Manfaat Limbah Minyak Goreng Bagi Kita

ASSALAMMU'ALAIKUM WR.WB






Quote: BUDAYAKAN COMMENT AND

Quote:alhamdulillah wasyukurillah, dalam kurun waktu yg ga lama thread nya HT, thx buat kluarga besar KASKUS Indonesia dan tmn2 kaskuser yg sudah membaca dan memberikan dukungan untuk kelestarian lingkungan, smoga apa yg ane tulis di sini bermanfaat untuk smua nya, Amiinn..
Spoiler for Alhamdulillah HT lagi:


Quote:


Quote:Manusia tidak pernah lepas dengan kebutuhan akan pangan. Setiap orang pasti butuh makan untuk bertahan hidup. Faktanya, hampir sebagian besar olahan makanan yang nikmat bagi lidah adalah makanan yang digoreng terlebih dahulu. Maka sudah bukan hal yang baru jika minyak goreng kebutuhan utama dalam rumah tangga. Hal ini dibuktikan dengan masuknya minyak goreng sebagai salah satu sembako atau Sembilan Bahan Pokok di Indonesia.

Salah satu yang menjadi masalah dari penggunaan minyak goreng adalah limbah yang dihasilkannya. Di jepang, pembuangan limbah minyak goreng sebagian besar berasal dari minyak goreng nabati. Total limbah tersebut diperkirakan sekitar 410.000 ton per tahun. Kurang lebih sebanyak 260.000 ton berasal dari para pengelola atau pedagang makanan seperti pabrik makanan, restoran, dan pabrik pengolahan, sedangkan sekitar 250.000 ton lainnya berasal dari limbah rumah tangga. Limbah minyak goreng yang berasal dari pedagang makanan biasanya dikumpulkan oleh pedagang pengumpul minyak goreng bekas untuk didaur ulang menjadi bahan dasar sabun, pupuk, pakan hewan, dan cat.


Quote:Namun yang menjadi masalah adalah limbah minyak goreng yang berasal dari limbah rumah tangga. Hanya sebagian kecil masyarakat yang berniat mengumpulkan limbah minyak goreng. Sementara sebagian besar lainnya lebih memilih untuk membuang begitu saja limbah minyak goreng tersebut dengan cara yang sama seperti sampah dapur lainnya. Padahal pembuangan limbah minyak goreng tanpa melalui treatment tertentu dapat membahayakan. Terutama jika limbah minyak goreng tersebut dibuang ke dalam saluran air karena sifatnya yang nonpolar sehingga tidak bisa larut pada air yang bersifat polar. Hal ini dapat menyebabkan kualitas air menurun dan biota-biota air turut tercemar.



Pada beberapa tahun terakhir, di Jepang telah berkembang pergerakan masyarakat untuk mendaur ulang limbah minyak goreng yang berasal dari rumah tangga menjadi Bio-diesel Fuel (BDF) atau bahan bakar bio-diesel. Berdasarkan artikel dari Farming Japan vol. 42-1 hal.28-30 tahun 2008, telah terjadi peningkatan kesadaran bersama dan pendaur-ulangan limbah minyak goreng, dari yang tadinya hanya sekitar 10.000 ton minyak goreng dari limbah rumah tangga yang didaur ulang untuk pembuatan bahan bakar di tahun 2002, hingga meningkat menjadi 20.000-30.000 ton pada tahun 2006. Bahkan kemungkinan limbah minyak goreng dyang dapat dikumpulkan menjadi 100.000 ton per tahun.


Quote:Seperti yang telah kita ketahui, sumber bahan bakar minyak bumi semakin berkurang seiring pertumbuhan penduduk yang semakin tinggi. Bila masyarakat hanya menggantungkan kebutuhan energi bahan bakar minyak untuk kehidupan sehari-hari, seperti untuk bahan bakar tenaga motor dan transportasi hanya dari minyak bumi saja, maka dapat dipastikan sumber energi yang berasal dari fosil ini akan habis hanya dalam beberapa tahun mendatang. Oleh karena itu perlu ditemukan suatu upaya alternatif lain, yaitu salah satunya dengan mengembangkan sumber energi yang berasal dari nabati yaitu biodiesel yang merupakan limbah dari minyak penggorengan.

