Thumbs up Kekuatan Militer Indonesia setara Amerika. Tapi Mutu Pendidikan Terendah di Dunia

Quote:
Spoiler for Alhamdulillah jadi HT :):


Quote:Indonesia adalah salah satu negara dengan militer terbesar dan terkuat di dunia. “Jika SBY yang berstatement begitu, itu bisa dipastikan HOAX. Tapi kalo Bung Soekarno yang mengeluakan statement tersebut, itu adalah kenyataan. Dulu Indonesia adalah negara yang sangat disegani dan ditakuti oleh negara-negara lain termasuk negara sekelas Amerika Serikat.
Gak percaya baca artikel inis sob!

Spoiler for Soekarno:


Saat era presiden Sukarno, kekuatan militer Indonesia adalah salah satu yang terbesar dan terkuat di dunia. Saat itu, bahkan kekuatan Belanda sudah tidak sebanding dengan Indonesia, dan Amerika sangat khawatir dengan perkembangan kekuatan militer kita yang didukung besar-besaran oleh teknologi terbaru Uni Sovyet.

Spoiler for KRI Irian tempoe doeloe:


Spoiler for KRI Irian sekarang:


Berkat kedekatan Indonesia dengan Sovyet, maka Indonesia mendapatkan bantuan besar-besaran kekuatan armada laut dan udara militer termaju di dunia dengan nilai raksasa, US$ 2.5 milyar. Saat itu, kekuatan militer Indonesia menjadi yang terkuat di seluruh belahan bumi selatan.
Ini adalah salah satu kapal perang terbesar dan tercepat di dunia buatan Sovyet dari kelas Sverdlov, dengan 12 meriam raksasa kaliber 6 inchi.
Ini adalah KRI Irian, dengan bobot raksasa 16.640 ton dengan awak sebesar 1270 orang termasuk 60 perwira. Sovyet, tidak pernah sekalipun memberikan kapal sekuat ini pada bangsa lain manapun, kecuali Indonesia. (kapal-kapal terbaru Indonesia sekarang dari kelas Sigma hanya berbobot 1600 ton).Indonesia juga memiliki armada 26 pembom jarak jauh strategis Tu-16 Tupolev (Badger A dan B). Ini membuat Indonesia menjadi salah satu dari hanya 4 bangsa di dunia yang mempunyai pembom strategis, yaitu Amerika, Rusia, dan Inggris. Pangkalannya terletak di Lapangan Udara Iswahyudi, Surabaya.Bahkan China dan Australia pun belum memiliki pesawat pembom strategis seperti ini. Pembom ini juga dilengkapi berbagai peralatan elektronik canggih dan rudal khusus anti kapal perang AS-1 Kennel, yang daya ledaknya bisa dengan mudah menenggelamkan kapal-kapal tempur Barat.


Militer Indonesia Saat Ini

Militer Indonesia sesungguhnya mampu menandingi kekuatan Militer Amerika & Russia tetapi Kekuatan militer kita tidak didukung oleh Alutsista yang memadai. Jika kita sedikit membuka mata kita maka akan terlihat beberapa kelebihan negara kita ketimbang kedua negara Super Power tersebut, ini dia kelebihan tersebut :

Pasukan Khusus

Pasukan khusus kita ( KOPASSUS ) mampu unggul mutlak atas pasukan khusus kedua negara Super Power tersebut seperti FSB Spetsnaz, Russia & Navy Seal Amerika, Tim Kopassus yang pernah Juara 1 dalam Asian Pasific Sniper Championship ini mampu mengalahkan tim Navy Seal Amerika saat mereka latihan bersama 2 tahun yang lalu. Navy Seal ditantang melawan Kopasus dengan hanya menggunakan senjata Uzi saja, Kopassus pun demikian. Maka yang terjadi adalah Kopassus membuat Navy Seal seperti kumpulan Bocah Pramuka. Sedangkan untuk perbandingan antara Kopasus dengan Spetsnaz Russia sudah bisa Dilihat dari peringkat dunia Pasukan Khusus terbaik di dunia yang dirilis oleh Discovery Channel Millitary pada Tahun 2008 lalu.

Spoiler for pasukan khusus:


SEKELUMIT PRESTASI KOPASSUS

KOPASSUS juara satu sniper dalam pertemuan Pasukan Elite Asia Pasific Desember 2006. Dengan hanya mengandalkan senjata buatan Pindad! Nomor 2-nya SAS Australia.

KOPASSUS menempati urutan 2 (dari 35) dalam hal keberhasilan dan kesuksesan operasi militer (intelijen - pergerakan - penyusupan - penindakan) pada pertemuan Elite Forces in Tactical, Deployment and Assault di Wina Austria. Nomor satunya Delta Force USA.
Negara-negara afrika utara hingga barat sekarang memiliki acuan teknik pembentukan dan pelatihan pasukan elite mereka. 80% pelatih mereka dari perwira-perwira KOPASSUS.

Pasukan Paspampres Kamboja adalah pasukan Elit yang di latih oleh KOPASSUS.
Pada perang Vietnam, para tentara Vietkong meniru strategy KOPASSUS dalam berperang melawan Amerika Serikat yang mengakibatkan kekalahan Pasukan Amerika yang mempunyai persenjatan canggih dan lengkap. Kekalahan ini membuat Amerika serikat malu di mata dunia.

KOPASSUS terlibat dalam operasi pembebasan sandera dalam pesawat Garuda Airline Woyla pada tahun 1981.
Tim Indonesia (KOPASSUS, WANADRI, MAPALA UI, dan FPTI) mendaki puncak Gunung Everest dan berhasil menjejaki kakinya di puncak tertinggi dunia itu di tahun 1997. Pendakian tersebut pun menjadikan Negara Indonesia sebagai negara pertama di Asia Tenggara yang menjejaki puncak Gunung Everest.

Indonesia dengan Jumlah Angkatan bersenjata saat ini mencapai 129.731.000 memang mampu mengungguli Russia yang hanya mempunyai pasukan sebanyak 69.117.217 , tapi masih kalah dengan Amerika yang mempunyai pasukan sekitar 145.212.017 yang tersebar di pangkalan Amerika Serikat di Seluruh dunia. meskipun kalah jumlah pasukan dengan Amerika, angkatan bersenjata Indonesia lebih unggul dalam hal pertahanan individu pasukan.

Kita tahu bahwa kondisi geografis Indonesia beraneka macam dengan suhu yang lumayan ekstrim mulai dari suhu yang amat panas sampai suhu beku yang berada di Puncak gunung Jayawijaya membuat prajurit Indonesia yang berlatih keras mampu beradaptasi dalam berbagai kondisi dan cuaca. berbeda dengan prajurit Amerika & Russia yang mempunyai kondisi wilayah yang di dominasi suhu dingin. Sebagai contoh adalah pasukan perdamaian Indonesia di Lebanon yaitu Kontingen Garuda XXIII/A yang mampu berpatroli dengan berjalan kaki sejauh 31 Km pada suhu 39' derajat, sedangkan pasukan Amerika ketika ekspansi militer ke Afghanistan tidak akan mampu berjalan lebih dari 12 Km pada suhu negara tersebut yang mencapai 41' derajat celcius tanpa bantuan dari kendarat angkut APC maupun kendaraan lainnya.


Pendidikan Indonesia Terendah di Dunia









Sistem pendidikan Indonesia menempati peringkat terendah di dunia. Berdasarkan tabel liga global yang diterbitkan oleh firma pendidikan Pearson, sistem pendidikan Indonesia berada di posisi terbawah bersama Meksiko dan Brasil. Tempat pertama dan kedua ditempati Finlandia dan Korea Selatan, sementara Inggris menempati posisi keenam.
Peringkat itu memadukan hasil tes internasional dan data, seperti tingkat kelulusan antara tahun 2006 dan 2010. Sir Michael Barber, penasihat pendidikan utama Pearson, mengatakan, peringkat disusun berdasarkan keberhasilan negara-negara memberikan status tinggi pada guru dan memiliki “budaya” pendidikan.

Kompetisi global

Dua kekuatan utama pendidikan adalah Finlandia dan Korea Selatan, lalu diikuti oleh tiga negara di Asia, yaitu Hongkong, Jepang, dan Singapura.
Inggris yang dianggap sebagai sistem tunggal juga dinilai sebagai “di atas rata-rata”, lebih baik daripada Belanda, Selandia Baru, Kanada, dan Irlandia. Keempat negara itu juga berada di atas kelompok peringkat menengah termasuk Amerika Serikat, Jerman, dan Perancis.

Kualitas guru


Laporan itu juga menekankan pentingnya guru berkualitas tinggi dan perlunya mencari cara untuk merekrut staf terbaik. Hal ini meliputi status dan rasa hormat serta besaran gaji.
Peringkat itu menunjukkan bahwa tidak ada rantai penghubung jelas antara gaji tinggi dan performa yang lebih baik. Dan ada pula konsekuensi ekonomi langsung atas sistem pendidikan performa tinggi atau rendah, kata studi itu, terutama di ekonomi berbasis keterampilan dan global. Namun, tidak ada keterangan yang jelas mengenai pengaruh manajemen sekolah dengan peringkat pendidikan.
Peringkat untuk tingkat sekolah menunjukkan bahwa Finlandia dan Korea Selatan memiliki pilihan tingkat sekolah terendah. Namun, Singapura yang merupakan negara dengan performa tinggi memiliki tingkat tertinggi.

Dengan kondisi militer dan pendidikan Indonesia yang terbalik saat ini, mampukah Indonesia bangkit dan menjadi negara maju. Jutaan hasil alam [SDA] yang melimpah dan tidak terbatas sama sekali tidak berimbang dengan mutu SDM [Sumber Daya Manusia] yang sangat-sangat terbatas.

Jangankan berfikir untuk menjadi negara yang bisa menyaingi Amerika, untuk menghapuskan kemiskinan saja masih sangat susah.

Quote:Seberapa pedulikah kita terhadap bangsa ini?

Spoiler for sumber:

http://www.beritakaget.com/berita/39...-di-dunia.html


Quote:Thread ini memang tidak didukung oleh sumber yang benar-benar valid.
sebab berasal dari beberapa blog bukan website resmi maupun sumber yang bisa dijadikan acuan.

Namun, alangkah lebih bijaknya jika kita bisa menanggapi thread ini dengan dewasa, dan menjadikan hal-hal yang dibahas diatas sebagai motivasi untuk ktia melakukan perubahan dan melahirkan ide-ide baru untuk Indonesia yang lebih baik lagi kedepan.

Salam kaskus
Salam Indonesia

Smile 

miris banget gan,

btw, nice thread
militer indonesia setara amerika?
http://en.wikipedia.org/wiki/List_of...rization_Index
di sini cuma peringkat 96 dibawah laos 95
USA 31

mutu pendidikan terendah di dunia?
http://en.wikipedia.org/wiki/Education_Index
disini memang peringkat 104 kalah sama afrika selatan di 102
tapi bukan yg terendah

sumber berita dari web news yg baru/ga terkenal dan blog ga jelas biasanya ngasih berita yg sensational,berlebihan,cenderung sampah.
supaya ada yg tertarik buat baca.


indonesia memang masih caur, dari segi manapun dari sospolekbudhankamnnya.
tapi kalo sampe terendah mah lebay, inferioritas kompleks amat sih.
silahkan tinggal di timor leste kalo ngangep indonesia ancur abis

Quote:Original Posted By atjehcyber.net
miris banget gan,

btw, nice thread


thank's vote & apresiasinya gan,

ya memang inilah faktanya gan, ketika pemerintah sibuk mengurusi kehidupan pribadinya tanpa memperdulikan apa yang akan terjadi kedepan selepas masa jabatan mereka, yang mereka tau kan cuma jadi pejabat, terus korupsi sebanyak-banyaknya, hehe
Quote:Original Posted By Rasuna
militer indonesia setara amerika?
http://en.wikipedia.org/wiki/List_of...rization_Index
di sini cuma peringkat 96 dibawah laos 95
USA 31

mutu pendidikan terendah di dunia?
http://en.wikipedia.org/wiki/Education_Index
disini memang peringkat 104 kalah sama afrika selatan di 102
tapi bukan yg terendah

sumber berita dari web news yg baru/ga terkenal dan blog ga jelas biasanya ngasih berita yg sensational,berlebihan,cenderung sampah.
supaya ada yg tertarik buat baca.


indonesia memang masih caur, dari segi manapun dari sospolekbudhankamnnya.
tapi kalo sampe terendah mah lebay, inferioritas kompleks amat sih.
silahkan tinggal di timor leste kalo ngangep indonesia ancur abis



wajar gan, dari sumber yang berbeda dan tanggal update yang berbeda, yang penting artikel ini bertujuan untuk mengetuk hati kita agar lebih peduli terhadap bangsa ini, bukan soal sumbernya, hehe.

thank's udah mampir gan
Zaman sekarang sekolah & kuliah memang sengaja dibuat mahal untuk mengakomodasi anak2 koruptor. Karena bayar uang sekolahnya pake uang harap, diharapkan akan melahirkan generasi koruptor.

mejeng pejwan deh calon di trit calon HT.
ane bantu rate aje ya masih abu abu soalnya
kalau ditelaah lebih lanjut
dari sisi militer ya nggak bisa dibilang setara gan, masih jauh tertinggalnya
mereka punya kapal induk berapa, kita belum ada kapal induk

kalau maksud dari thread ini adalah mengetuk soal kwalitas pendidikan mungkin agak kurang tepat kalau yang dijadikan compare-nya dengan militer
apalagi kalau kedua bidang tersebut disandingkan dengan negara pulisi dunia

Spoiler for "Jual Bantal Jok Mobil":
mending masukin Lounge aje gan

Belanda mang takut, tapi klau saat itu Operasi Djajawijaja JADI dijalankan, maka Indo cuma punya "ONE WAY TICKET" aja
karena >70% kekuatan ALutsista dikerahkan untuk FIRST Strike, dan bilamana ada Counter Strike dr Belanda/sekutunya kita yg habis2an karena gk punya resource persenjataan lagi
bisa2 mungkin juga maksud hati mo merebut West Papua apa daya Maluku dan sebagian Sulawesi malah direbut dan diduduki Belanda/allied kembali

masalah KRI Irian, kita dapet India juga dikasih
TU-16, kita dapet Mesir juga diberi
jadi nothing spesial ah

Bahkan knapa gak dimasukkan C-130B Herkules ? Indo adalah juga negara PERTAMA yang "dipercaya" memilikinya diluar Amerika, bahkan justru dengan adanya si Herky ini memuluskan infiltran sukwan/ti dan Passus TNI mendarat disana karena nih Herky bisa terbang tinggi diatas jangkauan radar dan pesawat pemburu Belanda sendiri makanya seringkali lolos dr sergapan.
Quote:Original Posted By Bleido
Zaman sekarang sekolah & kuliah memang sengaja dibuat mahal untuk mengakomodasi anak2 koruptor. Karena bayar uang sekolahnya pake uang harap, diharapkan akan melahirkan generasi koruptor.



kurang lebih seperti itu gan, hehe.

miris memang, melihat kondisi moral pemerintah yang makin hancur,

bukannya lebih baik
jadi miris ane bacanya. tapi setara ma amerika kayanya engga deh orang kalo perang ma malaysia aja kita bisa jadi kalah
hah setara dari mananya gan, amerika cukup kirim satu kapal induk ke indonesia trus serang pangkalan2 udara di penjuru indonesia pake pesawat ato tomahawk, udah kita gk bs ngapa-ngapain deh cuma nongkrong smbil rokokan
TS nya pernah ikut ujian nasional ??

di negara2 barat gak ada ujian nasional....
share ttg militernya :

setau ane yang diadopsi oeh vietkong adalah teknik gerilya jaman kemerdekaan..yang dibukukan Jend AH Nasution..klo ga salah judulnya teknik gerilya (nie buku ane denger jadi santapan akademi militer dunia)..


klo ngomng pendidikan..yah..mau gimana gan..klo berharap dari pemerintah bisa aja..kendalanya..adalah sampah2 yang ada di birokrasi negara kita...

sayangnya pajak kita cuma buat gaji sampah2 itu
TSnya kaget dengan mutu kualitas pendidikan indonesia, gimana nggak kaget, lha dana pendidikan di indonesia kan lumayan besar, tapi begitu sampai di tingkat desa, cuma cukup buat beli buku, nggak mampu buat menggaji guru dan pembenahan infrasturktur sekolah
Kekuatan Militer personel benar kita tidak kalah dengan US,tpi kalau untuk persenjataan,kita kalaah jauh dengan US,fakta dan ga bisa dipungkiri..
Kalau pendidikan,kita jgn bilang org yg ga mampu sekolah dlu..secara org yg bisa sekolah aja males2an,tawuran,bolos dll..
Lebih byk org yg ga punya kemauaan dri yg punya,rata2 seh yg males itu malah org yg bisa dan mampu sekolah,yg ga mampu itu malah punya tekad kuat,yah walau ga smuanya..
berasa baca trid di lounge
jagoan malingshit lah masuk perbatasan aje berani
indo mah jago nya berantem antar kampung doang
sama koar koar dah
makanya ayo dong pada kompak..
data personel militernya ngawur tuh... personel angkata bersenjata kita(TNI) gk sampai ratusan juta orang, cuma 300.000an personil, amerika sekitar 2jt an....
klo bikin tulisan datanya harus valid donk bro... jgn asal...
cm kritik membangun. thanx