KASKUS

Thumbs up Pesona Wisata Pulau Samosir

Hallooo agan agan semuaa. ane mau shere nih tentang Pesona Wisata yang ada di Pulau Samosirkali aja jadi Tujuan Wisata liburanyang akan datang

Gini gan, sebenernya pulau samosir itu bukan terbentuk karna cerita dongeng yang gak asing lagi yaitu Legenda Danau Toba,Pulau Samosir ini adalah warisan Gunung Toba yang meletus kurang lebih 74.000 tahun silam gan. nah cerita tentang legenda Danau Toba itu hanya cerita cerita nenek moyang yang diceritakan kepada anak anaknya agar cepat tidur atau dongeng tidur hingga berkembanglah ke masyarakat luas.

Spoiler for Toba:

Tuktuk adalah rumah wisatawan manca negara maupun domestik gan soalnya cuma disini yan paling lengkap yang ada berbagai macam souvenir, Hotel yang udah modern walaupun ada beberapa yang masih model rumah khas batak(rumah Bolon) tapi dengan perabotan dalam yang modern, juga ada banyak restoran. keunikan di Tuktuk kita bisa liat makam makam raja yang yang ada di Tuktuk yang katanya sangat teramat keramat kuburun dan model kuburan yang masi tempoe doeloe masih menggunakan batu
Spoiler for Kuburan:

disini kita juga bisa liat Patung menari Si Gale Gale nah patung menari ini ada legendanya Dahulu, ada seorang raja, yang memiliki anak bernama Manggale. Dalam sebuah peperangan, Manggale tewas. Sang raja pun menjadi sangat sedih, hingga akhirnya jatuh sakit.

Penasihat kerajaan lalu mencari tabib di seluruh negeri. Seorang tabib mengatakan bahwa raja sakit rindu. Dan untuk mengobatinya sang tabib mengusulkan kepada penasehat kerajaan untuk dibuat suatu upacara di kerajaan itu dan memahat sebuah kayu menyerupai wajah Manggale.

Dalam upacara itu, sang tabib memanggil roh Manggale dan rohnya dimasukkan ke dalam kayu yang dipahat menyerupai wajahnya, kemudian boneka Manggale itu manortor (menari-red) dengan iringan khas musik Batak Toba, yaitu Sordam dan Gondang Sabangunan.

“Patung yang sudah dirasuki Manggale itu menari selama tujuh hari tujuh malam, tetapi pada hari ke delapan patung itu berhenti menari. sekarang kita hanya bisa menikmati tariannya yang dikendalikan mesin dan diiringi musik batak pertunjukan ini bisa kita lihat dengan tarif seikhlasnya dan kita juga bisa menaribersama dengan patung si gale gale.
Spoiler for mANGGALE:


2. Tomok
Spoiler for Tomok:

Tomok juga kiblatnya wisatawan yang lagi di pulau samosir letaknya tidak begitu jauh dari Tuktuk, saat pertama kali menginjakan kaki di Tomok kita akan disuguhi kios kios penjual baju baju.
Spoiler for Kios:

juga makam makam raja Sidabutar yang masih berupa batu, disini juga kita bisa melihat Museum Batak dan juga TarianSigale-Gale disini juga ada Tempet tempet Eksekusi jama dahulu gan yang sanagat mengerikan

3. Museum Huta Bolon
Spoiler for Huta:

Spoiler for Tortor bareng:

Di Museum Huta Bolon ini kita bisa melihat peninggalan jaman dahulu dar masyarakat batak asli disini kita bbisa melihat juga tarian tortor bukan hanya itu gan kita boleh ikutan juga nortor disini

4. Batu Marhosa
Spoiler for Marhosa:

Batu Marhosa ini gan terletak di Sigarantung. Desa Parmonangan. Kec Simindio kaya namnya gan Batu Marhosa yang artinya batu bernafas gan konon Batu Ini memang mengeluarkan Udara dari rongga rongganya gan kereen.

