[berita sepi]Fatwa MUI: Haram untuk Dimakan, Bekicot Boleh untuk Obat & Kosmetik!

Fatwa MUI: Haram untuk Dimakan, Bekicot Boleh untuk Obat & Kosmetik!

akarta - Majelis Ulama Indonesia (MUI) sudah memutuskan bahwa bekicot haram untuk dikonsumsi. Tapi, bekicot diperbolehkan digunakan untuk produk non pangan. Seperti obat dan kosmetik.

"Pemanfaatan bekicot untuk kepentingan non-pangan, seperti untuk obat dan kosmetika luar, hukumnya mubah, sepanjang bermanfaat dan tidak membahayakan," kata Sekretaris Komisi Fatwa MUI Asrorun Niam saat berbincang, Rabu (20/3/2013).

Doktor hukum Islam yang akrab disapa Niam ini menyampaikan, bahwa fatwa ini akan menjadi landasan bagi LPPOM MUI sebagai pedoman dalam melakukan sertifikasi halal produk terkait.

"Agar setiap muslim dan pihak-pihak yang memerlukan dapat mengetahuinya, mengimbau semua pihak untuk menyebarluaskan fatwa ini," jelasnya.

Sebelumnya MUI menegaskan soal fatwa mengenai bekicot yang haram dikonsumsi. Selain itu juga haram membudidayakan bekicot untuk kepentinan konsumsi.

(ndr/trq)
sumber

bekicot haram ingat !!
emang ada yang demen makan bekicot ya? :
Dasarnya apa nih? Sate bekicot sudah lama ada, kok tiba2 muncul fatwa ini? Ada alasan kesehatan atau medisnya?
Kalo ngomongin haram, dalilnya dong...... biar kita-kita jadi pinter ga cuma taklid buta.

Kaidahnya kan, apapun jenis makanan baik dari hewan atau tumbuhan hukum asalnya halal kecuali ada dalil yang mengharamkannya
Quote:Original Posted By silverbenk
emang ada yang demen makan bekicot ya? :


yg di lapindo tiap pagi makan gan
dasarnya haram apa ya ?

tapi ini haram cuma untuk bekicot kan ?
kalo keong sawah/tutut halal dong ?
jangan2 keong juga haram?
kasian tu sinta dan jojo bearti haram dong
Quote:Original Posted By marpeler


yg di lapindo tiap pagi makan gan

Jangan2 MUI terima duit dari dagumen utk menyerang korban lumpur Lapindo? Seingat gw yg dimakan para korban lumpur keong deh.
Urusan bekicot ini agak rumit. Soalnya beberapa mazhab memiliki pendapat yg berbeda ttg hukum memakan bekicot. Ada yg haram, ada yg makruh.

Utk hati2, ya sebaiknya gak usah makan. Tapi kalo kepengen banget, ya gak papa kali biar gak penasaran ama rasanya.

Aseeek.


Quote:Original Posted By silverbenk
emang ada yang demen makan bekicot ya? :

Ane dulu bikin sate bekicot dimakan sendiri.
Enak kok.


Kalo budidaya bekicot buat diekspor ke eropa untuk konsumsi tapir,
haram gak ya?
ada yang tahu haramnya kenapa
Lah, kok haram buat pangan?
Kata teman ane yg ngerti agama dan sering ikut pengajian2 itu bekicot tidak haram tapi kalo jijik maka baru disebut haram, ini kok terang - terangan bilang haram?
Setau ane yg haram itu binatang buas yg bertaring, burung berkuku tajam seperti elang, trus hewan yg hidup dalam dua alam
Emang bekicot itu hidup di dua alam ya?
kalo ada fee/saham 10% bisa koq jadi halal..
Nah, itu ada yang bingung juga. Bekicot amfibi bukan sih? *seriusnanya*
Dan memangnya bisa ya halal haram untuk sebuah barang setengah-setengah kayak gini? Kalo kayak babi kan haram ya haram semua untuk semua produk turunannya. Vaksin mengandung babi aja udah pada ribut-ribut sekampung.
kayaknya di alqoran gak ada
Quote:Original Posted By lionheartrizal
Lah, kok haram buat pangan?
Kata teman ane yg ngerti agama dan sering ikut pengajian2 itu bekicot tidak haram tapi kalo jijik maka baru disebut haram, ini kok terang - terangan bilang haram?
Setau ane yg haram itu binatang buas yg bertaring, burung berkuku tajam seperti elang, trus hewan yg hidup dalam dua alam
Emang bekicot itu hidup di dua alam ya?


Hewan yg hidup di dua alam haram? Apa dalilnya bro? Kayaknya ini hoax yg akut deh.
Trus definisi "hidup di dua alam" itu apa?
Katak haram, iya. Tapi sebabnya bukan karena "hidup di dua alam".
Ada mazhab yg membolehkan makan katak.

Aseeek.
Quote:Original Posted By widya poetra



Ane dulu bikin sate bekicot dimakan sendiri.
Enak kok.


Kalo budidaya bekicot buat diekspor ke eropa untuk konsumsi tapir,
haram gak ya?



Konsumsi tapir ???
Bukannya bekicot makanan favorit di Prancis ya ?
Quote:Original Posted By emperasanko

Jangan2 MUI terima duit dari dagumen utk menyerang korban lumpur Lapindo? Seingat gw yg dimakan para korban lumpur keong deh.


jgn menyebar fitnah gan

Quote:Original Posted By lionheartrizal
Lah, kok haram buat pangan?
Kata teman ane yg ngerti agama dan sering ikut pengajian2 itu bekicot tidak haram tapi kalo jijik maka baru disebut haram, ini kok terang - terangan bilang haram?
Setau ane yg haram itu binatang buas yg bertaring, burung berkuku tajam seperti elang, trus hewan yg hidup dalam dua alam
Emang bekicot itu hidup di dua alam ya?

Bekicot sama dengan katak gan bisa hidup di2 alam(bisa hidup di darat dan bisa hidup di air)