KASKUS

Quote:Original Posted By jebers
Gan,ane mau nanya nih. Ane kan punya 2 kartu jamsostek dari perusahaan yg sama.

Yang pertama waktu ane masih karyawan kontrak dan usianya udah 5th.

Yang kedua waktu ane udah jadi karyawan tetap tapi masih di perusahaan yang sama.

Nah yang mau ane tanyakan adalah:
1. bisa gak yaa ane cairin jamsostek ane yang pertama itu. Terus buat syarat-syarat pencairannya ane musti pake surat keterangan dari perusahaan gak? Padahal kan ane masih kerja di perusahaan tersebut.

2. Ane kok mau daftarin jamsostek ane di website nya kok gak bisa ya,katanya datanya gak cocok. Padahal ane mau ngecek saldo jamsostek ane.

Makasih yaa buat yang udah bantu,maaf belum bisa timpuk yg ijo ijo


1. 2opsi buat agan
1. klo agan ga seberapa butuh duitnya sebaeknya agan amalgamasi (minta gabung saldo kartu baru ke saldo kartu lama) keuntungannya kartu agan yg sudah terhitung 5 tahun kepesertaannya so bila sewaktu2 resign agan cuma butuh masa tunggu 1 bulan untuk cairin saldonya.
2. bisa dicairin JHTnya dgn syarat : isi formulir 5a(minta dijamsostek/HRD),KTP+fc,KK+Fc,Surat pengalaman kerja,KPJ asli minusnya se kartu agan yg baru min kepesertaan 5 tahun

2 udah banyak kasusnya yg ga bisa liat saldo karena emang data base kami tidak cocok dengan data yg agan entri dan ini mungkin disebabkan karena kesalahan teknis pada waktu upload data herregistrasi,untuk memberpaikinya silahkan hub HRDnya ato lgsg datang ke jamsostek dimana perusahaan agan terdaftar,klo mau cek saldo bisa ane bantu,silahkan pm ane nama,nama ibu kandung,nama perusahaan n no KPJ

senang bisa membantu...
Quote:Original Posted By penjaga bumi


coba bantu sesama freelancer gan... bisa gan dateng aja langsung ke kantor jamsostek terdekat,, bilang aja mau masuk jamsostek program TKLHK.. ane udah daftar dari bulan februari gan, daftar seorang diri ga pake badan2 ato kelompok baca di brosurnya emang bisa kok gan...


koreksi saja,klo agan daftar perorangan itu namanya TKO gan (tenaga kerja perorangan) klo daftarnya melalui wadah,perkumpulan(kelompok kerja) itu yg namanya TKLHK meskipun secara produk hampir sama gan...
wah ada yg kasih cendol ne ke ane,tp ga tau sapa yg kasih,btw thx atas cendolnya ya gan...
Gan , tanya donk ane kan punya 1 kartu jamsostek.

Sejak dari perusahaan lama tahun 2009 trus 2011 ane pindah ke perusahaan baru minta dilanjutin aja jamsostek pake no kpj yg sama (istilahnya apa ya?)

nah di web jamsostek itu ane udah buat user, bisa login tapi yg tertera cuma saldo di perusahaan baru doank, perusahaan lama ane ga masuk kira2 knpyah?

Trus bisa dicairin gak klo ane resign sekarang ?

*) Klo berkenan ane pm data yg agan butuh, tks
Quote:Original Posted By dronely
Gan , tanya donk ane kan punya 1 kartu jamsostek.

Sejak dari perusahaan lama tahun 2009 trus 2011 ane pindah ke perusahaan baru minta dilanjutin aja jamsostek pake no kpj yg sama (istilahnya apa ya?)

nah di web jamsostek itu ane udah buat user, bisa login tapi yg tertera cuma saldo di perusahaan baru doank, perusahaan lama ane ga masuk kira2 knpyah?

Trus bisa dicairin gak klo ane resign sekarang ?

