Quote:Original Posted By nyetnyet1978

Mod, kalo CN235 di hilangkan rampdoornya, bukannya malah lebih ribet dan lama gaweinnya. Kalo cuman ganti mesin ke PW100 dan mindahin pintu dari kanan ke kiri mungkin lebih cepet kali yah.


Loh belum tahu ya... yg tanpa rampdoor sudah di tes engine run kemarin, ada gambarnya di kumpulan foto tni. Malah sudah ditambahi winglet segala...
Quote:Original Posted By singob




pasang igo ah




Asikh ahaha

Quote:Original Posted By nyetnyet1978


PT DI terlalu banyak rencana dan angan2. Focus dunks.
N219 belom jadi barang udah mikirin R80.

Mod, kalo CN235 di hilangkan rampdoornya, bukannya malah lebih ribet dan lama gaweinnya. Kalo cuman ganti mesin ke PW100 dan mindahin pintu dari kanan ke kiri mungkin lebih cepet kali yah.


PT.DI sbg pabrik pesawat harus pny beberapa produk yg harus dijual jgn hanya mengandalkan satu type saja. kalau kita lihat airbus , boeing, embraer meraka kan punya banyak type yg dijual.
Quote:Original Posted By MrBhass


Padahal dari tahun 1993-2008 aja buat CN-235 cuma 38 unit
mau kapan selese kalo pesenan bejibun?



momot kita ni dendam banget sama pt di, ada borok apa sih mod .


Quote:Original Posted By Soerjanto


PT.DI sbg pabrik pesawat harus pny beberapa produk yg harus dijual jgn hanya mengandalkan satu type saja. kalau kita lihat airbus , boeing, embraer meraka kan punya banyak type yg dijual.



iya buat pesawatkan gampang anak smk aja bisa. ..kabur dulu... ....
Kalau Jet namanya Turbo Jet, kalau baling-baling namanya turbo prop. Jet lebih cepat karena dorongan jet memang lebih cepat karena dihembuskan dari belakang namun konsekuensinya konsumsi bahan bakar jauh lebih boros, bahkan sangat boros.

===================================================

lah klo turbofan gimana ya cerita nya

penjelasan seorang ilham habibie yg memberikan "ilham" yg cukup menyesatkan tentang mesin jet ke masyarakat awam
Quote:Original Posted By 101_Abn


lah klo turbofan gimana ya cerita nya

penjelasan seorang ilham habibie yg memberikan "ilham" yg cukup menyesatkan tentang mesin jet ke masyarakat awam


yg nulis salah pengertian kali....
Quote:Original Posted By 101_Abn


lah klo turbofan gimana ya cerita nya

penjelasan seorang ilham habibie yg memberikan "ilham" yg cukup menyesatkan tentang mesin jet ke masyarakat awam


turbofan = kipas angin hehehehe

udah cukup ah saat ini bagus kok... ana 235 dan 295. tinggal kreatif bikin beberapa versi aja kok. ga usah bikin bikin baru lagi kalo ga bisa menjual..
lihat dong "Embraer" pinter bikin varian yang ciamik..
Quote:Original Posted By Soerjanto


PT.DI sbg pabrik pesawat harus pny beberapa produk yg harus dijual jgn hanya mengandalkan satu type saja. kalau kita lihat airbus , boeing, embraer meraka kan punya banyak type yg dijual.


Lha banyak tipe dijual, tapi kapasitas produksinya gimana?
Percuma juga kalo katalog doang tebel giliran dipesen gak beres beres.

Coba cek sekarang, produknya udah banyak koq.
Ada NC-212, CN-235, CN-295 dan heli Super Puma/Cougar dan NBell 412EP.
Dari segitu banyak produk masih mau nambah N219.

Terus tiap tahun buat berapa pesawat sih PT DI itu? Airbus sama Boeing banyak pilihan, tiap taun buatnya ratusan...

Quote:Original Posted By omomnifora



momot kita ni dendam banget sama pt di, ada borok apa sih mod .


Justru pingin PT DI itu maju
Tapi ya gitu deh, keinginan buat majuin anak perusahaannya aja banyak gak diterima... yo wis bablas...

Quote:Original Posted By 101_Abn
Kalau Jet namanya Turbo Jet, kalau baling-baling namanya turbo prop. Jet lebih cepat karena dorongan jet memang lebih cepat karena dihembuskan dari belakang namun konsekuensinya konsumsi bahan bakar jauh lebih boros, bahkan sangat boros.

===================================================

lah klo turbofan gimana ya cerita nya

penjelasan seorang ilham habibie yg memberikan "ilham" yg cukup menyesatkan tentang mesin jet ke masyarakat awam


Lha kuwi makane saya heran
Gampang sih sebenernya gini, banyakan 737/A320 atau model model MA-60/ATR-72 di Indonesia?
Quote:Original Posted By MrBhass


Padahal dari tahun 1993-2008 aja buat CN-235 cuma 38 unit
mau kapan selese kalo pesenan bejibun?



Mungkin ada suntikan modal om mod
jadi bisa nambah peralatan sama orang2 pinter
Quote:Original Posted By nyetnyet1978


PT DI terlalu banyak rencana dan angan2. Focus dunks.
N219 belom jadi barang udah mikirin R80.

Mod, kalo CN235 di hilangkan rampdoornya, bukannya malah lebih ribet dan lama gaweinnya. Kalo cuman ganti mesin ke PW100 dan mindahin pintu dari kanan ke kiri mungkin lebih cepet kali yah.


Lho, yang mau buat R80 bukan DI tapi perusahaannya Pak Ilham. DI cuman jadi tukang jait lagi. Kalo mesin emang mau ganti dari Allison. FBW juga mau dicabut. Tp basisnya pake N250 .
Quote:Original Posted By suhu_bukan_guru


Lho, yang mau buat R80 bukan DI tapi perusahaannya Pak Ilham. DI cuman jadi tukang jait lagi. Kalo mesin emang mau ganti dari Allison. FBW juga mau dicabut. Tp basisnya pake N250 .


Itu dia masalahnya!
Mau buat di DI? jahit di DI lagi?
lhaaa piye nanti, mesin jahit cuma dikit koq model baju yang dijait macem macem?
Quote:Original Posted By suhu_bukan_guru


Lho, yang mau buat R80 bukan DI tapi perusahaannya Pak Ilham. DI cuman jadi tukang jait lagi. Kalo mesin emang mau ganti dari Allison. FBW juga mau dicabut. Tp basisnya pake N250 .


engine yang output power lebih kuat dari allison tapi murah di maintenace apa yach kira-kira ? soalnya kapasitasnya aja nambah trus FBW dicabut berati pake kontrol mekanis dunk nambah bobot lagi.
Quote:Original Posted By lion.cub


engine yang output power lebih kuat dari allison tapi murah di maintenace apa yach kira-kira ? soalnya kapasitasnya aja nambah trus FBW dicabut berati pake kontrol mekanis dunk nambah bobot lagi.


Sebenernya intinya gini.
saya sih ibaratkan operator pesawat = operator angkot.
Apakah operator angkot butuh angkot yang mesinnya full injection, pintu otomatis, dll? Nggak to?

Naah, operator itu butuhnya pesawat yang ekonomis, handal dan bandel. Gak butuh tetek bengek tetek bengek macem Fly By Wire atau engine AE 2100 yang pake FADEC seperti yang digadang gadang N250. Yang mereka butuh pesawat yang kalo dipake narik, keuntungan banyak. dan kalo maintenance dia gak makan waktu lama (karena pesawat grounded maintenance means, no income...)

Kalo untuk pesawat sekelas ATR-72 sih sekarang lazimnya pake engine PW-100 series, bahkan CN-295 aja pake PW-100 series juga. Gak secanggih AE2100, tapi terkenal tangguh, ekonomis dan bandel. Oh ya ekonomis itu gak cuma hemat bbm ya, tapi total maintenance, termasuk penggantian spare part dan man hour ratenya...

Kenapa Fokker 27 masih terbang biarpun tuwir dan enginenya rada boros? Karena spare partnya murah dan maintenancenya murah...
(gimana gak murah? yang dijualin kanibalan semua. hihihi... )
Quote:Original Posted By MrBhass


Lha banyak tipe dijual, tapi kapasitas produksinya gimana?
Percuma juga kalo katalog doang tebel giliran dipesen gak beres beres.

Coba cek sekarang, produknya udah banyak koq.
Ada NC-212, CN-235, CN-295 dan heli Super Puma/Cougar dan NBell 412EP.
Dari segitu banyak produk masih mau nambah N219.

Terus tiap tahun buat berapa pesawat sih PT DI itu? Airbus sama Boeing banyak pilihan, tiap taun buatnya ratusan...


