KASKUS

Siapa yang Punya Ide 'Gila' Anti Macet di Tol? Jasa Marga Siapkan Rp 100 Juta

Quote:Jakarta - Sudah banyak usulan disampaikan untuk mengatasi kemacetan di tol Jakarta. Namun usulan tersebut datang dari pihak pemerintah atau pun para pengamat transportasi. Kali ini, masyarakat umum pun dapat menyumbangkan aspirasinya dengan berhadiah Rp 100 juta. Berminat?

PT Jasa Marga Tbk mengundang siapa saja yang memiliki usulan atau ide cemerlang mengatasi kemacetan di Jakarta, tepatnya di jalan tol dalam kota Jakarta, yang juga tak jarang mengalami kepadatan kendaraan yang berlebih.

"Kita mengadakan lomba untuk yang punya ide mengatasi kemacetan di jalan tol dalam kota. Ini terbuka untuk siapa saja, masyarakat, wartawan, PNS, pengamat, asal jangan pegawai Jasa Marga," kata Sekretaris Perusahaan PT Jasa Marga Tbk David Wijayanto saat acara Temu Wartawan di Kantor Pusat Jasa Marga, Taman Mini, Jakarta Timur, Senin (11/3/2013).

David mengatakan tak banyak persyaratan yang harus dipenuhi bagi siapa saja yang mengikuti lomba, diantaranya ide yang diusulkan harus di luar 7 terobosan yang akan diberlakukan Jasa Marga.

Tujuh terobosan itu penerapan contra flow Cawang Semanggi, Penutupan pintu keluar Tegal Parang dan Bukopin, Penerapn contra flow Grogol-Slipi, Penerapan contra flow Cawang Rawamangun, Pelebaran tol Pluit-Kapuk, Penambahan Gardu tol Pluit-Kapuk, dan Penyelesaian proyek tol pelabuhan Tanjung Priok.

"Dan ide usulannya itu yang jangka pendek. Jangan seperti membuat fly over, itu kan jangka panjang. Dan juga tidak memakan biaya yang besar," kata David.

Total hadiah yang diperebutkan dalam lomba usulan ini mencapai Rp 100 juta. David mengatakan, Jasa Marga akan menunggu usulan dan proposal dari para peserta hingga 1 bulan ke depan melalui website Jasa Marga yaitu www.jasamarga.com.

"Hadiahnya Rp 100 juta, kalau ada 1 yang akan kami aplikasikan berarti Rp 100 juta untuk 1 orang, kalau ada 2 berarti Rp 100 juta untuk 2 orang," pungkasnya.

Rencananya perseroan baru akan mengumumkan pemberitahuan soal sayembara tersebut melalui website resminya. Dalam pengumuman itu akan dijelaskan tahapan dan teknis sayembara.

Sumber





Ayo agan2 yang punya ide gila..daripada kita bacot disini ngga dibayar. Biasanya kaskuser idenya briliant semua.

Lumayan 100jt buat beli avanza second

Jawaban Kaskuser :

Spoiler for Biang_Kerok_Menurut_Kaskuser:


Spoiler for Ide_Serius:


Spoiler for Terlalu_Gila:


Update Pemenangnya :

Quote:
Ini Dia 10 Pemenang Sayembara Anti Macet Tol Dalam Kota Jasa Marga

Jakarta - PT Jasa Marga Tbk telah mengumumkan 10 pemenang sayembara usulan untuk mengatasi kemacetan di tol dalam kota Jakarta. Apa saja usulan-usulan tersebut dan siapa saja pemenangnya?

"Untuk aspirasi, 1.016 yang masuk, yang terpilih 10. Jasa Marga berterimakasih ke semua pihak, dengan kesibukan bapak-bapak masih sempat menuliskan sesuatu untuk Jakarta," ungkap Direktur Utama Jasa Marga Adhityawarman, di Kementerian BUMN, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Kamis (4/7/2013).

Berikut daftar kesepuluh pemenang sayembara:

1. Arifin Azizs MT, Judul Proposal "Mengurangi Kemacetan Tol Dalam Kota dengan Cara Menurunkan Kecepatan Rencana dan Mengoptimalkan Kapasitas Jalan"

Usulannya mencakup: Menurunkan kecepatan kendaraan, memperkecil kebutuhan ruang, mempersempit jarak marka jalan, meningkatkan kapasitas jalan dan memperbanyak jumlah lajur jalan.

