KASKUS

(Masih Bakal)Kereta Api Buatan RI Bakal Serbu Tiga Negara

Quote:

PT Industri Kereta Api (INKA) terus menggeliatkan produksi kereta api dalam negeri untuk bisa masuk ke pasar luar negeri. Saat ini, perseroan sedang mengikuti tender pengadaan kereta api di tiga negara, yaitu Filipina, Bangladesh dan Afrika.

"Kami tengah ikut dalam tender produksi kereta api di Filiphina dan Nairobi, Afrika Timur berupa Kereta Api Rel Listrik (KRL), serta kereta penumpang atau lokomotif diesel hidrolik di Bangladesh," jelas Direktur Komersial INKA, Hendy Indratno Adji kepada Liputan6.com, Jakarta, Senin (25/2/2013).

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berbasis di Madiun ini, bakal menyiapkan desain teknis untuk kebutuhan kereta masing-masing negara pada tahun ini. Pasalnya, dari lebar track antara rel Indonesia dan ketiga negara tersebut sangat berbeda, sehingga perlu ada penyesuaian.

"Sedangkan untuk peralatan elektroniknya, dan operasional kereta api, kami menggandeng Bombardier dan Toshiba," ucapnya. Bombardier adalah produsen kereta kelas dunia asal Kanada.

Apabila tender ini tembus, lanjut Hendy, itu berarti kualitas kereta api buatan dalam negeri dapat diterima pasar asing. Sebab Menteri BUMN Dahlan Iskan berharap INKA mampu mengekspor kereta api ke negera lain, asalkan produksinya memenuhi syarat kualitas dunia.

Di samping itu, Hendy menyebutkan perseroan juga memastikan keikutsertaannya dalam tender KRL pengembangan KRL commuter khusus rute Bandara Soekarno Hatta-Sudirman Baru.

Serta tengah melakukan kajian proyek pembangunan monorel yang dipimpin PT Adhi Karya Tbk (ADHI). Dalam proyek tersebut, pihaknya diminta untuk menyiapkan gerbong monorel. Sementara untuk jumlahnya, belum dapat dipastikan karena sedang dalam proses studi teknis.

"PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero pun berencana memesan 800 gerbang konteiner batu bara. Dan sekarang ini masih tahap proses administrasi pemesanan," ungkap dia.

Oleh sebab itu, INKA berupaya menambah kapasitas produksi kereta api menjadi 100 unit kereta api atau multisource di tahun ini. Hendy menuturkan, satu workshop sedang dibangun, dan satu lagi telah selesai. Sehingga ke depan, perseroan akan mempunyai dua workshop sebagai tempat produksi kereta api. (Fik/Ndw)


Sumber

semoga tender-tender tersebut bisa tembus deh, walau perbedaan gauge tiap negara memang bikin mumet

selain itu dari desain dan layout bisa ditingkatkan sehingga gak ada lagi kejadian untuk membuka satu baut harus bongkar banyak bagian

Spoiler for Produk INKA yang sudah diekspor:
walaupun masih bakal, tapi setidaknya mulai terlihat geliatnya
begitu bersemangat

majulah Indonesiaku
aamiin aja gan...
ane blom liat di sini kereta api yg kondisinya bisa dibanggakan
kalo KAI sendiri gimana om japek... udah percaya diri make prodak dalem negri blom ... kan kasian promosi sampe LN tp dalem negrinya ga ada yang make
ane dukung truuus klo buat kemajuan bangsa....
uji coba dlu dipakai dinegara sndiri baru export kreta
semenjak reformasi kai, manajemen jd lebih baik...semoga ke depan semakin profesional...
Quote:Original Posted By black_
kalo KAI sendiri gimana om japek... udah percaya diri make prodak dalem negri blom ... kan kasian promosi sampe LN tp dalem negrinya ga ada yang make


KATANYA sih barang baru dalem negri lebih mahal, dibanding 2nd LN.. pernah baca dikaskus jg beritanya..
Quote:Original Posted By black_
kalo KAI sendiri gimana om japek... udah percaya diri make prodak dalem negri blom ... kan kasian promosi sampe LN tp dalem negrinya ga ada yang make


KAI males beli di INKA gan,soalnya gak bisa ditilep harganya .....kalo ambil gerbong exs hibah dr jepang khan gak bisa ditilep harganya tapi biaya kirimnyanya bisa cingcai lah ......kalo menurut ane mending INKA gak usah drop ke KAI lagi dah,udah jualnya harga modal diutang & bayarnya lama pulak .....mending INKA jual gerbong barang ke timur tengah & afrika,mereka bayarnya lancar & jelas2 ada margin yg gede dibanding jual ke dalam negeri yg madesu
akhirnya ada trid bagus di tengah2 penboi2 oneng ama antek2 partai preman yg lage pada terguncyang

Quote:Original Posted By black_
kalo KAI sendiri gimana om japek... udah percaya diri make prodak dalem negri blom ... kan kasian promosi sampe LN tp dalem negrinya ga ada yang make


klo lokomotif keknya KAI sih belom beli dari INKA kali yah
baru KRL duank yg di beli ama KAI ama gerbong eksekutif & eko ac macem gajahwong cmiiw


Quote:Original Posted By black_
kalo KAI sendiri gimana om japek... udah percaya diri make prodak dalem negri blom ... kan kasian promosi sampe LN tp dalem negrinya ga ada yang make


diatas ada kok om beritanya

Quote:"PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero pun berencana memesan 800 gerbang konteiner batu bara. Dan sekarang ini masih tahap proses administrasi pemesanan," ungkap dia.