5.Patung Liberty Malau
Spoiler for Malau:

Patung ini sebenarnya Tugu Peringatan Pejuang Samosir angkatan 45 pada saat kemerdekaan Indonesia

6. Aek Sipitu Dai
Spoiler for 7:

Sumber air yang dapat dialirkan menjadi tujuh saluran dan memiliki tujuh rasa serta dapat diyakini menyembuhkan berbagai penyakit. pancuran yang tujuh itu mempunyai tujuh macam rasa, ketujuh pancuran ini, dibagi menurut status masyarakat yang ada di Limbong yaitu :
1. Pansuran ni dakdanak yaitu tempat mandi bayi yang masih belum ada giginya
2. Pancuran ni sibaso yaitu tempat mandi para ibu yang telah tua, yaitu yang tidak melahirkan lagi
3. Pansuran ni ina-ina yaitu tempat mandi para ibu yang masih dapat melahirkan
4. Pansur ni namarbaju yaitu tempat mandi gadis-gadis
5. Pansur ni pangulu yaitu tempat mandi para raja-raja
6. Pansur ni doli yaitu tempat mandi para lelaki
7. Pansur Hela yaitu tempat mandi para menantu laki-laki yaitu semua marga yang mengawini putri marga Limbong
KEANEHANNYA :
1. Dari tujuh macam rasa yang dari pancuran itu tidak ada satupun seperti rasa air biasa
2. tujuh macam rasa bersumber dari tujuh mata air telah bergabung dalam satu Labuan (Bak Panjang) tetapi anehnya rasa air yang tujuh macam itu, dapat terpisah kembali, sehingga rasa air yang mengalir melalui pancuran yang tujuh itu menjadi tujuh macam rasanya.
3. selama bergabung dalam labuan (bak panjang), rasa lainnya hanya satu macam saja, walaupun sumbernya tujuh macam dan keluarnya tujuh macam
4. apabila air ini diambil dan dibawa ke tempat jauh dan tidak direstui oleh penghuni alam yang ada di tempat itu, maka airnya akan menjadi tawar seperti air biasa.
5. Mandi di pancuran ini, dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.
6. apabila ada orang jatuh saat mandi di Pancuran ini, kalau pada saat jatuh kepalanya ke arah hulu, maka ia akan jatuh sakit, tetapi kalau kepalanya ke arah hilir, maka ia akan meninggal dunia.
7. di pancuran ini, orang dapat berdoa kepada Debata Mula Jadi Nabolon (Tuhan Yang Mah Esa) memohon kesembuhan, memohon agar murah rejeki dan memohon bermacam keinginan lainnya, dan ternyata sudah banyak orang yang telah berhasil memperolehnya.

nah ituobjek wisata yang Terkenal nah dibawah ini objek wisata yang kecil kecilan tapi gak kalah menggugah sori gan gapake gamber banyak banget soalnya dan ane gapunya koleksi fotonya karna rata rat masih sangat jarang diketahui

- Batu Sawan, Batu tempat air rasa jeruk purut

- Pulo Tulas, Pulau kecil di tengah Danau Toba

- Batu Parhusipan, tempat pertemuan Si Boru Pareme

- Batu Pargasipan,

- Batu Nanggor, Bukit martil batu tempat Seribu Raja menempa senjata

- Batu Hobon, batu tempat penyimpanan barang pusaka.

- Sigulatti, Tempat di pegunungan Pusuk Buhit yang diyakini asal mula orang Batak.

- Lagundi Sitamiang, lokasi untuk perkemahan yang dilengkapi dengan pondok remaja

- Tambun Surlau, tempat pemandian alam dengan air yang segar dan udara yang sejuk

- Hariara Na Bolon, fenomena alam dimana bebrapa pohon beringin (hariara) menyatu membentuk pohon yang sangat besar

- Pantai Bebas Sukkean, pantai dengan pasir putih yang masih alami dan telah sering dikunjungi wisatawan mancanegara untuk mandi dan berjemur.

- Menara Pandangan Tele, menara tempat memandang panorama Danau Toba dari ketinggian pegunungan Tele.

- Partukko Naginjang, di Desa Martahan Janji Martahan, tempat pendaratan peterbang layang

- Air Terjun Sampuran Efrata Sosor Dolok, dengan tinggi 26 M dan lebar 10 M berada 3 KM dari Harian Boho

- Mata Air Pohan Pokki, di Sihotang berjarak 2 KM dari Pelabuhan Sihotang

- Batu Guru, Sebuah Batu yang mempunyai tiga pondasi yang diyakini menjadi slogan orang Batak yaitu “dalihan Natolu “

- Pantai maria Raja, Pantai bebas di Desa Maria Raja dengan pasir putih dan air danau yang jernih untuk pemandian dan rekreasi.