*) Klo berkenan ane pm data yg agan butuh, tks


istilahnya ya dilanjut gan (ga ada istilah bakunya),klo KPJ tahun 2009 baru bisa diambil 2014,silahkan pm ane no KPJ,nama,nama perusahaan,nama ibu kandung...
Quote:Original Posted By hedy20


1. 2opsi buat agan
1. klo agan ga seberapa butuh duitnya sebaeknya agan amalgamasi (minta gabung saldo kartu baru ke saldo kartu lama) keuntungannya kartu agan yg sudah terhitung 5 tahun kepesertaannya so bila sewaktu2 resign agan cuma butuh masa tunggu 1 tahun untuk cairin saldonya.

senang bisa membantu...


misi gan numpang nanya nih,
itu yang ane bold sebener nya berapa lama sih?
ada yang bilang 1 bulan, ada yang bilang 6 bulan, ini 1 taun. jadi bingung sendiri ane.

sama ane juga numpang pencerahan, kasus nya bini ane dulu kerja di perusahaan x sebelum merit, sekarang udah bersuami otomatis ktp ganti alamat. sekarang bini lagi hamil, pengen ambil dana segar buat nambah2 biaya lahiran (sudah berhenti dan sudah diatas 5 taun sejak terdaftar di perusahaan x). secara alamat waktu mendaftar sama alamat di ktp sekarang sudah berbeda, apakah nanti akan di permasalahkan pada saat pengajuan pencairan?
trus kalo kasus nya seperti itu, dokumen apa saja yang perlu dipersiapkan untuk pengajuan supaya tidak mondar mandir.
Quote:Original Posted By hedy20


istilahnya ya dilanjut gan (ga ada istilah bakunya),klo KPJ tahun 2009 baru bisa diambil 2014,silahkan pm ane no KPJ,nama,nama perusahaan,nama ibu kandung...

*) Data sent,

Oke 2014 brarti 1 tahun lagi gan, (klo ane resign yah ??)
btw yang di PM itu data perusahaan baru gan, perusahaan lama ane (yang ga tertera di web jamsostek saldonya) PT MMF

thanks...ijo2 nyusul
Quote:Original Posted By delkana


misi gan numpang nanya nih,
itu yang ane bold sebener nya berapa lama sih?
ada yang bilang 1 bulan, ada yang bilang 6 bulan, ini 1 taun. jadi bingung sendiri ane.

sama ane juga numpang pencerahan, kasus nya bini ane dulu kerja di perusahaan x sebelum merit, sekarang udah bersuami otomatis ktp ganti alamat. sekarang bini lagi hamil, pengen ambil dana segar buat nambah2 biaya lahiran (sudah berhenti dan sudah diatas 5 taun sejak terdaftar di perusahaan x). secara alamat waktu mendaftar sama alamat di ktp sekarang sudah berbeda, apakah nanti akan di permasalahkan pada saat pengajuan pencairan?
trus kalo kasus nya seperti itu, dokumen apa saja yang perlu dipersiapkan untuk pengajuan supaya tidak mondar mandir.


maap gan ralat masa tunggunya 1 bulan saja koq hehehehe....
bisa dicairkan punya istri agan n ga masalah klo alamatnya beda yg penting nama n tanggal lahirnya masih sama kan?saratnya isi formulir 5a (disediakan jamsostek)KTP+fc,KK+fc,KPJ asli,surat pengalaman kerja...
Quote:Original Posted By dronely

*) Data sent,

Oke 2014 brarti 1 tahun lagi gan, (klo ane resign yah ??)
btw yang di PM itu data perusahaan baru gan, perusahaan lama ane (yang ga tertera di web jamsostek saldonya) PT MMF

thanks...ijo2 nyusul


cek PM ya gan
Quote:Original Posted By hedy20


cek PM ya gan


tks atas pm nya gan ijo2 menyusul yah
mau tanya lagi itu dana bisa diambil per bulan apa gan? Dan lokasi ambil yg deket daerah Pluit Jkt-ut bisa dilihat dmn yaaa...

tx again....
Quote:Original Posted By dronely


tks atas pm nya gan ijo2 menyusul yah
mau tanya lagi itu dana bisa diambil per bulan apa gan? Dan lokasi ambil yg deket daerah Pluit Jkt-ut bisa dilihat dmn yaaa...

tx again....


itu belum bisa diambil gan,belum 5 tahun kepesertaannya,lgan agan juga masih aktif bekerja kan...
Quote:Original Posted By hedy20


itu belum bisa diambil gan,belum 5 tahun kepesertaannya,lgan agan juga masih aktif bekerja kan...


iya masih gan, maksudnya kalau misalnya ane resign/pindah kerja lagi....apa ada masa tunggu 3 , 6 bulan seperti diatas? Bagaimanaa / sejak kapan perhitungannya yah...

1 lagi gan, hibah jamsostek yang katanya diatas bunga deposito itu sekarang bunganya berapa persen /tahun ya gan

buat nambah pengetahuan..tks lho gan


Quote:Original Posted By dronely


iya masih gan, maksudnya kalau misalnya ane resign/pindah kerja lagi....apa ada masa tunggu 3 , 6 bulan seperti diatas? Bagaimanaa / sejak kapan perhitungannya yah...

