Sejarah Lengkap HERCULES

Bernama lengkap Hercules Rosario Marshal. Ia seorang pejuang yang pro terhadap NKRI ketika terjadi ketegangan Timor-timur sebelum akhirnya merdeka pada tahun 1999. Sosoknya yang berkarisma hingga Hercules dipercaya pasukan TNI, di konflik Timor-timur kala itu, memegang logistik oleh KOPASUS dalam operasi di Tim-tim.

Dalam operasi di Tim-tim itu, Hercules tertimpa nasib yang kurang beruntung hingga berakibat pada kondisi fisik dan penampilannya. Mata kanannya cacat dan begitu juga tangan kanannya, hilang hingga siku. Musibah yang dialaminya di Tim-tim kala membuatnya harus dirawat intensif di RSPAD Jakarta hingga pulih.

Saat pulih, petualangannya di ibukota Jakarta pun dimulai. Pengakuan Hercules, dirinya masuk ke Jakarta sekitar tahun 1987. Awalnya Hercules berkecimpung di Hankam Seroja yang menampung dan memberdayakan penyandang cacat seperti dirinya yang mendapat luka cacat dalam Operasi Seroja di Timor-timur.

Di Hankam Seroja, ia mendapatkan pelatihan keterampilan. “Saat itu saya sudah main ke Tanah Abang dan setelah selesai di Hankam, saya ke Tanah Abang lagi. Saya merebut daerah hitam dan di situ pertarungan sengit. Hampir tiap malam ada orang mati,” kata Hercules.

Bersama teman-temannya dari Timor Timur, Hercules mulai membangun daerah kekuasannya di Tanah Abang. Dari kelompok kecil, hingga Hercules membawahi sekitar 17.000 orang ‘pasukannya’ yang tersebar di seluruh wilayah Jakarta.

Dan dari situlah perjalanan hidupnya menjadi Hercules yang di kenal sampai sekarang, ia jalani. Hidup di Jakarta tepatnya di daerah Tanah Abang yang terkenal dengan daerah ‘Lembah Hitam’, seperti diungkapkan Hercules daerah itu disebutnya sebagai daerah yang tak bertuan, bahkan setiap malamnya kerap terjadi pembacokan dan perkelahian antar preman.

Hampir setiap malam pertarungan demi pertarungan harus dia hadapi. “Waktu itu saya masih tidur di kolong-kolong jembatan. Tidur ngak bisa tenang. Pedang selalu menempel di badan. Mandi juga selalu bawa pedang. Sebab setiap saat musuh bisa menyerang,” ungkapnya

Rasanya tidak percaya Hercules menjadi sosok preman yang paling ditakuti, setidaknya di kawasan Pasar Tanah Abang, Jakarta. Tubuhnya tidak begitu tinggi. Badannya kurus. Hanya tangan kirinya yang berfungsi dengan baik. Sedangkan tangan kananya sebatas siku menggunakan tangan palsu. Sementara bola mata kanannya sudah digantikan dengan bola mata buatan.

Tapi setiap kali nama Hercules disebut, yang terbayang adalah kengerian. Banyak sudah cerita tentang sepak terjang Hercules dan kelompoknya. Sebut saja kasus penyerbuan Harian Indopos gara-gara Hercules merasa pemberitaan di suratkabar itu merugikan dia. Juga tentang pendudukan tanah di beberapa kawasan Jakarta yang menyebabkan terjadi bentrokan antar-preman.

Belum lagi sejumlah tawuran antar-geng yang merenggut korban jiwa atau luka-luka. Sejak pertengahan 80-an kelompok Hercules malang melintang di kawasan perdagangan Tanah Abang. Tak heran jika bagi warga Jakarta dan sekitarnya, nama Hercules identik dengan Tanah Abang.

Banyak cerita dari pria yang bernama lengkap Hercules Rozario Marshal ini. Mulai sepak terjangnya ketika memulai menjadi preman di Jakarta, isu kedekatannya dengan Prabowo Subianto, hingga pengakuannya yang kini belum pernah membunuh orang dan soal mitos yang menyebut dirinya kebal peluru.

Meski tubuhnya kecil, nyali pemuda kelahiran Timtim (kini Timor Leste) 45 tahun lalu ini diakui sangat besar. Dalam tawuran antar-kelompok Hercules sering memimpin langsung. Konon cerita, pernah suatu kali dia dijebak dan dibacok 16 bacokan hingga harus masuk ICU, tapi ternyata tak kunjung tewas.

Bahkan dalam suatu perkelahian, sebuah peluru menembus matanya hingga ke bagian belakang kepala tapi tak juga membuat nyawa pemuda berambut keriting ini tamat
. Ada isu dia memang punya ilmu kebal yang diperolehnya dari seorang pendekar di Badui Dalam.

Pada suatu kesempatan ada yang mencoba menanyakan salah satu mitos yang beredar di kalangan masyarakat adalah apakah Hercules kebal peluru? Dengan tersenyum Hercules, membantah hal itu. “Kita tidak kebal peluru. Kita selalu selamat karena berbuat amal, membantu anak yatim piatu. Doa mereka yang selalu membuat saya selamat,” uangkapnya.

Bantuan Sosial
Namun kini, Hercules tak seperti dulu lagi. Di balik cerita-cerita seram mengenai dirinya, jarang yang mengetahui bahwa ternyata Hercules adalah penerima penghargaan Bintang Seroja dari pemerintah, saat bergerilya di Timor Timur.

Di balik sosok dirinya yang sangar, ada sisi lain yang belum banyak diketahui orang. Dalam banyak peristiwa kebakaran, ternyata Hercules menyumbang berton-ton beras kepada para korban. Termasuk buku-buku tulis dan buku pelajaran bagi anak-anak korban kebakaran.

Begitu juga ketika terjadi bencana tsunami di beberapa wilayah, Hercules memberi sumbangan beras dan pakaian. Soal beras, memang tidak menjadi soal baginya karena Hercules memiliki tujuh hektar sawah di daerah Indramayu, Jawa Barat.

Bahkan ada juga bantuan bahan bangunan dan semen untuk pembangunan masjid-masjid. Sisi lain yang menarik dari Hercules adalah kepeduliannya pada pendidikan. “Saya memang tidak tamat SMA. Tapi saya menyadari pendidikan itu penting,” ujar ayah tiga anak ini yang menyekolahkan ketiga anaknya di sebuah sekolah internasional.

Mengenai pertobatannya, ia mengaku mulai ia lakukan sejak tahun 2006 lalu. Kini Hercules menapaki dunia bisnis di bidang perkapalan dan perikanan.

“Manusia hidup sementara. Mati akan dipanggil satu-satu, tinggal menunggu kematian. Sekarang, saya sadar, saya bertobat, masuk dunia bisnis dan membantu manusia yang membutuhkan,” kata Hercules.

sumber :http://makassar.tribunnews.com/2012/03/06/hercules-basri-sangaji-dan-john-kei
baru tau ane kalo tangan hercules buntung ampe siku
2004 abis abisan bela demokrat
2014 bakal abis abisan bela gerindra ni orang
eh skrng malah urusan sama borgol

Thumbs down contoh tidak konsisten

Quote:Ngaku Tidak Kenal, Tapi Ahok Bilang Hercules Baik

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau yang akrab disapa Ahok mengaku, tidak kenal dengan Hercules Rozario Marshal yang ditangkap polisi karena tuduhan kasus pemerasan dan aksi premanisme bersama anak buahnya.

Walau tidak terlalu kenal, namun Ahok mengaku dirinya pernah beberapa kali bertemu tokoh pemuda Timor Leste itu. Pertemuan terakhir Ahok dengan Hercules berlangsung pada 20 Februari 2013 di Balaikota DKI.

"Saya enggak begitu kenal. Yang aku tahu dia baik, usahanya juga bagus. Dia juga pernah ke sini (Balaikota DKI)," aku Ahok.

Ahok juga terkejut saat dikabarkan pendukungnya pada Pilgub DKI itu teribat kasus pemerasan dan premanisme. "Hah ditangkap? Kenapa? Pemerasan di mana?" sergah Ahok.

