Sekilas Kopaska

monggo di baca dan di diskusikan

Spoiler for Kopaska I:
Spoiler for Kopaska II:

Maka memang sepantasnya Kopaska di sebut sebagai “Pasukan Khusus” atau termasuk “Pasukan Elit” dan barangkali sudah tidak diragukan lagi untuk menyandang predikat “Komando” di depan kata “Pasukan”
Mbah mang ada yang ngomong kalau Kopaska nggak pantas jadi "Pasukan Khusus"?
Quote:Original Posted By hisagasira
Maka memang sepantasnya Kopaska di sebut sebagai “Pasukan Khusus” atau termasuk “Pasukan Elit” dan barangkali sudah tidak diragukan lagi untuk menyandang predikat “Komando” di depan kata “Pasukan”
Mbah mang ada yang ngomong kalau Kopaska nggak pantas jadi "Pasukan Khusus"?


Ga ada .. tetapi memang dari jumlah personilnya yang benar2 ramping di banding pasukan sejenis lainnya
Kopaska ini anggotanya direkrut dan di test dari marinir doang atau dari kopasus juga?
Di atasnya kopaska masih ada satuan yang lebih elite lagi ga?

Maaf jadi banyak nanya.
Quote:Original Posted By gmmvgx
Kopaska ini anggotanya direkrut dan di test dari marinir doang atau dari kopasus juga?
Di atasnya kopaska masih ada satuan yang lebih elite lagi ga?

Maaf jadi banyak nanya.

sebenernya marinir sendri udah beda korps dengan kopaska ... apa lagi Kopasus dah jelas beda struktur matra

rekrutmen Kopaska sendiri pelaut TNI AL (bisa ABK, navigator, koki, gunner, diver etc) pokoknya yang berdinas di Kapal TNI AL. sejauh ini ane belumpernah denger ada anggota marinir masuk kopaska walaupun sama2 dibawah TNI AL .. kalo emang ada mohon di koreksi
Sudah ada "penyaluran bakat" untuk peminat status sebagai anggota pasukan khusus di TNI-AL....
Untuk korps Marinir bisa bergabung ke Batalyon Intai Amfibi (Taifib),sedangkan di luar korps Marinir semisal awak kapal,pengawak logistik dan pendirat (pangkalan) dll disediakan wadah Komando Pasukan Katak ( Kopaska).
Di puncak kemampuan disediakan Detasemen Jalamangkara (Denjaka) dengan penggabungan totalitas kemampuan intai amfibi dan paska dalam induk satuan penanggulangan teror aspek laut (PTAL)
Quote:Original Posted By mbahpratman


Ga ada .. tetapi memang dari jumlah personilnya yang benar2 ramping di banding pasukan sejenis lainnya


cuma 300 personil
latihannya juga berat
dari 1000-1500 yang mendaftar paling yang lolos cuma 30-an doanf
Quote:Original Posted By KakRhoma
Sudah ada "penyaluran bakat" untuk peminat status sebagai anggota pasukan khusus di TNI-AL....
Untuk korps Marinir bisa bergabung ke Batalyon Intai Amfibi (Taifib),sedangkan di luar korps Marinir semisal awak kapal,pengawak logistik dan pendirat (pangkalan) dll disediakan wadah Komando Pasukan Katak ( Kopaska).
Di puncak kemampuan disediakan Detasemen Jalamangkara (Denjaka) dengan penggabungan totalitas kemampuan intai amfibi dan paska dalam induk satuan penanggulangan teror aspek laut (PTAL)


nah ada yg menarik soalan denjaka ... kalo ga salah denjaka khan otoritas dibawah KASAL tetapi pembinaan diserahkan ke Kormar nah .. apakah setiap anggota kopaska yang pindah satuan dari satpaska ke denjaka apakah harus berganti korps juga..mengingat sy sering lihat denjaka selalu memakai baret jingga dari pada merah maroon mohon pencerahannya

