Ulama Arab Kutuk Film Iran Tentang Nabi Muhammad SAW

Organisasi Ulama Islam Internasional yang tergabung dalam Liga Muslim Dunia (MWL) yang berbasis di Makkah pada Senin (18/2/13) mengecam pembuatan film di Iran yang menggambarkan kepribadian Nabi Muhammad (saw).



Organisasi itu mendesak pemerintah Iran agar segera campur tangan untuk menghentikan shooting film dan mencegah skrining setiap bagian dari film itu.



"Adalah tanggung jawab Teheran untuk menghentikan tindakan seperti itu, yang bertentangan dengan prinsip-prinsip Syariah Islam, yang terjadi di wilayahnya, " kata Organisasi itu dalam sebuah pernyataan yang disiarkan oleh kantor berita Saudi.



Menurut pernyataan itu bahwa menggambarkan kehidupan Nabi (saw) dan para sahabatnya adalah jelas melanggar prinsip-prinsip Islam. Ini adalah pandangan bulat yang dipegang ulama Islam dan ahli fikih.



MWL telah membuat studi otentik pada masalah membuat film tentang Nabi (saw) dan para sahabatnya sekitar 40 tahun yang lalu (pada 1391H) dan akhirnya memberi kesimpulan bahwa ini tidak diperbolehkan, kata pernyataan itu.



Organisasi itu mendesak negara-negara Muslim serta badan-badan seperti Organisasi

Kerjasama Islam (OKI), Al-Azhar, dan International Islamic Fiqh Academy untuk meningkatkan tekanan pada Iran supaya bersedia menghentikan pembuatan film tersebut.

Beberapa bulan yang lalu, sutradara terkenal Iran, Majeed Majeedi mengumumkan bahwa film terbarunya mengenai Nabi (saw) hampir selesai.



Film yang telah menelan biaya lebih dari $ 30 juta ini terdiri tiga bagian sejarah yang menceritakan masa kecil Nabi Muhammad SAW, kehidupan Nabi sebelum menerima wahyu, hidupnya Nabi setelah wahyu dan penyebaran Islam.



Pengambilan film dimulai di selatan Iran pada bulan Oktober 2011. Sejumlah aktor termasuk AminTarokh, Mehdi Pakdel dan Sareh Bayat telah bergabung menjadi pemeran dalam film yang berjudul "Muhammad."



Film ini telah memicu kontroversi di seluruh Dunia Islam. Sebelumnya, Al-Azhar, termasuk Mufti besar Sheikh Ahmed Al-Tayeb, marah dan menuntut pelarangan film itu. (sg)

sbr

ternyata ada made in iran juga.. kok ga heboh ya?
emang ada yang berani sama iran??
iran setelongggggg gitu lohh
Klo udh main kutuk-kutukan biasanya rame... Para fanatik pasti keluar...

Siapkan minuman & cemilan...
kalo gambarin kepribadiannya doang kayaknya boleh
yang gak boleh itu kalau nunjukin badan atau mukanya rasulullah
soalnya kalau dipersonifikasi kayak gitu, takutnya nanti disembah kayak tetangga sebelah

kalo cuma sahabatnya kayak umar yg dibikin sinetron kemarin sih gak masalah
film yg spt apa yg buatan iran itu??
yg jadi masalah tentunya bukan pengisahan kisah Rasulullah sendiri seperti halnya di pilm the message yg dibintangi antony quinn (versi sunni)
tapi ...bermasalah di perbedaan versi kehidupan Rasulullah dari pihak sunni & syiah

versi sunni masa hidup nabi berlaku sempurna gada masalah dgn sahabat dan beberapa istri beliau sampe pengambil alihan kekuasan ke tangan kalifah pertama berjalan mulus
di versi syiah terjadi konflik antar sahabat dan suksesi Rasulullah tidak berjalan mulus antara pihak ali (syiah) dgn abu bakar (kalifah dukungan sunni)

yah jelas ulama arab sunni / wahabi mengutuk pengisahan yg gak sesuai pemahaman kelompoknya apalagi menyangkut sahabat yg harus adil / udul
walopun terjadi perpecahan antar mereka sehingga mengakibatkan terbunuhnya usman kalifah ketiga, perang jamal & siffin tetep sahabat gak boleh salah - salah pun tetep dapet pahala karena ijtihad
udah terlalu mainstream klo dibilang konspirasapi.
sesuatu yg sensitif lebih baik tidak disinggung di iran.
Biasalah negara arab memang musuhan banget sama iran. Lagian film ini gak ada menggambarkan wajah dan fisik Nabi, so apa yg salah sih?

Ulama arab itu urus aja raja arab yg memang udah rusak moralnya
Quote:Original Posted By kinonotabi
yg jadi masalah tentunya bukan pengisahan kisah Rasulullah sendiri seperti halnya di pilm the message yg dibintangi antony quinn (versi sunni)
tapi ...bermasalah di perbedaan versi kehidupan Rasulullah dari pihak sunni & syiah

versi sunni masa hidup nabi berlaku sempurna gada masalah dgn sahabat dan beberapa istri beliau sampe pengambil alihan kekuasan ke tangan kalifah pertama berjalan mulus
di versi syiah terjadi konflik antar sahabat dan suksesi Rasulullah tidak berjalan mulus antara pihak ali (syiah) dgn abu bakar (kalifah dukungan sunni)

yah jelas ulama arab sunni / wahabi mengutuk pengisahan yg gak sesuai pemahaman kelompoknya apalagi menyangkut sahabat yg harus adil / udul
walopun terjadi perpecahan antar mereka sehingga mengakibatkan terbunuhnya usman kalifah ketiga, perang jamal & siffin tetep sahabat gak boleh salah - salah pun tetep dapet pahala karena ijtihad


oh, jadi karena beda versi sejarah syiah suni ya?
Quote:Original Posted By mdsetiawan86


oh, jadi karena beda versi sejarah syiah suni ya?

beda tapi sangat krusial yg menyebabkan terpecahnya Islam menjadi 2 golongan besar yg masing2 terpecah lagi menjadi bagian2 kecil
sebenernya ada 3 golongan besar tapi yg satu sudah dipastikan punah yaitu khawarij
sempalan dari kubu syiah ali waktu melawan muawiyah (kubu sunni in the future) di perang siffin
walopun begitu pemikiran khawarij masih tumbuh subur di kalangan radikal Islam pada umumnya (lu beda sama gue ... lu kapir halal darahnya)
la hukma ila lillah ... tiada hukum selaen hukum Allah - hukum Allah sesuai pemahaman kelompoknya tentu
Kenapa ga boleh ya?

Selama wajahnya ga keliatan dan suaranya ga ada kan ga papa.

Dulu ada film yang serupa yang diperankan oleh...sapa tuh pemain james bond jadul
Quote:Original Posted By kinonotabi

beda tapi sangat krusial yg menyebabkan terpecahnya Islam menjadi 2 golongan besar yg masing2 terpecah lagi menjadi bagian2 kecil
sebenernya ada 3 golongan besar tapi yg satu sudah dipastikan punah yaitu khawarij
sempalan dari kubu syiah ali waktu melawan muawiyah (kubu sunni in the future) di perang siffin
walopun begitu pemikiran khawarij masih tumbuh subur di kalangan radikal Islam pada umumnya (lu beda sama gue ... lu kapir halal darahnya)
la hukma ila lillah ... tiada hukum selaen hukum Allah - hukum Allah sesuai pemahaman kelompoknya tentu


yang di bold, kayaknya kelompok itu masih eksis deh

komen : yang di kawatirkan sama ualama arab, mungkin takut alur cerita ini beda sama pemikiran syuni, atau mungkin jauh melenceng dari karakter nabi sesungguhnya (smoga aja tidak) berhubung yang bikin ini syiah
saya ambil hikmahnya saja
mungkin ini nantinya adlh cara Allah menunjukkan kepada kaum muslimin, bahwa nda mungkin bersatu dengan mereka yg terus menyakiti ghirah keislaman dan kecintaan kaum muslimin.

We'll see lah gimana film ini nantinya, apa makin melebarkan jarak yg sebelum nya sudah lebar sebelumnya antara iran dengan dunia Islam atau tidak ada efek sama sekali

Spoiler for bonus tamiyyah:
Quote:Original Posted By vikiejeleek


yang di bold, kayaknya kelompok itu masih eksis deh

komen : yang di kawatirkan sama ualama arab, mungkin takut alur cerita ini beda sama pemikiran syuni, atau mungkin jauh melenceng dari karakter nabi sesungguhnya (smoga aja tidak) berhubung yang bikin ini syiah

memang beda tapi bukan pada karakter Rasulullah tapi pada karakter sahabat & beberapa istri beliau

karakter Rasulullah di versi syiah malah lebih "bersih"
gada cerita Rasulullah bolak balik minta pendapat nabi Musa pada perintah sholat saat israj mi'raj
gada cerita Rasulullah bermuka masam saat menemui seorang fakir saat beliau sedang menemui tokoh2 masyarakat
gada cerita kalimat adzan di ilhamkan mimpi kepada sahabat untuk di sampaikan kepada Rasulullah
gada cerita Rasulullah lupa rakaat saat menjadi imam sholat
dst

intinya di syiah Rasulullah itu supreme people gak pernah salah full maksum mode on di segala situasi
kebalikannya sahabat itu manusia biasa yg bisa salah ato bener jadi boleh dipertanyakan benar / salah tindakan dan sikapnya

di sunni Rasulullah itu maksum namun masih boleh lupa & salah di saat beliau tidak menyampaikan wahyu ilahi
kebalikannya sahabat bukan maksum tapi tidak boleh dipertanyakan tindakannya karena ada dogma semua sahabat adalah adil kalo salah itu karena ijtihad semata - jadi bukan dosa

lah ini klo yg bikin iran pasti antagonisnya sahabat2 selain ali deh
ketika negara diserang militer kenapa arab diam saja?
Beda versi kali


katanya perpecahan Sunni dan Syiah terjadi saat mangkatnya nabi menhadap Allah ya
Pihak yang dianggap Sunni demi menjaga persatuan umat islam dan tidak kehilangan arah perjuangan lebih memprioritaskan memilih Pemimpin umat setelah ditinggal nabi.

sedangkan dari kubu satunya lagi yang di anggap syiah , mereka merasa kenapa gak lebih dahulu memakamkan jenazah nabi

bener gak sihh


kalo bener cendol me if im right

Quote:Original Posted By kinonotabi
yg jadi masalah tentunya bukan pengisahan kisah Rasulullah sendiri seperti halnya di pilm the message yg dibintangi antony quinn (versi sunni)
tapi ...bermasalah di perbedaan versi kehidupan Rasulullah dari pihak sunni & syiah

versi sunni masa hidup nabi berlaku sempurna gada masalah dgn sahabat dan beberapa istri beliau sampe pengambil alihan kekuasan ke tangan kalifah pertama berjalan mulus
di versi syiah terjadi konflik antar sahabat dan suksesi Rasulullah tidak berjalan mulus antara pihak ali (syiah) dgn abu bakar (kalifah dukungan sunni)

yah jelas ulama arab sunni / wahabi mengutuk pengisahan yg gak sesuai pemahaman kelompoknya apalagi menyangkut sahabat yg harus adil / udul
walopun terjadi perpecahan antar mereka sehingga mengakibatkan terbunuhnya usman kalifah ketiga, perang jamal & siffin tetep sahabat gak boleh salah - salah pun tetep dapet pahala karena ijtihad


Bukankah perpecahan tu awalnya soal ali yang sebagai khalifah gak segera menangkap para pembunuh ustman ?
Bukan masalah peralihan kekuasaan
Quote:Original Posted By c4h.63mblun6


katanya perpecahan Sunni dan Syiah terjadi saat mangkatnya nabi menhadap Allah ya
Pihak yang dianggap Sunni demi menjaga persatuan umat islam dan tidak kehilangan arah perjuangan lebih memprioritaskan memilih Pemimpin umat setelah ditinggal nabi.

sedangkan dari kubu satunya lagi yang di anggap syiah , mereka merasa kenapa gak lebih dahulu memakamkan jenazah nabi

bener gak sihh


kalo bener cendol me if im right



itu hanya salah satu perbedaan saja gan, tapi itu bukan perbedaan yg esensial, tidak berkaitan dengan akidah, hanya furu'iah saja.

Spoiler for yg esensial adlh yg seperti ini::