KASKUS

Peristiwa Bojongkokosan

halo agan-agan sekalian
berhubung ane orang Sukabumi, ane mau cerita tentang salah satu perjuangan rakyat Sukabumi melawan tentara sekutu pasca Proklamasi Kemerdekaan...
semoga ngga , soalnya pas ane cari belum ada yang buat trit ini ternyata...

cekidot ya gan





Peristiwa Bojongkokosan merupakan awal dari serangan-serangan yang disusun oleh TKR (Tentara Keamanan Rakyat) Letkol Eddie Soekardi dalam menghadang konvoi-konvoi yang dibawa tentara sekutu Inggris-Belanda ketika melewati jalur Ciawi-Sukabumi-Cianjur.

Pertempuran tersebut terjadi pada tanggal 9 Desember 1945 sampai dengan 12 Desember 1945. Awalnya konvoi-konvoi sekutu tersebut membawa bahan makanan dan kebutuhan lainnya untuk tawanan para penjajah yang berada di Bandung. Namun TKR mulai menyadari bahwa yang dibawa konvoi tersebut tidak hanya bahan makanan melainkan persenjataan yang digunakan sekutu untuk memperkuat pertahanannya di Bandung.

Saat itu dikabarkan akan ada 2 tank yang akan melewati Bojongkokosan, namun selang beberapa waktu kemudian dikabarkan kembali ternyata yang datang tidak hanya 2 buah tank melainkan konvoi yang dikawal oleh 1 batalyon serdadu sekutu, tank-tank sherman, sejumlah kendaraan berlapis baja dan barisan truk-truk yang diselang-seling oleh kendaraan brencarrier.
Mengetahui hal itu, Letkol Eddy Sukardi memerintahkan para pejuang untuk menyerang konvoi-konvoi tersebut di Bojongkokosan ketika tank-tank yang memimpin konvoi terkena rintangan dan ranjau darat yang dibuat para pejuang sebelumnya. Sekutu Inggris pun membalas serangan para pejuang Sukabumi dengan kekuatan persenjataan yang lebih canggih.

Setelah 2 jam pertempuran, pejuang Sukabumi di daerah Bojongkokosan kehabisan amunisi dan untungnya berhasil mundur karena turunnya hujan dan kabut di daerah tersebut. Namun penghadangan dan penyerangan konvoi masih dilakukan di sepanjang jalan setelah Bojongkokosan seperti Cibadak, Cikukulu hingga terakhir di kota Sukabumi.

Konvoi sekutu tersebut akhirnya sampai di Bandung pada tanggal 12 Desember 1945 dengan keadaan babak belur. Mengetahui hal tersebut, Inggris merasa terancam dan panik, Sebagai rasa balas dendam, pada tanggal 10 Desember 1945 Inggris melancarkan serangan bom ke Cibadak melalui udara oleh pasukan udara Kerajaan Inggris, Royal Air Force (RAF). Serangan udara ini meyebabkan beberapa desa di daerah Cibadak luluh lantak, bahkan tercatat sebagai serangan udara terdahsyat dalam peperangan di Jawa (Doulton, 1951:284 The Fighting Cock).

Meskipun terkena serangan udara yang dahsyat, pejuang Sukabumi tidak menyerah dan melancarkan penyerangan dan penghadangan terhadap konvoi sekutu yang terjadi kembali pada 10 Maret 1946 sampai 14 Maret 1946.

Sayangnya meskipun sudah dibangun Situs Museum Palagan Bojongkokosan sejak tahun 1992, peristiwa ini tidak begitu dikenal masyarakat luas terutama masyarakat di luar Sukabumi. Padahal peristiwa ini memengaruhi peristiwa-peristiwa lain di Indonesia seperti peristiwa Bandung Lautan Api pada tanggal 24 Maret 1946.

===================================
nah ini nih gan monumen peringatannya
tepatnya strategis di pinggir jalan banget gan
di Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi

Spoiler for Monumen:


btw, di belakang monumen ini ada museumnya juga gan, isinya diorama yang menceritakan peristiwa Bojongkokosan, udah ane post di bawah ya gan.
Kalo agan bosen, disana bisa maen outbond juga gan

terima kasih sudah menyimak
Ini diorama-diorama dari museum yang ane poto, maaf gan potonya gelap2

Spoiler for diorama 1:


Spoiler for diorama 2:


Spoiler for diorama 3:


Spoiler for diorama 4:


Spoiler for diorama 5:


Spoiler for diorama 6:


