Kaskus

Entertainment

.overseaszone.Avatar border
TS
.overseaszone.
Clyde Cessna, Sang Penemu Tantangan Mengudara
Kilas Balik Dunia Penerbangan



Clyde Cessnamerupakan salah satu perintis penerbangan dunia, perancang, dan pendiri Cessna Aircraft Corporation. memiliki impian besar untuk membangun dan terbang dengan cantilever wing (pesawat dengan pesawat tunggal), ide yang sangat revolusioner pada waktu itu, dan pada bulan Desember 1911 ia berhasil terbang pertama pesawat, “Silverwing.” 1879-1954.

Clyde Cessna, Sang Penemu Tantangan Mengudara


Tokoh pionir penerbangan dunia kali ini adalah Clyde Cessna, lahir di Hawthorne, Iowa, 5 Desember 1879 sebuah kota kecil di Amerika Serikat. Cessna yang memiliki keturunan Perancis dan Jerman, pada umur 2 tahun pindah ke Kingman Country, Kansas, di mana mereka menetap di sebuah wisma di sepanjang Sungai Chicaska. Cessna kecil sangat berbakat dalam bidang mekanik. Dalam lingkungannya yang keras dan memprhatinkan ia menjadi seorang pakar otodidak dalam mengembangkan dan meningkatkan mesin pertanian serta metode pertanian untuk memproduksi makanan serta menciptakan layanan pertanian yang belum ada sebelumnya.

Minat Clyde di penerbangan dimulai pada tahun 1910 setelah menyaksikan pameran udara di negara bagian asalnya di Kansas. Itu adalah pameran ini yang membakar ambisinya untuk mengejar karirnya pada dunia penerbangan. Setelah menyadari minatnya dalam penerbangan, Clyde hijjrah ke New York di mana ia bekerja di the Queen Aeroplane Company di mana ia pertama kali belajar tentang pembangunan pesawat.

Usai keluar dari Queen Aeroplane Company, pada tahun 1911, ia memutuskan untuk merancang pesawat pertamanya, pesawat ia beri nama “silverwing”. Desain pertamanya adalah sebuah peswat monoplane (pesawat dengan sayap tunggal), terbuat dari pohon cemara dan linen. Mesinnyadiperoleh dari motor perahu yang sama sekali belum teruji, dijuluki “Aero Special”, merupakan mesin 2 tak, 4 silinder dengan tenaga maksimum 40 hp (30 kW) dan 1.050 rpm. Setelah selesai membuatnya, ia berusaha menguji pesawatnya di Alfalfa County, Oklahoma.

Upaya pertamanya gagal, tanpa mengudara pesawatnya hanya melompat rendah dan berakhir dengan kecelakan yang meerlukan $ 100 untuk memperbaikinya. Setelah perbaikan, Cessna mencoba penerbangan lebih dari 13 kali, setiap kali berakhir dalam beberapa jenis kegagalan. Akhirnya pada usaha ke-13, Cessna mendapat sekilas harapan ketika pesawat melambung ke udara untuk waktu yang singkat, namun menabrak pohon ketika ia berusaha untuk mengarahkannya.

Setelah kecelakaan tersebut, Cessna berseru, “Aku akan terbang, maka aku akan berkeras dan tidak pernah memiliki hal lain untuk dilakukan dengan pesawat terbang!”. Akhirnya, pada Juni 1911 Cessna memiliki penerbangan pertama yang sukses. Orang banyak yang mengejek kegagalannya berubah nada dan mulai menyebutnya “Pahlawan Berani” dan dijuluki dia “Birdman of Enid”. Cessna terus melatih dirinya untuk terbang, selama beberapa bulan berikutnya sampai Desember 1911, ia sukses membuat penerbangan sejauh 5 mil (8,0 km) serta berhasil mendarat di tempat ia lepas landas.No url attribute defined!

Pada tahun 1928, akirnya Cessna meluncurkan peswat balap dengan seri “A Model”, tersedia dengan lima mesin yang berbeda. Peswat tersebut segera mendapatkan reputasi baik dengan memenangkan pertandingan pada tahun 1928 di Transcontinental Air Derby. Sementara itu, Cessna juga membangun Model baru “BW” dan Model “CW-6”, dan “MW-1”. Pada akhir 1928, bisnis ini sangat membooming. Untuk memperluas produksi, Cessna memulai pembangunan pabrik baru. Sementara itu Cessna beserta staf pengamat pasarnya cepat memperoleh reputasi untuk operasi ekonomis.

Tidak semudah yang dibayangkan, kemudian depresi besar melanda Cessna, penjualan pesawat anjlok. Untuk menjaga perusahaannya dari kebangkrutan, Cessna memperkenalkan pesawat glider. Pesawat tanpa mesin ini terjual sebanyak 300 unit, dan ini sudah cukup bagi perusahaan untuk berjuang di tahun 1930. Sementara itu, Eldon, putra dari Cessna yang menjabat sebagai Chief Engineer Asisten, percaya bahwa ada pasar untuk pesawat benar-benar murah. Dia membangun sebuah pesawat berkabin dua.

Usaha mereka kembali gagal dan memaksa Cessna untuk gulung tikar pada tahun 1931. Mereka memilih untuk membangun sebuah perusahaan untuk perancangan pesawat kustom. Produk pertama mereka adalah pesawat balap yang menjanjikan kecepatan tinggi. Pesawat ini terbukti menjadi pesaing unggulan di tahun 1932 pada event balap udara nasional. Cessna kembali memodifikasi pesawatnya, dan mendapatkan kemenangan dalam tiga balapan utama lainnya. Selanjutnya, Cessna merancang pesawat tercepat dan paling terkenal dan memenangkan dua balapan besar di Chicago, dan menciptakan rekor dunia kecepatan 242 kilometer per jam.

Pada tahun 1934, nasib Clyde menjadi jauh lebih baik ketika keponakannya, Dwane Wallace, membantunya kembali pada kepresidenan Cessna Coorporation. Dibantu oleh keahlian ilmu keteknikan Wallace, sebuah monoplane highwing (pesawat bermesin tunggal dengan posisi sayap atas) telah berhasil dirampungkan. Pesawat tersebut bernama Cessna C-34, kinerja yang sangat baik ditambah dengan desain yang sangat rapih serta dilengkapi dengan wing flaps. Uji coba dilakukan oleh Wallace menuju Meksiko dengan rata-rata hampir 17 mil per galon. Pesawat Cessna terus digunakan kemudian memenangkan ”Detroit News Trophy” sebuah penghargaan nasional mendapatkan judul “World’s Most Efficient Airplane.”

Cessna menghabiskan masa-masa tuanya di Rago, Kansas dan menghembuskan nafasnya yang terakhir pada tanggal 20 november 1994. Ia memainkan peran penting dalam pengembangan penerbangan umum dan perusahaan yang ia dirikan melanjutkan untuk memimpin dalam membawa kecintaanya terbang di angkasa. Clyde Vernon Cessna, namanya akan selalu dikenang sebagai pelopor luar biasa yang menemukan tantangan dalam menaklukkan batas baru di udara
Diubah oleh .overseaszone. 16-02-2013 13:19
0
2.1K
5
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan