KASKUS

Australia Terancam Karena Keunggulan Sukhoi

Percaya atau tidak, Australia saat ini tengah berusaha untuk mengatasi ancaman yang bisa ditimbulkan oleh jet-jet tempur Sukhoi di Asia Tenggara. Dalam beberapa dekade terakhir, jarak yang jauh dan minimnya jangkauan pesawat-pesawat tempur angkatan udara di Asia Tenggara, memang masih memberikan rasa aman bagi Australia. Namun untuk saat ini, keamanan Australia terkikis oleh kedatangan jet-jet tempur super manuver Sukhoi 27 Flanker dan Sukhoi 30 Flanker C.

Jet-jet tempur Sukhoi ini sudah melengkapi Angkatan Udara China, Indonesia, Malaysia dan Vietnam dalam jumlah yang besar. Kedatangan Sukhoi ini telah membuka "teater baru" di Asia Pasifik. Pilot Angkatan Udara Australia, yang semula menganggap dirinya dominan karena menggunakan F-18 Hornet dan pembom F-111 Aardvark, sekarang harus "menutup muka" dari Flanker Sukhoi yang memang unggul hampir pada setiap aspek. Akuisisi Sukhoi Su-27SK dan Su-30MK buatan Rusia ini oleh negara-negara di Asia Tenggara, menyajikan sebuah kenyataan bahwa dimana F/A-18A/B/F Australia kalah dalam hampir semua parameter kinerja utama, baik oleh Su-30 maupun Su-27.

Dari perspektif analisis strategis, akusisi alutsista canggih oleh negara-negara marginal stabil seperti Indonesia atau pemain regional lainnya, harus menjadi perhatian yang serius - walaupun ini masih diluar jumlah mengesankan yang diakuisisi oleh China. Kedatangan alutsista jarak jauh seperti Sukhoi dan suite rudal canggih di kawasan Asia Tenggara memang bisa meresahkan Australia, dan menyajikan konteks strategis yang sama sekali baru.

Manuver Sukhoi ( misal: Pughacev Cobra* ) memang legendaris, dengan jangkauannya yang lebih dari 3000 km, memberikan Flanker Sukhoi keunggulan dalam pertempuran udara. Memungkinkan untuk melakukan taktik probes and U-turns berulang (sebuah taktik Perang Dingin Rusia), yang dapat membuat lawannya bingung dan rentan dalam sebuah pertempuran udara. Memburu Sukhoi akan menjadi salah satu pekerjaan yang paling berbahaya dalam pertempuran.


Bahkan, jangkauan yang luar biasa dari Sukhoi ini dapat ditingkatkan dua kali lipat dengan air refueling (pengisian bahan bakar di udara). Bayangkan bagaimana kekuatan Sukhoi Indonesia jika suatu hari diperkuat dengan pesawat tanker, pasti sangat meresahkan Australia. Untuk saat ini, Sukhoi-sukhoi Indonesia dapat memperjauh jangkuannya dengan pengisian bahan bakar dari Sukhoi lainnya, dimana setengah armada Sukhoi akan di isi oleh setengah Sukhoi lainnya.

Ancaman Rudal

Sukhoi memiliki 12 hard point (cantelan senjata), ini lebih banyak dari pesawat tempur lain. Fitur ini membuat Sukhoi mampu untuk membawa pack senjata yang mematikan, yaitu seluruh amunisi rudal dan bom pintar. Biro-biro senjata Rusia telah mengembangkan dengan baik berbagai macam rudal udara-ke-udara dan udara-ke-permukaan -termasuk rudal jelajah- yang pada beberapa kasus kemampuannya belum bisa disamai senjata-senjata NATO. Sembilan puluh empat pesawat Hornet Australia ini akan sangat rentan terhadap Sukhoi yang melampaui jarak pandang rudal.

Australia juga khawatir dengan kerentanan platform gas dan aset industri lainnya di pesisir timur negara mereka. Defence Today menjelaskan "Dari sudut panjang senjata, sebuah rudal supersonik Raduga 3M-82/Kh-41 Sunburn, MBRPA 3M-55/Kh-61 Yakhont atau rudal jelajah subsonik anti-kapal Novator 3M-54E1 Alfa sangat efektif untuk melumpuhkan atau bahkan menghancurkan salah satu fasilitas besar dalam sekali serangan. Rudal ini didesain untuk membelah kapal perang kecil dan menimbukan kerusakan parah pada kapal perang besar (lihat test Yakhont yang dilakukan TNI AL). Kecelakaan industri dan kebakaran di pabrik petrokimia dan anjungan lepas pantai sangat mudah terpicu karena hal-hal kecil, dan dapat dipastikan sebuah serangan rudal ini dapat membuat kebakaran yang tak terkendali."

Kapal Induk AS Sebagai Sasaran Empuk

Kedatangan Sukhoi di Asia Pasifik juga menambah kerentanan terhadap kapal induk bertenaga nuklir milik AS. Militer Amerika sudah bersiaga, dimana CVNs (kapal induk dan pendukungnya) sudah dalam status siaga perang melawan Sukhoi.

Di masa lampau, kapal induk bertenaga nuklir, dilindungi oleh lingkaran kapal pendukung dan pesawat AWACS, dan tentu saja pesawat tempur mereka sendiri, mampu berlayar ke wilayah konflik mana saja tanpa rasa takut. Namun, itu sejarah.

Saat ini, semua kapal induk AS yang mencoba mendekati pantai China akan ditarget oleh Sukhoi berbasis darat dan akan menembakkan rudalnya pada jarak yang aman. Pada hakikatnya, lahirnya Flanker Sukhoi telah mengakhiri era diplomasi kapal-kapal perang Amerika.

Kemampuan Pilot

Angkatan Udara Australia bukan angkatan udara besar, namun mereka menganggap dirinya terlatih, dengan pilot-pilotnya yang suka berfikir bahwa mereka mirip dengan Maverick dari Top Gun. Mereka dilatih sesuai dengan standar barat yang diyakini bahwa ini akan menjadi faktor penentu dalam perang. Namun, keterampilan pilot, seperti halnya alutsista canggih, juga dapat diimpor. Pilot India, yang saat ini termasuk dalam jajaran pilot terbaik di dunia, kini melatih Angkatan Udara Malaysia. China dan Indonesia juga suatu saat akan menemukan aces udara sendiri untuk melatih pilot mereka, atau bisa saja mereka sudah menggenggam semua kemampuan Sukhoi di tangannya. Dalam sejarahnya, pilot-pilot pesawat tempur Indonesia termasuk salah satu pilot yang terbaik di dunia, bahkan menonjol di Asia.

Sebagai realisasi dan kesadaran mereka atas Flanker Sukhoi yang mendegradasi pertahanan dan keamanan Australia, akhirnya Australia memutuskan untuk mengakusisi pesawat tempur siluman dan menaruh pesanan untuk 100 unit F-35 JSF. Apakah ini akan mempengaruhi kedigdayaan Flanker Sukhoi? Ini masih cerita lain, belum jelas juga apakah Australia mampu mengakuisisi 100 F-35 mengingat harganya yang menggila. Untuk saat ini, Sukhoi 27 dan variannya masih superior dari fighter-fighter milik Australia.

http://www.artileri.org/2013/03/aust...an-sukhoi.html


sayang kita baru punya 1 ska, gak kebayang jika statement mbah pur about 180 sukro benar2 diakuisisi....bener2 mewek darah dah australala
ini ts sedang berusaha menghibur diri ya....????
(meski ane juga berharap hal sama...... cukup 5ska komplit pake sambel dan gorengan, pasti anteng tetangga kita)
Selama belum ada penampakan resmi rudal shukoi INA tetangga ngak usah parno
BTW India masuk pilot terbaik,berarti kalau sering jatuh yang jelek pesawatnya dong
sambel & gorengannya ini yg misterius... he,he....

ngomong2 rentang usia sukhoi angkatan pertama yg datang & yg bertahap menyusul lumayan juga ya jadinya...
Untuk beli sukhoi sehingga lengkap satu skuadron saja perlu waktu 10 tahunan karena belinya nyicil.
Gimana mau beli 180 pesawat? Berapa lama waktu yg dibutuhkan?
Sama aja mimpi di siang bolong
artikel mimpi lagi
tapi kalo dogfight antara Horny dengan Flenker, unggul yang mana sih ?
but still, pugachev cobra salah satu manuver made in soviet yang paling ampuh kalo dogfight
Quote:Original Posted By pletrex
Untuk saat ini, Sukhoi-sukhoi Indonesia dapat memperjauh jangkuannya dengan pengisian bahan bakar dari Sukhoi lainnya, dimana setengah armada Sukhoi akan di isi oleh setengah Sukhoi lainnya.



iki maksudnya opo??? pengisian bahan bakar dari sukhoi lain...jaadi sukhoi 27-30 kita multi role jadi tanker tempur??trus yang lainnya nyusu??
Hell logistiic dah kalo 180 sukro dalam dekade 5 tahun ini,, paling gak tahun 2018 kalo anggaran pertahanan dah yampek 150++ triliyun..
tapi wa sangsi dengan sdmna.. moral anak2sekarang dah parah

ask

Quote:Manuver Sukhoi ( misal: Pughacev Cobra* ) memang legendaris, dengan jangkauannya yang lebih dari 3000 km, memberikan Flanker Sukhoi keunggulan dalam pertempuran udara. Memungkinkan untuk melakukan taktik probes and U-turns berulang (sebuah taktik Perang Dingin Rusia), yang dapat membuat lawannya bingung dan rentan dalam sebuah pertempuran udara

yg dimaksud dengan taktik diatas apa ya?
kok sy kurang mengerti
--
dalam combat yg penting pinsil nya
tentu saja yg dimaksud bukan MK2 kita...kecuali sudah punya BVR & radar sekelas N011 M Bars atau Irbis e

Quote:Original Posted By NSU-30MK


iki maksudnya opo??? pengisian bahan bakar dari sukhoi lain...jaadi sukhoi 27-30 kita multi role jadi tanker tempur??trus yang lainnya nyusu??


kok ketawa? nyatanya Sukhoi memang pny kemampuan menjadi mini KC



wlw munkin lebih ke demonstrasi tekhnologi, nyatanya bisa
Foto dari dalam cockpit F-18 OZ waktu latihan Pitch Black kemarin.



Quote:Original Posted By NSU-30MK


iki maksudnya opo??? pengisian bahan bakar dari sukhoi lain...jaadi sukhoi 27-30 kita multi role jadi tanker tempur??trus yang lainnya nyusu??


Buddy refueling?
Quote:Original Posted By Tronton3000cc


yg dimaksud dengan taktik diatas apa ya?
kok sy kurang mengerti
--
dalam combat yg penting pinsil nya


Missile baru efektif ditembakkan kalau sasaran sudah terkunci.
Untuk dapat mengunci sasaran, posisi sasaran harus berada didepan pesawat dalam waktu tertentu.
Jadi dalam dogfight dan perang udara pada umumnya, manuver pesawat diperlukan untuk menghindari tembakan musuh sekaligus untuk menemukan posisi tembak terbaik.
Quote:Original Posted By supermarine
Foto dari dalam cockpit F-18 OZ waktu latihan Pitch Black kemarin.



pasti tuh pilot Aussy dah deg-deg serr, wajah pucet keluar keringat dingin....
bayangin kalau dogfight beneran....
Quote:Original Posted By supermarine
Foto dari dalam cockpit F-18 OZ waktu latihan Pitch Black kemarin.





check six mulu sambil keringetan
waduh tu pilot horny....check your six

Quote:Original Posted By m45wal


Missile baru efektif ditembakkan kalau sasaran sudah terkunci.
Untuk dapat mengunci sasaran, posisi sasaran harus berada didepan pesawat dalam waktu tertentu.
Jadi dalam dogfight dan perang udara pada umumnya, manuver pesawat diperlukan untuk menghindari tembakan musuh sekaligus untuk menemukan posisi tembak terbaik.


not today, sekarang missile bisa lock on all aspect, tinggal arahkan pandangan helm ke sasaran...fox three
Dikasih keterangan juga dong, Australia sebenarnya juga gak takut sama 2 jenis sukhoi...
Sukhoi 27 /30 ompong sama sukhoi superjet...
ostrali ni negara yang paling parno sedunia,
untuk skrng kyak blom anceman, masih 1 skuadron + pinsil masih misteri..mungkin klo udah 5 skaudron + tentengan lengkap baru jadi ancaman
just my 2 cent
Quote:Original Posted By alexander hagal


pasti tuh pilot Aussy dah deg-deg serr, wajah pucet keluar keringat dingin....
bayangin kalau dogfight beneran....



dah kena kali tuh

Quote:Original Posted By airmaniac
waduh tu pilot horny....check your six



not today, sekarang missile bisa lock on all aspect, tinggal arahkan pandangan helm ke sasaran...fox three


berarti klo negok kebelakang bs nembak blkg ga bang