KASKUS

5 Fakta Jaminan Hari Tua (JHT) Jamsostek

Merencanakan kehidupan di hari tua, seyogyanya dilakukan setiap orang. Sebab di masa saat kita tak lagi produktif tersebut, kita tetap memiliki kebutuhan sehari-hari yang harus dipenuhi. Oleh karena itu, mempersiapkan hari tua sejak masih muda merupakan hal yang sangat bijak.

Di PT Jamsostek, terdapat program Jaminan hari tua (JHT). Dengan mengikuti jaminan hari tua, diharapkan nantinya masa tua pekerja akan lebih terjamin. Sehingga tak ada lagi, pekerja yang hidupnya terlantar di masa tuanya.

Mengenai program JHT ini, berikut ini 5 fakta yang perlu Anda tahu.

1. Jumlah pekerja yang ikut Jaminan Hari Tua meningkat.
Saban tahun, jumlah pekerja yang mengikuti program jaminan hari tua Jamsostek terus meningkat. Sebagai contoh, pada tahun 2007, pekerja yang aktif mengikuti program JHT berjumlah sekitar 7,7 pekerja. Dan pada tahun 2010, jumlahnya sudah meningkat menjadi 9,3 juta pekerja.
2. Menerima manfaat saat di-PHK, berusia 55 tahun, atau meninggal.
Pekerja yang mengikuti program jaminan hari tua (JHT) akan menerima dana jaminan hari tua sebesar dana yang telah dibayarkan ditambah dengan hasil pengembangannya, jika telah berusia 55 tahun, meninggal dunia, cacat total tetap, atau di-PHK sebelum berusia 55 tahun dan telah menjadi peserta JHT Jamsostek minimal lima tahun.
Pekerja juga berhak mendapatkan dana JHT tersebut jika misalnya pergi dari wilayah Indonesia, dan atau pindah pekerjaan menjadi PNS, polri, TNI.
3. Saldo JHT bisa dicek secara online.
Peserta JHT jamsostek bisa melihat saldo JHT tersebut secara online di website jamsostek. Dengan begitu, pekerja bisa ikut memantau bahwa iuran JHT pekerja benar-benar telah disetorkan oleh pengusaha.
Anda perlu login ke situs Jamsostek tersebut dengan user ID dan password. Bagi peserta yang belum punya user ID dan password, bisa mendaftar terlebih dulu di web tersebut.
4. Dana Kelola Jamsostek sampai 135 triliun.
Dana yang dihimpun oleh Jamsostek dari para pekerja sangat besar. Sampai tahun 2013 ini, tak kurang dari Rp 135 triliun dana yang berhasil dikumpulkan oleh Jamsostek untuk dikelola. Tentu, di dalamnya termasuk dana iuran JHT pekerja.
5. Pencairan bisa ke kantor Jamsostek.
Jika Anda sudah berusia 55 tahun, atau di-PHK sebelum usia tersebut, Anda bisa menghubungi kantor Jamsostek terdekat agar JHT Anda bisa segera diurus dan dicairkan.

Itulah lima fakta mengenai Jaminan Hari Tua yang perlu Anda tahu. Apakah Anda sudah ikut JHT Jamsostek?

Sumber: DompetPintar.com
ANE PERTAMAXXX GANNN !!!



Btw, ane udh terdaftar program JHT Jamsostek.
Quote:Original Posted By casper_rov
ANE PERTAMAXXX GANNN !!!



Btw, ane udh terdaftar program JHT Jamsostek.


mantep gan kalo uda terdaftar.

wah kebetulan

nah itu manfaatnya ikut jamsostek,silahkan bagi tenaga kerja yg belum terdaftar di jamsostek bisa minta ke perusahaan untuk daftar ke jamsostek

nb : gw karyawan jamsostek,jd klo ada yg mau ditanyakan monggo

buat TSnya : gpp ya numpang threadnya hehehe...
Quote:Original Posted By hedy20
nah itu manfaatnya ikut jamsostek,silahkan bagi tenaga kerja yg belum terdaftar di jamsostek bisa minta ke perusahaan untuk daftar ke jamsostek

nb : gw karyawan jamsostek,jd klo ada yg mau ditanyakan monggo

buat TSnya : gpp ya numpang threadnya hehehe...


