pertahankan JANCOK sebagai bahasa asli surabaya



Asal Mula dan Arti kata "Jancok"
Bagi kalian yang orang jawa timur, pasti sudah tak asing lagi dengan kata jancok, kata ini sangat terkenal di jawa timur, Bahkan orang-orang di jawa tengah dan jawa barat pun sering mengucapkan kata ini. Lantas apa sebenarnya arti kata Jancok dan bagaimana asal mulanya bisa terbentuk kata ini.

Jancok atau dancok adalah sebuah kata khas Surabaya yang telah banyak tersebar hingga meluas ke seantero Indonesia bahkan sudah mendunia. Warga Jawa Timur seperti Surabaya, Malang dll turut andil dalam penyebaran kata ini.


Jancok berasal dari kata 'encuk' yang memiliki padanan kata bersetubuh atau fuck dalam bahasa Inggris. Berasal dari frase 'di-encuk' menjadi 'diancok' lalu 'dancok' hingga akhirnya menjadi kata 'jancok'.

Ada banyak varian kata jancok, semisal jancuk, dancuk, dancok, damput, dampot, diancuk, diamput, diampot, diancok, mbokne ancuk (=motherfucker), jangkrik, jambu, jancik, hancurit, hancik, hancuk, hancok, dll. Kata jangkrik, jambu adalah salah satu contoh bentuk kata yang lebih halus dari kata jancok.

Makna asli kata tersebut sesuai dengan asal katanya yakni 'encuk' lebih mengarah ke kata kotor bila kita melihatnya secara umum. Normalnya, kata tersebut dipakai untuk menjadi kata umpatan pada saat emosi meledak, marah atau untuk membenci dan mengumpat seseorang.

Namun, sejalan dengan perkembangan pemakaian kata tersebut, makna kata jancok dan kawan-kawannya meluas hingga menjadi kata simbol keakraban dan persahabatan khas (sebagian) arek-arek Suroboyo.

Kata-kata ini bila digunakan dalam situasi penuh keakraban, akan menjadi pengganti kata panggil atau kata ganti orang. Misalnya, "Yoopo kabarmu, cuk", "Jancok sik urip ae koen, cuk?". Serta orang yang diajak bicara tersebut seharusnya tidak marah, karena percakapan tersebut diselingi dengan canda tawa penuh keakraban dan berjabat tangan dong... Hehehehe....

Kata jancok juga bisa menjadi kata penegasan keheranan atau komentar terhadap satu hal. Misalnya "Jancok! Ayune arek wedok iku, cuk!", "Jancuk ayune, rek!", "Jancuk eleke, rek", dll. Kalimat tersebut cocok dipakai bila melihat sesosok wanita cantik yang tiba-tiba melintas dihadapan. Hehe...

Akhiran 'cok' atau 'cuk' bisa menjadi kata seru dan kata sambung bila penuturnya kerap menggunakan kata jancok dalam kehidupan sehari-hari. "Wis mangan tah cuk. Iyo cuk, aku kaet wingi lak durung mangan yo cuk. Luwe cuk.". Atau "Jancuk, maine Arsenal mambengi uelek cuk. Pemaine kartu merah siji cuk.

dan memang, kata ini sangat enak diucapkan, sampai sampai saya ketagihan mengucapkan kata ini, walaupun arti yang saya tekankan bukanlah arti kotor, tapi hanya sekedar kata pemanggilan saja, dan ternyata di pergaulan sekolah saya kata itu sudah biasa

NOTE: pertahankanlah kata jancok asli dari suroboyo,jgn sampe ada kota atau negara yg mengaku menciptakan jancok.
Apalagi ancaman dr negara tetangga yg sering nyuri kebudayaan indo,lama kelamaan kata jancok pasti jg akan di akui.

sekian penjelasan saya.
jangan lupa di rate 5 ya cok biar jadi HT dan semua orang tau kata jancok hehehehe
klu yg udah ISO bisa bagi2 cendolnya donk
oke lah cok..
dan jangan lupa presiden jancukers adalaj sujiwo ted#$..
Quote:Original Posted By fathullmubin
ok ane pasti petahanin lha secara kosa kata suroboyo cok

: siapkan diri anda untuk memasuki dunia trit berkualitas :


nah bgus itu cok,jgn sampai jancok d bajak
wah ane sring sih ngomong bgni
Quote:Original Posted By dikadunk
oke lah cok..


sip cok,hahaha
p0k0knya jgn sampe d bajak,apalagi d bajak malaysia
Quote:Original Posted By pakdein
dan jangan lupa presiden jancukers adalaj sujiwo ted#$..


hahaha. . .hidup sujiwo sang presiden jancukers
ada2 aja nih TS
Quote:Original Posted By FlazzOnline
wah ane sring sih ngomong bgni


haha. .itu gpp gan,warna dlm berbicara dan menciptakan ekspresi yg berbeda.
Hiudp JANCOK,aku yo wong suroboyo cak cok..
jgn sampe kata JANCOK hilang dr peredaran
siap cok! sik ono sing nge-klaim tak pluentir lambene men kapok raiso cangkeman sisan hahaha juancokkkk!
Quote:Original Posted By abhisekha
ada2 aja nih TS


lapo kon cok? hahaha
Quote:Original Posted By abhisekha
ada2 aja nih TS


haha. .iy d0nk gan,demi mempertahankan budaya og

Ente takut Jiancuk diklaim Malaysia gan??



Ajaj-aja ada ..
Quote:Original Posted By CuteBoys89
Hiudp JANCOK,aku yo wong suroboyo cak cok..
jgn sampe kata JANCOK hilang dr peredaran


bener itu cok,klu sampe d lupakan,bs d ambil ma negara tetangga nanti.
Quote:Original Posted By jombieee
siap cok! sik ono sing nge-klaim tak pluentir lambene men kapok raiso cangkeman sisan hahaha juancokkkk!


eo cok,nak is0 pateni pisan ae ben m0dyar.haha
iyo cok
Quote:Original Posted By RightDeve


Ajaj-aja ada ..




ea gan,ane takut klu kata jancok d klaim malaysia,karna tau sendiri kan,malaysia sangat agresif dlm mengklaim kebudayaan2 indo.
haha pembelaan 1 kata duank