1 lagi gan, hibah jamsostek yang katanya diatas bunga deposito itu sekarang bunganya berapa persen /tahun ya gan

buat nambah pengetahuan..tks lho gan




KPJ agan terdaftar sejak 09-2009,berarti agan baru bisa cairin JHTnya 09-2014,seandainya agan dilaporkan keluar bulan 10-2014 maka agan bisa cairin bulan 11-2014 begitu seterusnya,tp klo agan dilaporkan keluar sebelum 09-2014 maka agan bisa cairin bulan 09-2014

bunga pengembangan thn 2011 = 9,1%, thn 2012 = 5,5%,bunga tiap tahun berbeda tergantung kinerja MI (tp bukan murni MI ya gan) dan dipastikan selalu diatas bunga deposito bank koq...
Gan ane butuh pencerahan donk...kebetulan nih ada yg jago urusan ginian...

Sebutlah ane pengelola Yayasan Pendidikan (SD/SMP/SMA) yg notabene non profit dgn jumlah guru+karyawan kurang lebih 70 org. (anggep semua guru dan karyawan udah menikah)
Yayasan ini bukan berada di DKI yg anggaran pendidikannnya jor2an, tp di depok (UMR Depok 2013 = 2,04jt)

jd perhitungan yg harus dibayar oleh yayasan per bulan :
JHT (3,7%) + JPK (6%) + JKK (0,24%) + JKM (0,3%) = 10,24%

nah dengan UMK sebesar 2.040.000 dan jumlah karyawan 70 org maka besar yg hrs dibayar perbulan adalah
10,24% x 70 x 2.040.000 = 14.622.720/bulan

nah yang mau ane tanyain :
1. betul gak itung2an ane diatas ?
2. karena yayasan kami lembaga non profit, bagi yayasan utk menggaji sesuai UMR saja sudah berat, (alhamdulillah gak ada yg di bwh umr 2012, umr2013 berlaku pas tahun ajaran baru, dan alhamdulillah jg guru ditolong oleh program sertifikasi, dll) apakah tidak ada keringanan krn nilai sebesar 14,6juta perbulan itu luar biasa besar buat yayasan, namun yayasan ttp berkeinginan ikut jamsostek?

segitu aja pertanyaan dr ane gan...lebih kurangnya trims
nubie ikutan yah

JHT itu yg selalu di potong di slip gaji yg ada tulisan potongan jamsostek yah????

gw kurang ngerti jamsostek padahal kaka gw orang jamsostek...

kita dapet kartu kan, kalo untuk pegawai swasta kan selalu pindah2 yah ga netap di satu instansi kayak pns..

terus kalo perusahaan itu kebanyakan kalo ada pegawai baru.. dibikinin jamsostek baru padhal dia dah punya yg lama
dah confirm pun tetep dianjurin bikin baru.. nah terus yg lama gimana donk, sia2 donk

gmn nasibnya tuh?

Quote:Original Posted By apeyeh
Gan ane butuh pencerahan donk...kebetulan nih ada yg jago urusan ginian...

Sebutlah ane pengelola Yayasan Pendidikan (SD/SMP/SMA) yg notabene non profit dgn jumlah guru+karyawan kurang lebih 70 org. (anggep semua guru dan karyawan udah menikah)
Yayasan ini bukan berada di DKI yg anggaran pendidikannnya jor2an, tp di depok (UMR Depok 2013 = 2,04jt)

jd perhitungan yg harus dibayar oleh yayasan per bulan :
JHT (3,7%) + JPK (6%) + JKK (0,24%) + JKM (0,3%) = 10,24%

nah dengan UMK sebesar 2.040.000 dan jumlah karyawan 70 org maka besar yg hrs dibayar perbulan adalah
10,24% x 70 x 2.040.000 = 14.622.720/bulan

nah yang mau ane tanyain :
1. betul gak itung2an ane diatas ?
2. karena yayasan kami lembaga non profit, bagi yayasan utk menggaji sesuai UMR saja sudah berat, (alhamdulillah gak ada yg di bwh umr 2012, umr2013 berlaku pas tahun ajaran baru, dan alhamdulillah jg guru ditolong oleh program sertifikasi, dll) apakah tidak ada keringanan krn nilai sebesar 14,6juta perbulan itu luar biasa besar buat yayasan, namun yayasan ttp berkeinginan ikut jamsostek?

segitu aja pertanyaan dr ane gan...lebih kurangnya trims


1. Hitungannya betul gan

2. cek PM gan
Salam kenal sebelumnya.
Untuk PRT (Pekerja Rumah Tangga) apakah bisa diikutsertakan program jamsostek?
Apakah bisa didaftarkan perorangan atau harus ada wadahnya?
Jika bisa,program apa saja yg wajib & bisa diikuti?
Mohon pencerahannya. Terima kasih ya gan.
Quote:Original Posted By N.d.y
nubie ikutan yah

JHT itu yg selalu di potong di slip gaji yg ada tulisan potongan jamsostek yah????

gw kurang ngerti jamsostek padahal kaka gw orang jamsostek...

kita dapet kartu kan, kalo untuk pegawai swasta kan selalu pindah2 yah ga netap di satu instansi kayak pns..

terus kalo perusahaan itu kebanyakan kalo ada pegawai baru.. dibikinin jamsostek baru padhal dia dah punya yg lama
dah confirm pun tetep dianjurin bikin baru.. nah terus yg lama gimana donk, sia2 donk

gmn nasibnya tuh?



untuk kartu yang lama atau punya lebih dari 1 kartu, agan bisa melakukan penggabungan saldo agar saldo di kartu yang lama dan yang lainnya menjadi 1.
caranya langsung datang kekantor jamsostek terdekat, kemudian minta formulir penggabungan saldo gan.

semoga membantu
Quote:Original Posted By apeyeh
Gan ane butuh pencerahan donk...kebetulan nih ada yg jago urusan ginian...

Sebutlah ane pengelola Yayasan Pendidikan (SD/SMP/SMA) yg notabene non profit dgn jumlah guru+karyawan kurang lebih 70 org. (anggep semua guru dan karyawan udah menikah)
Yayasan ini bukan berada di DKI yg anggaran pendidikannnya jor2an, tp di depok (UMR Depok 2013 = 2,04jt)

jd perhitungan yg harus dibayar oleh yayasan per bulan :
JHT (3,7%) + JPK (6%) + JKK (0,24%) + JKM (0,3%) = 10,24%

nah dengan UMK sebesar 2.040.000 dan jumlah karyawan 70 org maka besar yg hrs dibayar perbulan adalah
10,24% x 70 x 2.040.000 = 14.622.720/bulan

nah yang mau ane tanyain :
1. betul gak itung2an ane diatas ?
2. karena yayasan kami lembaga non profit, bagi yayasan utk menggaji sesuai UMR saja sudah berat, (alhamdulillah gak ada yg di bwh umr 2012, umr2013 berlaku pas tahun ajaran baru, dan alhamdulillah jg guru ditolong oleh program sertifikasi, dll) apakah tidak ada keringanan krn nilai sebesar 14,6juta perbulan itu luar biasa besar buat yayasan, namun yayasan ttp berkeinginan ikut jamsostek?

segitu aja pertanyaan dr ane gan...lebih kurangnya trims


1) hitunganya sudah benar untuk kewajiban perusahaan tp untuk pembayaran iuran masih harus ditambah potongan 2% gaji karyawannya gan...
2) jamsostek punya program option out untuk JPK (boleh tidak ikut) tp itupun harus ada legalisasi dari petugas pengawas disnaker dan silahkan dibandingkan dgn askes lainnya gan dan ingat itu sudah diatur undang2 n kewajiban perusahaan...
Quote:Original Posted By N.d.y
nubie ikutan yah

JHT itu yg selalu di potong di slip gaji yg ada tulisan potongan jamsostek yah????

gw kurang ngerti jamsostek padahal kaka gw orang jamsostek...

kita dapet kartu kan, kalo untuk pegawai swasta kan selalu pindah2 yah ga netap di satu instansi kayak pns..

terus kalo perusahaan itu kebanyakan kalo ada pegawai baru.. dibikinin jamsostek baru padhal dia dah punya yg lama
dah confirm pun tetep dianjurin bikin baru.. nah terus yg lama gimana donk, sia2 donk

gmn nasibnya tuh?



yap betul potongan jamsostek 2% dari gaji yg dilaporkan

2 opsi untuk agan :
tetap bisa pake kartu baru ato amalgamasi (digabung ke KPJ lama) seperti yg sudah disampaikan TS diatas...keuntungan dan kekurangannya bisa baca postingan sebelumnya ya gan
×