- Beranda
- Komunitas
- News
- Berita dan Politik
Mengenai Tersendatnya Pembangunan Rel Ganda Pantura


TS
japek
Mengenai Tersendatnya Pembangunan Rel Ganda Pantura
Quote:
Pembangunan Rel Ganda Lintas Utara Terancam Mundur
Pembangunan proyek rel ganda lintas utara di pulau Jawa yang ditargetkan selesai akhir tahun ini, sepertinya bakal tidak sesuai target. Banyak kendala yang dihadapi, antara lain cuaca ekstrim dan pembebasan lahan.
"Untuk pembabasan lahan masih ada yang tidak setuju, karena itu perlu pendekatan-pendekatan lebih kepada pihak terkait," kata Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Tundjung Inderawan.
Saat ini, jelas Tundjung sudah rampung hingga 67,9% dan diakui agak terlambat dari rencana. Untuk lintas Semarang-Bojonegoro-Surabaya yang progresnya agak lama namun dia optimis akan rampung di Juli 2013 mendatang.
Sementara untuk Pertamina, menurut Tundjung saat ini tengah dilakukan penguatan terhadap pipa-pipa salurannya yang tidak bisa dipotong untuk dilalui jalur ganda. Begitu juga dengan Semen Gresik yang melakukan perbaikan aliran pipanya.
Untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat pengguna kereta api, Pemerintah membangun jalur ganda untuk lintas utara dengan anggaran multiyears dengan total biaya Rp9,8triliun.
Sumber 1
Quote:
Pembangunan Rel Ganda KA Rute Jateng-Jatim Paling Lamban
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menilai pembebasan lahan rel ganda (double-track) kereta api tujuan Jawa Tengah menuju Jawa Timur relatif lamban dibandingkan daerah lain. Bahkan untuk pembebasan lahan di jalur Semarang-Bojonegoro, sampai kini masih dalam tahap negosiasi.
"Masalah tanah, pembebasan lahan track Cirebon-Brebes sudah mencapai 97%, tinggal satu kampung yang belum selesai pembebasannya. Sementara pembebasan lahan Pekalongan-Semarang baru mencapai 40%. Lainnya, masih dalam negosiasi pembayaran," kata Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Tundjung Inderawan, di Jakarta, Selasa (19/2/2013).
Meski lambat, pemerintah menjamin persoalan tanah dalam proyek ini bukanlah hambatan yang berarti. Kondisi ini kerap dijumpai dalam proyek infrastruktur dan merupakan dinamika pembebasan lahan. "Kan ada yang setuju, ada juga yang sulit," ujar Tundjung.
Dia memperkirakan, seluruh proses pembebasan lahan untuk proyek yang menyedot APBN hingga Rp 9,8 triliun ini, akan selesai pada Juni 2013. Sehingga target pengoperasian rel ganda kereta api antar dua pulau ini bisa terealisasi pada akhir tahun.
"Kalau track yang sampai Semarang targetnya awal bulan Juli, atau maksimal sebelum lebaran sudah bisa beroperasi. Karena arus mudik masih akan santer ke timur, Semarang, Jogja," jelasnya.
Pemerintah mencatat, realisasi pembangunan rel ganda kini sudah mencapai 67,9%. Namun pencapaian itu masih masih kurang cepat 2% dari target yang dibuat Dirjen Perkeretaapian Kemenhub.
Lambatnya pembangunan tersebut dikarenakan masih adanya anggaran yang diberikan tanda bintang oleh kementerian keuangan. Faktor kedua adalah tingginya curah hujan dan terakhir satuan kerja baru menerima surat keputusan pada minggu ketiga Januari.
"Saya sering ke lapangan. Pernah waktu itu sampai 14km. Di jalur Semarang-Pekalongan. Besok ini saya mau tengok yang di Tegal," kata salah satu Dirjen Kemenhub yang masa baktinya akan rampung Agutus tahun ini. (Est/Shd)
Sumber 2
Quote:
Pembangunan Double Track Lintas Utara Baru 67,9 Persen
Penyelesaian pembangunan Double Track Lintas Utara yang ditargetkan selesai akhir tahun ini memiliki beberapa kendala. Kendala yang dianggap bisa menghalangi program pembangunan infrastruktur tersebut antara lain cuaca ekstrim dan pembebasan lahan.
“Untuk pembebasan lahan ini adalah dinamikananya karena ada yang setuju dan tidak setuju lahannya dibebaskan dan untuk itu dilakukan pendekatan-pendekatan kepada pihak terkait untuk kelancaran pembangunan,” ujar Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Tundjung Inderawan, di Jakarta, Selasa (19/2).
Dikatakannya, saat ini pengerjaan sudah rampung sekira 67,9 persen dan diakui agar terlambat dari rencana. “Untuk lintas Semarang-Bojonegoro-Surabaya yang progresnya agak lama namun saya optimis akan rampung di Juli 2013 mendatang,” tuturnya.
Lanjutnya, untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat pengguna kereta api, pemerintah membangun jalur ganda untuk lintas utara dengan aggaran multiyears dengan biaya sekira Rp9,8 triliun. Dan akan meluncurkan empat rangkaian kereta api K3 AC yang masing-masing rangkaian terdiri dari 10 kereta dan akan diserahkan ke PT Kereta Api Indonesia.
“Kami belum memutuskan nama dan rute tujuannya pada kereta-kereta terbaru nantinya karena akan dikoordinasikan dengan pihak PT KAI sebagai operator,” kunci Tundjung. (ian/jpnn)
Sumber 3
Jujur saja hal ini terkesan kurang menggembirakan, tapi semoga saja bisa selesai sesuai target dan kalau terpaksa molor yang jangan terlalu parah....
0
4.1K
Kutip
46
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan