KASKUS

Lightbulb CARA PEMBUATAN SENJATA M16

Bismillahirrahmanirrahiim
Moga2 Gak ya gan....
Mungkin selama ini kita sudah mengenal mengenai senjata M16, berikut ini adalah proses perakitan M16 di Pabriknya di Amerika Serikat.

M16 Rifle atau senapan kaliber 5,56 mm, M16merupakan sebutan militer Amerika Serikat untuk senjata 15 AR. Colt membeli hak atas-AR 15 dari ArmaLite dan saat ini menggunakan sebutan hanya untuk versi semi-otomatis dari senapan M16 Riffle. M16 Rifle dapat menghasilkan efek shock hidrostatik yaitu efek ketika dampak peluru pada kecepatan tinggi terkena dalam jaringan tubuh sehingga menyebabkan fragmentasi dan kecepatan transfer energi.


Sejarah M16 Rifle

M16 Riffle digunakan untuk perang hutan di Vietnam Selatan oleh Angkatan Darat Amerika Serikat pada tahun 1963, dan menjadi senjata standar Amerika Serikat dan menggantikan senapan M14 saat Perang Vietnam pada tahun 1969.

Tentara AS menggunakan senjata M14 pada saat di Conus , Eropa , dan Korea Selatan hingga tahun 1970. Namun saatejak Perang Vietnam, senjata Rifle M16 telah menjadi senjata utama infanteri senapan dari militer AS. Dengan variannya, telah digunakan oleh 15 negara NATO. M16 Rifle sekarang diganti dengan karabin M4 series pada tahun 2010.

Foto Pabrik Pembuatan M16 Rifle


M16 (Senapan lebih formal, Kaliber 5,56 mm, M16) adalah sebutan militer Amerika Serikat untuk AR-15 senapan. Colt membeli hak untuk AR-15 dari ArmaLite dan saat ini menggunakan bahwa penunjukan hanya untuk semi-otomatis versi senapan. M16 senapan yang menembakkan peluru 5.56x45mm dan dapat menghasilkan melukai dan hidrostatik besar efek kejutan ketika peluru dampak pada kecepatan tinggi dan patek dalam jaringan menyebabkan fragmentasi dan kecepatan transfer energi. [3] [4] [5] Namun, efek terminal dapat menjadi tidak mengesankan ketika peluru gagal yaw atau fragmen dalam jaringan.

The M16 masuk layanan Angkatan Darat Amerika Serikat sebagai M16A1 dan dikerahkan untuk perang hutan di Vietnam Selatan pada tahun 1963, [6] menjadi senapan standar Amerika Serikat dalam Perang Vietnam dengan 1969; [7] menggantikan senapan M14 dalam peran tersebut. Angkatan Darat Amerika Serikat mempertahankan M14 di Conus, Eropa, dan Korea Selatan sampai 1970. Sejak Perang Vietnam, keluarga senapan M16 telah menjadi senapan infanteri utama dari militer AS. Dengan varian, telah digunakan oleh 15 negara NATO, dan senjata api yang paling diproduksi dalam kaliber.



M16 adalah senapan serbu buatan Amerika Serikat. M16 menggunakan peluru 5.56 x 45 mm NATO. Senapan ini digunakan sebagai senapan serbu utama yang di pakai infanteri Amerika Serikat sejak 1967. M16 juga dipakai oleh 15 negara NATO lainnya, dan merupakan senapan berkaliber 5.56 mm yang paling banyak diproduksi.



M16 adalah senapan serbu yang ringan, berkaliber 5.56 mm, air-cooled, beroperasi dengan sistem gas, menggunakan magazen, dan menggunakan bolt berputar. M16 dibuat dari besi, alumunium, dan plastik komposit.

Ada empat versi utama dari M16. Yang pertama adalah M16, yang diikuti oleh M16A1, yang menggunakan peluru U.S. M193/M196. M16 ini bisa ditembakan pada pilihan semi-otomatis maupun full-otomatis. Yang kedua adalah M16A2, yang mulai dipakai sekitar tahun 1980. M16A2 menggunakan peluru M855/M856 yang didesain Belgia (dan kemudian dijadikan standar NATO 5.56 x 45 mm). M16A2 bisa menembak semi-otomatis dan burst tiga butir. Yang terakhir adalah M16A4, yang menjadi standar untuk Marinir AS pada Operasi Pembebasan Irak, menggantikan M16A2

Spoiler for Perakitan:



Spoiler for Perakitan:


Spoiler for Perakitan:


Spoiler for Pembuatan Pelurunya:


Spoiler for Perakitan:



Spoiler for Perakitan:


Spoiler for Perakitan:


Spoiler for Packing senjata:


Spoiler for Perakitan:







Pada tahun 1954 perusahaan senjata Eugene Stoner, ArmaLite, ikut dalam tender pemilihan senapan penganti M1 Garand. Senapan yang mereka buat adalah senapan AR-10. AR-10 termasuk canggih kalau dibandingkan dengan senapan lain yang dites. Dengan berat 900 gram lebih ringan dari yang lain, akurasinya juga tidak kalah. Tetapi, senapan ini telat dikirim untuk pengetesan pada tahun 1956, pada saat itu, pengetesan senapan lain sudah masuk pada tahun ke-2, dan AR-10 adalah senapan baru diantara senapan-senapan yang sudah dikembangkan secara lebih dalam. Dan pada tahun 1957 dalam penegetesan, laras prototip AR-10 pecah, yang langsung mengakibatkan ditolaknya rancangan AR-10 ini. Pada akhirnya senapan yang diterima adalah rancangan T44, yang diberi nama M14. Walau begitu, ArmaLite nantinya akan mengembangkan senapan baru yang dibuat berdasarkan senapan AR-10 ini.
Adopsi M16


Senapan M16A1



M16A2 dengan pelontar granat M203

Pada November 1964, AD Amerika Serikat memesan 85.000 AR-15 yang dimodifikasi, dan diberi nama XM16E1, untuk percobaan. AU Amerika Serikat juga memesan 19.000 yang tidak dimodifikasi, diberi nama M16. Dan setahun kemudian AU secara resmi menerima M16 pertama.

Setelah itu AD Amerika Serikat mulai mempersenjatai infanteri dengan senapan XM16E1 (diberi nama M16), tapi senapan-senapan ini diberikan tanpa peralatan pembersihan yang memadai. Selain itu, AD Amerika Serikat juga gagal memproduksi peluru 5.56 mm yang sesuai spesifikasi pabrik, ditambah dengan dirubahnya komposisi bubuk mesiu yang digunakan. Amunisi 5.56 mm baru ini ternyata merusak isi senapan, dan karakteristik pembakarannya meningkatkan kemungkinan kemacetan M16.

Pada tahun 1966, XM16E1 sampai ke tangan tentara Amerika Serikat di Vietnam, dan mulailah muncul laporan-laporan tentang kerusakan dan kemacetan senapan M16. Walau M14 sudah memiliki laras dan kamar peluru yang dilapisi chrome, M16/XM16E1 tidak. Dengan adanya laporan-laporan tentang tentara yang mati karena kemacetan senjata, dimulailah investigasi oleh Konggres, yang hasilnya mempertanyakan kemampuan senapan dan peluru 5.56 mm.

Atas dasar investigasi itu, XM16E1 lalu dimodifikasi menjadi M16A1, yang sudah diberi lapisan chrome, dan disesuaikan dengan amunisi keluaran Angkatan Darat. Selain itu senapan-senapan baru ini juga sudah perangkat pembersihan. Angkatan Darat memesan 840.000 senapan baru ini pada tanggal 28 Februari 1967. Program pelatihan intensif juga dilakukan untuk melatih pembersihan senapan, dan sebuah buku manual berbentuk komik disebarkan ke para tentara.

Desain


Receiver M16 terbuat dari alumunium. Laras, bolt, dan bolt carriernya terbuat dari besi. Popor dan pegangannya terbuat dari plastik. Model-model awal M16 termasuk ringan, dengan berat 2,9 kg, ini jauh lebih ringan daripada senapan-senapan tahun 1950-an dan 1960-an. Dan juga lebih ringan dari AK-47 yang beratnya sekitar 5 kg. M16A2 dan varian-varian yang lebih baru beratnya bertambah, yaitu menjadi 3,9 kg.

Model-model terbaru (M16A4) memiliki desain receiver atas 'flat-top', dilengkapi dengan Picatinny mounting rail, yang membuat pemakai bisa memasang alat bidik biasa, maupun alat bidik optik seperti teleskop dan night vision
Penampakan M16A4

Berikut sistem kerja senjata M16


Terima kasih dah mampir ke tread ane...
Mohon yaa gan...., mohon tinggalkan komengnya yaa gan




Sumber

Spoiler for MOHON CENDOLNYA YA GAN:


UPDATE an nya di bawah yaa gan...
pertamax
nice inpoh gan, mudah mudahan HT deh
keep posting gan
Keren gan....Calon HT
Di FJB kaskus ada gak yah
Semoga punya airsoftnya dulu deh...



- Hirochan
Quote:Original Posted By RemovableUser
nice inpoh gan, mudah mudahan HT deh
keep posting gan


Makasih gan.... amiin,moga2 jadi HT
Ane bertahun-tahun mendalami dunia militer baru tahu kalo RIFFLE = RIFLE?????



Dari segi bahasa aja dah beda gan.
Riffle = membolak balikkan lembaran2.
Rifle = alur2 spiral di dalam barrel senapan agar projectile/peluru lebih akurat.

Makanya dlm bahasa inggris senjata senapan disebut rifle karena karakteristik tsb.

Pengen punya satu aja di rumah gan
Quote:Original Posted By RightDeve
Ane bertahun-tahun mendalami dunia militer baru tahu kalo RIFFLE = RIFLE?????



Dari segi bahasa aja dah beda gan.
Riffle = membolak balikkan lembaran2.
Rifle = alur2 spiral di dalam barrel senapan agar projectile/peluru lebih akurat.

Makanya dlm bahasa inggris senjata senapan disebut rifle karena karakteristik tsb.



ya gan.. pada prinsipnya memiliki prinsip yang sama untuk maksud penggunaan bahasanya, keterkaitan dengan lontaran otomatis dari peluru yang berulang kali.....
Quote:Original Posted By sevenfold96
Pengen punya satu aja di rumah gan


kalo dah ada di rumah , bagi2 inpoh yaa gan....
UPDATE

CARA MENGARAHKAN SENJATA M16

Benar tidaknya cara operator menempatkan senjata akan sangat menentukan akurasi dan perkenaan . Berikut bagaimana operator seharusnya memosisikan bagian-bagian tubuhnya saat memegang M16 , walaupun ilustrasinya akan berbeda yaitu menggunakan senjata model lain tapi yang perlu kita perhatikan di sini adalah cara dia memegang senjata


Posisi tangan yang tidak menembak (memegang fore grip)
Tangan yang tidak menembak memegang foregrip, dengan jempol dengan membentuk sudut v dengan ke empat jari lainnya. Pegangan foregrip tidak boleh terlalu keras , cukup memastikan laras tidak goyang. Memegang terlalu dekat ke arah pangkal tidak di anjurkan begitu pula memegang bagian magazine well. Pada M16A4 yang di lengkapi dengan KAC Front Grip,tempatkan grip di posisi yang paling nyaman untuk bahu dan jangan memegang grip terlalu keras.

Memposisikan popor
Pasikan popor di pangkal bahu. Usahakan operator memperoleh posisi yang baik dan nyaman, dengan keseluruhan bagian popor menempel ke bahu.

Posisi tangan yang menembak
Tangan yang di pergunakan untuk menembak memegang pistol grip dengan erat telunjuk di letakkan di pelatuk, sementara ketiga jari yang berada di bawah memberi sedikit tekanan ke arah belakang untuk memastikan popor guna mengurangi efek recoil

Siku tangan yang di gunakan untuk menembak.
Penempatan siku tangan untuk menembak sangat penting dalam menyediakan keseimbangan. Pilih posisi yang paling nyaman, pastikan kedua bahu di posisi sejajar. Posisi chicken wing (siku menembak di rentangkan sejajar posisi telapak tangan) tidak di anjurkan karena membuat otot tegang dan memperbesar siluet penembak.

Siku tangan yang tidak menembak
Siku tangan yang tidak menembak di tempatkan dengan posisi di bawah senapan untuk memberikan kenyamanan dan kestabilan. Pastikan posisi ini tetap bebas dan tidak menempel pada permukaan apapun, karena akan di gunakan untuk mengarahkan laras apabila musuh datang dari berbagai posisi.

Posisi Wajah
Pipi operator harus di tempatkan di posisi popor membidik. Tempatkan tulang pipi sedikit diatas popor dan berikan tekanan sehingga tercipta sedikit lipatan , sementara itu leher harus rileks. Pastikan posisi pipi di popor sudah dekat bagian mata agar dapat melihat posisi penjera belakang dan depan dengan tepat

Spoiler for Contoh Memegang Senapan M16:

Quote:Original Posted By Denimaisyahputr


ya gan.. pada prinsipnya memiliki prinsip yang sama untuk maksud penggunaan bahasanya, keterkaitan dengan lontaran otomatis dari peluru yang berulang kali.....


Hoooo??

Apa hubungannya membalik halaman buku dengan mekanisme senjata?

Berarti sniper rifle = sniper riffle?
Padahal sniper rifle rata2 bolt-action lho gan... bukan semi-auto, let alone full auto

Mending threadnya di-edit aja gan. Senjata senapan = rifle, bukan riffle.
Cari di google juga gak ada M-16 Riffle.
Quote:Original Posted By RightDeve


Hoooo??

Apa hubungannya membalik halaman buku dengan mekanisme senjata?

Berarti sniper rifle = sniper riffle?
Padahal sniper rifle rata2 bolt-action lho gan... bukan semi-auto, let alone full auto

Mending threadnya di-edit aja gan. Senjata senapan = rifle, bukan riffle.
Cari di google juga gak ada M-16 Riffle.


Makasih yaa gan
di foto yg ngerakit tetep orang cina gan, gila tuh negara bisa ngerakit apa aja kayanya wkkww

Penampakan M16A4
Ngeri juga.. klau begini PINDAD Indonesia bisa gx nyaingi nanti??
pengen beli gan.....buat nembakin para koruptor...........
Quote:Original Posted By piloez

Penampakan M16A4
Ngeri juga.. klau begini PINDAD Indonesia bisa gx nyaingi nanti??


Bisa ajalah gan....ya kita2 juga, makanya ane share di tread ini, moga menjadi inspirasi bagi anak2 muda indonesia untuk berkarya namun tetap di jalur yang positif...
Quote:Original Posted By hellsangels
pengen beli gan.....buat nembakin para koruptor...........


waduh.....boleh juga tuh gan.. tapi agan mesti jadi polisi yang mengeksekusi koruptor tuh..... moga aja bisa nanti di sahkan undang2 berkaitan dengan hukuman mati para koruptor gan....
gitu cara pembuatannya,
keren tuh
lah gan, tutorial bikin nya kagak ada?