KASKUS

[ASK] Bagaimana-kah tanggung jawab utang perusahaan yang dinyatakan pailit?

Begini nih, aku ada pertanyaan

Awal tahun ini ada sebuah perusahaan yang dinyatakan pailit oleh Pengadilan Negeri. Nah perusahaan tersebut menyewa satu ruko milik orangtua saya yang baru akan berakhir masa sewa-nya hingga akhir tahun ini.

Kami sempat memeriksa, ternyata tagihan listrik/air/telepon bulan setelah perusahaan tersebut dinyatakan pailit, belum dibayar oleh mereka.

Ketika kami mengunjungi ruko tersebut, dipasang pengumuman bahwa harap menghubungi kantor pusat.

Pertanyaan saya,

1. Bagaimanakah segi pertanggungjawaban utang tagihan listrik/air/telepon perusahaan yang dinyatakan pailit tersebut dari segi hukum?

2. Apa yang perlu kami lakukan sebagai pemilik properti?

3. Apakah kontrak/sewa secara otomatis terputus seketika perusahaan tersebut dinyatakan pailit?

Mohon masukannya,

Terima kasih banyak sebelumnya

tinggalin jejak dulu ah..penasaran jg ane pgen tahu
Quote:Original Posted By sanguine80
Begini nih, aku ada pertanyaan

Awal tahun ini ada sebuah perusahaan yang dinyatakan pailit oleh Pengadilan Negeri. Nah perusahaan tersebut menyewa satu ruko milik orangtua saya yang baru akan berakhir masa sewa-nya hingga akhir tahun ini.

Kami sempat memeriksa, ternyata tagihan listrik/air/telepon bulan setelah perusahaan tersebut dinyatakan pailit, belum dibayar oleh mereka.

Ketika kami mengunjungi ruko tersebut, dipasang pengumuman bahwa harap menghubungi kantor pusat.

Pertanyaan saya,

1. Bagaimanakah segi pertanggungjawaban utang tagihan listrik/air/telepon perusahaan yang dinyatakan pailit tersebut dari segi hukum?

2. Apa yang perlu kami lakukan sebagai pemilik properti?

3. Apakah kontrak/sewa secara otomatis terputus seketika perusahaan tersebut dinyatakan pailit?

Mohon masukannya,

Terima kasih banyak sebelumnya



coba bantu ya gan cmiiw
1.klo pailit hutang tagihan iuran bulan otomatis hilang. Jadi ente harus bayar
2. coba hub kuratornya
3. Masih jadi hak PT.pailit apabila sudah bayar kecuali ada perjanjian sewa berakhir bila pailit etc
Quote:Original Posted By 1ung


coba bantu ya gan cmiiw
1.klo pailit hutang tagihan iuran bulan otomatis hilang. Jadi ente harus bayar
2. coba hub kuratornya
3. Masih jadi hak PT.pailit apabila sudah bayar kecuali ada perjanjian sewa berakhir bila pailit etc


waduh berabe juga ya.

yang saya bingung tuh begini, karena listrik di ruko tersebut kapasitasnya sudah ribuan KVA, abodemen per-bulannya saja (tanpa pemakaian) mencapai Rp. 500,000,- kalau tidak salah ingat

Jika benar bahwa PT. pailit masih memiliki hak sewa atas ruko tersebut, bukankah menjadi sangat tidak adil bagi kami pemilik ruko, yang harus menanggung abodemen terus menerus hingga akhir tahun, tanpa bisa memanfaatkan ruko tersebut?

terima kasih atas bantuannya
numpang share info ala kadarnya..

Pada saat terjadi pailit kan biasanya para kreditur dipanggil sm kuratornya. Tp dalam kepailitan, kreditur itu dibagi bbrp macem: kreditur preference (kreditur yang diutamakan kedudukannya), kreditur separatis (kreditur pemegang hak gadai / fiducia, dll) dan kreditur konkuren (kreditur yang hrs berbagi dgn kreditur lainnya secara parsial).

Nah kyknya agan ini kreditur konkuren, agan list utang2 PT itu ke agan apa aja n serahin ke kuratornya. Dan memang bila terjadi kepailitan, piutang yg akan agan dapat sbg kreditur konkuren jumlahnya tidak akan sama dgn jumlah utang, tp y mau gmn lg.

Utk perjanjian sewa, memang tidak akan putus dgn pailit bila sudah dibayar lunas, kcuali ada klausul yg menyatakan sebaliknya. Bahkan ada perpindahan hak milik pun tidak akan memutuskan sewa.

Maaf kiranya kalo pendapat saya salah atau berbelit2 atau ga kasih pencerahan sm skali..

