Etika Berbusana di Tempat Kerja

Halo Aganwati!!

Thread ini khusus untuk aganwati-aganwati yang bekerja di kantor. Tapi kalaupun nggak kerja di kantor, boleh juga kok baca. Mungkin Aganwati suka bingung ya, kalau ke kantor itu mestinya pakai busana kerja yang seperti apa?


Nah, ini ada beberapa tips dan panduan etika berbusana ke tempat kerja. Silahkan disimak ya! Semoga berguna! Cekidot!



Quote:4 Etika Berbusana Kantor Yang Baik & Benar



Jakarta - Berbusana dapat menciptakan imej seseorang. Seperti cara berbusana kerja bagi wanita, hal ini dapat menciptakan kesan baik dan profesional.

Untuk mengetahui etika berbusana di kantor, simak tips berikut ini yang dikutip dari women republic.

  1. Hindari busana yang terlalu seksi
    Jangan sampai Anda menjadi objek seks di tempat kerja. Jika Anda terlalu banyak memamerkan bagian kulit Anda, Anda hanya akan mendorong rekan kerja pria untuk menggoda Anda. Busana yang terlalu terbuka tidak akan menghasilkan apa-apa untuk karir Anda.

  2. Sepatu harus rapi, bersih dan nyaman
    Alas kaki merupakan salah satu aspek penting dalam busana kerja wanita. Hindari sepatu yang terlalu bermodel aneh. Sepatu dengan hak tinggi, cocok dengan setelan busana kerja Anda, namun tetap perhatikan kenyamanannya. Hindari menggunakan sepatu boots yang tingginya sampai betis karena sama sekali tidak cocok dipakai untuk ke kantor.

  3. Pakai busana dengan ukuran yang tepat
    Banyak wanita memakai busana yang terlalu ketat atau kebesaran. Meskipun Anda tidak akan dipecat dengan busana yang tidak sesuai, namun dapat berpengaruh terhadap promosi jabatan.

  4. Pakaian dalam jangan sampai terlihat
    Di tempat kerja, Anda merupakan seorang yang profesional. Jika bra Anda menerawang pada kemeja tipis yang Anda kenakan, tentunya hal ini tidak layak untuk dilihat. Belum lagi, mata pria yang memandang Anda bagaikan ingin menerkam.


Oleh sebab itu, jika baju Anda terlalu tipis, gunakan tank top sebagai dalaman agar bra tidak langsung terlihat. Jika Anda memakai rok pendek, gunakan bicycle pants (celana ketat) untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti, saat sedang menaiki tangga, bisa saja celana dalam Anda terlihat dari bawah.
(kik/kik)


Quote:Cara Berpakaian yang Tepat Saat ke Kantor



Jakarta - Penampilan merupakan salah satu faktor utama yang harus diperhatikan ketika pergi ke kantor. Tak sedikit wanita yang kerap bingung saat menentukan pakaian apa yang akan dikenakannya untuk ke tempat kerja.

Berpakaian kerja yang tidak tepat, dapat membuat Anda merasa canggung. Oleh karena itu semakin baik penampilan, maka Anda juga akan semakin percaya diri. Berpakaian dengan rapi dan sopan juga dapat menunjukkan profesionalisme. Dikutip dari Times of India, ada beberapa tips dalam berpakaian untuk ke kantor yang perlu diketahui.

  1. Hindari memakai pakaian yang tidak pas. Pakaian yang kebesaran hanya akan membuat tampilan Anda terlihat buruk, kacau dan berantakan. Sebaliknya pakaian terlalu sempit juga akan membatasi ruang gerak tubuh dan terlihat tidak sopan. Sedangkan untuk celana, hindari model celana yang berpotongan skinny. Karena dampaknya akan membuat Anda tidak leluasa dan tidak nyaman dalam bergerak.

  2. Jangan sampai Anda mengenakan pakaian yang terlalu seksi dan mini. Pakailah baju yang layak untuk dikenakan ke kantor. Misalnya jika ingin memakai rok, pilih yang panjangnya sedikit di atas lutut, jangan terlalu pendek. Bisa juga mengenakan rok berpotongan A-line di bawah lutut. Kenakan juga blouse yang tidak terlalu ketat serta tidak berbelahan dada terlalu rendah.

  3. Hindari pemakaian deodoran yang berlebihan agar blouse atau kemeja yang Anda kenakan tidak terkena noda kuning deodoran tersebut. Tentunya tidak akan enak dipandang ketika Anda mengangkat tangan, terlihat warna kekuningan di sekitar area ketiak.

  4. Bila berniat mengenakan kemeja yang tipis atau transparan, pastikan Anda mengenakan tank top sebagai dalaman. Jangan sampai tali bra atau bra Anda terlihat dengan jelas.

  5. Jika terbiasa menggunakan perhiasan, pakailah secara wajar dan tidak berlebihan. Misalnya, hanya memakai satu gelang rantai, jam tangan atau satu kalung simpel sebagai pelengkap penampilan.

  6. Kuku juga harus terlihat bersih dan dipotong dengan rapi. Jika Anda suka menggunakan cat kuku, pastikan untuk memilih warna yang netral dan tidak mencolok.

  7. Menggunakan high heels memang dapat menunjang penampilan. Namun jika Anda tidak terbiasa memakainya, kenakanlah sepatu flat atau wedges tertutup agar nyaman dan juga tetap terlihat rapi.


(hst/rma)