Gak apa2 gan. Asal ingat ksh cendol aja
Kalau ada kesempatan kerjasama DompetPintar dgn Jamsostek ane lebih senang lagi gan
Quote:Original Posted By dompetpintar1


Gak apa2 gan. Asal ingat ksh cendol aja
Kalau ada kesempatan kerjasama DompetPintar dgn Jamsostek ane lebih senang lagi gan


belum ISO gan,jadi ga bisa kasih cendol...
Quote:Original Posted By hedy20
nah itu manfaatnya ikut jamsostek,silahkan bagi tenaga kerja yg belum terdaftar di jamsostek bisa minta ke perusahaan untuk daftar ke jamsostek

nb : gw karyawan jamsostek,jd klo ada yg mau ditanyakan monggo

buat TSnya : gpp ya numpang threadnya hehehe...


gan, kalau untuk pekerja freelance bisa bikin jamsostek tidak?
Quote:Original Posted By Azote


gan, kalau untuk pekerja freelance bisa bikin jamsostek tidak?


asalkan anda bekerja di lembaga yg berbadan hukum bisa didaftarkan melalui perusahaan,ato untuk tenaga kerja informal ada wadah yg menaungi bisa didaftarkan juga,untuk perorangan belum dapat dilayani gan...
Ane blum daptar jamsostek..sebenernya berminat daftar sih...
tp denger2 soal Jaminan Sosial Nasional jadi ragu...
kabarnya 2014 jamsostek dan askes dilikuidasi dan jamsostek gak ngelayanin kesehatan lagi...
gimana tuh gan penjelasannya....
gimana nasib anggota jamsostek
Quote:Original Posted By tanakatarou
Ane blum daptar jamsostek..sebenernya berminat daftar sih...
tp denger2 soal Jaminan Sosial Nasional jadi ragu...
kabarnya 2014 jamsostek dan askes dilikuidasi dan jamsostek gak ngelayanin kesehatan lagi...
gimana tuh gan penjelasannya....
gimana nasib anggota jamsostek


untuk kesehatan akan dilimpahkan ke BPJS kesehatan,jadi ga masalah kan gan?standar pelayanan akan tetap sama koq,jamsostek akan dipersiapkan untuk transformasi BPJS Ketenagakerjaan...
Quote:Original Posted By hedy20


untuk kesehatan akan dilimpahkan ke BPJS kesehatan,jadi ga masalah kan gan?standar pelayanan akan tetap sama koq,jamsostek akan dipersiapkan untuk transformasi BPJS Ketenagakerjaan...


Trus kartu Jamsostek tetap berlaku atau harus diganti dengan kartu baru yang berlogo BPJS Kesehatan? alamat situsnya berubah ngga? atau tetap sama dengan situs jamsostek sekarang?

tetep ga bisa perorangan? kudu perusahaan ? bukannya MK sudah bolehin? lumayan minat ama program hati tua gini , tapi hopeless ama perusahaan
Quote:Original Posted By kryptone99


Trus kartu Jamsostek tetap berlaku atau harus diganti dengan kartu baru yang berlogo BPJS Kesehatan? alamat situsnya berubah ngga? atau tetap sama dengan situs jamsostek sekarang?