Quote:Original Posted By 1ung


coba bantu ya gan cmiiw
1.klo pailit hutang tagihan iuran bulan otomatis hilang. Jadi ente harus bayar
2. coba hub kuratornya
3. Masih jadi hak PT.pailit apabila sudah bayar kecuali ada perjanjian sewa berakhir bila pailit etc


elu tolol ga usah bacot deh!
Quote:Original Posted By 1ung


coba bantu ya gan cmiiw
1.klo pailit hutang tagihan iuran bulan otomatis hilang. Jadi ente harus bayar
2. coba hub kuratornya
3. Masih jadi hak PT.pailit apabila sudah bayar kecuali ada perjanjian sewa berakhir bila pailit etc


*andai gue pemilik ruko*

enak banget ya iuran gue yang bayar eh ruko masih dikuasai orang lain
Quote:Original Posted By sanguine80

1. Bagaimanakah segi pertanggungjawaban utang tagihan listrik/air/telepon perusahaan yang dinyatakan pailit tersebut dari segi hukum?

2. Apa yang perlu kami lakukan sebagai pemilik properti?

3. Apakah kontrak/sewa secara otomatis terputus seketika perusahaan tersebut dinyatakan pailit?

Mohon masukannya,

Terima kasih banyak sebelumnya



1. sewa menyewa tetap berlaku dan mengikat kok. ga bisa diputus seenaknya sama si kurator. tagihan listriik / telepon kalau berdasarkan perjanjian sewa adalah tanggung jawab penyewa, lu sampaikan aja ke penyewa, up kurator. kurator sebagai pengurus harta pailit bisa nentuin mo lanjut atau mo mutus (dengan persetujuan pemilik ruko tentunya)

2. kontak kurator untuk memberitahu bahwa elu adalah kreditor perusahaan pailit berdasarkan perjanjian sewa ruko

3. seharusnya tidak kecuali yang drafting kontrak bego.
Quote:Original Posted By clone.gree


elu tolol ga usah bacot deh!


elu Goblok cmiiw Goblok!

dasar Idiot ga tau cmiiw !
alah, anak miskin jelek bodo banyak bacot! salah mah salah aja njing! kalo ga tau ga usah posting setan!









:
duduk manis nonton yang di atas dulu sodara sodara
Quote:Original Posted By clone.gree
alah, anak miskin jelek bodo banyak bacot! salah mah salah aja njing! kalo ga tau ga usah posting setan!


Goblok di piara nih anak babi. tolol ga tau cmiiw. udah goooblooook sok tau lagi nih anak pelacur!! kalau ga tau cmiiw jgn bacot tot!


*duduk yg manis semua, biar ane ksh pelajaran anak lonte dan germo, keturunan sampah!!!
emang arti cmiiw itu apa pak guru?
kalo ga tau mah ga usa posting. sok ngerti hukum ajaaa.... pake cmiw cmaw.... banyak bacot:
Quote:Original Posted By clone.gree
kalo ga tau mah ga usa posting. sok ngerti hukum ajaaa.... pake cmiw cmaw.... banyak bacot:


kalau sok ngerti mah ga pake cmiiw lagi tot. Oh jadi lu ngerti hukum aja. tunjukan tot peraturan dilarang posting! gw mau banyak atau sedikit bacot emang apa masalahnya ama lu tot?

lagian bacot cuman bisa ambil opini gw yg 2 dan 3. :
Kalau hebat jgn tiru2 jawaban org tot
Quote:Original Posted By 1ung


kalau sok ngerti mah ga pake cmiiw lagi tot. Oh jadi lu ngerti hukum aja. tunjukan tot peraturan dilarang posting! gw mau banyak atau sedikit bacot emang apa masalahnya ama lu tot?

lagian bacot cuman bisa ambil opini gw yg 2 dan 3. :
Kalau hebat jgn tiru2 jawaban org tot


yang saya bold mending edit aja pak guru daripada jadi bahan makian om clone
Quote:Original Posted By mordenaar


yang saya bold mending edit aja pak guru daripada jadi bahan makian om clone


gpp gan. biar tambah seru tontonannya
owh.. ternyata attention whore... kesian.. ga punya temen di dunia nyata, sibuk cari temen di dunia maya...
Quote:Original Posted By 1ung


Goblok di piara nih anak babi. tolol ga tau cmiiw. udah goooblooook sok tau lagi nih anak pelacur!! kalau ga tau cmiiw jgn bacot tot!


*duduk yg manis semua, biar ane ksh pelajaran anak lonte dan germo, keturunan sampah!!!


lw sama clone.gree sebenernya sehati dalam memilih topik buat ngebacotin orang
×