Nah itu dia mod , dukungan dana dari pemerintah sangat kurang buat PT.DI untuk menambah kapasitas produksi dan membuat pesawat baru type regional jet , kebanyakan type masih propeler.


Quote:Original Posted By Soerjanto


Nah itu dia mod , dukungan dana dari pemerintah sangat kurang buat PT.DI untuk menambah kapasitas produksi dan membuat pesawat baru type regional jet , kebanyakan type masih propeler.




Dana kurang gimana?
Utang dah dihapus. Suntikan dikasih terus tiap tahun. Pesanan dikasih. BUMN siap ngasih bank warranty.

Investasi alat baru aja 2012 sampe Milyaran.

Alasan koq dana dana dana terus? Emang minta berapa sih?
udah gak jaman BUMN manja disuntk suntik terus terusan tanpa ada hasilnya. Dahlan Iskan aja gak mau koq nyuntik terus yang begituan
Quote:Original Posted By Kernet.Merkava
tp ini psawat sipil sih


kontak agninistan yud buat konsultan coin...:

pibot jelek nungging sana...
Quote:Original Posted By MrBhass


Itu dia masalahnya!
Mau buat di DI? jahit di DI lagi?
lhaaa piye nanti, mesin jahit cuma dikit koq model baju yang dijait macem macem?


Lah, gimane lagi, mod. Kalo skarang kan udah tujuan komersil. Kalo DI lg yg bangun, ntar ribut2 lagi dah menteri BUMN karna utangnya PT DI blum kelar kok udah minta duit lagi. Lagian orang2nya yg dl udah skolah ke luar negeri emang mau balik kl gak ada jaminan kontinuitas produksi? Kl kata gw masih untung lho Ilham msh inget DI. Bisa aja dia lempar ke tempat laen.
Mau maju kok ribed amat ya ni negara.
Quote:Original Posted By MrBhass


Dana kurang gimana?
Utang dah dihapus. Suntikan dikasih terus tiap tahun. Pesanan dikasih. BUMN siap ngasih bank warranty.

Investasi alat baru aja 2012 sampe Milyaran.

Alasan koq dana dana dana terus? Emang minta berapa sih?
udah gak jaman BUMN manja disuntk suntik terus terusan tanpa ada hasilnya. Dahlan Iskan aja gak mau koq nyuntik terus yang begituan


Ya elaah duit segitu dapet apaan sih mod?
Sekarang gimana dgn R&D pesawat jet ,, masak mau nungguin ngabisin stok lama dulu,, yah keburu kiamat mod..
Quote:Original Posted By Soerjanto


Ya elaah duit segitu dapet apaan sih mod?
Sekarang gimana dgn R&D pesawat jet ,, masak mau nungguin ngabisin stok lama dulu,, yah keburu kiamat mod..


PT DI dibuat untuk apa sih?
buat mbangun Indonesia? Atau mercusuar doang? Nih lho Indonesia bisa buat jet... Tapi yang make dikit karena kapasitas produksinya rendah.

Sebelum kasih proyek gede ya benahi dulu lah dalemnya. Jangan sampe disuntik duit terus menerus tapi kinerjanya gak naik naik. Itu kan namanya buang uang. Harus take and give donk, kasih uang ya kasih, tapi hasilnya ya ditagih.

Lha sekarang untuk yang udah ada aja dan capable mereka kesulitan, ngapain disuruh riset jet baru lagi?
boss..awam nih berpendapat
CN235, CN295, NC212 kalo ditawarkan ke sipil paling ada yg beli cuma NC212 khan...trus mo fokus militer aja terus gitu...
apa salahnya ada citacita punya dagangan utk sipil yg bisa bersaing dikit aja di Indonesia paling nggak...
jangan karena disini banyak pake B737/A320 trus disuruh bikin sekelas itu..lha lawan boeing/Airbus..moddarrrr....sukhoi aja bikin kelas lain biar gak bersinggungan ama itu duopoli...
kalo saya sih sah dan baguslah ide ini..dipakai aja dulu di Indonesia ..baru menanjak di dunia internasional..
di dunia bisnis ...kamu punya produk bagus dulu..trus baru bikin pabriknya mampu produksi...kalo gak mampu...order ke pabrik sebelah..
jangan bikin pabrik besar dulu... mutu produk ancur..kalo gak utang tujuh turunan...masih beruntung dah.........