2. Tim Mahasiswa PWK Undip Semarang dengan Judul Proposal "Perpaduan Car Sharing dan Transit Hub

Usulannya mencakup: Penerapan Car Sharing yang berpengaruh pada tarif yang dikenakan, misalnya 1 mobil berisi 1 orang terkena tarif Rp 14.000, kemudian 1 mobil berisi 2 orang terkena Rp 7.000 dan 1 mobil berisi 4 orang terkena tarif Rp 3.500.

3. Agus Alamsyah Yahya dengan judul proposal "Pemindahan Pintu Keluar Tol Menjauhi Titik Persimpangan"

Usulannya mencakup: Pintu keluar dipindahkan dan dimajukan lebih awal sekitar 1 Km sehingga memberikan ruang yang cukup bagi kendaraan yang akan menuju Jalan Sudirman, sehingga titik konflik dapat dihindari, Pemberian kupon diskon kepada pelanggan yang membayar pembayaran tol dengan uang pas.

4. Mukhtar Yusuf

Solusi yang ditawarkan: Memindahkan posisi masuk tol menjadi sebelum persimpangan, dan pintu keluar tol setelah persimpangan.

5. Heri Purwanto

Solusi yang ditawarkan: Mengurangi kepadatan lalu lintas karena efek persilangan lalu lintas setelah gerbang pintu masuk, Mengurangi kepadatan lalin efek persilangan di dalam jalur tol (depan pintu keluar Tomang), mengurangi kepadatan penumpukan di pintu keluar Jalan Kuningan pada jam sibuk.

6. Andika Suhendar

Solusi yang ditawarlkan: Konstruksi fisik dengan penerapan smart exit area (SEA), Solusi sistem one way, Solusi teknologi yaitu penggunaan E-Toll Pass atau E-Toll Card dan Smart Traffic Light System.

7. Lukman Talibo

Solusi yang ditawarkan: Optimalisasi kontrol lalu lintas untuk mengurangi antrian di pintu keluar tol dalam kota Jakarta

8. Tim PWK Institut Teknologi Bandung

Solusi: Ridesharing and Carpooling. Secara sederhana ridesharing adalah suatu proses yang memungkinkan seorang pengemudi memberikan tumpangan ke orang lain. Carpool merupakan salah satu jenis ridesharing yang bersifat pribadi dengan tidak kurang dari dua dan tidak lebih dari lima partisipan dalam suatu kendaraan.

9. Tim PWK Institut Teknologi Bandung (Mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota ITB)

Solusi: Papan informasi sebagai solusi dalam mengurangi kemacetan, Layanan SMS sebagai solusi dalam mengurangi kemacetan (SMS Gateway)

10. Prapanca Nugraha

Solusi: Penerapan Blue Lines atau pembatasan penggunaan lajur jalan di jalan tol, pengguna kendaraan pribadi melebihi penggunaan kendaraan umum di tol dalam kota Jakarta. Blue Lines merupakan jalur khusus kendaraan pribadi di tol dalam kota Jakarta.

Sumber


Menurut agan gilakah ide2 mereka?
Semoga cepat ditemukan solusinya. Aminn..
Ane punya ide kalau masuk tol kudu mobil ga boleh pake ban jalannya...diterima ga ya
Tukeran...motor masuk ke tol

Mobil di jalur jalanan biasa...


wkwkwk
ide gila ?

dari 10 mobil yang masuk toll, 8 mobil diantara nya langsung diledakin di pintu toll

solusi ga keluar duit, pegimane cara nya ?

bebasin pintu tol ga ada bayar juga kalau arus keluar nya terhambat sama juga bohong

cawang - kuningan, turun toll kuningan,
lampu merah kuningan macet total, kalau ga boleh bangun fly over tambahan untuk
pengalihan arus, gimana caranya ?

toll dalam kota,
pagi dibuat 1 arah sesuai arah jarum jam
sore dibuat 1 arah ngelawan arah jarum jam

pagi, exit toll kuningan dan semanggi, lampu merah di block 1 arah,
khusus exit toll arus lancar
ancurin tol nya, jadiin jalanan biasa,,, gak ada lagi macet di jalanan tol dalam kota
kalo kaga mau macet itu jalan tol di tutup aja

gitu aja repot
kok belum ada di webnya ?
jangan sampe jadi sayembara fiktip aja
ide gila apa ide "gila" ???

emang sekarang kerjaan jasa marga ngapain aja? kagak mau mikir?

ane tantang balik: biaya tol naik 100%, tapi harus bebas macet.

bisa?
yg dicari cuma quick fix, cuma ide cerdik sesaat.

