KASKUS

Unhappy [USULAN] Mobil & Motor Lawas Bakal Bayar Pajak Ganda?

Mobil & Motor Lawas Bakal Bayar Pajak Ganda?

Jakarta - Kendaraan yang beredar di Indonesia tidak semuanya baru tapi juga banyak diantaranya yang memiliki umur lawas atau lebih dari 5 hingga 10 tahun.

Bagaimana untuk kendaraan yang umurnya sudah lebih dari 5 tahun, apakah tidak diperbolehkan beroperasi karena gas buangnya tidak memenuhi standar yang ditetapkan, atau ada konsekuensi lain?

Bidang Penegakan Hukum Mabes Polri Joni Leo menuturkan, sebaiknya kendaraan baik mobil atau motor yang lawas itu diberikan konsekuensi seperti yang diberlakukan di negara lain.

"Ini usulan saja, konsekuensinya bisa dilakukan seperti di Belanda yang memberlakukan bayar pajak ganda atau double untuk kendaraan lawas dan lebih dari 10 tahun," tutur Joni Leo dalam acara Workshop Pemeriksaan dan Perawatan Kendaraan Bermotor (Uji Emisi) di Hotel Sari Pan Pacific kemarin.

Menurutnya, saran itu bisa saja dilakukan di Indonesia. Pemilik kendaraan lawas harus membayar pajak ganda.

"Jadi resiko memiliki kendaraan lama itu harus membayar pajak yang lebih, jadi intinya orang akan disusahkan untuk memiliki kendaraan yang sudah lama umurnya. Sehingga akhirnya orang itu menggantinya dengan yang baru," lugasnya.

Sumber

Ini apa-apaan yak ?? apa gk dipikirkan lg ?? klo tuh kendaraan berumur tua klo gk ada yang mau beli terus mau dikemanain ??? buang ke laut ??

asli parah... dengan adanya kebijakan kaya gini bakalan banyak yang gk bayar pajak biarin telat dan jadi barang pajangan di rumah... parah amat sih klo bikin kebijakan... ckckckck...bagus sih bagus tapi kok mikirin dampaknya...

kecuali tuh motor lawas di serahkan ke pihak ketiga yang mau melebur dan si pemilik di kasih kompensasi sih baru enak... lah ini... gk dipikirin belakangnya
tiap 10 tahun,,, ganti kendaraan
mantap bener usulannya


tapi tetep setia sama motor tigi ane yg udah 13 tahun setia menemani
Yang ngusulkan suruh pindah ke belanda sana.
wah... akhirnya pemerintah memikirkan cara yang ekstrim. hidup di jakarta akan semakin mahal tetapi wajah jakarta akan berubah drastis.
yang dipikirin pemerintah kayanya pajak pajak pajak mulu....duitnya trus dikemplang si gayus....
trus motor tua ane taun 60an suruh dipajekin berapa lipetan pak
Quote:Original Posted By .NoShade.
tiap 10 tahun,,, ganti kendaraan
mantap bener usulannya


tapi tetep setia sama motor tigi ane yg udah 13 tahun setia menemani


sama Gan, Ane pakai Thunder 250cc 1999 baru jalan 14rban, masak diminta Ganti
Kalau ane bisa KORUPSI milyaran jangankan 10 tahun sekali ganti mobil
tiap tahun ganti mobil juga ane mau
waduh..motor ane udah usia 50 th gmna dong gan.apa harus d museumin aja yak.
[QUOTE=grahani;5139d1942d75b4d560000002]

sama Gan, Ane pakai Thunder 250cc 1999 baru jalan 14rban, masak adiminta Ganti [/cUOTE]
yamaha 97 , dah setahnun belum d byr pajak, ribet ke samsat banyak calo
Hadeeehh padahal lg pengen binter mercy...
klo kek gini yang bakalan untung ya para penjual mobil :

geblek banget klo sampe diterapkan

klo di jepang memang diterapkan biar pada meningkat penjualan mobilnya karena jepang sendiri adalah produsen mobil ... klo disini ntar devisa lari ke luar semua
benahi dulu infrastruktur angkutan umum baru buat usulan kayak begini
bukannya yang punya mobil tua kebanyakan bukan dari kalangan yang kaya beda ceritanya kalau emang mobil antik
kyk negara tetangga kebijakannya
boil ane tahun 03 gan
Kalo punya harley lawas dan jeep lawas gmana?
Tuh kan brg penting dan punya nalai tinggi.
HaLahh ,ujung2nya maen2in pajak lagi kan. Taik lah
Quote:Original Posted By Khoontol
Yang ngusulkan suruh pindah ke belanda sana.


keturunan belanda kali mas bro....

Quote:Original Posted By ** SENSOR **memek.
yang dipikirin pemerintah kayanya pajak pajak pajak mulu....duitnya trus dikemplang si gayus....


makanya itu gan paling ujung2nya motor / mobil tua bakalan gk bayar pajak... simpen di rumah aje... mau keluar pake plat palsu aje... selama tukang plat masih banyak gampang itumah....

Quote:Original Posted By kul13xpl0r4s1
trus motor tua ane taun 60an suruh dipajekin berapa lipetan pak


kawokwokaw 10 tahun keatas aja 2 kali lipat...60 tahun daripada dilipat2 mendingan gk bayar pajak... beres perkara... usulan kok gk mikir belakangnya... tiba2 kasih usulan gk jelas... kayak disini tuh angkutan umumnya udah EURO 4 / 5 aja...
Quote:Original Posted By kazuya17
wah... akhirnya pemerintah memikirkan cara yang ekstrim. hidup di jakarta akan semakin mahal tetapi wajah jakarta akan berubah drastis.


Ga akan banyak pengaruh sepertinya.. Kendaraan yang beredar di Jakarta kabanyakan tak lebih dari 10 thn.
Kecuali orang yang kere atau memang barang simpanan
terus nasib Vespa Super tahun 1976 ma Vespa Exclusive 2 ane taun 1995 gimana dong????

Usulan paling beg* yang pernah gue denger. Dibayar berapa nih sama pabrikan mobil, biar orang ganti mobil baru terus?