teknis ke depan se akan langsung dipindahkan ke BPJS Kesehatan,mungkin untuk awalnya masih bisa menggunakan kartu jamsostek tp nantinya akan dilakukan heregistrasi untuk kesehatan dan kemungkinan juga akan menggunakan kartu yg baru,karena akan transformasi menjadi Badan Negara otomatis akan berubah gan,JAmsostek akan bertransformasi menjadi BPJS Ketenagakerjaan pada pertengahan 2015,dan Askes kemungkinan besar adalah cikal bakal BPJS Kesehatan...
CMIIW
Quote:Original Posted By CloneRessin
tetep ga bisa perorangan? kudu perusahaan ? bukannya MK sudah bolehin? lumayan minat ama program hati tua gini , tapi hopeless ama perusahaan


memang masih bisa koq,silahkan hubungi jamsostek terdekat tapi perlu dicatat program yg wajib diikuti adalah JHT,JK dan JKK,

CMIIW
Quote:Original Posted By hedy20


memang masih bisa koq,silahkan hubungi jamsostek terdekat tapi perlu dicatat program yg wajib diikuti adalah JHT,JK dan JKK,

CMIIW


gan, jadi perorangan sudah bisa nih sekarang?
sy coba cari wadahnya susah sekali...telp ke kantor jamsostek terdekat sampai ke pusat cuma dioper2 saja ke cabang2nya...
tetap gak ketemu wadahnya...

sy minat sm jamsostek, tp susah banget mau ikutnya...
Quote:Original Posted By Azote


gan, jadi perorangan sudah bisa nih sekarang?
sy coba cari wadahnya susah sekali...telp ke kantor jamsostek terdekat sampai ke pusat cuma dioper2 saja ke cabang2nya...
tetap gak ketemu wadahnya...

sy minat sm jamsostek, tp susah banget mau ikutnya...


tempat tinggal agan dmn?wadah dibentuk biasanya karena perkumpulan yg seprofesi,agan bisa datang langsung ke kantor cabang terdekat ke bagian pemasaran atau bagian progsus (program khusus) n nantinya agan bisa minta list wadahnya dmn saja, atau klo mau agan kumpulkan bbrp org yg minat dengan jamsostek untuk bikin wadah tersendiri (salah satu contoh nama wadah "pedagang sayur pasar baru" dll)
Quote:Original Posted By hedy20
nah itu manfaatnya ikut jamsostek,silahkan bagi tenaga kerja yg belum terdaftar di jamsostek bisa minta ke perusahaan untuk daftar ke jamsostek

nb : gw karyawan jamsostek,jd klo ada yg mau ditanyakan monggo

buat TSnya : gpp ya numpang threadnya hehehe...


Gan, bisa bantu cek saldo jht gw?
Kayaknya ada keanehan deh...
Bisa gw email dimana gan?
Pm please....
Sama dengan dibwah gan,
Tolong dibantu gan, saldo jamsostek ane ga update, padahal waktu pindah kantor, ane minta sama kantor untuk di teruskan jamsostek ane yng lama dengan yg baru, tp tiba2 ketika diprint saldo lama jamsostek ane hilang
Kartu kartu lama dg no lama, tp nilainya saldo yng lama ga ada
Bisa tolong dibantu gan?


Quote:Original Posted By willspasta


Gan, bisa bantu cek saldo jht gw?
Kayaknya ada keanehan deh...
Bisa gw email dimana gan?
Pm please....


ana malah belum daftar gan
Quote:Original Posted By willspasta


Gan, bisa bantu cek saldo jht gw?
Kayaknya ada keanehan deh...
Bisa gw email dimana gan?
Pm please....


Quote:Original Posted By Exxel
Sama dengan dibwah gan,
Tolong dibantu gan, saldo jamsostek ane ga update, padahal waktu pindah kantor, ane minta sama kantor untuk di teruskan jamsostek ane yng lama dengan yg baru, tp tiba2 ketika diprint saldo lama jamsostek ane hilang
Kartu kartu lama dg no lama, tp nilainya saldo yng lama ga ada
Bisa tolong dibantu gan?




pm gw nomor KPJ,nama lengkap,tanggal lahir n nama ibu kandung ya gan...

Quote:Original Posted By dcirclejordan
ana malah belum daftar gan


buruan daftar gan n bandingkan dgn untilink hehehe...
×