Biodiesel merupakan bahan bakar yang terdiri dari campuran mono-alkyl ester dari rantai panjang asam lemak. Biodiesel memiliki sifat pembakaran yang mirip dengan diesel (solar) dari minyak bumi, dan dapat digunakan untuk menggantikannya. Namun, biodiesel lebih sering digunakan sebagai penambah untuk diesel petroleum, meningkatkan bahan bakar diesel petrol murni ultra rendah belerang yang rendah pelumas. Biodiesel merupakan kandidat yang paling tepat untuk menggantikan bahan bakar fosil sebgai sumber energi transportasi utama dunia karena berasal dari sumber daya yang dapat diperbaharui.


Quote:


Di Kyoto, Jepang penggunaan biodiesel sebagai bahan bakar kendaraan telah dimulai sejak tahun 1996. Kota ini menggunakan bahan bakar biodiesel dengan kemurnian 100% untuk 220 truk sampah. Kemudian pada bulan April tahun 2000, dimulailah penggunaan bahan bakar campuran 20% bio-diesel untuk bahan bakar sekitar 80 bus kota. Selain itu biodiesel juga digunakan sebagai bahan bakar pada kapal penangkap ikan dan traktor pertanian di beberapa prefektur lain di negara ini.



Di Indonesia sendiri biodiesel dikenal dengan nama biosolar, yang sekarang ini sudah mulai banyak terdapat di setiap SPBU. Sayangnya hal ini masih terkendala oleh antusiasme yang masih sangat kurang dari masyarakat dan promosi yang juga sangat kurang dari pemerintah. Namun, ada salah satu daerah yang saya ketahui telah mengaplikasikan penggunaan biodiesel, yaitu Kota Bogor. Di Bogor,Jawa Barat terdapat transportasi umum yang telah menggunakan limbah minyak goreng sebagai bahan bakar utama yaitu Trans Pakuan. Menurut saya hal ini sangat baik karena dapat menjadi salah satu bentuk promosi dari pemerintah kota terhadap masyarakat untuk mulai menggunakan biodiesel.


Quote:


Selain sebagai biodiesel atau alternatif bahan bakar fosil, sebuah penelitian dari mahasiswa prodi Pendidikan IPA, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta juga menemukan bahwa limbah minyak goreng atau biasa disebut minyak jelantah dapat dimanfaatkan menjadi pembersih lantai. Penemuan yang disebut sebagai Karbol Milan (singkatan dari Karbol Minyak Jelantah) ini diproduksi dalam beberapa varian aroma, kemudian dikemas dalam plastik botol bening berukuran 600 ml yang disertai dengan label produk dan petunjuk penggunaan.

Proses produksi Karbol Milan dibagi menjadi tiga tahapan yaitu tahap penjernihan minyak jelantah, tahap pembuatan karbol, dan tahap pengemasan produk. Karena bahan dasarnya adalah limbah minyak jelantah, maka biaya produksinya sangat terjangkau dan dapat digunakan terutama untuk gedung-gedung besar yang setiap harinya membutuhkan karbol pembersih lantai dengan jumlah besar.




Quote:“Karbol merupakan produk pembersih lantai yang banyak digunakan oleh masyarakat. Produk pembersih lantai merupakan kebutuhan bagi rumah tangga dan seluruh gedung instansi, lembaga atau pusat perbelanjaan, gedung-gedung besar setiap hari membutuhkan karbol pembersih lantai dengan jumlah yang cukup banyak sehingga dibutuhkan anggaran yang cukup besar untuk memenuhi kebutuhan pembersih lantai.

Karbol Milan mempunyai kelebihan dibandingkan dengan produk karbol lain yang ada. Karbol Milan menggunakan bahan limbah minyak goreng sehingga harganya lebih terjangkau. Dengan harga yang sangat ekonomis, potensi Karbol Milan untuk diterima pasar sangat besar. Dengan kualitas yang tidak mengecewakan, tetapi lebih murah dari produk karbol lainnya.
“Saat ini konsumen sangat berhati-hati dalam membeli produk, dan harga merupakan faktor utama yang menjadi pertimbangan,”


Quote:


Satu botol Karbol Milan tersebut dibanderol dengan harga Rp4.500. Namun, bagi pihak yang ingin bekerjasama sebagai mitra maka harganya bisa turun menjadi Rp4.000 per botol.

"Selain itu, produk ini juga belum dikenal masyarakat luas sehingga diperlukan strategi promosi dan pemasaran guna memperkenalkan produk ini. Strategi promosi dan pemasaran yang telah kami lakukan baru melalui media internet, pamflet, gelar produk, demo produk, dan menjalin kemitraan,"


Quote:Ternyata limbah minyak goreng merupakan limbah dengan banyak manfaat. Oleh karenanya, mari kita mulai mencoba untuk mengolah limbah jelantah ini. Selain untuk melestarikan lingkungan, juga dapat memberikan nilai tambah.



Quote:
SUMBER
SUMBER


Quote:



BUDAYAKAN COMMENT AND RATE








comment tambahan nih,,:
Quote:Original Posted By Abernus
Ini salah 1 Pom Bensin minyak Jelantah di Amrik, namanya sequential

Bukan hanya buat truk & bus, tapi juga bisa buat kendaraan bermotor lain



Quote:Original Posted By nimbuzzerkliwon
kata nenek ku dulu jlantah jga d jadiin minyak rambut..


Quote:Original Posted By queenyjasmine
minyak jelantah di bogor udah jadi bahan bakar kan tu gan
transpakuan


Quote:Original Posted By i7nand
di Indonesia perlu banyak penyuluhan ni dari pemda masing2 kalau gak aktivis2 lingkungan agar bisa diketahui dan disosialisasiin ke masyarakat .
Karena masih banyak limbah minyak goreng malah diolah lagi jadi minyak goreng jelantah yg jelas2 gak baik buat kesehatan


Quote:Original Posted By braddpitt
Usulan ane sih supaya disediakan pos2 / tempat pengumpulan limbah minyak goreng tersebut yang tersebar di kampung2 dan disosialisasikan ke masyarakat supaya warga sekitar lebih mudah untuk membuang limbah minyak goreng tersebut.
Kalau upaya ane sih baru sekedar memilah sampah2 bekas botol minuman/plastik, batere, botol kaca, dsb yang masih bisa didaur ulang. Ane taruh kedalam satu kantong plastik besar, dan kalau sudah penuh tinggal taruh aja diluar rumah waktu pagi. Gak sampai satu jam, sampah tersebut sudah dipungut sama pemulung yang lewat depan rumah. Lumayan gan, daripada pemulung itu ngorek2 bak sampah rumah, habis ngorek2 sampah yg lainnya berceceran deh...

Quote:Original Posted By gatelidigaruki
untuk bio disel kebetulan kami produksi, dan penggunaannya untuk alat berat....
jika temen temen ada yang mau jual minyak bekas kami mau nampung kok dengan harga bagus
o iya lokasi pabrik di serang banten
jika ada yang tertarik PM yah....

Quote:Original Posted By Teabombay
Kumpulin, jual ke kantor lurah, ntar dikumpulin buat trans pakuan

Quote:Original Posted By Andyzefri.04
lagi2 thread ramah lingkungan, daur ulang dan cinta bumi, sepertinya sudah banyak yg menyadari betapa pentingnya mencintai lingkungan hidup kita, nice share TS :

Quote:Original Posted By dikboy
di kota ane siswa kadang disuruh membawa minyak jelantah (sisa minyak goreng) untuk dijadikan biodiesel gan, untuk bahan bakar Trans Pakuan

Quote:Original Posted By USMC
apa yang bikin biodiesel itu susah laku. salah satu penyebabnya adalah kurang bertenaga dan dari segi harga dy masih lumayan .

wajar kalo bahan bakar limbah sangat kurang minatnya di tanah air. qt tidak bisa bilang di luar negeri murah krn qt blm survey kesana dengan mata dan laporan pribadi. memang betul, bahan bakar yang berasal dari limbah sangat ok, selain membantu mendaur ulang juga sekaligus menciptakan lapangan kerja

wow jambang
besok pagi ane komen ya
turu sik


========================
biodiesel ya, dan ternyata sdh dr 1996 di jepang ada program ini.
kenapa gk ada investor ya yg memandang manfaat ini?
bs jd indonesia mengganti bahan bakar nya jg kan eheher
Quote:Original Posted By galangARCHI
wow jambang
besok pagi ane komen ya :Paws
turu sik


siap komandan,,
ane lagi proses thread materi ilmiah,,
mudah2an terinspirasi buat pembelajaran kaskuser..
pernah denger minyak jelantah atau minyak goreng buat membersihkan apa gitu

ternyata bisa buat karbol juga toh

kembangin lagi dong buat yg terlibat supaya jadi produk kebanggan indo :



semoga ht ya mas
ehh ada om maho
bsk yee balik lg fokus nonton UCL dulu
Quote:Original Posted By luffyislutfi
pernah denger minyak jelantah atau minyak goreng buat membersihkan apa gitu

ternyata bisa buat karbol juga toh

kembangin lagi dong buat yg terlibat supaya jadi produk kebanggan indo :



semoga ht ya mas


buat penghambat korosi pda besi dan logam lain nya gan,,
amin, thx yah gan doa nya..

Quote:Original Posted By ewook
ehh ada om maho
bsk yee balik lg fokus nonton UCL dulu


woi ger,, apa kabar lu,,??
nongol2 langsung maho aja,,
ngaca woiii
Quote:Original Posted By bankxian
buat penghambat korosi pda besi dan logam lain nya gan,,
amin, thx yah gan doa nya..



woi ger,, apa kabar lu,,??
nongol2 langsung maho aja,,
ngaca woiii


jiahhahah
sehat alhamdulillah
bntar gw baca dulu tar kalo bermanfaat gw timpuk
wow...boleh tuh ditunggu deh produk pembersih lantainya
beli di mana tuh karbol pembersih lantainya??
Quote:Original Posted By jawara123
wow...boleh tuh ditunggu deh produk pembersih lantainya


Quote:Original Posted By originalpizza
beli di mana tuh karbol pembersih lantainya??


kayaknya sudah di produksi di yogja gan,,
dan blm di produksi masal
Quote:Original Posted By bankxian




kayaknya sudah di produksi di yogja gan,,
dan blm di produksi masal


di mana gan jogjanya?
kalo biasanya di indonesia minyak jelantah dijernihkan lagi trus di buat goreng lagi.....biar hemat......
Quote:Original Posted By galangARCHI 
wow jambang

besok pagi ane komen ya

turu sik





========================

biodiesel ya, dan ternyata sdh dr 1996 di jepang ada program ini.

kenapa gk ada investor ya yg memandang manfaat ini?

bs jd indonesia mengganti bahan bakar nya jg kan eheher


di indonesia minyak goreng dipakai berkali2 sampai abis sendiri
klo di jepang minyak sisa industri gitu di kumpulin ya ????
apa itu program pemerintah nya ?
klo di Indonesia ada program ngumpulin minyak jelantah dari pedagang atau industri gtu bagus tuh,,,, apalagi banyak tukang gorengan di negri kita
kalo ane yg gampang2 aja. dibikin bahan bakar lampu minyak. pake styrofoam bekas dibungkus aluminium foil bekas, tengahnya dimasukin potongan kaos bekas buat sumbunya. minyak jelantah dimasukin ke gelas atau botol selai bekas. taro di taman jadi deh lampu taman gratis.
buat lampu jalan di kampung yg belum ada listrik atau kalo lagi kebanjiran kaya jakarta kemaren juga bisa kok. asal jgn deket2 daerah yg gampang kebakaran aja.
Quote:Original Posted By hiuhiuhiu
klo di jepang minyak sisa industri gitu di kumpulin ya ????
apa itu program pemerintah nya ?
klo di Indonesia ada program ngumpulin minyak jelantah dari pedagang atau industri gtu bagus tuh,,,, apalagi banyak tukang gorengan di negri kita


bsa aja gan klo kita jadi kan program sperti di jepang, cuma klo kita jual minyak bekas untuk d konsumsi kembali, cba bayangin dampak penyakit yg kita rasakan klo bli makanan yg di masak pke minyak bekas, minimal ya radang tenggorokan gan,,

Quote:Original Posted By blowing
kalo ane yg gampang2 aja. dibikin bahan bakar lampu minyak. pake styrofoam bekas dibungkus aluminium foil bekas, tengahnya dimasukin potongan kaos bekas buat sumbunya. minyak jelantah dimasukin ke gelas atau botol selai bekas. taro di taman jadi deh lampu taman gratis.
buat lampu jalan di kampung yg belum ada listrik atau kalo lagi kebanjiran kaya jakarta kemaren juga bisa kok. asal jgn deket2 daerah yg gampang kebakaran aja.


klo ide agan yg 1 ini bagus jga,cma klo untuk mengikuti perkembangan zaman, kyaknya agak sulit untuk mempromosikan nya,, dan faktor resiko yg terjadi saat pembakaran jga ada gan, bayangin klo agan tiap malem tidur di kamar modern skarang ini yg dinding nya sudah di lapisi smen and batu bata,
apa ga nyesek gan itu paru2 akibat asap nya??

hihihiii,,
Quote:Original Posted By Hashimi


di indonesia minyak goreng dipakai berkali2 sampai abis sendiri


nah yg kyak gini nih yg bikin penyakit,,
ga pda mikir dampak nya
busettt, perputaran / recyclenya panjang amat,,,,
mari lindungi bumi kita gan,,,