Spoiler for diorama 7:
Ini yg keluar bogor kearah sukabumi setelah pabrik yong jin bukan? Dulu gw sering lewat situ, sampai akhirnya mampir sekali, liat tanknya penasaran, tembpatnya bagus, cukup terawat tapi dari luar agak tersembunyi ya gan
Dulu waktu ane sd sampai smp kelas 1 , lom ada palagan nya gan , yg ada tank baja yg di parkir sebelah kanan jalan arah jakarta, agak scary2 juga sih kalau malem lewat sana
Quote:Original Posted By gundul_ijo
Ini yg keluar bogor kearah sukabumi setelah pabrik yong jin bukan? Dulu gw sering lewat situ, sampai akhirnya mampir sekali, liat tanknya penasaran, tembpatnya bagus, cukup terawat tapi dari luar agak tersembunyi ya gan


di dalemnya ada museum juga gan isinya diorama kejadiannya...
cuman sayang nih ruang pamernya udah terlalu tua keliatannya, harusnya sih dipugar.
Quote:Original Posted By thefalcon
Dulu waktu ane sd sampai smp kelas 1 , lom ada palagan nya gan , yg ada tank baja yg di parkir sebelah kanan jalan arah jakarta, agak scary2 juga sih kalau malem lewat sana


agak serem pas bagian tebingnya gan...haha
btw palagan & museumnya dibangun tahun 92-an katanya gan
Baru denger Peristiwa Bojongkokosan , apa ada foto-foto tentang peristiwa ini
hihihi...gw asli jabar, tapi baru tau ada peristiwa bojongkokosan...

thanks infonya gan
Kalo ini ane tau bgt gan lokasinya di prung kuda.
Gan, foto mobil ringsek pas dibelokan kenpa gak dimasukin jg? (masih ada gk sih?)
Quote:Original Posted By thefalcon
Dulu waktu ane sd sampai smp kelas 1 , lom ada palagan nya gan , yg ada tank baja yg di parkir sebelah kanan jalan arah jakarta, agak scary2 juga sih kalau malem lewat sana

dulu malah akhir 70 awal 80an lebih serem lagi tanknya ditaro gitu aja di semak semak. kebetulan kenal dengan keluarga Pak Edi.

ane kok baru tahu yg ini ya,,? :O
gak banyak yg tau nih
banyak yang gak tau tuh gan, terlalu di jejeli ama cerita perjuangan di daerah lain.
Quote:Original Posted By bretpitt

dulu malah akhir 70 awal 80an lebih serem lagi tanknya ditaro gitu aja di semak semak. kebetulan kenal dengan keluarga Pak Edi.



wah ane baru tau gan ...
sayangnya tank-nya ini udah hilang gan, dipreteli sama orang2 jahil ,sayang banget padahal itu saksi bisu sejarah.
yang tersisa cuma Panser Wagon nya aja

wah agan masih ketemu sama beliau? setau ane, beliau sekarang udah pindah ke Bandung, dulu sih di Sukabumi rumahnya.
Quote:Original Posted By Stand_Alone13
Kalo ini ane tau bgt gan lokasinya di prung kuda.
Gan, foto mobil ringsek pas dibelokan kenpa gak dimasukin jg? (masih ada gk sih?)


hahahaa
yg mobil ancur itu ga ada hubungannya sama Peristiwa-nya gan
itu yg buat Polda di daerah itu, soalnya sering ada kecelakaan disitu
Waktu SMP Guru sejarah ane mewajibkan semua siswa untuk dateng ke museum Palagan situ gan
wah dioramanya bagus juga, tapi biasanya ada penampakan disana
iya gan nice share ane baru tau sebelum peristiwa bandung lautan api udah ada peristiwa boj
ongkosan yang mempengaruhi peristiwa peristiwa bersejarah di negeri kita ini gan
Quote:Original Posted By eliaszachmetha
ane kok baru tahu yg ini ya,,? :O


emang gan.. orang orang pada lupa sama sejarah bojong kokosan
orang sukabumi aja cuma beberapa yang tau, soalnya museumnya kecil banget, trus isinya dikit dan gak terawat gan..
dimonumennya jg banyak coret coretannya, orang orang pada kesitu cuma buat pacaran dll

bangsa yang hebat adalah bangsa yang menghargai sejarahnya
Miris gan, bangunan2 museum dah pada reyot, malah ada salah satu patung monumen yg patah, padahal ini peristiwa besar pasca kemerdekaan, apa kabarnya Bandung kalau ga ada penghadangan di Bojong Kokosan.