- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Tips Lengkap Untuk Mendapatkan Pekerjaan.....


TS
i12f4n4ry4
Tips Lengkap Untuk Mendapatkan Pekerjaan.....
Quote:

Quote:
Sebelumnya ane mohon maaf klo
, Ane cuman ingin sedikit share untuk agan-agan yang baru mau melamar pekerjaan, baik itu fresh graduate maupun yang ingin mencari pekerjaan baru. Mungkin ada beberapa bagian dari trit ini yg agan2 sudah pernah dapatkan baik di kaskus maupun dari sumber lainnya, ane coba merangkumnya & melengkapinya.



Quote:
Quote:
Curriculum Vitae (CV)
Quote:
Agar dipanggil wawancara kerja, Anda harus menyiapkan curriculum vitae (CV) yang membuat pewawancara tertarik untuk membaca dan melihat Anda lebih jauh lagi. Sayangnya, banyak yang masih menganggap remeh surat lamaran kerja tapi berharap 'rezeki' datang kepada mereka. CV adalah langkah awal dan paling penting untuk mendapatkan pekerjaan, CV dibuat dengan struktur yang baik & ringkas, oleh karena itu Anda harus memerhatikannya dengan seksama. Berikut ini beberapa tips penting dalam penulisan CV.
Spoiler for 1. Informasi yang Benar:
Quote:
1. Informasi yang Benar
Sebaiknya agan mengisi segala informasi dengan benar tanpa direkayasa sedikitpun. Mulai dari data diri, latar belakang pendidikan, pengalaman kerja dan prestasi yang pernah diraih. Jangan kita paksakan misalnya harusnya umur sudah tidak sesuai dengan batas minimal perusahaan yang dituju tapi malah memaksakan.
Sebaiknya agan mengisi segala informasi dengan benar tanpa direkayasa sedikitpun. Mulai dari data diri, latar belakang pendidikan, pengalaman kerja dan prestasi yang pernah diraih. Jangan kita paksakan misalnya harusnya umur sudah tidak sesuai dengan batas minimal perusahaan yang dituju tapi malah memaksakan.
Spoiler for 2. Lengkap & Padat:
Quote:
2. Lengkap & Padat
Cantumkan nama, alamat, status pernikahan, kemampuan-kemampuan, latar belakang pendidikan dan juga informasi-informasi tambahan lainnya yang sekiranya bisa menunjang profil agan di mata staf personalia atau user. Misalnya pelatihan yang pernah diikuti, kursus atau pengalaman organisasi.
Yang pasti kita membuat tulisan CV itu singkat padat tapi bisa menjual diri kita. Nggak perlu bertele-tele yang penting bisa eye-catching.
Cantumkan nama, alamat, status pernikahan, kemampuan-kemampuan, latar belakang pendidikan dan juga informasi-informasi tambahan lainnya yang sekiranya bisa menunjang profil agan di mata staf personalia atau user. Misalnya pelatihan yang pernah diikuti, kursus atau pengalaman organisasi.
Yang pasti kita membuat tulisan CV itu singkat padat tapi bisa menjual diri kita. Nggak perlu bertele-tele yang penting bisa eye-catching.
Spoiler for 3. Mudah Dibaca:
Quote:
3. Mudah Dibaca
Pastikan surat lamaran kerja agan terorganisir & mudah dibaca. Font tulisan cukup besar agar HRD nyaman dan jelas membacanya. Setiap paragraf jangan terlalu panjang & bertele-tele. Pastikan agan menulis kalimat yang baik & tidak diulang-ulang.
Pastikan surat lamaran kerja agan terorganisir & mudah dibaca. Font tulisan cukup besar agar HRD nyaman dan jelas membacanya. Setiap paragraf jangan terlalu panjang & bertele-tele. Pastikan agan menulis kalimat yang baik & tidak diulang-ulang.
Spoiler for 4. Teliti Sebelum Mengirim:
Quote:
4. Teliti Sebelum Mengirim
Sebelum mengirimkan CV & surat lamaran, periksa terlebih dulu resume agan & jangan sampai ada yang salah tulis. Jika melamar pekerjaan melalui email atau situs lowongan kerja, agan juga perlu periksa ulang data-data di dalamnya.
