KASKUS

Kopi kothok dan Rokok cete



Apa itu kopi kothok?

Quote:Kopi kothok, ya kopi kothok saat ini sangat populer di daerah Blora, Pati, Rembang, Bojonegoro, dan sekitarnya. Blm ada yg mengetahui kapan kopi ini mulai populer, dan knp dsbt kopi kothok! Dri namanya mungkin dpt ane jelaskan kothok = godhok, yg artinya rebus. Dan emang benar untuk membuat kopi kothok kita harus merebus kopinya. Beda bukan cara bikinnya? Biasanya orang bikin kopi cukup diseduh dg air panas, tp untuk bikin kopi kothok kita harus merebusnya.

Quote:Bagaimana cara membuatnya?

Apa saja yg harus disiapkan.
Quote:1 gelas air (untuk secangkir kopi)
1 sendok makan kopi hitam (bisa sesuai selera)
2 sendok gula. (bisa sesuai selera)


Proses pembuatanya
Quote:Rebus air, kemudian masukan kopi dan gula, aduk2 dan tunggu sampai mendidih. Sampai kopi meluber keatas kemudian tuangkan kopi kedalam gelas, dan kopi siap dinikmati. (porsi 1 gelas)

Mudah bukan cara buatnya? Rasa yg dihasilkan berbeda dg kopi seduh biasa. Aroma kopinya lebih terasa, lebih lembut dan bisa bikin kita melek lebih lama.


Rokok CeTe
Quote:
Di daerah ane ‘Blora’ orang2 menyebutnya nglelet/nyete/mbatik yg dimaksud menggambar dg media rokok.
Agan2 mungkin heran kok rokok digambari, apa rasanya tidak aneh?
Gambar disini tidak menggunakan tinta ataupun cat warna, tapi menggunakan ampas kopi (lethek).


Quote:Cara membuatnya
Quote:Yang harus disiapkan.
1 gelas kopi. (paling bagus kopi kothok, coz ampas/letheknya memiliki tekstur lebih lembut karna proses pembuatanya yg direbus)
Susu kental manis (putih) secukupnya.
Lepek
Tusuk gigi
Tissue

Prosesnya
Quote:Tuang kopi kedalam lepek kemudian minum kopinya. Biasanya masih tersisa ampas/letheknya. (kopinya agak kental).
Kemudian ambil tisu, taruh diatas ampas/lethek untuk menyerap airnya.
Setelah ampas/lethek agak kering tambahkan susu secukupnya. Aduk, jangan terlalu encer agar hasil gambar bagus.
Setelah tinta lethek jadi gunakan tusuk gigi untuk menggambari rokok.
Dan rokok jadi lebih indah dan siap dinikmati.


Aroma yg dihasilkan rokok jadi enak gan, dan bisa juga membuat agan melek lebih lama. Tapi klo pertama kali mencoba dikit dulu gan, penyesuaian. Klo blm terbiasa bisa pusing. Yang jelas aman banget untuk dicoba.

Quote:
Bagi agan2 yg berminat bisa mempraktekannya dirumah. Setelah itu share disini ya gan pengalaman dan juga gambarnya.
Trit ini asli buatan ane, tidak jiplak atau copas. Moga aja setelah ane bikin trit ini banyak agan2 yg mempraktekannya di rumah.
Klo agan ga suka jangan bata ane, ini sekedar info dan juga kebiasaan didaerah ane. Bahkan bisa jadi budaya. Kopi Kothok dan Nglelet Rokok


Quote:Hasil karya ane

Spoiler for pic:


pertamak kah gan. . .
Quote:Original Posted By davirus
pertamak kah gan. . .


ente pertamax gan..
Rokok Cete .. boleh dicoba nih nyedu kopihhh
sepertinya mesti ane cona dulu nech gan
Quote:Original Posted By internazional
Rokok Cete .. boleh dicoba nih nyedu kopihhh


Quote:Original Posted By laniaz
sepertinya mesti ane cona dulu nech gan


silahkan gan..dicoba sampe nemu takeran yg pas gan..
sama kya yg lain gan, noba dulu ah
ane coba dulu gan yang gituan.... wah kalo yang seneng gambar pasti makin suka tuh.... bisa nggambar kreasi yang lain.... .... kalo pengalaman ane yang mirip gituan dulu ane pake jaru* 76 gan kasih ampas kopi.... tapi setelahnya bikin pusing.... gak kuat ane gan..
Rokok Cete bukanya dari daerah Tulungagung ya Gan???
Quote:Original Posted By j0epastrana
Rokok Cete bukanya dari daerah Tulungagung ya Gan???


ane malah ga tau klo di tulungagung jg ada rokok cete..
kopi kothok enak juga keliatannya

di jakarta dimana ya yg jual?
ane gasuka kopi sama rokok gan
bisa dicoba gan
Quote:Original Posted By vergilz18
kopi kothok enak juga keliatannya

di jakarta dimana ya yg jual?


pesen aja sama TSnya gan, kayanya TS punya stok banyak tuh
ntar minggu depan ane buat dah. ane ijin bookmark dulu ya gan
Quote:
Kalo rokok Cete sering denger Gan, kalo Kopi Khotok baru denger ini neh Ane... Oiya, Kalo ente Aus, Klik ini Gan... Milo Professional


enak juga tuh gan kayanya kopinya
ane jadi pengen nyoba rokok cete ni gan..
rasanya lain katanya ya gan
wah ane jarang" minum kopi, lambung ane ga kuat
Quote:Original Posted By vergilz18
kopi kothok enak juga keliatannya

di jakarta dimana ya yg jual?


ga ada yg jual gan,coba bikin ndri aja..

Quote:Original Posted By ember_ambar


pesen aja sama TSnya gan, kayanya TS punya stok banyak tuh


pesen brp cangkir gan?

Quote:Original Posted By garuda088
ntar minggu depan ane buat dah. ane ijin bookmark dulu ya gan

monggo gan
Quote:Original Posted By tyoJrs
enak juga tuh gan kayanya kopinya


Quote:Original Posted By pro.bayoe
ane jadi pengen nyoba rokok cete ni gan..
rasanya lain katanya ya gan

aromanya beda gan,terasa aroma kopinya.. yg pasti bikin mata melek
Quote:Original Posted By sotoy.kk
wah ane jarang" minum kopi, lambung ane ga kuat


×