- Beranda
- Komunitas
- News
- Berita dan Politik
16 Destinasi Wisata Nasional Dipamerkan di Berlin


TS
devisser
16 Destinasi Wisata Nasional Dipamerkan di Berlin
Quote:
16 Destinasi Wisata Nasional Dipamerkan di Berlin


JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) akan memamerkan 16 destinasi atau kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN) dalam bursa pariwisata terbesar dunia ITB Berlin (Internationale Tourismus-Brse Berlin) di Jerman.
"Kami akan membawa 16 KSPN dan tim kesenian Indonesia dalam ITB Berlin," kata Direktur Promosi Pariwisata Luar Negeri Kemenparekraf Nia Niscaya di Jakarta, Senin.
ITB Berlin yang merupakan bursa pariwisata terbesar dunia akan digelar di Berlin, Jerman, pada tanggal 6--10 Maret 2013.
Pada kesempatan itu Indonesia akan menjadi official partner countryselama pelaksanaan acara. "Dari 16 KSPN sebagian besar sudah mengonfirmasi, sementara yang lain masih kita tunggu. Bahkan yang di luar KSP mengajukan permintaan untuk diikutsertakan," katanya.
Sebanyak 16 KSPN yang akan dipamerkan, yaitu Danau Toba (Sumatera Utara), Kepulauan Seribu (DKI Jakarta), Kota Tua (DKI Jakarta), Borobudur (Jawa Tengah), Bromo-Tengger-Semeru (Jawa Timur), Kintamani, Danau Batur (Bali), Menjangan, Pemuteran (Bali), Kuta, Sanur, Nusa Dua (Bali), Rinjani (Nusa Tenggara Barat), dan Pulau Komodo (Nusa Tenggara Timur).
Selanjutnya Ende-Kelimutu (Nusa Tenggara Timur), Tanjung Puting (Kalimantan Tengah), Toraja (Sulawesi Selatan), Bunaken (Sulawesi Utara), Wakatobi (Sulawesi Tenggara), dan Raja Ampat (Papua Barat).
Nia mengatakan, di antara negara ASEAN, Indonesia adalah negara pertama menjadi official partner country.
Oleh karena itu, dia berpendapat pelaku bisnis pariwisata di Indonesia harus memanfaatkan efektivitas acara tersebut untuk berpromosi. "Setiap peserta delegasi Indonesia dari Jakarta diberikan bagasi free 30 kg oleh maskapai Etihad, termasuk tim kesenian berjumlah 120 orang," katanya.
Peserta dari industri pariwisata sebanyak 91 orang yang akan aktif bersama di booth Kemenparekraf.
Indonesia sebagai official partner country akan mendapatkan spot iklan di berbagai titik strategis selama pameran berlangsung. "Acara pembukaan ITB akan menjadi malamnya Indonesia. Ada tim kreatif yang akan menyusun acara dengan tampilan yang unik," katanya.
Bahkan, rencananya Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono akan hadir dalam acara pembukaan.
Acara pembukaan akan menjadi malam Indonesia mulai dari MC, pidato, kesenian, hingga kulinernya. "Esensinya upaya ini adalah untuk mempromosikan pariwisata Indonesia ke pasar dunia," demikian Nia Niscaya. (Investor Daily/tk/ant)
Quote:
Indonesia akan Tampil Total di Pameran Pariwisata Berlin


LONDON- Indonesia akan tampil total dalam pameran pariwisata terbesar dunia, Internationale Tourisimus Borse (ITB) di Berlin, 5-10 Maret mendatang,kata Menteri Pariwisata dan Kreatif Ekonomi Mari Elka Pangestu dalam keterangannya, Sabtu.
"Sebagai negara mitra Internationale Tourisimus Borse Berlin, Indonesia akan menjadi host acara pembukaan ITB yang dihadiri 4.500 undangan," kata Mari Pangestu di hadapan lebih dari 100 jurnalis Jerman yang memadati acara Press Conference pra ITB Berlin 2013 di Humboltbox Berlin, Rabu (20/2) lalu.
Sementara itu, Dubes RI untuk Jerman Eddy Pratomo mengatakan Presiden RI dan Kanselir Jerman akan membuka perhelatan akbar tersebut pada 5 Maret mendatang.
"Bapak Presiden RI dijadwalkan untuk hadir bersama Kanselir Merkel dalam acara pembukaan ITB Berlin 2013, bersamaan dengan Kunjungan Kenegaraan Presiden RI ke Jerman," ujar Dubes.
Dalam pembukaan tersebut, tim kesenian Indonesia yang mengusung berbagai kekuatan budaya Indonesia seperti Tari Saman Gayo, Tari Kecak, Tari Wira Pertiwi dan berbagai sajian musik dari Shandy Sondoro dan Eka Deli dengan iringan Berlin Chamber Orchestra dengan konduktor Aminoto Kosim serta petikan Sasando dari Jakob Bulan dan tari Poco-Poco akan menjadi ujung tombak promosi Indonesia.
Di samping itu, berbagai kuliner Indonesia seperti nasi tumpeng dan rendang serta berbagai ikon kuliner Indonesia lainnya akan disajikan Master Chef Vindex Tanker yang sekian lama malang melintang di berbagai Hotel berbintang di Jakarta dan juga Amerika sebagai hidangan resepsi di akhir acara. Kesemuanya akan dirangkum apik dalam tema Nature-Arts-People.
Hal utama yang membedakan Indonesia dari Negara lainnya di bidang pariwisata sebenarnya amat sangat nyata, yaitu masyarakatnya yang diberkati dengan alam yang indah dan budaya yang adi luhung dan pluralist.
Masyarakat Indonesia selalu berterima kasih dan menjaga apa yang telah dianugerahkan Tuhan sehingga hal ini membuat masyarakat Indonesia selalu terlihat bahagia, yang tercermin dari senyum setiap masyarakatnya, demikian dijelaskan Menparekraf ketika menjawab pertanyaan dari para wartawan.
ITB Berlin yang diliput setiap oleh setidaknya 7000 wartawan dari 94 negara tersebut memang menjadi ujung tombak promosi pariwisata Indonesia di Eropa, khususnya di Jerman.
Pameran yang sudah berlangsung sejak tahun 1966 tersebut memberikan kesempatan kepada Indonesia untuk menjadi pusat perhatian. Selain tampil maksimal di panggung pembukaan, Indonesia juga selama lima hari berturut-turut akan memberikan sajian menarik di Paviliun Indonesia di Hal 26 A Messe Berlin.
Selain pertunjukan seni dan budaya, Paviliun Indonesia akan turut menyajikan berbagai promosi untuk menggaet para pemburu matahari dan pantai dari berbagai penjuru dunia dengan berbagai tawaran menarik yang dimiliki Indonesia seperti hutan perawan, pantai berpasir yang tak berujung, area menyelam, lanskap gunung berapi yang menakjubkan serta kota-kota yang selalu bergerak dinamis di mana tradisi dan budaya yang telah berusia ribuan tahun tetap terpelihara.
Paviliun Indonesia akan menempati area seluas 542 m2 disajikan secara menakjubkan dengan mengambil bentuk Perahu Pinisi.
Di dalam perahu pinisi tersebut akan berisi meja-meja untuk pertemuan bisnis pengusaha pariwisata, spa and culinary room, VIP room, coffee corner, serta terdapat juga panggung kesenian yang akan diisi dengan berbagai atraksi budaya secara terus menerus selama pameran berlangsung.
Paviliun Indonesia akan diresmikan tanggal 6 Maret dan akan menjadi basis promosi wisata Indonesia dimana lebih dari dari 90 perusahaan pariwisata Indonesia dan juga dari berbagai Dinas Pariwisata Daerah di Indonesia.
Fokus dari Paviliun Indonesia ada pada promosi budaya dan tradisi, ekoturisme, olah raga wisata, kapal pesiar, kuliner, wisata belanja, spa and wellness dan juga bisnis MICE.
Sementara walking acts mulai dari tradisi pengantin Betawi hingga Solo Batik Carnival juga akan menghiasi atmosfir disekitar Hall 26 tempat dimana Paviliun Indonesia berada.
Indonesia sejak tahun 1967 mengikuti ajang promosi di ITB Berlin. Tahun lalu ajang ini diikuti 180 negara dengan jumlah pengunjung sebanyak 172.132 dan diliput oleh 8000 wartawan dari 94 negara. (gor/ant)
-----------------------------------------------
Semoga sukses dah acaranya, dan semoga pariwisata Indonesia ke depannya lebih dikenal di masyarakat internasional setelah pameran ini berlangsung


0
1.9K
Kutip
12
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan