Supaya ASI Bisa Keluar Saat Lahiran


Ini cerita sukarela dari salah satu busui lewat blogwalking ke saya. supaya aseli langsung saya copas aja ya, cekidot dah:

Quote:Awal-awal lahiran ASIku ga keluar, dipompa pun cuma tetes-tetes. Jadi babyku aq kasih sufor. Khawatir sih katanya sufor banyak jeleknya. Aku telaten minum jamu selama 40 hari buat melancarkan ASI walo rasanya pahit ditahan-tahan demi baby. Hasilnya sekali perah dapat 5 ml kadang juga kurang. Tapi kasihan juga ya masa baby bisa puas cuma dg ASI 5 ml? Aku browsing gimana bisa melancarkan ASI belajar dari satu forum ke forum yang lain. Akhirnya landing pada suatu web luar negeri membicarakan s***ed tea. Testimoninya juga banyak menggiurkan sampe punya stok ASIP sekulkas. Tapi ada ga ya di Indo? Aq search lagi deh ketemu Best Bunda. Sayang, produknya kosong dan ditawari produk yang katanya komposisinya sama. Bentuknya biji-bijian, takaran bisa diatur sendiri mau hemat atau berlebih. Kalo dibandingin sama produk yg bentuknya teh celup, memang tidak praktis, takutnya juga kertas saringnya yg celupan mengandung pemutih atau bahan lain yg tdk aman. Tapi mengingat bisa untuk pemakaian berkali-kali 40an gelas lebih (kayaknya lebih hemat yg bentuk bijian), lebih berat dari teh celup yg isinya 10-16 kantong (waktu itu harganya teh celup 140ribuan) Aq memilih ASI BOOSTER TEA saja. Bismillah semoga ngefek, lumayan jauh lebih murah dan lebih berat.

Aq sebenernya ga gampang buat belanja online, kecuali bener2 butuh banget dg pertimbangan yg sangat matang. Sempet mau batal loh karena liat harganya. Apalagi saat itu katanya promo disc tapi setelah sms ga promonya habis, diganti cashback ( Tapi dengan pertimbangan kasihan baby yg dalam mindsetku harus segera lepas sufor, dan target sebelum bulan puasa harus sudah ada peningkatan produksi ASI (paling tidak, bisa mengenyangkan baby setelah menyusu selagi puasa, Alhamdulillah kalo sampe punya stok ASIP). Belilah aq Asi booster ini.

Aturan konsumsinya diseduh dg air panas, tapi kok warnanya ijo kaya kurang terekstrak. Jadinya aq rebus lagi sampai cokelat seperti teh. Aq buatnya 1 sdm dg 1 teko teh 700 ml jg bisa lebih airnya. Sehari harus habis. Rasanya tawar ga pahit kayak jamu, cuma beraroma herbal. Hasilnya produksi ASI sekali perah dari biasa 5 ml jadi 20 ml dalam 3 hari. Meningkat terus dan teruuus... Sampe terakhir ngukur di botol 60-80 ml. Setelah itu ga pernah pumping lagi karena sayang takut kebuang. Cz babyku udah biasa nenen langsung ga mau pake dot lagi. Setelah pumping baru kasih nenen langsung Alhamdulillah payudara cepat kencang terasa penuh. Dari dulunya yang sering rewel mungkin karena lapar terus buat ngenyangin aq kasih sufor, sekarang habis nenen ga pernah rewel. Lepas sufor total saat baby umur 3 mingguan. Mungkin kalo diperah sampai 100 ml lebih kali yah? Walo cita2 punya stok ASIP ga terkabul karena baby ga mau ngedot dan susah disendokin, yg penting dy sering menyusu dan kenyang dg ASI yang kontinyu melimpah

Oh ya, kalo pumping bwt hasil maksimal jangan pakai pompa dg bola karet merah (ini bikin ASI semakin kering) pakai yg sistem piston aja atau dg tangan dan lakukan jika hendak/sebelum menyusui bayi ^^

satu lagi, coba berbagi tips aja ni,
----- Kunci Sukses Menambah Kuantitas ASI -----

- Susui sesering mungkin. Susui maksimal 2 jam sekali. Supply ASI = Demand. Semakin sering menyusui semakin banyak kuantitas ASI. Bersabarlah dalam minggu-minggu pertama. Setidaknya dalam sehari 8-12 kali menyusui. Jika ibu bekerja ASI bisa sesering mungkin diperah. Menyusui langsung pada payudara merangsang hormon prolaktin dan oksitosin bekerja. Susui bayi selama 30 menit, bisa dibagi 15 menit pertama payudara satu, dan 15 menit lagi untuk payudara yang lain.

- Pastikan perlekatan bayi pada payudara sudah benar. Duduklah dengan nyaman. Saat bayi menyusu pastikan seluruh areola berada dalam mulut bayi, dagu bayi menyentuh payudara.

- Jaga asupan nutrisi. Ibu menyusui membutuhkan ekstra kalori 300-500 kalori daripada biasanya. Penuhi Pedoman Umum Gizi Seimbang.

- Minum yang cukup! Setidaknya ibu mendapat cairan 8 gelas sehari. Sediakan air minum di dekat Anda menyusui.

- Relaks jauhi stres. Lakukan olah raga ringan. Kontrollah emosi anda, hindari stress sejauh mungkin. Ibu perlu relaksasi. Istirahat yang cukup, manfaatkan waktu saat bayi Anda tidur. Stres dapat mengurangi kuantitas ASI. Tebal kuping terhadap mitos seputar menyusui. Percaya diri ASI akan melimpah!

- Jauhi rokok, alkohol, dan obat-obatan terlarang.

- Minum ASI Booster Tea untuk meningkatkan kuantitas ASI. ASI booster tea merupakan galactagogue yang terbuat dari herbal. Sudah terbukti dapat meningkatkan ASI dalam beberapa jam pemakaian.

Semoga bermanfaat. Pokoknya, jangan sampe menyerah pada sufor. Bagaimanapun ASI adalah investASI besar untuk anak kita. Salam bisa ASI 2tahun!!
Quote:Original Posted By fahmi90

Ini cerita sukarela dari salah satu busui lewat blogwalking ke saya. supaya aseli langsung saya copas aja ya, cekidot dah:



kenyot dulu ya Puh
pake habbatussauda kapsul yg minyaknya
deres bgt asinya
tips lainnya, pas lg hamil sering dirangsang gan. pijet2 sendiri trus tarik2in putingnya. kalo males ngelakuin sendiri, suruh suami aja...
Quote:Original Posted By liaRUFIO
tips lainnya, pas lg hamil sering dirangsang gan. pijet2 sendiri trus tarik2in putingnya. kalo males ngelakuin sendiri, suruh suami aja...


ntar bisa keterusan Mak ..............
Klo istri ane pas hbs melahirkan minum asif*t bwt mancing asinya trus di lanjutin minum habbatusauda.
Dari kemaren2 mau komen, judulnya lucu... Repot kali kalau ASI malah keluar SAAT Lahiran. Ntar anaknya bisa kehilangan kolostrum yg berharga Yang bener sih supaya ASI keluar setelah bayi lahir atau saat menyusui utk pertama kalinya.

Tips buat ibu2 yg lagi hamil (terutama yang lagi hamil anak pertama dan yang jarak usia anaknya jauh).

Utk menghindari puting lecet saat awal2 menyusui, sejak ibu tahu bahwa dia hamil, sering2 dioleskan minyak zaitun pada daerah payudara terutama puting susu. Pas minggu2 terakhir kehamilan, saat si ibu mandi sering2 bersihkan puting susu, karena banyak kotoran seperti lemak yg menumpuk di sela2 permukaan puting susu dan menutup lubang air susu. Dan yang terakhir, Tenang+Percaya Diri bisa menyusui si anak. Insya Allah air susu bisa keluar banyak.
Quote:Original Posted By TheLostSoul
Dari kemaren2 mau komen, judulnya lucu... Repot kali kalau ASI malah keluar SAAT Lahiran. Ntar anaknya bisa kehilangan kolostrum yg berharga Yang bener sih supaya ASI keluar setelah bayi lahir atau saat menyusui utk pertama kalinya.

Tips buat ibu2 yg lagi hamil (terutama yang lagi hamil anak pertama dan yang jarak usia anaknya jauh).

Utk menghindari puting lecet saat awal2 menyusui, sejak ibu tahu bahwa dia hamil, sering2 dioleskan minyak zaitun pada daerah payudara terutama puting susu. Pas minggu2 terakhir kehamilan, saat si ibu mandi sering2 bersihkan puting susu, karena banyak kotoran seperti lemak yg menumpuk di sela2 permukaan puting susu dan menutup lubang air susu. Dan yang terakhir, Tenang+Percaya Diri bisa menyusui si anak. Insya Allah air susu bisa keluar banyak.


perlu bantuan bapaknya gak Mak waktu bersihinnya?
pengalaman ane pribadi sih emang diawal kelahiran, ASI nya dikit banget keluar..udah minum daun katuk, vitamin, jamu, semua dijabanin dan betul sih yg paling penting si dede terus di susuin, biar merangsang payudara untuk produksi susu lebih banyak dan hasilnya lumayan, ASI nya bisa mencukupi kebutuhan si dede pagi dan malem (kalo siang pake susu formula karena ane harus kerja )
Quote:Original Posted By tiena.jo
pengalaman ane pribadi sih emang diawal kelahiran, ASI nya dikit banget keluar..udah minum daun katuk, vitamin, jamu, semua dijabanin dan betul sih yg paling penting si dede terus di susuin, biar merangsang payudara untuk produksi susu lebih banyak dan hasilnya lumayan, ASI nya bisa mencukupi kebutuhan si dede pagi dan malem (kalo siang pake susu formula karena ane harus kerja )


yg bold sm dg kejadian istiri ane
asi semenjak istri msh manfaatin cuti 3bln
stlh cuti selesai..dan mulai aktivitas kerja lg asi susah keluar..krn kecapean + strees di kerjaan
Quote:Original Posted By tiena.jo
pengalaman ane pribadi sih emang diawal kelahiran, ASI nya dikit banget keluar..udah minum daun katuk, vitamin, jamu, semua dijabanin dan betul sih yg paling penting si dede terus di susuin, biar merangsang payudara untuk produksi susu lebih banyak dan hasilnya lumayan, ASI nya bisa mencukupi kebutuhan si dede pagi dan malem (kalo siang pake susu formula karena ane harus kerja )


Quote:Original Posted By omtopan


yg bold sm dg kejadian istiri ane
asi semenjak istri msh manfaatin cuti 3bln
stlh cuti selesai..dan mulai aktivitas kerja lg asi susah keluar..krn kecapean + strees di kerjaan


Ga coba peras ASI selama di kantor? Kalau diperas secara rutin bisa merangsang produksi ASI supaya tetap banyak. ASI yang diperas di kantor bisa dibawa pulang dan disimpan di kulkas buat stok minum si kecil selama mama-nya bekerja.
yang penting niat dan pikiran kalau ASI kita cukup pasti cukup
hindari pikiran2 negatif apalagi pertengkaran suami istri ngaruh banget ke ASI.
temen ada yg asinya ga keluar habis berantem hebat ma misua na.

So para suami harus kerjasama juga
lagi ASI jangan dimarahin terus istrinya

nitip lapak, kali aja ada yg butuh mainan bakal bayinya

Nathan Littleshop
Quote:Original Posted By nathanlittlshop
yang penting niat dan pikiran kalau ASI kita cukup pasti cukup
hindari pikiran2 negatif apalagi pertengkaran suami istri ngaruh banget ke ASI.
temen ada yg asinya ga keluar habis berantem hebat ma misua na.

So para suami harus kerjasama juga
lagi ASI jangan dimarahin terus istrinya

nitip lapak, kali aja ada yg butuh mainan bakal bayinya

Nathan Littleshop

jualan lagi

baca rules ya Gan
Quote:Original Posted By wiraspy


kenyot dulu ya Puh


wong dodolan kuwi gan, orang jualan ini...

Quote:Original Posted By H2SO4pekat
pake habbatussauda kapsul yg minyaknya
deres bgt asinya


Noted mak

Quote:Original Posted By TheLostSoul
Dari kemaren2 mau komen, judulnya lucu... Repot kali kalau ASI malah keluar SAAT Lahiran. Ntar anaknya bisa kehilangan kolostrum yg berharga Yang bener sih supaya ASI keluar setelah bayi lahir atau saat menyusui utk pertama kalinya.

Tips buat ibu2 yg lagi hamil (terutama yang lagi hamil anak pertama dan yang jarak usia anaknya jauh).

Utk menghindari puting lecet saat awal2 menyusui, sejak ibu tahu bahwa dia hamil, sering2 dioleskan minyak zaitun pada daerah payudara terutama puting susu. Pas minggu2 terakhir kehamilan, saat si ibu mandi sering2 bersihkan puting susu, karena banyak kotoran seperti lemak yg menumpuk di sela2 permukaan puting susu dan menutup lubang air susu. Dan yang terakhir, Tenang+Percaya Diri bisa menyusui si anak. Insya Allah air susu bisa keluar banyak.


plus makan banyak yang berkualitas dan minum banyak juga

yg penting di susui sih, gw menyusui 20 hari setelah melahirkan tuh gapapa...
cuma dasarnya ngga bakat jadi pabrik susu, nyetok ga bisa banyak2
Quote:Original Posted By TheLostSoul
Ga coba peras ASI selama di kantor? Kalau diperas secara rutin bisa merangsang produksi ASI supaya tetap banyak. ASI yang diperas di kantor bisa dibawa pulang dan disimpan di kulkas buat stok minum si kecil selama mama-nya bekerja.


udh pernah cobain mak peres d ktr..kt bini siy keluar nya dikit pas awal2 msk kerja lg
ehh pas lm k lm'an malah ga keluar sm skali asi nya...istri malah makin strees mikirin asi ga keluar2
jd mo ga mo dede pke sufor

*beda jauh bgt istri sblm msk kerja lg...asi dah ky genteng bocor..ngucur trus bs2 stok ASI ampe 30btl d kulkas

Quote:Original Posted By nathanlittlshop
yang penting niat dan pikiran kalau ASI kita cukup pasti cukup
hindari pikiran2 negatif apalagi pertengkaran suami istri ngaruh banget ke ASI.
temen ada yg asinya ga keluar habis berantem hebat ma misua na.

So para suami harus kerjasama juga
lagi ASI jangan dimarahin terus istrinya

nitip lapak, kali aja ada yg butuh mainan bakal bayinya

Nathan Littleshop


niat + usaha sudah d cb..tp kl mang siy ibunya sndr stress + byk pikiran tetep aj ga keluar
oya mak..jgn jualan sembarangan, sepuh nya ngomel2 ne
v
v
v

Quote:Original Posted By wiraspy
jualan lagi

baca rules ya Gan


Quote:Original Posted By wiraspy


ntar bisa keterusan Mak ..............


keterusan jg gpp, udah halal ini...