Quote:Original Posted By suromenggolo


cuma 300 personil
latihannya juga berat
dari 1000-1500 yang mendaftar paling yang lolos cuma 30-an doanf


iyap betul mbah ..terkadan anggota paska yg bertugas di kapal suka merangkap yg lainnya
Quote:Original Posted By KakRhoma
Sudah ada "penyaluran bakat" untuk peminat status sebagai anggota pasukan khusus di TNI-AL....
Untuk korps Marinir bisa bergabung ke Batalyon Intai Amfibi (Taifib),sedangkan di luar korps Marinir semisal awak kapal,pengawak logistik dan pendirat (pangkalan) dll disediakan wadah Komando Pasukan Katak ( Kopaska).
Di puncak kemampuan disediakan Detasemen Jalamangkara (Denjaka) dengan penggabungan totalitas kemampuan intai amfibi dan paska dalam induk satuan penanggulangan teror aspek laut (PTAL)


berarti gini ya kak roma :

kopaska isinya TNI AL
taifib isinga marinir
denjaka isinya marinir + TNI AL

gitu?
Quote:Original Posted By roomnok


berarti gini ya kak roma :

kopaska isinya TNI AL
taifib isinga marinir
denjaka isinya marinir + TNI AL

gitu?


Yes, anda boneng sekali

Quote:Original Posted By roomnok


berarti gini ya kak roma :

kopaska isinya TNI AL
taifib isinga marinir
denjaka isinya marinir + TNI AL

gitu?

betul bgt
Pejwaann ..
Quote:Original Posted By roomnok


berarti gini ya kak roma :

kopaska isinya TNI AL
taifib isinga marinir
denjaka isinya marinir + TNI AL

gitu?


brti bs dktakan di dalam denjaka ada taifib dong ya?? ad pasus didalam passus?
Quote:Original Posted By SiButaGuaHantu
Pejwaann ..


^^^^^^^
mentang-mentang ID klonengan...berani nge junk...coba pake Prime ID
mau daftar jadi anak Ban kayaknya
Quote:Original Posted By roomnok


berarti gini ya kak roma :

kopaska isinya TNI AL
taifib isinga marinir
denjaka isinya marinir + TNI AL

gitu?


bukannya Marinir adalah salah satu korps bagian dari TNI AL?,
Mungkin maksudnya Kopaska isinya Korps Pelaut TNI AL kali ya

btw dibanding 2 matra lain, TNI AL lebih banyak 'jenis' SF nya ya (ada 3)
walapun personil lebih dikit
ada yang tahu kenapa begitu ya??



Quote:Original Posted By we supratman


nah ada yg menarik soalan denjaka ... kalo ga salah denjaka khan otoritas dibawah KASAL tetapi pembinaan diserahkan ke Kormar nah .. apakah setiap anggota kopaska yang pindah satuan dari satpaska ke denjaka apakah harus berganti korps juga..mengingat sy sering lihat denjaka selalu memakai baret jingga dari pada merah maroon mohon pencerahannya




dulu iya bro.. paska yg masuk denjaka musti ganti baret alias ganti korps. tp skrg udah ga gitu lagi... makanya dulu jarang banget ada paska mau ikut seleksi denjaka...

skrg malah komandan denjaka pernah dijabat orang paska...

Quote:Original Posted By we supratman


nah ada yg menarik soalan denjaka ... kalo ga salah denjaka khan otoritas dibawah KASAL tetapi pembinaan diserahkan ke Kormar nah .. apakah setiap anggota kopaska yang pindah satuan dari satpaska ke denjaka apakah harus berganti korps juga..mengingat sy sering lihat denjaka selalu memakai baret jingga dari pada merah maroon mohon pencerahannya



iyap betul mbah ..terkadan anggota paska yg bertugas di kapal suka merangkap yg lainnya


bukannya denjaka itu menggunakan baret ungu yach, kl jingga itu paskhas kan?
Quote:Original Posted By bronco1978


dulu iya bro.. paska yg masuk denjaka musti ganti baret alias ganti korps. tp skrg udah ga gitu lagi... makanya dulu jarang banget ada paska mau ikut seleksi denjaka...

skrg malah komandan denjaka pernah dijabat orang paska...



wah thx broe pencerahan e .. Cendol sent
Quote:Original Posted By masterpro


bukannya denjaka itu menggunakan baret ungu yach, kl jingga itu paskhas kan?


eh iya ya maap dah .. Maksud e unggu ..Mesticek ke klinik mata neh