- Mata Air Datu Parngongo, + 4 Km dari Dermaga Tamba adalah mata air bertuah yang dibuat oleh seorang Datu Parngongo yang terdapat di lerng bukit yang sangat curam.

- Pantai bebas, Lokasi di desa Sabulan

- Pemandian Boru Saruding, berada di Ranssangbosi sekitar + 35 Km dari Pangururan.

- Danau Sidihoni, sebuah danau di tengah Pulau Samosir yang menjadi keunikan tersendiri dengan sebutan danau diatas danau.

- Aek Liang, sebuah fenomena alam mata air di dalam goa.

- Gua Sidam-dam

- Batu Sidam-dam, batu hitam yang masih suci dan sacral

- Batu Rantai, di Kota Mogang

- Piso Somalim, merupakan tempat bersejarah di Mogang

- Bukit Beta Kite Internasional, areal khusus di Tuktuk Siadong

- Pemandian Air Panas, berjarak 3 KM dari Kota pangururan

- Open Stage, bangunan panggung terbuka yang berada di tengah Kota Pangururan sebagai tempat atraksi seni dan budaya.

- Komunitas Tenun Ulos Batak, kelompok masyarakat yang mengerjakan tenun tradisional ulos batak di desa Lumban Suhi-suhi berjarak + 4 Km dari Kota Pangururan.

- Gunung Pusuk Buhit, asal mula suku Batak

cukup sekian gan hehe semoga jadi insipirasi tujuan Liburan
maap kalo tridnya jelek masih nubie

kalo berkenan ane minta
kalo mau ngasih juga gapapa gan
Budayakan Komen yang bermutu gaaan

- Air Panas Simbolon, kawasan berbatu belerang dimana terdapat mata air panas yang masih alami.
Quote:Original Posted By thefuckingused
keren gan! ane suka banget nuansa pantai yang sepi kaya gini.
tapi lebih ngakak kalau liat avatar TS



hahhaha makasih gaan wwkkwwkkwwkw makasih kunjungannya ke lapak ane
HORAASSS
Danau Toba, keren
dulu 3 tahun di sumut tapi belum pernah kesana

nitip lens ya Yakari
Quote:Original Posted By nasa.mydream
Danau Toba, keren


tunggu apa lagi gannnn lagsung ke lokasi ajaaa hahaahha
whuuhhh,, manteeeepp jadi pengen kesana gan, itung2 ongkos kirim dulu,,
Quote:Original Posted By guzanio
whuuhhh,, manteeeepp jadi pengen kesana gan, itung2 ongkos kirim dulu,,


buruaan gan bentar lagi kiamat wakakakak
mahal banget kesana gan...
hote aja udah 500-1jt permalam..
belum lagi biaya lain"nya
kuburannya gan bikin
emang bagus gan pulau samosir.
ane pernah kesana sekali indah banget.
moga2 dgn semakin banyaknya turis yg dtg, tu pulau tetap bersih dari sampah. (pernah ane liat di pesisir pulo samosir kotor. nga tau sekarang gimana.)
Quote:Original Posted By herychristians
mahal banget kesana gan...
hote aja udah 500-1jt permalam..
belum lagi biaya lain"nya


kalo disini gan ga masalah hotel, hotel cuma persinggahan tidur selebihnya pasti diluar gan, keluar duit banyak tapi terbayar sama pemandangan yang menakjubkan
Wisata dsana seru, pengen balik ksana lagi
wah pengen kesana nih tp ongkos belum cukup
Quote:Original Posted By Triple3274
emang bagus gan pulau samosir.
ane pernah kesana sekali indah banget.
moga2 dgn semakin banyaknya turis yg dtg, tu pulau tetap bersih dari sampah. (pernah ane liat di pesisir pulo samosir kotor. nga tau sekarang gimana.)


sedihnya masih tetep gittu gan pemerintah kurang perhatian
serem gitu gan patung yg bisa jogednya
Quote:Original Posted By adityarawk
wah pengen kesana nih tp ongkos belum cukup


tabuuuuung lagii gann
Quote:Original Posted By sno0py
serem gitu gan patung yg bisa jogednya


sekarang mah udah pake mesin soalnya dia cuman bertahan 7 hari 7 malam setelah di buat
Iih keren..
Kapan ya bisa liburan kesana..?
Wah banyak juga ya yang bisa diliat disana, jadi pengen kesana deh