- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Sharing Seputar Kemacetan di Indonesia


TS
nybegynner
Sharing Seputar Kemacetan di Indonesia
Halo agan2 ane masih nubi bgt nih
pengen sharing aja ttg Kemacetan yg ane dapet dari kuliah.. karena menarik menurut ane kuliahnya dan lumayan menambah wawasan. berdasarkan kuliah yang ane dpt sebenarnya para ahli di negara kita udah punya rencana yg bagus tapi pelaksanaannya yg sangat sulit, ribet, memakan waktu yg lama. Ini lah gambaran umum dari kuliah ttg kemacetan yg ane dapet.
pertama kita bahas dulu mengenai dampak kemacetan
terus kita bahas mengenai penyebab kemacetan gan
stelah akibat dan sebabnya, sekarang mari bahas mengenai solusi
Kendaraan pribadi semakin tinggi solusinya bukanlah dengan menyediakan fasilitas seperti melebarkan jalan, selain sangat mahal, melebarkan jalan hanya akan menarik orang untuk menggunakan kendaraan pribadi, akibatnya akan tambah banyak lg penggunaan kendaraan pribadi -> tambah macet.
jadi seharusnya adalah dengan memperbaiki pelayanan angkutan massal sehingga pengguna kendaraan pribadi tertarik untuk berpindah ke angkutan massal tsb (private to public)
OK solusinya adalah angkutan massal yang memadai, kenapa angkutan massal?
lalu kita bahas lagi jenis angkutan massal yang bagaimana yang cocok buat Indonesia
MRT dan BRT (busway)
Memang MRT bisa mengangkut penumpang yang berkali2 lipat lebih banyak dari busway (BRT). Tetapi dengan kondisi negara kita perlu dipertimbangkan dengan membandingkan MRT dan BRT:
Dari perbandingan di atas bisa disimpulkan kalo BRT (busway) adalah angkutan yang paling optimum buat Indonesia iya kan agan-agan?
Nah kita kan udah punya busway tuh tapi masih sangat buruk pelayanannya. Ane pernah naik busway biar baru sekali
dan sangat terasa tidak nyaman. Coba liat dari berbagai sisi:
Biaya: udah murah sih
Waktu: wah ini sangat tidak memuhi ga tau kapan bus berikutnya dateng dan ga tau kapan kebagian naik bus
Keamanan: tidak aman, rawan tindak kriminal
Kanyamanan: tidak nyaman panas, berdesak2an dsb.
lalu bagaimanakah BRT (busway) yang baik?
Kita bisa lihat contoh2nya dari negara lain yang udah berhasil dengan BRT nya 
Begitulah busway yg baik agan2 hehe
Dan dari kuliah, ane juga jadi tau ternyata udah ada rencana utk memperbaiki sistem busway kita salah satunya desain station GOR Sumantri yang baru, mungkin agan2 ada yg lebih tau.
Dan satu (atau dua
) lagi agan2, untuk angkutan massal kita harus perhatikan yang namanya pedestrian! Angkutan umum tdkdoor to door spt kend pribadi, tp perlu akses menuju terminal. Jadi Area pejalan kaki harus nyaman buat para pengguna. Selain itu juga bike sharing sangat oke untuk mengcover area2 tujuan dan asal sebelum ke terminal tp harus disertai teknologi canggih sehingga dapat terawasi, agar mencegah pencurian
. Lagi2 lebih baik kita liat contohnya di luar negeri . 
kalo udah begini sistem angkutan massalnya baru deh bisa dilakukan upaya lain utk mengurangi penggunaan kend pribadi, misal yg plat ganjil genap itu, tarif parkir dimahalin dsb. Kalo yang paling ekstrim yg ane tau dari kul itu, di Singapura gan sangat mahal kalo mau beli mobil baru, usia kendaran dibatasi 6 tahun saja, setelah 6 tahun si pemilik bertanggung jawab sendiri menghancurkan mobilnya dan biayanya pasti sangat mahal.
Nah kalo angkutan massal udah bisa melayani masyarakat dengan baik, murah, cepat, aman, nyaman. Sedangkan kendaraan pribadi lebih mahal, parkir mahal dll. Dengan sendirinya masyarakat akan berpindah dari private ke public, dan kemacetan pun akan jauh berkurang
Itulah sebagian dari materi kuliah ane, sebenarnya di negara kita masih angat banyak masalah juga seperti masalah subsidi BBM, mudahnya dapetin SIM, pelaku pangendara tidak disiplin, hukum dan sanksi tidak berjalan baik dll
Memang sulit dan rumit sekali tapi tidak ada salahnya punya mimpi kan gan

maaf berantakan ya gan
nubi bgt ni bukan nubi ajah 
Sumber: materi kuliah oleh dosen ane

Spoiler for macet:
pertama kita bahas dulu mengenai dampak kemacetan

Spoiler for dampak:
terus kita bahas mengenai penyebab kemacetan gan

Spoiler for penyebab:
stelah akibat dan sebabnya, sekarang mari bahas mengenai solusi

Kendaraan pribadi semakin tinggi solusinya bukanlah dengan menyediakan fasilitas seperti melebarkan jalan, selain sangat mahal, melebarkan jalan hanya akan menarik orang untuk menggunakan kendaraan pribadi, akibatnya akan tambah banyak lg penggunaan kendaraan pribadi -> tambah macet.
jadi seharusnya adalah dengan memperbaiki pelayanan angkutan massal sehingga pengguna kendaraan pribadi tertarik untuk berpindah ke angkutan massal tsb (private to public)
Spoiler for perlu diingat !!!:
OK solusinya adalah angkutan massal yang memadai, kenapa angkutan massal?

Spoiler for perbandingan:
lalu kita bahas lagi jenis angkutan massal yang bagaimana yang cocok buat Indonesia

MRT dan BRT (busway)

Memang MRT bisa mengangkut penumpang yang berkali2 lipat lebih banyak dari busway (BRT). Tetapi dengan kondisi negara kita perlu dipertimbangkan dengan membandingkan MRT dan BRT:
Spoiler for MRT atau BRT?:
Dari perbandingan di atas bisa disimpulkan kalo BRT (busway) adalah angkutan yang paling optimum buat Indonesia iya kan agan-agan?

Nah kita kan udah punya busway tuh tapi masih sangat buruk pelayanannya. Ane pernah naik busway biar baru sekali

Biaya: udah murah sih

Waktu: wah ini sangat tidak memuhi ga tau kapan bus berikutnya dateng dan ga tau kapan kebagian naik bus

Keamanan: tidak aman, rawan tindak kriminal

Kanyamanan: tidak nyaman panas, berdesak2an dsb.

lalu bagaimanakah BRT (busway) yang baik?


Spoiler for cina:
Begitulah busway yg baik agan2 hehe

Dan dari kuliah, ane juga jadi tau ternyata udah ada rencana utk memperbaiki sistem busway kita salah satunya desain station GOR Sumantri yang baru, mungkin agan2 ada yg lebih tau.
Dan satu (atau dua



Spoiler for pedestrian dan bike sharing:
kalo udah begini sistem angkutan massalnya baru deh bisa dilakukan upaya lain utk mengurangi penggunaan kend pribadi, misal yg plat ganjil genap itu, tarif parkir dimahalin dsb. Kalo yang paling ekstrim yg ane tau dari kul itu, di Singapura gan sangat mahal kalo mau beli mobil baru, usia kendaran dibatasi 6 tahun saja, setelah 6 tahun si pemilik bertanggung jawab sendiri menghancurkan mobilnya dan biayanya pasti sangat mahal.
Nah kalo angkutan massal udah bisa melayani masyarakat dengan baik, murah, cepat, aman, nyaman. Sedangkan kendaraan pribadi lebih mahal, parkir mahal dll. Dengan sendirinya masyarakat akan berpindah dari private ke public, dan kemacetan pun akan jauh berkurang

Spoiler for nyaman..:
Itulah sebagian dari materi kuliah ane, sebenarnya di negara kita masih angat banyak masalah juga seperti masalah subsidi BBM, mudahnya dapetin SIM, pelaku pangendara tidak disiplin, hukum dan sanksi tidak berjalan baik dll




maaf berantakan ya gan



Sumber: materi kuliah oleh dosen ane

Diubah oleh nybegynner 18-03-2013 15:40
0
2.1K
11


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan