KASKUS

Thumbs up Ganglion (benjolan pada pergelangan tangan)

Welcome To myhome3 Thread

Baca dolo baru komen!!

thx ya,,berkat agan agan semua thread ane jadi HT

Spoiler for Bukti HT ane...:



ane mau share tentang Ganglion
Mungkin agan udah pada tahu tentang penyakit ini...
NO CINCONG LANGSUNG AJA..

Quote:Kista Ganglion atau biasa disebut Ganglion merupakan kista yang terbentuk dari kapsul suatu sendi atau sarung suatu tendo. Kista ini berisi cairan kental jernih yang mirip dengan jelly yang kaya protein. Kista merupakan tumor jaringan lunak yang paling sering didapatkan pada tangan. Ganglion biasanya melekat pada sarung tendon pada tangan atau pergelangan tangan atau melekat pada suatu sendi; namun ada pula yang tidak memiliki hubungan dengan struktur apapun. Kista ini juga dapat ditemukan di kaki. Ukuran kista bervariasi, dapat bertambah besar atau mengecil seiring berjalannya waktu dan bahkan menghilang. Selain itu kadang dapat mengalami inflamasi jika teriritasi. Konsistensi dapat lunak hingga keras seperti batu akibat tekanan tinggi cairan yang mengisi kista sehingga kadang didiagnosis sebagai tonjolan tulang.
Pergelangan tangan punggung tangan ("dorsal wrist ganglion"), pada telapak tangan ("volar wrist ganglion"), atau kadang pada daerah ibu jari. Kista ini berasal dari salah satu sendi pergelangan tangan, dan kadang diperberat oleh cedera pada pergelangan tangan.
Telapak tangan pada dasar jari-jari ("flexor tendon sheath cyst"). Kista ini berasal dari saluran yang menjaga tendon jari pada tempatnya, dan kadang terjadi akibat iritasi pada tendon - tendinitis.
Bagian belakang tepi sendi jari ("mucous cyst"), terletak di sebelah dasar kuku. Kista ini dapat menyebabkan lekukan pada kuku, dan dapat menjadi terinfeksi dan menyebabkan infeksi sendi walaupun jarang. Hal ini biasanya disebabkan arthritis atau taji tulang pada sendi.2


Spoiler for GEJALA DAN TANDA:


Spoiler for FOTO:


sebenernya ane juga lagi ngalamin ni penyakit gan
bagi sepuh pernah ngalamin juga boleh dong di share

bagi yang dah mau baca maksih ya gan

Spoiler for TAMBAHAN WAJIB BACA:


cara pengobatan herbal untuk penderita ganglion dari kaskuser::
Quote:Quote:Original Posted By likh17
dulu ane pernah ngalami waktu umur 5 thn. tetangga nyarani pake jahe ditumbuk kasih minyak goreng dikit, terus dibalut di benjolannya. dan alhasil tangan kanan ane yg benjol uda sembuh deh

tapi sekarang ane kena lagi di tangan kiri
lagi tahap pengobatan jahe kayak dulu. minta doanya



saran dari kaskuser jika ingin operasi:
Quote:Quote:Original Posted By advi
Tinggal di operasi aja gan
Dan kalo bisa di sp.orthopedi ya gan
Sebenernya bisa sih di dr.sp bedah umum ( lha saia yg coas aja bisa ) cuma klo pengerjaannya gak bener2 bersih , bisa menimbulkan kekambuhan

Thx
Hehe


Quote:Original Posted By elnymiel
Gw juga kena waktu dulu keciiil banget. udah dioperasi di rs Husada, ternyata balik lagi ganglion-nya. bete. Tangan gw cacat bekas operasi. Akhirnya krn ga mau dioperasi lagi, gw dpt info dr teman ada pengobatan alternatif di Puncak. Tepatnya di Vila Lotus, Cibodas, Puncak. Bukan di Sindanglaya, spt yg diposting salah satu member di sini.
Kalau dari arah Jakarta menuju Puncak, Vila Lotus letaknya di kanan jalan. Logonya berbentuk bunga teratai. Tanya aja pak haji yg bisa menyembuhkan ganglion di pergelangan tangan. Nanti si pak Haji akan pencet ganglion itu pake kuku (tidak disilet sama sekali), lalu dipencet, dan keluarlah cairan berbentuk seperti gel bening. Trus dikasih teh benalu 1 botol. Itu diminum sampai habis. Lupa deh ketentuannya gimana.

Bayar ke pak haji serelanya.

Abis pengobatan ini, sampai skr engga balik lagi ganglionnya. Ini saksi hidup lho.
Coba dulu deh, jgn operasi. buang duit dan tangan jadi cacat.

Senangnya berbagi.






cerita mereka yg kena penyakit ini:
Quote:

Quote:Original Posted By sijecarina
Ane juga pernah kena ganglion gan. Ane dari dulu udah tau kalo itu ganglion namanya.
Ganglion itu ada di pergelangan tangan kiri ane. Udah lama itu gan dari ane masih kecil.
Ane bilang ke nyokap langsung di operasi deh.
Pertamanya ke pengobatan alternatif gitu, buset gan! Tangan ane disilet biar ganglionnya keluar. Parahnya ane kaga dibius! Tapi ane kuat-kuat aja soalnya pas disilet mata ane ditutup nyokpa. Terus nyokap bilangnya mau disuntik doang. Dibohongin gitu gan hehe..
Tapi ternyata ga keluar semua. Masih nyisa gan ganglionnya. Akhirnya barulah ane di operasi di rumah sakit. Alhamdulillah sampe sekarang ane udah umur 21 tahun itu ganglion ilang gan.
Saran ane kalo mau operasi langsung ke RS aja gan. Ga usah ke alternatif dulu. Ntar kaya ane lagi, masih nyisa ganglionnya terus operasi ulang. Haha..


Quote:Original Posted By DarkChalish
Biasanya gw silent rider tapi berhubung gw punya info yang lumayan bagus untuk agan2 jadinya gw posting juga deh hehe..

Dulu gw juga sempat kena. Lokasi di dekat urat nadi. Pernah dioperasi tapi tumbuh lagi. Alasannya karena ketika operasi pertama ndak bisa terlalu bersih karena letak ganglion dekat dengan tendon which is berbahaya (kalau tendon putus bisa lumpuh kata dokter). Pas mau operasi kedua (udah janjian jadwal operasinya) H-1 gw dapet info ada pengobatan alternatif di daerah Puncak. Tepatnya di daerah Sindanglaya. Coba agan2 googling deh tempat pastinya untuk pengobatan alternatif daging tumbuh. Akhirnya gw berangkat lah kesana. Cara pengobatannya hanya disayat pakai kuku, dikeluarkan cairannya, dibalut dan habis itu kita disuruh minum benalu teh yang dijual disana selama beberapa minggu. Alhamdulilah gw sembuh sampai sekarang ndak numbuh lagi


Quote:Original Posted By bingung1234
Anak saya ada ganglion di belakan lutut, sisi belakang sendi lutut tepatnya..

Pada awalnyakecil namun kelamaan membesar dan akhirnya kami putuskan untuk dioperasi saat usianya menginjak 4,5 tahun, memang tidak sakit karena dibius total, namun masalahnya ganglion itu tumbuh kembali tepat di bawah jahitan yang operas pertama.. hingga sekarang belum kami operasi lagi karena mau coba di sedot di Ambawara oleh seorang dokter.

Penjelasan dokter kami, Ganglion timbul karena sobeknya kapusl sendi yang menyebabkan cairan ligamen, atau cairan pelumas sendi dan cairan tersebut merempes dan membentuk semacam kantong, penyebab sobeknya kapsul sendi adalah akibat benturan atau trauma. itu sebabnya ganglion muncul di persendian.

Perihan penyebab munculnya kembali ganglion anak saya, saya belum tau, karena menurut dokter kondisi elastisitas kapsul sendi tiap orang berbeda-beda. bisa jadi sobekan kapsul sendi anak kami belum tuntas di dijahit. menyedot cairan ligamen tersebut tanpa memperbaiki kapsul sendi yang sobek tidak menyelesaikan maslah karena cairan ligamen tetap bisa merembes melaui sobekan tersebut, jadi cara terbaik adalah dengan mengangkat ganglion dan menjahit sobekan kapsul sendinya.. sehingga bisa tuntas, namun kambuhnya anak saya mungkin karena sobekan baru atau hal lain yg saya belum tau.

Quote:Original Posted By xlolooke
Istri ane juga kena kista ganglion sudah 2 bulan
benjolannya berwarna merah dan rasanya nyeri gan
trus akhirnya berobat ke dokter..katanya ini kista ringan dan sudah terkena infeksi penyebabnya karena gesekan lapisan kulit dengan meja (istri ane kerja pake laptop gan) trus di kasih obat antibiotik setelah 5 hari benjolan tersebut tidak kempes gan dan tidak ada perubahan akhirnya ke dokter lagi mereka bilang harus operasi kecil... istri ane takut dan tidak mau operasi akhirnya kita coba dibawa ke alternatif hanya di obatin pake DAUN SIRIH gan....besoknya rasa nyeri hilang setelah 1 minggu benjolan nya berangsur-angsur kempes... dan sampai hari ini sudah kempes total...mudah -2 an sembuh total dan tidak muncul kembali...
Taro di Pekiwan gan...

Quote:Original Posted By jazharri
sekedar info, smoga bermanfaat

Ane pernah ngalamin ini gan "ganglion"
masalah ini yg ane alamin karena, sering menggunanakn komputer, mouse & mengendarain kendaran dalam waktu cukup lama.

pas kebetulan ane kecapean, tangan kanan ane keplintir saat tidur.
akibatnya besoknya hingga bbrp hari membesar benjolan seperti gambar yang agan kasih.

bbrp bulan kemudian, ane putuskan untuk di operasi bedah.
nah efek setelah operasi cukup lama gan.
2 minggu luka jahitnya baru sembuh(brasa banget susah untuk, makan, mandi & bab )

yang biasanya tangan ane gampang di gerakan setelah operasi jadi brasa sakit & susah untuk angkat beban yang berat.
(nah yang ini mulai brasa normal setalah 5 tahun)

saran dari ane:
klo bisa pilihan selain operasi bedah gan


Quote:Original Posted By bks017
wah Nice Trit ini

ane baru tau nama nya penyakit,padahal ane dh punya benjolan itu dah 2th yg lalu. tp skr dah kecilan,taun kmrn gede bgt gan. katanya cie penyebabnya awalnya kcapean,kbanyakan ngegas motor,ketik,dll. trus klo kata nyokap ane tiap pagi bis bangun tidur sebelum mandi, tuh benjolan di kasih ludah basi (mitos orang dulu), tp ane nurutin aj lagi tp hasilnya tetep aj gak kecil2, tp gak tau kenapa skr rada kecilan benjolannya, yang ane rasain cuma pegel aj cie di pergelangan tangan. kadang2 ane urut/dikasih kompres es batu gitu..

ya bagi ane cie gpp lah klo memang gak begitu menggangu sekali,tp klo bener2 dah terasa sakit ya mau gak mau harus di angkat dengan cara operasi..

============
sekian cerita pengalaman ane yg punya penyakit Ganglion


Quote:Original Posted By ianciuajadeh
cuma mau share dikit gan..
penyakit ini dulu istri saya pernah kena, trus dapat info dari teman ada dokter syaraf di daerah gang macan,daan mogot,, jakarta barat. trus kita coba deh ke sana.. dokter nya ajib banget gan, ngantri nya panjank, trus begitu giliran kita masuk, istri ane kasih liat benjolah di tangannya, trus ga pake ba bi bu, tanpa basa basi, tu dokter langsung ambil jarum suntik, di suntik benjolannya, di sedot keluar, trus dia ambil jarum suntik lain, isi cairan juga, di suntik ke bekas benjolannya.. udah itu selesai, dia keluar deh.. bener bener dokter "saraf".. tapi yang hebatnya, benjolan di tangan istri ane, sembuh.. sampe sekarang ga nongol lagi.
murah juga biayanya..
ga perlu operasi, ga sampe 5 menit (antrinya sih 1 jam an)..

kalau mau boleh tuh di coba, daerah gang macan dekat sekolah pelita 2..

itu aja infoh dari ane..


Quote:Original Posted By RedjoGank
Wah pas bgt nih gan sm benjolan ane,tuh benjolan ane dapetin wkt jatuh lg tawuran thn 1999,tp udah ilang sktr 2 thn lalu...
Sedikit cerita ya gan...
Cerita nya ada 2 tentang kesembuhan benjolan ane.
1.Ade ane punya guru,udh srg ane konsul sm beliau bhkn ampe di urut pke minyak Cimande,tp hasil nya ttp aja benjolan itu ada...
Ampe suatu hari ( Lebaran haji ) guru ade ane td di undang ke acara pernikahan ade perempuan ane,pd wkt mao plg beliau pamitan dan ane salaman sm beliau,ini yg rada aneh ( saat salaman beliau menyentuh benjolan smbl blg " bw ke Cimande aja... )
2.Ane di undang ke rmh tmn bokin ane utk mkn TORPEDO SAPI,krn ane seneng torpedeo ane santap dah ampe abis 1 piring...

Nah ceritanya begini...
Ada 2 kemungkinan di atas awal sembuh nya benjolan ane...
1.Di doain sm guru ade ane pas nyentuh benjolan
2.Sembuh karna mkn TORPEDO SAPI

Yang ane alamin pas mkn torpedo sapi,benjolan ane jd kaya AIR gtu gan,saat itu jg ane urutin rutin tiap hari smbl di tekan2 dan akhir nya ilang tuh benjolan...

Kaya nya sekian gan cerita nya,percaya atau gk smua kembali ke Maha Kuasa gan,krna kt manusia hnya berusaha mengobati tp Tuhan jg yg menyembuhkan nya...


Quote:Original Posted By DeboraDN
ane ikutan share gan
dulu mama ane ada benjolan d pergelangan tangan
pertama kecil
trs lama2 agak besar
berhubung mama ane pny temen yg kayak perawat/pembantu dokter jadi mama ane iseng tny
eh ternyt tmnnya mama ane ngasi tau klo itu namanya ganglion
singkat cerita mama ane akhirnya operasi d rmh sakit
tp ternyt muncul lagi tuh ganglion
trs mama ane tny lg sm tmn mama ane, tmnnya tuh bilang dokternya g bersih wktu operasi tuh ganglion, jd bs tumbuh lagi (kyk tanaman aja)
jd akhirnya yg operasi ganglion d tangan mama ane sampe bersih y tmn mama ane
hasilnya sampe skrg bersih g tumbuh lagi



Spoiler for untuk mengetahui..benjolan itu ganglion ato bukan:


Quote:
MAMPIR KE THREAD ANE GAN

Liat DI TKP (NO BB)
Liat DI TKP (NO BB)
Gunung Yang Letusannya Lebih Dahsyat Dari Gunung Krakatau
Ini kisah terakhir siCOPYWRITER muda,yang lembur bekerja hingga MEninggal


hargai jerih payah TS saat buat thread..jadi jangan copas..kalo boleh minta sma

buat yg udah ngasih dan ane ucapin terima kasih ya...walaupun masih ada yg abu-abu..tapi gk papa koq..

dan thx juga yg udah doain ane biar cepet sembuh...,,TS doain juga koq yg kena ganglion...cepet sembuh yaaaa...
bagi yg gak kena ganglion ane doain biar gak kena penyakit ini...

NB: karena banyak yg nanya ane jelasin secara singkat aja ya...
jadi ganglion itu kalo dipencet itu agak nyeri
tapi kalo ada benjolan dipergelangan tangan trus dipencet tapi gk nyeri berarti bukan ganglion.
ganglion sapanya gangnamstyle gan
tnyata itu kista ganglion toh
nyokap ane pernah kena...tapi kelamaan jadi mengeras n msti di'pangkas' biar ilang...
cewe ane jg pernah kena, tapi ngilang dgn sendirinya..

ga ada penjelasan kenapa bisa muncul ya
misal : kista ini muncul karna penyumbatan blablabla ato blablabla

ga ada cara pencegahan n pengobatan jg ya


btw, TS cewe or cowo nih
beberapa yg ane kenal, semuanya kena di cewe soalnya
setau ane sih gk cuma ditangan,,tapi di kaki juga bisa..
dosen ane ada yg kena dan udah gede banget
kaya sarung tinju tangan nya
kasian
wah namanya kista to, ane kynya dh pnh d tngn kiri gan tp kq ngilang sendiri yak...alhmdulilah
Memang bener gan. Benjolannya bisa tambah besar atau bahkan hilang. Terkadang menimbulkan rasa nyeri.
Selama ukurannya tidak terlalu besar n jg tidak mengganggu aktifitas, biarkan saja gan. Karena kalo diangkat/operasi, kemungkinannya suatu saat bisa Muncul kembali. Tp kalo sudah sampe taraf mengganggu ya terpaksa harus diangkat/operasi. CMIIW
Ane juga pernah kena ganglion gan. Ane dari dulu udah tau kalo itu ganglion namanya.
Ganglion itu ada di pergelangan tangan kiri ane. Udah lama itu gan dari ane masih kecil.
Ane bilang ke nyokap langsung di operasi deh.
Pertamanya ke pengobatan alternatif gitu, buset gan! Tangan ane disilet biar ganglionnya keluar. Parahnya ane kaga dibius! Tapi ane kuat-kuat aja soalnya pas disilet mata ane ditutup nyokpa. Terus nyokap bilangnya mau disuntik doang. Dibohongin gitu gan hehe..
Tapi ternyata ga keluar semua. Masih nyisa gan ganglionnya. Akhirnya barulah ane di operasi di rumah sakit. Alhamdulillah sampe sekarang ane udah umur 21 tahun itu ganglion ilang gan.
Saran ane kalo mau operasi langsung ke RS aja gan. Ga usah ke alternatif dulu. Ntar kaya ane lagi, masih nyisa ganglionnya terus operasi ulang. Haha..
untung ogut engga adaa benjolnya
cepat sembuh ya gan





Jasa SMS/PIN Bomber
PM : 0897 2505 641
gang Lion = gang singa kan???
dl waktu kecil ada kyknya, di ruas antara pergelangan dan jempol, kliatan banget ada tonjolan bulet tp kecil, bs digeser2 dikit trs kyk brasa klek2 kl digeser, tp skarang udh gk ada, ilang sendiri.
ooo.. ane baru tau gan.... pencerahan buat ane...
bokap ane sempet kena ganglion di pergelangan tangannya gan .. ada sekitar 3 bulanan beliau berkutat dgn ganglionnya . skrg sukurnya uda sembuh . pijet, trs dpt resep tradisional dari eyang ane dan rajin sembahyang . yah pcaya ga pcaya sukur bgt akhirnya kempes sndiri
ane ada nh di tangan kiri,benjolan kaya tulang.. selain di operasi ada cara laen gaa??
oh namanya ganglion ya. Nenek ane punya nih, nongol di ibu jarinya, bisa dikatakan sejenis tumor jinak ya. Sejauh ini gak mengganggu aktifitas nenek ane.
ih syereeem
Quote:Original Posted By aulia228
ane ada nh di tangan kiri,benjolan kaya tulang.. selain di operasi ada cara laen gaa??
gak ada gan operasi satu satunya...

Kalo ane gan..langsung mati aja..dari pada sengsara ngerasain sakitnya di operasi...
Quote:Original Posted By .celanaman
tnyata itu kista ganglion toh
nyokap ane pernah kena...tapi kelamaan jadi mengeras n msti di'pangkas' biar ilang...
cewe ane jg pernah kena, tapi ngilang dgn sendirinya..

ga ada penjelasan kenapa bisa muncul ya
misal : kista ini muncul karna penyumbatan blablabla ato blablabla

ga ada cara pencegahan n pengobatan jg ya


btw, TS cewe or cowo nih
beberapa yg ane kenal, semuanya kena di cewe soalnya
ane cowo gan..salam kenal

×