Pusatnya problem kemacetan adalah terlalu terpusatnya, terlalu tumplek nya, aktivitas warga.

Di liat dari waktu nya aja? Jam sekian semua rame rame pergi kerja. Jam sekian semua rame rame jalan pulang. Dari waktu nya aja dibikin tumplek begitu, bisa ga waktu nya disebar?

Tapi yg terpenting itu lokasi nya. Kenapa harus mengizinkan lokasi aktivitas warga terpusat di daerah daerah tertentu saja? Kenapa tidak menyebarkannya? Men-stop total pembangunan mal mal dan gedung gedung baru di daerah yg sudah padat, dan mengizinkan hanya pembangunan baru di daerah yg masih lengang?
Tata ruang tuh berantakan. Bukannya dibenerin, fokus ke masalah utama nya, eh malah cari jalan gampang.

Kalo sakit kanker yaa operasi, langsung ke kankernya sendiri!
Masa yg dicari panadol?
dasar mental indon
kalo macet, semua pegawe bawah ampe petingginya potong gaji 10% perhari....
lebarkan jalan 2x lipat
menarik nih
ditunggu update di webnya...

mayan hadiahnya )
Simpel berlakukan aja kek dulu ....... Pagi sampe Sore yg liwat Mobil pribadi sama Bus .... Baru jam 22:00 ~ 6:00 sing liwat truck" besar

Nah yg skrng kan Truck panjang Bus mobil pribadi jadi 1 ... gmn kagak macet itu jalan TOL biang kerok ny itu y truck" panjang
orang jasa marga, kayanya otaknya udah pada mengecil ya, masa urusan bgtu aja kudu pake sayembara giliran tarif tol naek aja ga pake sayembara lagi... muke gile
kata siapa tol macet.... tol mah ga pernah macet... yang macet itu keluar pintu tol-nya...
Jalan tol nya dibikin dua arah aja..ah elah..
Sayembaranya baru akan diumumkan kan? berarti belum? yasudah nanti saja mikirnya kalo sudah ada pengumuman resmi sayembaranya

Btw, Jasa Marga sudah sangat desperado nya mengatasi macet sampai2 mengadakan sayembara beginian.
Quote:Original Posted By Lonelyloner1
yg dicari cuma quick fix, cuma ide cerdik sesaat.

Pusatnya problem kemacetan adalah terlalu terpusatnya, terlalu tumplek nya, aktivitas warga.

Di liat dari waktu nya aja? Jam sekian semua rame rame pergi kerja. Jam sekian semua rame rame jalan pulang. Dari waktu nya aja dibikin tumplek begitu, bisa ga waktu nya disebar?

Tapi yg terpenting itu lokasi nya. Kenapa harus mengizinkan lokasi aktivitas warga terpusat di daerah daerah tertentu saja? Kenapa tidak menyebarkannya? Men-stop total pembangunan mal mal dan gedung gedung baru di daerah yg sudah padat, dan mengizinkan hanya pembangunan baru di daerah yg masih lengang?
Tata ruang tuh berantakan. Bukannya dibenerin, fokus ke masalah utama nya, eh malah cari jalan gampang.

Kalo sakit kanker yaa operasi, langsung ke kankernya sendiri!
Masa yg dicari panadol?
dasar mental indon


yang nyari solusi jangka pendek kan JASA MARGA gan...untuk case mereka..
kok Jasa Marga disalahin? mereka bukan pengambil keputusan kebijakan tata kota

sama aja kayak kita ga bisa ngerjain PR, jangka pendek nyari temen yang bisa bantu...
moso gara2 PR belum kelar kita ngajukan gugatan class action ke pengadilan supaya PR dan tugas sekolah dihapuskan di sekolah kita dengan dalih sistem PR melanggar hak asasi kebebasan bermain dan masa kanak2 ?

kalo jangka panjang, nahh baru deh "bagian" pemerintah lain yg harus kita maki2
liat secara proporsional
Gimana kalo semua tol dibuat dalam tanah dan yang bawah itu khusus truk truk besar. N mobil pribadi di atasnya, pasti dah, gak.macet
×