JADWAL DAN PERSYARATAN PENERIMAAN BRIGPOL T.A.2013

Siapkan diri dari sekarang, terus berusaha dan jangan lupa berdoa.Sukses untuk yang ingin mendafatar Tahun ini.

Jadwal Penerimaan Bintara Polri T.A. 2013

Tanggal 2 s/d 29 Maret 2013
Pendaftaran online melalui http://www.penerimaan.polri.go.id/ dan melakukan verifikasi untuk mendapatkan nomor pendaftaran polda serta pemeriksaan administrasi ;

Tanggal 2 s/d 16 April 2013 Pemeriksaan Kesehatan Tahap I;

Tanggal 17 s/d 18 April 2013 Tes Psikologi;

Tanggal 22 s/d 23 April 2013 Tes Akademik;

Tanggal 24 s/d 29 April 2013 Pemeriksaan Kesehatan Tahap II;

Tanggal 1 s/d 6 Mei 2013 Tes Kesamaptaan Jasmani;

Tanggal 16 Mei 2013 Pengumuman Kelulusan.

KETENTUAN DAN PERSYARATAN PENERIMAAN
BRIGADIR POLISI T.A. 2013

1. Ketentuan penerimaan

a. Para caloln harus memberikan keterangan yang sebenarnya (bukan keterangan palsu dan/atau tidak benar) dalam rangka penerimaan Brigadir Polisi;
b. Para calon harus mengikuti dan melaksanakan seluruh rangkaian kegiatan setiap tahapan seleksi dengan sungguh-sungguh dan tidak KKN (hindari masalah suap dan sponsor),
yang justru akan merugikan calon;
c. Dalam rangka pelaksanaan seleksi penerimaan Brigadir Polisi, tidak dipungut biaya;
d. Sebelum diangkat sebagai anggota Polri, calon yang telah lulus seleksi penerimaan dan
telah lulus pendidikan pembentukan Brigadir Polisi wajib mengucapkan sumpah atau
janji menurut agama dan kepercayaannya;

2. Persyaratan umum

a. Warga Negara Indonesia;
b. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
c. Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945;
d. Pendidikan paling rendah SMU atau yang sederajat;
e. Berumur paling rendah 18 tahun (pada saat dilantik menjadi anggota Polri);
f. Sehat jasmani dan rohani (surat keterangan sehat dari institusi kesehatan);
g. Tidak pernah dipidana karena melalukan suatu kejahatan (surat keterangan dari Polres setempat berupa SKCK);
h. Berwibawa, jujur, adil, dan berkelakuan tidak tercela; dan
i. Lulus pendidikan dan pelatihan pembentukan anggota Kepolisian.

3. Persyaratan lain

a. Berijazah serendah-rendahnya SMU/Madrasah Aliyah jurusan IPA/IPS atau SMK yang
sesuai dengan kompetensi tugas pokok Polri (kecuali Tata Busana dan Tata Kecantikan) dengan Nilai Akhir (gabungan nilai UN dan nilai sekolah) minimal 6,5;

b. Umur pada saat pembukaan pendidikan pembentukan Brigadir Polisi T.A 2013, minimal
17 (tujuh belas) tahun 5 (lima) bulan dan maksimal 21 tahun;

c. Tinggi badan minimal (dengan berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku):
1) Pria : 163 (seratus enam puluh tiga) cm;
2) Wanita : 160 (seratus enam puluh) cm;

d. Belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama dalam pendidikan Brigadir Polisi, ditambah 2 (dua) tahun setelah lulus;

e. Bersedia menjalani ikatan dinas minimal selama 10 (sepuluh) tahun, terhitung mulai saat diangkat menjadi Bripda;

f. Memperoleh persetujuan dari orang tua/wali bagi yang belum berusia 21 (dua puluh satu) tahun (bukan paksaan orang tua);

g. Tidak terikat Perjanjian Ikatan Dinas dengan instansi lain;

h. Pada saat mendaftar telah berdomisili di wilayah Polda tempat pendaftaran minimal 1 (satu) tahun, yang dibuktikan dengan KTP atau Surat Keterangan dari Kepala Desa/Kelurahan setempat dan KK atau ijazah/STTB/rapor terakhir;

i. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dan bersedia ditugaskan pada fungsi PHH Brimob dan Dalmas Sabhara Polri;

j. Mengikuti dan lulus pemeriksaan/pengujian dengan sistem gugur, yang meliputi materi dan urutan kegiatan sebagai berikut:
1) Pemeriksaan administrasi awal;
2) Pemeriksaan kesehatan tahap I;
3) Pemeriksaan dan pengujian psikologis;
4) Pemeriksaan kesehatan tahap II (termasuk Keswa);
5) Pengujian kesamaptaan jasmani;
6) Pemeriksaan administrasi akhir;
7) Pengujian akademik, yang meliputi:
a) Pengetahuan umum (materinya meliputi soal Undang-Undang Kepolisian, HAM, muatan lokal dan MIPA seperti teori/perhitungan fisika, kimia, dan matematika);
b) Bahasa Indonesia;
c) Bahasa Inggris;
8) Sidang terbuka penentuan kelulusan akhir


Bagi yg tidak bisa mendaftar, karena syarat dan ketentuan, tidak usah berkecil hati. Tetap semangat....
Terima kasih
gan kalo kaki bentuk O dan kagak bisa ngomong huruf R apakah berpeluang lulus
dan mohon info tes kesehatan apa saja yang di periksa.? mohon pencerahannya
umur ane sudah 17 tahun gan

klo pas pendidikan

umur ane masih 17 tahun 4 bulan

kira2 bisa boleh gag gan

klo soal persyaratan yang lainnya insyaallah ane siap ( masih dalam tahap persiapan jasmani )

tlong di jawab di pm ane ya gan
Quote:Original Posted By rezarenaldhi92
gan kalo kaki bentuk O dan kagak bisa ngomong huruf R apakah berpeluang lulus
dan mohon info tes kesehatan apa saja yang di periksa.? mohon pencerahannya



tes kesehatan 1 ada untuk pengucapan lafal R, kalau tes kondisi postur tubuh pada saat pantukir.
kesehatan 1 itu kesehatan fisik luar, kalau kesehatan 2 itu fisik dalam.
Quote:Original Posted By lklgennrev
umur ane sudah 17 tahun gan

klo pas pendidikan

umur ane masih 17 tahun 4 bulan

kira2 bisa boleh gag gan

klo soal persyaratan yang lainnya insyaallah ane siap ( masih dalam tahap persiapan jasmani )

tlong di jawab di pm ane ya gan



soal umur tidak masalah yang penting untuk pendaftaran brigpol ataupun akpol, sudah mempunyai ijazah sekolah lengkap dr SD-SMA.
dan tidak melebihi dr umur 21 tahun.
kan ane masih kelas 3 SMA

jadi belom bisa daftar donk gan

kmarin sih ane ikut sosialisasi untuk masuk kepolisian

katanya yang kelas 3 belum punya ijasah SMA

bisa menggunakan nilai Semester 3,4,dan 5

apakah itu benar gan
Quote:Original Posted By specialistBB2nd



soal umur tidak masalah yang penting untuk pendaftaran brigpol ataupun akpol, sudah mempunyai ijazah sekolah lengkap dr SD-SMA.
dan tidak melebihi dr umur 21 tahun.


loh, ijazah SD sama SMP buat apa gan ? difoto kopi juga trus di legalisir juga gitu gan ? bukannya yg SMA / SMK doang ijazahnya ? kalo gitu sekalian ane minta berkas tolong sebutin berkas apa aja yang disiapin, foto gitu gan background warna apa ukuran apa aja, brp lembar, makasih gan
Quote:Original Posted By hakiminside


loh, ijazah SD sama SMP buat apa gan ? difoto kopi juga trus di legalisir juga gitu gan ? bukannya yg SMA / SMK doang ijazahnya ? kalo gitu sekalian ane minta berkas tolong sebutin berkas apa aja yang disiapin, foto gitu gan background warna apa ukuran apa aja, brp lembar, makasih gan


g tau gan.pokoknya saat rikmin ijazah sebelumnya hrs dibawa sbg bukti administrasi saja. jika ijazah trakir sma,maka itu saja yang di FC LEGALISIR. krn yg dibutuhkan penting adl yg Sma. kl foto bisa berwarna 4x6 disiapkan 10lbr jika terus lolos hingga tingkat PANDA.

Quote:Original Posted By lklgennrev
kan ane masih kelas 3 SMA

jadi belom bisa daftar donk gan

kmarin sih ane ikut sosialisasi untuk masuk kepolisian

katanya yang kelas 3 belum punya ijasah SMA

bisa menggunakan nilai Semester 3,4,dan 5

apakah itu benar gan


hal itu bisa ditanyakan langsung saat jadwal pendaftaran kepada panitia biro sdm polda setempat. tetapi batas waktu rikmin akhir biasanya jika kelengkapan ijazah tidak lengkap mungkin anda bisa gugur gan...krn itu memang syarat mutlak.

KUOTA Penerimaan

Brigpol 17.000 orang
Tamtama 3000 orang
- closed -
thx gan infonya

oh ya mw tanya satu lg

emang ntar ada ya brgpol pendaftaran ke 2
Quote:Original Posted By specialistBB2nd


g tau gan.pokoknya saat rikmin ijazah sebelumnya hrs dibawa sbg bukti administrasi saja. jika ijazah trakir sma,maka itu saja yang di FC LEGALISIR. krn yg dibutuhkan penting adl yg Sma. kl foto bisa berwarna 4x6 disiapkan 10lbr jika terus lolos hingga tingkat PANDA.



oke gan, jadi bawa ijazah asli dan fotokopi yg SD - SMP, tanpa legalisir ya gan ? sip2 makasih gan
Quote:Original Posted By specialistBB2nd
Brigpol 17.000 orang
Tamtama 3000 orang


Misi gan nubie...baru di sini...
Bukannya tamtama abis secaba gan CMIW...
Quote:Original Posted By fDkus
Gan mau nanya, untuk Lulusan Kuliah menggunakan Ijazah Universitas Tahun ini bisa gak? Terima Kasih


Misi gan nubie coba jawab...setau ane saat ini ada untuk SMA deh...
Ane ada browsurnya nti ane upload deh...
Quote:Original Posted By fDkus
Gan mau nanya, untuk Lulusan Kuliah menggunakan Ijazah Universitas Tahun ini bisa gak? Terima Kasih


kalo sarjana sih biasanya ikut yang SIPSS (sekolah inspektur polisi sumber sarjana),tapi kalo mau ikut yang bintara ya silakan.
Quote:Original Posted By Ecobie


Misi gan nubie...baru di sini...
Bukannya tamtama abis secaba gan CMIW...


tamtama-bintara-perwira gan...CMIW
mau tanya nih, kalo pendaftaran apakah semua ijazah harus di legalisir ato hanya ijazah terakhir aja yang di legalisir?
untuk d3 bisa gak?

kalo bisa syarat umurnya brp ?
gan mau nanya klo ada bekas operasi sebenernya boleh apa nggak gan?
Quote:Original Posted By AntokGM
mau tanya nih, kalo pendaftaran apakah semua ijazah harus di legalisir ato hanya ijazah terakhir aja yang di legalisir?


Bantuin ts jawab ya....kalo buat ijazah semuanya harus di legalisir gan.
Kalo ane dulu malah raport dari sd kelas 1-6, smp kelas 1-3, sma kelas 1-3 itu di legalisir semua gan