Dewasa ini, produsen motor pastinya berlomba untuk memberikan yang terbaik untuk para konsumen sehingga dapat menguasai pasar motor tanah air. Salah satunya juga sudah mulai banyak berdatangan motor-motor dengan mengusung sistem Teknologi Injeksi yang sedang menjadi trend di Indonesia. Tapi tau gak sih agan/aganwati apa itu teknologi injeksi, berikut saya coba untuk mengulasnya di thread ini. Karena ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu teknologi injeksi pada motor. sebelum memilikinya.
Quote:
Apa itu teknologi injeksi ?
Injeksi adalah sebuah teknologi yang digunakan dalam mesin pembakaran dalam untuk mencampur bahan bakar dengan udara sebelum dibakar.
Penggunaan injeksi bahan bakar akan meningkatkan tenaga mesin bila dibandingkan dengan penggunaan karburator, karena injektor membuat bahan bakar tercampur secara homogen. Hal ini, menjadikan injeksi bahan bakar dapat mengontrol pencampuran bahan bakar dan udara yang lebih tepat, baik dalam proporsi dan keseragaman.
Injeksi bahan bakar dapat berupa mekanikal, elektronik atau campuran dari keduanya. Sistem awal berupa mekanikal, namun sekitar tahun 1980-an mulai banyak menggunakan sistem elektronik yg disebut ECU. ECU menggunakan banyak sensor untuk memonitor kondisi mesin, dan sebuah unit kontrol elektronik menghitung jumlah bahan bakar yang diperlukan. Oleh karena itu, injeksi bahan bakar dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi polusi, dan juga memberikan tenaga keluaran yang lebih.
Quote:
Apa itu ECU ?\
ECU tak lain adalah sebuah mikroprocessor (CPU) yg dilengkapi dengan memori, register input/output, ADC, Timer, USART, dsb yang memerlukan sebuah power supply/ catu daya.
Penjelasan bagian diatas secara simpel mungkin begini :
Memori
menyimpan semua setting, mapping, histori, program dsb yg diperlukan oleh CPU. pada komputer, ini analog dg hardisk.Inilah bagian yg dapat diprogram/diremapping.
Input/output register
suatu perangkat yg berfungsi sebagai suatu register untuk memproses input/output.
ADC
analog to digital converter, yaitu bagian yg berfungsi mengubah besaran analog (misalnya tekanan, temperatur, jumlah oksigen,dsb) menjadi besaran digital (kode-kode yg dapat diproses oleh CPU).
USART
berfungsi untuk komunikasi serial, misalnya dengan alat pemrogram ECU.
Timers
pewaktu, bagian yg digunakan untuk menentukan waktu yg presisi / timing.
CPU
central processing unit, pusat pemrosesan/ otak yg mengendalikan kapan seluruh bagian lain bekerja, berdasarkan program yg terdapat pada memori.
Power supply
catu daya, yaitu suatu sumber tegangan yg menyuplai daya agar CPU dan peralatan lain dapat bekerja. Misalnya, baterai, aki, dsb.
Quote:
Terus Apa Keuntungan Dari Sistem Injeksi Ini ?
Spoiler for Pertamax:
pada motor Injeksi, Volume penyemprotan bensin ke dalam ruang bakar akan selalu akurat karena dikontrol oleh sistem ECU ( Engine Control Unit ). Hal ini berdampak pada Campuran udara dan bensin akan selalu akurat perbandingannya pada semua tingkat putaran mesin.Jadi kondisi ini memberikan keuntungan dengan mengurangi emisi gas buang dan lebih hemat pemakaian bensin so bisa banget untuk mengurangi polusi di bumi kita ini.
Spoiler for Keduax:
pada motor karburator, jarak antara pengabut bensin (spuyer) dengan silinder jaraknya agak jauh, dan juga perbedaan bobot berat jenis antara bensin dan udara mengakibatkan volume udara yang masuk tidak imbang dengan jumlah bensin yang dihisap. sehingga tarikan menjadi kurang responsif.
Sedangkan untuk motor injeksi, penempatan injektor berdekatan dengan silinder. Saluran Bensin yang menuju injektor memiliki tekanan lebih tinggi dari tekanan intake manifold. Sehubung dengan diameter mulut injektor sangat kecil, maka bensin yang menyembur akan berbentuk kabut. Saat katup gas dibuka, udara dan bensin menghasilkan campuran yang seimbang dan ideal, dibantu dengan mutu api yang bagus akan menghasilkan pembakaran sempurna. Hasilnya tarikan lebih responsif sesuai perubahan katup gas.
Spoiler for Ketigax:
dari segi perawatan Injeksi tidak ada sesuatu yang dilakukan. Karena selain steril, juga telah dibantu dengan filter sebelum masuk ke dalam injektor. Hal ini mempermudah dari segi perawatan. Jadi gak perlu bolak balik bengkel deh, kecuali kalau matol (mati total) hehe.
Quote:
Kalau kelemahannya ada gak tuh ?
jawabannya teknologi injeksi juga memiliki kelemahan, berikut gan kelemahannya, silahkan disimak :
Spoiler for Pertamax:
Akselerasi kurang responsif
Terjadinya proses yang panjang dari sensor pengatur jumlah udara dan laporan dari sensor-sensor lainnya, sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk berakselerasi.
Spoiler for Keduax:
Kurangnya tenaga ahli
Injeksi bahan bakar termasuk teknologi baru, tidak semua bengkel umum mampu memperbaiki di saat terjadi permasalahan pada kendaraan.
Spoiler for Ketigax:
Sensitif terhadap benturan/guncangan
Semua perangkat terutama engine control module menggunakan elektronik, sehingga rentan mati apabila mengalami guncangan atau benturan keras. Pada saat terjadi hal tersebut, kendaraan berpeluang tidak bisa dihidupkan kembali, karena mengalami kerusakan pada engine control module. Biaya perbaikan membutuhkan biaya yang relatif masih mahal.
namun untuk masalah satu ini tdk bnyk terjadi, karena banyak yg mengatakan sempat mengalami kecelakaan dan motor msh bisa dinyalakan.
Spoiler for Keempat:
Sensitif bahan bakar
Ujung injektor berukuran mikro, sehingga sistem injeksi bahan bakar mudah terjadi penyumbatan karena bahan bakar yang kotor. Hal ini akan mempengaruhi kinerja kendaraan.
Spoiler for Kelimax:
Sensitif kelistrikan
Kondisi kendaraan dilaporkan oleh sensor, dan sensor terhubung menggunakan kabel berkonektor. Konektor sering menjadi penyebab pelaporan sensor ke engine control module menjadi kacau. Pengiriman laporan sensor ke engine control module menggunakan sistem pengaman. Apabila konektor kabel terjadi korosi, hal ini akan meningkatkan sistem pengamanan sehingga laporan dari sensor mengakibatkan engine control module berfungsi dengan tidak tepat dan dapat mengakibatkan kerusakan yang disebabkan aliran listrik yang tidak stabil.
Waduh jadinya serba sensitif y gan.. hehe
Quote:
untuk lebih lengkapnya mari kita liat vidio cara kerja motor injeksi berikut ini
Nah demikianlah agan/aganwati thread saya ini, jika ada kekeliruan saya mohon maaf, karena kita sama-sama belajar dan mohon untuk tidak melempar saya dengan y gan soalnya sakit, hehe
dan saya gak nolak kok kalau agan/aganwati mau kasih sedikit buat saya.
dan saya sangat mengharapkan agan/aganwati kasih saya