- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Strategi Penting Dalam Kesuksesan Pemasaran Online
TS
vienanews
Strategi Penting Dalam Kesuksesan Pemasaran Online
(Managedaily - Strategic) - Seperti yang kita ketahui, penjualan online saat ini memang menjadi salah satu primadona di dalam dunia pemasaran. Hampir semua penjualan dilakukan secara online, baik penjualan dari berbagai produk maupun jasa yang ada.
Sekarang ini, kita sering mendengar seperti jualan baju, sepatu, make up, elektronik, dan lainnya menggunakan marketing online. Selain itu, kita bahkan sering mendengar saat ini untuk misalnya pemesanan tiket pesawat, hal itupun bisa dilakukan melalui online.
Namun, seringkali ada beberapa hal yang sering dilupakan oleh para penjual online adalah mengenai strategi penting dalam pemasaran online (e-marketing). Banyak orang berlomba-lomba melakukan penjualan online, tapi dengan strategi yang salah, sehingga pada akhirnya tidak tepat sasaran, malahan menjadi salah sasaran dan tidak memperoleh keuntungan.
Sebenarnya, apa saja strategi penting yang harus diterapkan dalam pemasaran online (e-marketing)? Menurut Dave Chaffey (2009), strategi e-marketing (pemasaran online) merupakan channel strategy. Hal itu memang benar adanya, karena memang kita harus menemukan channel yang tepat untuk pemasaran online kita.
Sekali channel kita salah, maka kita pasti tidak akan memperoleh keuntungan maksimal. Contoh saja, misalnya kita mau berjualan online baju wanita, tentu saja channel yang harus kita cari adalah para wanita muda atau pelajar wanita yang gemar belanja pakaian, dan dari situlah kita akan menemukan channel yang lainnya untuk menjajakan jualan online kita. Kalau kita mencari channel untuk menjajakan pakaian wanita di komunitas pecinta sepeda, sudah pasti hasil penjualan yang didapatkan tidak akan maksimal.
Selain itu, menurut Dave Chaffey (2009), strategi e-marketing menjelaskan hal yang harus kita lakukan, antara lain :
1. Mengkomunikasikan manfaat yang didapatkan melalui channel
2. Memprioritaskan target konsumen melalui channel
3. Memprioritaskan produk yang tersedia melalui channel
4. Menembak sasaran ke arah sasaran channel dan juga target penjualan (dengan akuisisi, konversi, dan juga retensi)
Jadi, dari semua penjelasan diatas, kita memahami kesimpulan dari inti kesuksesan penjualan online, yaitu ketepatan dari channel/saluran dimana kita akan menyalurkan atau menjajakan dagangan online kita. Tanpa ketepatan channel, maka sudah pasti keuntungan yang didapatkan tidak akan maksimal.
Untuk memperoleh channel yang tepat, memang penting sekali bagi Anda yang ingin mencoba dunia online untuk rajin melakukan browsing di dunia maya. Anda bisa mulai mencari channel di sosial media (twitter, facebook, dan lainnya) dengan cara melakukan penambahan kontak/teman dengan orang yang kira-kira profilnya menurut Anda cocok menjadi calon konsumen Anda. Dari satu orang, Anda bahkan bisa menemukan orang lain yang akan menjadi pelanggan Anda selanjutnya, asalkan jangan lupa prinsip utamanya, yaitu channel Anda haruslah tepat.
Selain jika bahkan bisa mulai dengan membuat blog atau membuat diri Anda eksis di dunia maya untuk mencari channel yang tepat dalam menunjang bisnis Anda. So, mau mencoba berbisnis di dunia online? Tidak ada salahnya jika Anda memang ingin mencoba.managedaily.co.id
Sekarang ini, kita sering mendengar seperti jualan baju, sepatu, make up, elektronik, dan lainnya menggunakan marketing online. Selain itu, kita bahkan sering mendengar saat ini untuk misalnya pemesanan tiket pesawat, hal itupun bisa dilakukan melalui online.
Namun, seringkali ada beberapa hal yang sering dilupakan oleh para penjual online adalah mengenai strategi penting dalam pemasaran online (e-marketing). Banyak orang berlomba-lomba melakukan penjualan online, tapi dengan strategi yang salah, sehingga pada akhirnya tidak tepat sasaran, malahan menjadi salah sasaran dan tidak memperoleh keuntungan.
Sebenarnya, apa saja strategi penting yang harus diterapkan dalam pemasaran online (e-marketing)? Menurut Dave Chaffey (2009), strategi e-marketing (pemasaran online) merupakan channel strategy. Hal itu memang benar adanya, karena memang kita harus menemukan channel yang tepat untuk pemasaran online kita.
Sekali channel kita salah, maka kita pasti tidak akan memperoleh keuntungan maksimal. Contoh saja, misalnya kita mau berjualan online baju wanita, tentu saja channel yang harus kita cari adalah para wanita muda atau pelajar wanita yang gemar belanja pakaian, dan dari situlah kita akan menemukan channel yang lainnya untuk menjajakan jualan online kita. Kalau kita mencari channel untuk menjajakan pakaian wanita di komunitas pecinta sepeda, sudah pasti hasil penjualan yang didapatkan tidak akan maksimal.
Selain itu, menurut Dave Chaffey (2009), strategi e-marketing menjelaskan hal yang harus kita lakukan, antara lain :
1. Mengkomunikasikan manfaat yang didapatkan melalui channel
2. Memprioritaskan target konsumen melalui channel
3. Memprioritaskan produk yang tersedia melalui channel
4. Menembak sasaran ke arah sasaran channel dan juga target penjualan (dengan akuisisi, konversi, dan juga retensi)
Jadi, dari semua penjelasan diatas, kita memahami kesimpulan dari inti kesuksesan penjualan online, yaitu ketepatan dari channel/saluran dimana kita akan menyalurkan atau menjajakan dagangan online kita. Tanpa ketepatan channel, maka sudah pasti keuntungan yang didapatkan tidak akan maksimal.
Untuk memperoleh channel yang tepat, memang penting sekali bagi Anda yang ingin mencoba dunia online untuk rajin melakukan browsing di dunia maya. Anda bisa mulai mencari channel di sosial media (twitter, facebook, dan lainnya) dengan cara melakukan penambahan kontak/teman dengan orang yang kira-kira profilnya menurut Anda cocok menjadi calon konsumen Anda. Dari satu orang, Anda bahkan bisa menemukan orang lain yang akan menjadi pelanggan Anda selanjutnya, asalkan jangan lupa prinsip utamanya, yaitu channel Anda haruslah tepat.
Selain jika bahkan bisa mulai dengan membuat blog atau membuat diri Anda eksis di dunia maya untuk mencari channel yang tepat dalam menunjang bisnis Anda. So, mau mencoba berbisnis di dunia online? Tidak ada salahnya jika Anda memang ingin mencoba.managedaily.co.id
0
960
0
Komentar yang asik ya
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan