Lightbulb Terumbu Karang, Hewan atau Tumbuhan ?

moga gak repost
di rate dulu yah
________________________________________________________________
Quote:Quote:
Terumbu Karang ?

Hewan atau Tumbuhan ?

Sebelumnya apa itu terumbu karang ?

Terumbu itu batuan sedimen kapur di laut yang mencakup juga karang hidup dan karang mati yang menempel pada batuan kapur tersebut

Sedangkan karang adalah sekelompok hewan dari ordo Scleractinia yang menghasilkan kapur

jadi terumbu karang adalah hewan

Hewan karang hidup bersimbiosis dengan alga bersel satu yang disebut zooxanthellae.
Zooxanthellae merupakan jenis alga dinoflagelata berwana coklat dan kuning, yang dinyatakan sebagai Symbiodinium microadriaticum.
Alga ini juga hidup bersimbiosis dengan hewan-hewan lain di terumbu karang, seperti, kima raksasa (Tridacna spp), anemon laut dan coelenterata lainnya.


Spoiler for terumbu karang:


Hewan karang mempunyai tentakel (tangan-tangan) untuk menangkap plankton sebagai sumber makanannya,
Namun, sumber nutrisi utama hewan karang sebenarnya berasal dari proses fotosintesa zooxanthellae (hampir 98%). Selain itu, zooxanthellae memberi warna pada hewan karang yang sebenarnya hampir transparan.
Timbal baliknya, karang menyediakan tempat tinggal dan berlindung bagi sang alga.


Spoiler for terumbu karang:


FYI

- Terumbu karang dapat tumbuh dengan baik di perairan laut dengan suhu 21° – 29° C. Masih dapat tumbuh pada suhu diatas dan dibawah kisaran suhu tersebut

- Sebagian besar terumbu karang dunia (55%) terdapat Indonesia, Pilipina, Australia Utara dan Kepulauan Pasifik, 30% di Lautan Hindia dan Laut Merah. 14% di Karibia dan 1% di Atlantik Utara.

Fungsi Terumbu Karang

Pelindung ekosistem pantai
Terumbu karang akan menahan dan memecah energi gelombang sehingga mencegah terjadinya abrasi dan kerusakan di sekitarnya.

Rumah bagi banyak jenis mahluk hidup di laut
Terumbu karang bagaikan oase di padang pasir untuk lautan. Karenanya banyak hewan dan tanaman yang berkumpul di sini untuk mencari makan, memijah, membesarkan anaknya, dan berlindung. Bagi manusia, ini artinya terumbu karng mempunyai potensial perikanan yang sangat besar, baik untuk sumber makanan maupun mata pencaharian mereka. Diperkirakan, terumbu karang yang sehat dapat menghasilkan 25 ton ikan per tahunnya. Sekitar 500 juta orang di dunia menggantungkan nafkahnya pada terumbu karang, termasuk didalamnya 30 juta yang bergantung secara total pada terumbu karang sebagai penhidupan.

Sumber obat-obatan
Pada terumbu karang banyak terdapat bahan-bahan kimia yang diperkirakan bisa menjadi obat bagi manusia. Saat ini banyak penelitian mengenai bahan-bahan kimia tersebut untuk dipergunakan untuk mengobati berbagai manusia.

Objek wisata
Terumbu karang yang bagus akan menarik minat wisatawan sehingga meyediakan alternatif pendapatan bagi masyarakat sekitar. Diperkirakan sekitra 20 juta penyelam , menyelam dan menikmati terumbu karang per tahun.

Daerah Penelitian

Penelitian akan menghasilkan informasi penting dan akurat sebagai dasar pengelolaan yang lebih baik. Selain itu, masih banyak jenis ikan dan organisme laut serta zat-zat yang terdapat di kawasan terumbu karang yang belum pernah diketahui manusia sehingga perlu penelitian yang lebih intensif untuk mengetahui ‘misteri’ laut tersebut.


Terumbu karang Indonesia yang mencapai 60.000 km2 luasnya lho

Spoiler for terumbu karang:



namun sayang sekarng banyak dirusak

Spoiler for terumbu karang rusak:

Spoiler for terumbu karang rusak:

karena pembangunan daerah pesisir, polusi laut, sedimentasi dan pencemaran dari darat, overfishing (penangkapan sumberdaya berlebih), destruktif fishing (penangkapan ikan dengan cara merusak), dan pemutihan karang ( coral bleaching ) akibat pemanasan global.
banyak karang indonesia rusak

________________________________________________________________


sekian thread ane, moga bermanfaat
jangan lupa dikomen ya kasih juga
donasi buat TS
________________________________________________________________
faisallamri

moga gak ada tukang jualan si perusak thread

sumber 1
sumber 2
sumber 3
________________________________________________________________
faisallamri

jangan lupa dikomen ya kasih juga
donasi buat TS
________________________________________________________________
faisallamri

Quote:Original Posted By riemar.
nice share gan


damn
________________________________________________________________
faisallamri

ane blgnya tumbuhan aja ya gan
hihihi
hewan tuh gan,
Quote:Original Posted By GearBot
ane blgnya tumbuhan aja ya gan
hihihi




Quote:Original Posted By kucingkampung26
hewan tuh gan,


thanks udah komen
________________________________________________________________
faisallamri

sepi banget thread ane
________________________________________________________________
faisallamri

wahh beneran info yang sangat bermanfaat gan
sebelumnya ane beranggapan terumbu karang adalah tumbuhan
Ane liat agan tadi ngelapor di thread spam sekalian aja msmpir ke sini..!
Quote:Original Posted By EndiBJM
Ane liat agan tadi ngelapor di thread spam sekalian aja msmpir ke sini..!


maksudnya
________________________________________________________________
faisallamri

mudah2n ht ya gan...
ane kira cuma karang biasa gan
Nice inpho
mejeng di pekiwan dulu
wah terumbu karang punya peran penting juga yah
mantep gan bisa begono ya?
ane kirain tumbuhan, ternyata hewan ya.nice info gan
menurut ane sih terumbu karang itu hewan soalnya secara logika jawabannya pasti tumbuhan tapi kalau sesuatu yang pasti dipertanyakan berarti jawabannya selain jawaban logikanya bener gak
Quote:Original Posted By Overd
mudah2n ht ya gan...
ane kira cuma karang biasa gan


aamiin gan
________________________________________________________________
faisallamri

tumbuhan itu gan
Quote:Original Posted By nzxtmoderator
menurut ane sih terumbu karang itu hewan soalnya secara logika jawabannya pasti tumbuhan tapi kalau sesuatu yang pasti dipertanyakan berarti jawabannya selain jawaban logikanya bener gak


Em geto ya gan