KASKUS

Pemerintah Siapkan Rp16 Triliun Untuk Pemilu 2014

Quote:Jakarta (ANTARA) - Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengatakan pemerintah menyiapkan anggaran senilai Rp16 triliun sebagai biaya untuk penyelenggaraan Pemilihan Umum 2014.

"Buat pemilu kurang lebih Rp16 triliun," ujarnya di Jakarta, Jumat.

Menurut Agus, biaya khusus yang akan tercantum dalam APBN 2014 tersebut akan dipergunakan sebagai anggaran pelaksanaan dalam upaya menciptakan pemilihan umum yang sehat, terencana, dan demokratis serta menjaga stabillitas nasional.

"Anggaran khusus yang sudah disiapkan tentu akan dimasukkan ke nota keuangan, tapi tidak dimasukkan `resource envelope` untuk menyakinkan anggaran itu tersedia," ujarnya.

Agus mengatakan biaya pemilihan umum tersebut segera disosialisasikan kepada Kementerian/Lembaga sebagai anggaran khusus, karena biaya tersebut tidak masuk dalam pagu belanja rutin pemerintah.

Sebelumnya, dalam APBN 2013, pemerintah telah menganggarkan dana senilai Rp8,1 triliun sebagai biaya persiapan tahapan pelaksanaan Pemliu 2014.

Menurut penjelasan dalam nota keuangan, pemerintah mengharapkan biaya tersebut dapat meningkatkan partisipasi politik masyarakat pada 2014 hingga 75 persen.

Pada 2008, pemerintah telah menganggarkan dana sebesar Rp6,67 triliun sebagai biaya persiapan tahapan pemilihan umum pada 2009, namun realisasinya hanya mencapai Rp1,9 triliun.

Pada 2009, pemerintah mengalokasikan anggaran sebesar Rp13 triliun untuk pelaksanaan pemilihan umum, dengan realisasi yang tercatat sekitar Rp8,5 triliun.


wow gede amat ya gan 16T bisa beli permen brp biji ya gan?

sumber

di aja ya gan
Gara2 kebanyakan parpolshit
Quote:Original Posted By zenithrv
Gara2 kebanyakan parpolshit


bukannya sekarang jumlah parpolnya sudah menurun ya gan?
Quote:Original Posted By ethansuple


bukannya sekarang jumlah parpolnya sudah menurun ya gan?


Sama aja masih banyak harusnya kaya jaman Simbah 3 Parpol cukup toh ujung2nya parpol banyak cuma bagi2 kekuasaan
mending gak usah ada presiden deh,kl sekelas si buya
Ada duit ane diantara 16T itu. Yakinlah


Dijual Rumah Strategis, Bandarlampung
yang namanya demokrasi ya mahal
kalo ga mau mahal, balik ke jaman kerajaan atau jaman otoriter
16 T.......<

buat milih doangg....,,

WTF
buat beli cendol bisa pullbarr
Demi menghemat anggaran negara dan dikarenakan rekam jejak DPR, DPRD. maka pemilihian wakil rakyat lebih baik dihilangkan. Untuk pemilu besok hanya disediakan satu kertas untuk memeilih calon Presiden dan Wakil Presiden saja
Gakpapa lah, pertumbuhan ekonomi bisa naik 0,3-0,5% dari pemilu ini.
Anggarannya gak masuk akal.. terlalu mahal