landword2002Avatar border
TS
landword2002
Mesin Motor Injeksi mati ketika jatuh, lalu bagaimana ketika menikung tajam ???




Ada saja pendapat orang awam tentang mesin injeksi yang katanya ribetlah, mogokanlah, lelet/lemotlah, dan lain-lain.

Ada juga toh temen NP yang bilang kalau motor iinjeksi jatoh bakal mati mesinnya dan gak bisa hidup lagi kalau gak diservice.

Seperti Kita semua ketahui Motor dengan sistem Injeksi memiliki banyak sensor . .. salah satunya adalah sensor kemiringan motor atau di sistem PGM Fi nya Honda disebut BANK ANGLE SENSORkalau di Yamaha biasa dikenal dengan LEAN ANGLE SENSOR. Fungsi sensor ini adalah memerintahkan ECU motor untuk menyetop aktifitas percikan bbm oleh Injektor saat motor berada pada kemiringan yang ditentukan. Kenapa harus dihentikan? Ada alasan keamanannya sob . . . supaya semprotan bahan bakar nggak terus-terusan terjadi.



Ok sekarang Kita kenalan dulu dengan sensornya . .. Bank Angle sensor berlaku seperti bandul dengan poros di tengah (lihat gambar di atas) , nah posisi cincin pemberatnya berada selalu pada titik terendah karena adanya tarikan gaya Gravitasi bumi



Saat Motor normal berdiri . . .posisi atas-bawah sensor akan sama dengan posisi atas-bawah motor atau boleh dibilang posisinya sejajar sehingga tidak ada sudut yang dibuat keduanya




ketika motor terjatuh maka posisi atas-bawah sessor akan tegak lurus dengan posisi atas-bawah motor. Sehingga boleh dibilang membentuk sudut 90 derajat . . . nah dapat dipastikan injektor akan dimatikan oleh ecu karena ecu mendapat sinyal bahwa cincin logam bertemu dengan pelat yang ada di samping (lihat gambar di atas) .



Nah Gimana saat menikung rebah di sirkuit? . . . saat menikung, Bank Angle Sensor selain dipengaruhi oleh gaya Gravitasi Bumi juga dipengaruhi gaya sentripetal akibat aksi menikungnya motor di tikungan . . . nah gaya sentripetal inilah yang menahan bandul bank angle sensor untuk miring dan membentuk sudut . . . atau boleh dikata saat motor berjalan dan miring rebah di tikungan, Posisi atas-bawah bandul sensor akan sejajar atau paling tidak hanya membentuk sudut kecil dengan posisi atas-bawah motor . . . sehingga ECU tidak diperintahkan mematikan Injektor, dan mesin motor pun akan tetap menyala normal.

Nah itulah sebabnya ketika motor injeksi jatuh mesin akan langsung mati, akan tetapi bagaimana juga saat kita menikung tajam juga kenapa mesin tidak mati. Untuk itu ketika motor jatuh kadang-kadang susah hidup ketika langsung di starter, caranya begini ciiiww “ matikan kontak sebentar kemudian nyalakan kembali maka pompa injector akan memproses seperti mulai kita start awal, memompa lagi ”. Cirinya biasanya ada seperti suara getaran kecil di sekitar tangki bahan bakar.

jadi kira-kira begitu penjelasannya, jadi jangan takut pakai motor injeksi ciiw. Semoga berguna
0
31.2K
68
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan