KASKUS

Wahyudin 'Mas Ganteng', Jadi Pemulung Sejak SD untuk Bayar Sekolah Hingga S1



Jakarta - Siapa sangka, sosok Wahyudin (21) yang tinggi besar ini adalah pemulung. Wahyu, yang suka dipanggil 'Mas Ganteng' ini memulung sampah sejak SD. Hasil dari memulung itu dia gunakan untuk sekolah dari SD hingga mencecap bangku kuliah. Gelar sarjana tinggal direngkuh Wahyu di depan mata.

detikcom menyambangi Wahyu di kediaman orang tuanya di Kampung Kalimanggis, Gang Lame, Jatisampurna, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (1/3/2013). Dia bercerita tentang kisah hidupnya.

"Awalnya ketika saya kelas 4 SD, saya mulai merasa tidak mungkin bisa sekolah sampai SMP," ujar Wahyudin.

Wahyu, terlahir dari ayah berputra 5 yang berpoligami, Mija (60) dengan Fatmawati (38), yang menjadi istri kedua, pada 12 Desember 1991 di Bekasi. Wahyu adalah sulung dari 3 bersaudara. Ayah dan ibu Wahyu adalah petani yang menggarap lahan kosong milik orang lain. Dengan kondisi itu, orang tuanya sibuk memenuhi kebutuhan perut Wahyu dan saudara-saudaranya. Sekolah pun tidak menjadi prioritas.

Saat kelas 4 SD itu Wahyu mulai khawatir tidak bisa sekolah. Ketika itu ia pun mulai menabung uang jajannya agar bisa sekolah.

"Saat itu saya berpikir kalau tidak sekolah bisa seperti kakak saya. Saya cuma bisa memendam di dalam hati karena tidak berani cerita ke orang tua saya yang galak," kenangnya.

Kehidupan Wahyu kecil tentu tidak seperti anak-anak SD lainya yang hanya tinggal belajar, tidak memikirkan masalah uang bulanan sekolah. Sampai suatu ketika ia bermain ke rumah tetangganya yang berprofesi sebagai pemulung di kampungnya.

Tetangga kampung yang bernama Ani dan anaknya yang bernama Jery hidup dengan cara memulung. Karena keinginannya yang kuat buat membiayai sekolah, maka Wahyu menyatakan ingin ikut menjadi pemulung pada tetangganya itu.

"Biar dapat duit supaya bisa sekolah. Dulu saya tidak tahu itu mulung, saya tahunya ngumpul sampah jadi duit," jelas Wahyu.

Sejak itu, 10 tahun yang lalu, Wahyu memulung mulai dari jam 1 malam hingga pagi waktunya sekolah. Kemudian memulung itu dilanjut lagi dari jam 22.00 hingga pukul 02.00 dini hari.

Rupiah demi rupiah ia kumpulkan hingga akhirnya menghasilkan uang. Sebagian dari uang tersebut digunakannya untuk membeli beberapa ekor anak ayam.

"Anak ayam itu saya ternakkan, kemudian ditabung. Terkumpul sekitar satu jutaan rupiah buat saya masuk sekolah SMPN 28 Bekasi," katanya.

Ketika SMP dia masih terus memulung untuk uang jajan sampai bayar SPP sekolah. Nenek Wahyu memberinya sepasang anak kambing untuk diternakkan. Hasilnya dia gunakan untuk uang masuk sekolah ke SMA 7 Bekasi. Selain menjadi pemulung dan menjual hasil ternak, Wahyu juga berjualan gorengan.

Sindiran dan cibiran diterima Wahyu dari teman-temannya ketika mengetahui profesinya yang identik dengan sampah dan kotor. Pemuda ini mengaku sempat kesal dan malu, namun disimpannya rasa itu dalam hati.

Dia makin giat menjadi pemulung saat masa libur sekolah karena kekhawatiran tidak bisa melanjutkan kuliah. Dari hasil memulung ini, Wahyu mendapatkan penghasilan Rp 30 ribu hingga Rp 50 ribu per hari untuk biaya sehari-hari hingga bisa menyisakan Rp 300 ribu-Rp 500 ribu per bulan.

Hingga kini, Wahyu masih terus memulung untuk meneruskan kuliahnya di Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (Uhamka). Beruntung, dia mendapatkan beasiswa dari kampus dan Disdik DKI sehingga meringankan biaya kuliahnya.

Kini Wahyu sudah sidang skripsi yang berjudul "Pengaruh Pajak Daerah dan Retribusi Daerah terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Bekasi'. Rencananya ia akan diwisuda pada bulan Desember 2013.

"Aku berencana melanjutkan studiku ke S2. Bukan hal yang mudah memang. Itu perjuangan besar," kata Wahyu yang akan terus memulung hingga kelar S2 dan ingin menjadi pengusaha di bidang peternakan ini.

Kiprah Wahyu menjadi pemulung dikenal di perumahan Taman Laguna Bekasi. Wahyu menjadi satu-satunya pemulung yang diizinkan memulung di kompleks perumahan itu karena semua warga sudah mengenalnya sejak kecil. Hal ini dibenarkan oleh Satpam Taman Laguna Bekasi, Saimin.

"Oh si Wahyu.. iya dia memang sering mulung sampah di sini tapi itu jarang-jarang. Di sini cuma dia doang yang boleh mulung sampah. Soalnya dia sudah dikenal dari kecil sebagai pemulung. Udah gitu orangnya gimana ya, masih lugu dan polos gitu," kata Saimin yang dikonfirmasi detikcom.

SUMBER

Subhanallah.. bener2 mempraktekkan prinsip Hidup adalah Perjuangan...
Salut..

HT perdana tapi sayang ane 4 hari ini sibuk jadi ga sempet ngaskus




Thanks buat yg ngsih ijo2 dan abu2nya..

Spoiler for cendol:


videonya:
Quote:Original Posted By MuhAuf
mantap gan..

nih videonya di hitam putih



komen agan2:
Quote:Original Posted By gunturkusuma
1 kampus,fakultas & jurusan + rumah sama2 dibekasi..
Cuma beda ini anak taun ini lulus, lah saya angkatan atas masih terombang abing diatas ketidakpastian..

Ini anak ipknya gede jd kemungkinan dia dapet beasiswa.. Dan mudah2an dia ga ikut organisasi dikampus, karna organisasi lebih banyak ngabisin waktu.. Mending waktunya dibuat cari uang buat biaya ini itu saat mau lulus nanti..

*jangan taro dipejwan, ntr kampus gempar


Quote:Original Posted By ozie75
dia pernah satu kelas sama ane pas semester 1 gan.. semester 2 ampe skrng beda kelas... dia anak akuntansi uhamka... perawakan dia rada" ngondek gitu gan... jadi sering dicengin sama anak" dikampus...

tapi ane salut gan, dikampus bole dicengin tapi di luar kampus dia jadi kebanggaan keluarga'a...



Quote:Original Posted By Bloggerry
lapor gans, kemaren ane lagi nongkrong2 dikantin kampus, ketemu wahyudin..
dia kayaknya skrg lagi di shoot sama kru transtv dan globalTv..
ane nanya sama satpam kampus, katanya wahyudin lagi di interview nya di perpustakaan kampus. wah mantep emang dah nih kakak kelas ane, salut ane sama dia !
dia itu masuk kelas unggul di kampus ! mantap ! pinter


Regards Bloggerry


Quote:Original Posted By aaik
mantap gan.... ane jg mw crita dkit tntang ksah ane (ini ksah nyata ane loh )
wkt ane lulus SMA ortu ane udh gk snggup buat biayain ane kuliah cz ane msh pnya 2 adk yg msh sekolah. abs lulus skolah ane maen krmah nenek ane d banyuwangi, udh bbrapa hri dsna ane d ajk maen k kota y (mklum ane tinggal d pinggiran kota) ngliat" kmpus jd tmbah pngen bgt kuliah, ane pnya pkirn krja apa aja dh yg pnting bsa kliah, akhir y ane pnjem duit pman ane 2jt buat dftar kliah, dn msh byk kkurangn bwt dftar tp untung y bsa dcicil
skip.... akhir y ane ikt nguli ma pman ane, ane ngangkutn pasir, batu, bata dll yg pnting ane dpet duit. klo sepi muatan ane jd tkang cuci mobil dn klo mbil sepi ane jd tkang sapu kuburn
untung y tu kmpus ada klas mlem y jd ane bsa kerja pgi y.... 3thun brlalu dgn pkerjan yg mlelahkan, dn ane pnya trget smeter 4 hrus dpet pkerjan yg lbih baik, alhmdullah smester 5 ane jd guru TIK d sklah smp swasta, alhmdullah ane lulus tpat wkt. stlah lulus ane blik k tangerang dsa klahirn ane, alhmdullah ane lngsung dpet krja d sbuah prushan retail trkmuka sbgai IT support....
mngkin sbagian dr agan gk prcya ma crta ane. tp ini bner ksh ane, ane pngen bwt yg lain yg gk pnya ksmpatn buat kuliah, klo agan pnYa niat psti bsa kok.....

klo brkenan troh pejawan gan



Quote:Original Posted By benzema.
Ada yang punya kontak Pemuda satu ini ga ya?
mungkin TS punya?
Bisa PMin ane ya..
ane tertarik menawarkan kerjasama nih..
apalagi mereka jurusan peternakan


Quote:Original Posted By ap190598
Wah ane kenal gan salah satu temen senior abang ane nih
abang ane sekarang udh kuliah dulu sma nya di SMA 7 Bekasi dekat pasar krangan
ane kenal orangnya dari abang ane soalnya abang ane kenal deket sama bang wahyu gan. emang inspiring banget deh ini orangnya dia biaya sekolah cari sendiri ga pernah minta2 ke orang lain.


Quote:Original Posted By AshopJersey
ya tuhan ane jadi orang ga pernah mikir ya , kuliah di biayain sama orang tua tapi ane malah main main kuliahnya padahal di luar sana banyak yg berjuan untuk biayain kuliah nya sendiri untuk menjadi orang yg lebih baik

makasih ya gan thread nya bikin ane sadar diri buat lebih menghargain usaha orang tua ane untuk biayain ane kuliah


Quote:Original Posted By fauzii
satu kampus sm ane tuh gan, cuma ane dri fkip pendidikan matematika, nanti wisudanya jg bareng, d kampus jd inspirator mahasiswa yg lain


Quote:Original Posted By kauceng
Asal halal sih gpp demi pendidikan
Asal jgn setelah lulus masi jd pemulung
Pemulung ini walau tergolong rendah tp lumayan penghasilannya
Ada pemulung di kota ane yg pernah msk ke tv lokal
Dia ngumpulin 300-400rb per hr
Bayangin pemulung duitnye 9-12jt sebulan.



Quote:Original Posted By macanbesi
orang - orang seperti mas wahyu inilah yang seharusnya patut dijadikan contoh bagi para pemuda - pemudi Indonesia yang pada menye - menye

keren gan

sungguh mantep perjuangannya dan ini yg patut harus dicontoh
ane
bagus gan buat motivesi
perjuangan yang bagus ne
mantap gan.
keren bgt maznya

Semua jompol buat masnya
jarang2 nih ada anak muda kayak gini di Indonesia
patut diteladani gan...
SALUT untuk TS dan mas Ganteng
Patut jadi acuan hidup nih
doi umur 21 dan uda mau sidang dan biayanya cari sendiri?
super sekali
patut di jadikan teladan nih...
Quote:Original Posted By kvncnk
sungguh mantep perjuangannya dan ini yg patut harus dicontoh
ane


usahanya gede.. Yg didapet jg gede
kalo ada kemauan pasti ada jalan mantep kalo dibuat jd cerita sinetron ftv nih
sengmad perlu ditiru
Patut di contoh gan (Y) gak kayak sekarang. pasti sekarang anak anak gak mau mulung demi melanjutkan sekolah
perjuangan yang hebat
wow keren banget agan ini...
ga putus asa sama keadaan...

tapi buat bapaknya... uda miskin poligami lagi...
gara2 tu bapak, anak2nya menderita..