Poll: Apakah anda sudah menerima manfaat ??

Ya 22% (4 votes)
Tidak 56% (10 votes)
Cuek Aja 22% (4 votes)

7 Alasan Orang Enggan atau Tidak Mau Bayar Pajak

Selamat Datang
g


Pajak adalah iuran rakyat kepada kas negara berdasarkan undang-undang —sehingga dapat dipaksakan— dengan tiada mendapat balas jasa secara langsung. Pajak dipungut penguasa berdasarkan norma-norma hukum untuk menutup biaya produksi barang-barang dan jasa kolektif untuk mencapai kesejahteraan umum.

]

Pendapat saya pribadi, kalau ada jalur kendaraan umum cepat seperti bus way(tidak hanya di Jakarta) yang menghubungkan daerah penting, maka infrastruktur sebagian dapat dialihkan ke kesehatan dan kesejahteraan masyarakat...

[/img]


Saya mendengar dari cerita banyak orang dan pengusaha yang enggan dan malas membayar pajak... ini alasannya .....

Quote:
1. Korupsi
Banyak orang enggan membayar pajak karena mereka merasa uang mereka hanya dikorupsi dan tidak bermanfaat bagi masyarakat umum.

2. Subsidi
Subsidi pemerintah dari waktu ke waktu semakin berkurang yang menyebabkan harga barang menjadi naik, seperti BBM, LPG, dan barang subsidi lainnya. Padahal perekonomian Indonesia dari tahun ke tahun meningkat dan jumlah investasi yang semakin besar. (sumbernya banyak di media masa tuh....)

3. Kecelakaan
Pernah gak agan mengalami ketika ada kecelakaan kemudian sang polis* minta uang sebagai jasa mediasi?? Saya kira sering karena sering terjadi kejadian seperti itu. Udah susah(kecelakaan), masih dimintai uang....

4. Transparansi
Ini adalah alasan yang ditunggu tunggu oleh banyak orang dari waktu ke waktu tetapi belum ada realisasinya

5. Program Gratis
Program gratis yang tidak sesuai dengan kenyataan dan sering diberitakan di media masa, yaitu sekolah gratis. Masuknya gratis, bukunya bayar....... gurunya ........!?(tau sendiri lah)

6. Manfaat Bersama
Kebanyakan orang tidak merasakan manfaat ketika sudah membayar pajak. Manfaat yang sering dan bosan hanya 1, yaitu pembangunan jalan !.

7. Kesehatan
Banyak orang tidak mampu berobat ke rumah sakit yang berujung pada penelantaran pasien rumah sakit. Hal tersebut karena tidak tersalurkannya dana kesehatan dengan baik atau memang tidak diberikan..


Saran Penulis : Saya kira kalau dana untuk pajak benar-benar bermanfaat bagi semua orang dan sosial, maka banyak orang yang berbondong bondong membayar pajak dan tidak perlu ditagih orang akan datang sendiri.. terima kasih...




itu belum sadar kali gan
Males gan bayar buat d korupsi doangg,, tp mau ga mau harus bayar bro
jd males gan... tdnya mo jd taat pajak, tp liat kasus2 yg terjadi.. buat apalah..
iya memeng begitulah
pajak ane di bayarin ama kantor gan
kalau gua mending bayarin KPK gan !!
Quote:Original Posted By bisibade
jd males gan... tdnya mo jd taat pajak, tp liat kasus2 yg terjadi.. buat apalah..


setuju gan..... gua biasanya malah gua telat2 in gan....
males...
bener gan pajak kebanyakan dikorupsi
bener sih TS nya

tapi inget bayar pajak itu di paksa oleh UU

kalau ga bayar bisa di pidana
Mau ga mau mah harus bayar pajak
Biasa aja lagi gan wekekeke
hak dikirimin struk pajak hehe
point 3 sama 1 ga enak banget.
point 3 sama 1 ga enak banget.
ngasih sdikit tanggapan bt TS nya nih, walopun cm skedar copas

kl pajak itu sbenernya iuran wajib yg bisa dipaksakan kepada smua yg telah menjadi subjek atau objek pajak..

utk masalah poin2 yg disebut kan, sbenarnya harus bisa dibedakan antara fungsi budgeter dan regulasi..CMIIW

jd kl selama ini fungsi budgeter (pemungutan dan pemotongan pajak nya sudah sesuai aturan) maka tugas kita bersama untuk mengawasi fungsi regulasi nya (pemanfaatan uang pajak tersebut) apakah sudah sesuai dengan anggaran dan sudah mencakup keseluruhan hak dari rakyat indonesia.
Quote:Original Posted By polimtongki
ngasih sdikit tanggapan bt TS nya nih, walopun cm skedar copas

kl pajak itu sbenernya iuran wajib yg bisa dipaksakan kepada smua yg telah menjadi subjek atau objek pajak..

utk masalah poin2 yg disebut kan, sbenarnya harus bisa dibedakan antara fungsi budgeter dan regulasi..CMIIW

jd kl selama ini fungsi budgeter (pemungutan dan pemotongan pajak nya sudah sesuai aturan) maka tugas kita bersama untuk mengawasi fungsi regulasi nya (pemanfaatan uang pajak tersebut) apakah sudah sesuai dengan anggaran dan sudah mencakup keseluruhan hak dari rakyat indonesia.


yup setuju juga gan... saya menulisnya karena banyak orang yang enggan bayar pajak dan lebih memanipulasi pajak aja......
kalau emang bermanfaat dan nyata saya yakin deh banyak yang berbondong bondong bayar.
Salah satu contoh :
Kebetulan saudara punya pabrik rokok gan. Di daerah sulawesi banyak rokok2 selundupan tanpa pita cukai. Ketika ditanya kenapa ga pakai cukai, kata mereka "percuma bayar.. toh dikorupsi, dll..
Sekedar sharing aja gan.... tergantung sudut pandang orang lain sih
Quote:Original Posted By hikshawid
point 3 sama 1 ga enak banget.


itu kejadian nyata gan... pernah saya alami dan juga orang lain yang kebetulan mengalami kecelakaan dekat toko saya dan dari pembicaraan - pembicaraan orang......
hehehee.......
Point tersebut berdasarkan korban kecelakaan. Kalau mau membuktikan boleh gan.... (tapi saya tidak merekomendasi)
Bayar pajak emang harus gan... dan semua orang bayar pajak.......
pertanyaannya apakah dibayarkan 100% ? hehehee.... sekedar sharing dari sudut pandang orang yang enggan bayar pajak aja gan
males bayar pajak kalo ujung2 dimakan gayus