Quote:Original Posted By siboyboy


KATANYA sih barang baru dalem negri lebih mahal, dibanding 2nd LN.. pernah baca dikaskus jg beritanya..


perbedaan harga yg MENCOLOK dan AMANAT untuk mampu mengangkut 1,2 juta penumpang/hari ditengah KETERBATASAN dana menyebabkan perusahaan lebih memilih import bekas

tapi menurut rencana sih, mulai 2016 PT KAI sudah TIDAK BOLEH lagi mengimport KRL bekas, tapi harus membeli yg BARU dari dalam negeri yg buatan INKA
Tapi tentunya setelah perbaikan KUALITAS ditingkatkan
wow jualan gerbong keluar negeri
Quote:Original Posted By Uthe18


diatas ada kok om beritanya






perbedaan harga yg MENCOLOK dan AMANAT untuk mampu mengangkut 1,2 juta penumpang/hari ditengah KETERBATASAN dana menyebabkan perusahaan lebih memilih import bekas

tapi menurut rencana sih, mulai 2016 PT KAI sudah TIDAK BOLEH lagi mengimport KRL bekas, tapi harus membeli yg BARU dari dalam negeri yg buatan INKA
Tapi tentunya setelah perbaikan KUALITAS ditingkatkan

maksud saya yang buat kereta penumpangnya sih.. .. ya semoga aja perusahaan negara bisa sinkron saling bantu
Quote:Original Posted By kabei
wow jualan gerbong keluar negeri


bukannya dah sering bei ?
pertama kali gw denger sih tahun 2004 lalu ke Bangladesh

Quote:Original Posted By black_

maksud saya yang buat kereta penumpangnya sih.. .. ya semoga aja perusahaan negara bisa sinkron saling bantu


ini om ?


http://megapolitan.kompas.com/read/2...Mulai.Operasi.
Quote:Original Posted By ikhsanlie 
KAI males beli di INKA gan,soalnya gak bisa ditilep harganya .....kalo ambil gerbong exs hibah dr jepang khan gak bisa ditilep harganya tapi biaya kirimnyanya bisa cingcai lah ......kalo menurut ane mending INKA gak usah drop ke KAI lagi dah,udah jualnya harga modal diutang & bayarnya lama pulak .....mending INKA jual gerbong barang ke timur tengah & afrika,mereka bayarnya lancar & jelas2 ada margin yg gede dibanding jual ke dalam negeri yg madesu


bukan gitu om...
PT KAI emang kesulitan modal kalo harus beli lokomotif baru, baru sekarang aja dgn manajemen pak ignasius jonan PT KAI bisa balik modal meskipun itu diprotes karena harga tiket jadi mahal Kalau cuma sekedar beli gerbong udah sering, contohnya gerbong gajah wong itu buatan PT INKA
nanti 3 tahun lagi baru bisa beli baru dari PT INKA
http://www.tribunnews.com/2013/02/25/mulai-2016-dahlan-stop-impor-krl-bekas-asal-jepang

go... dahlan go....
Quote:Original Posted By siboyboy


KATANYA sih barang baru dalem negri lebih mahal, dibanding 2nd LN.. pernah baca dikaskus jg beritanya..


gan koq bandingannya baru vs bekas, ya pasti mahalan yang barulah.....bekas jepang sih artinya disana barang itu sdh ga kepake lagi........
dasar mental korup KAInya............

Quote:Original Posted By Uthe18


bukannya dah sering bei ?
pertama kali gw denger sih tahun 2004 lalu ke Bangladesh



ini om ?


http://megapolitan.kompas.com/read/2...Mulai.Operasi.


nambahin gan
railbus padang


railbus solo bathara kresna yg sampe saat ini jadwalnya ndak jelas kapan mulai operasi lagi
Per- Sepur -an makin maju saja.

Keren
Quote:Original Posted By Uthe18


bukannya dah sering bei ?
pertama kali gw denger sih tahun 2004 lalu ke Bangladesh




emang udah sering kok
biasanya sih yang dijual hopper
*thailand keknya yang banyak beli
Quote:Original Posted By Uthe18


bukannya dah sering bei ?
pertama kali gw denger sih tahun 2004 lalu ke Bangladesh



ini om ?


http://megapolitan.kompas.com/read/2...Mulai.Operasi.


Quote:Original Posted By username1990


nambahin gan
railbus padang


railbus solo bathara kresna yg sampe saat ini jadwalnya ndak jelas kapan mulai operasi lagi

wah itu buatan inka ya.... keren2 bentuknya.. ga kalah sama pabrikan jepang