Disinggung soal apakah Ahok akan mengunjungi Hercules, Ahok mengaku tidak bisa mengunjungi karena kesibukannya. "Enggak sempet. Aku sibuk," katanya.

Namun dia berharap bahwa persoalan ini bisa segera dituntaskan oleh pihak berwajib. "Kita tunggu saja BAPnya," katanya.

Hercules ditangkap ditangkap karena dugaan tindak pidana kekerasan dan pemerasan. Dia beserta puluhan anak buahnya sudah diamankan oleh Polisi Resor Metro Jakarta Barat.

Awalnya, petugas kepolisian mendapatkan laporan dari masyarakat soal kelompok Hercules yang kerap mengintimidasi pemilik rumah toko (ruko) dan masyarakat sekitar. (ans/ant)


http://www.berita8.com/berita/2013/0...-hercules-baik

gak kenal tapi dibelain bilang baik?
Mengerikan... Yh udah sadar. Kalau benar2 sadar mulailah latih anak buah anda mendukung pak ahok yg memang bgian dr gerindra.
Quote:Original Posted By adikumalang


http://www.berita8.com/berita/2013/0...-hercules-baik

gak kenal tapi dibelain bilang baik?

Yee, kenal yang dimaksud disini tuh kenal lngsung. Jd berteman,dll. Bilang baik yh bs aja krn udah dngar crita, dll. Di thread ini jg kan diblg hercules bgi buku,dll.
Mgkin pak ahok skdar tahu sj. Lgian jg wawancaranya dlam kndisi pak ahok buru2.
Jngan menghakimi.
Udah lama gak ada pjbt mdl bgini. Adil, jujur pula.
Quote:Original Posted By adikumalang


http://www.berita8.com/berita/2013/0...-hercules-baik

gak kenal tapi dibelain bilang baik?


Ente ngga bisa memahami kalimat dengan benar ya? Kalau dibilang ngga begitu kenal . Artinya ngga terlalu akrab dengan sihercules secara luar dalam. Tp dalam keseharian mungkin si hercules ini bersikap baik kepada orang
Quote:Original Posted By adikumalang


http://www.berita8.com/berita/2013/0...-hercules-baik

gak kenal tapi dibelain bilang baik?


lucu komennya gan ini,,,,,
mirip robin hood ni hercules kayanya
Quote:Original Posted By adikumalang


http://www.berita8.com/berita/2013/0...-hercules-baik

gak kenal tapi dibelain bilang baik?


Ane jg gak kenal pesiden Soekarno, tp ane tau beliau orang baik...
konsisten gak gan?
namanya juga herculessss
Mengenai pertobatannya, ia mengaku mulai ia lakukan sejak tahun 2006 lalu. Kini Hercules menapaki dunia bisnis di bidang perkapalan dan perikanan.

“Manusia hidup sementara. Mati akan dipanggil satu-satu, tinggal menunggu kematian. Sekarang, saya sadar, saya bertobat, masuk dunia bisnis dan membantu manusia yang membutuhkan,” kata Hercules.


lah kemaren diciduk plokis itu kenapa ya?
herkules riwayatmu kini,,
preman jg manusia
walopun doski preman, gue tetep salut sama doski bray!
lu tau kan gemana hercules bray

ah elaaahhh
ane kira cerita tentang agung hercules
owhh gini toh...nice inpoo gan..
buset berita lama di taro ke bpln

gw rasa si hercules ini ga cuma kuat atau sok jagoan, tapi berkarisma, buktinya banyak yang ngikutin dia, salah satu yang gw pernah inget dari berita tentang dia adalah bahwa dulu dia sering banyak bantu pejabat tapi begitu dah di bantu langsung di buang, cuma ama prabowo aja dia masih loyal karena katanya prabowo ga pernah menghianati dia
Kalau gerombolan preman hercules VS preman FPI kira-kira siapa yang menang ya gan..?
Quote:Original Posted By janginem
Kalau gerombolan preman hercules VS preman FPI kira-kira siapa yang menang ya gan..?


gw pegang hercules ah, apa sih yg bisa di harapin dari fpi