semisal mithologi terbentuknya jepang melalui izanami dan izanagi yang menikah dan melahirkan pulau2 di jepang, mithologi hantu seperti oni, serta mahluk mithologi paling terkenal dari jepang yaitu kappa.


Quote:SUMBER


Terima Kasih Atas Kunjungannya

Semoga Bermanfaat & Bisa Menambah Pengetahuan

ane kok berasa dejavu nih
contoh negara hebat, udah makmur tapi tak lupa dengan kebudayaan leluhur...
Sepertinya ane lebih tertarik sama videonya gan, hush hush hush, video drama jepang maksudnyaaa, wakakkaka
pengen bgt gan hidup di jepang
tp mahal bgt gaaaaaaaaaaaan
sorry kalo OOT
patut di contoh negara kita tuh
wah kerennnn... Jepang emang dah
wuih keren nih, jepang
sebuah negeri yang sampe sekarang baru bisa jadi impian bwt ane...
sumo tuh gila ya badannya wkwkkw
Quote:Original Posted By KontesForex
wuih keren nih, jepang
sebuah negeri yang sampe sekarang baru bisa jadi impian bwt ane...



ane jga mau ksana gan pengen bgt
panjang juga gan tritnya. ijin baca2 dolo gan
Quote:Original Posted By H1796
contoh negara hebat, udah makmur tapi tak lupa dengan kebudayaan leluhur...


Quote:Original Posted By pepnomur
patut di contoh negara kita tuh


mantap gan,negara kita juga harus gitu ya

Quote:Original Posted By angelinadesu
wah kerennnn... Jepang emang dah


Quote:Original Posted By KontesForex
wuih keren nih, jepang
sebuah negeri yang sampe sekarang baru bisa jadi impian bwt ane...


Jepang emang keren banget gan,banyak hal menarik disana. Tapi di Indonesia juga banyak kok yang menarik
sepi amat ya
jepang emg unik2 ye gan..apalagi dua bisnis terbesarnya yang notabene menghasilkan devisa negara terbesar..beuuuuh...
cita2 ane gan klo misalnya ane udah kerja dan punya banyak duit nih ane mau kejepang,ane demen bgt liat pemandangan disna,demen sama makanannya juga,thx udah shared gan
Quote:Original Posted By lukz41
jepang emg unik2 ye gan..apalagi dua bisnis terbesarnya yang notabene menghasilkan devisa negara terbesar..beuuuuh...


keren banget gan

Quote:Original Posted By deritalo99
cita2 ane gan klo misalnya ane udah kerja dan punya banyak duit nih ane mau kejepang,ane demen bgt liat pemandangan disna,demen sama makanannya juga,thx udah shared gan


sama2 gan,semoga info ini bermanfaat ya
Dingin gan di jepang...
×