Sebelum mengirimkan CV & surat lamaran, periksa terlebih dulu resume agan & jangan sampai ada yang salah tulis. Jika melamar pekerjaan melalui email atau situs lowongan kerja, agan juga perlu periksa ulang data-data di dalamnya.
Spoiler for 5. Sertakan Informasi Tambahan yang Mendukung:
Quote:
5. Sertakan Informasi Tambahan yang Mendukung
Sertakan pengalaman kerja atau kemampuan yang sesuai dengan bidang pekerjaan. Bisa juga prestasi yang pernah didapatkan untuk menunjukkan keseriusan dalam melamar kerja.
Prestasi juga perlu ditulis seperti lomba nyanyi. Nggak masalah, setidaknya cukup menjual CV itu. Itu hanya sebagai informasi tambahan. Dengan begitu bisa dinilai kejujuran kita. Kejujuran yang utama, keseriusan juga, itu yang dicari, prestasi hanya menjadi info tambahan.
Sertakan pengalaman kerja atau kemampuan yang sesuai dengan bidang pekerjaan. Bisa juga prestasi yang pernah didapatkan untuk menunjukkan keseriusan dalam melamar kerja.
Prestasi juga perlu ditulis seperti lomba nyanyi. Nggak masalah, setidaknya cukup menjual CV itu. Itu hanya sebagai informasi tambahan. Dengan begitu bisa dinilai kejujuran kita. Kejujuran yang utama, keseriusan juga, itu yang dicari, prestasi hanya menjadi info tambahan.
Spoiler for 6. Maksimum Dua Halaman:
Quote:
6. Maksimum Dua Halaman
Buat CV maksimum hanya dua halaman dan itu sudah mencakup semua informasi inti. Hanya profesional atau orang yang sudah pernah memegang jabatan tinggi yang memiliki segudang pengalaman yang harus dicantumkan sehingga butuh kertas lebih dari tiga lembar.
Buat CV maksimum hanya dua halaman dan itu sudah mencakup semua informasi inti. Hanya profesional atau orang yang sudah pernah memegang jabatan tinggi yang memiliki segudang pengalaman yang harus dicantumkan sehingga butuh kertas lebih dari tiga lembar.
Spoiler for 7. Subjek Jelas:
Quote:
7. Subjek Jelas
Jika mengirim surat lamaran lewat email, pastikan subjek yang agan cantumkan jelas (misalnya: 'CV marketing' atau 'calon reporter'). File attachment juga harus jelas, seperti 'lampiran portfolio' atau 'contoh tulisan'.
Jika mengirim surat lamaran lewat email, pastikan subjek yang agan cantumkan jelas (misalnya: 'CV marketing' atau 'calon reporter'). File attachment juga harus jelas, seperti 'lampiran portfolio' atau 'contoh tulisan'.
Spoiler for 8. Foto:
Quote:
8. Foto
Tidak sedikit pelamar yang asal menaruh foto di CV mereka. Misalnya saja foto diambil dengan handphone yang kualitas kameranya kurang baik sehingga tampak buram. Ada juga yang menaruh foto dengan latar belakang restoran, pemandangan, di mobil atau kamar tidur.
Foto seperti itu menunjukkan belum terlihat dewasa. User mau melihat orang yang sudah siap. Sebaiknya buat foto yang mengesankan tampil profesional & rapi.
Tidak sedikit pelamar yang asal menaruh foto di CV mereka. Misalnya saja foto diambil dengan handphone yang kualitas kameranya kurang baik sehingga tampak buram. Ada juga yang menaruh foto dengan latar belakang restoran, pemandangan, di mobil atau kamar tidur.
Foto seperti itu menunjukkan belum terlihat dewasa. User mau melihat orang yang sudah siap. Sebaiknya buat foto yang mengesankan tampil profesional & rapi.
Spoiler for 9. Covering Letter:
Quote:
9. Covering Letter
Saat mengirimkan surat lamaran via email, mungkin banyak dari agan-agan sekalian yang lupa menuliskan kata pengantar di body email. Seringkali yang terjadi adalah agan mengirimkan surat lamaran & CV dengan melampirkannya di attachment. Sementara di body email agan tidak menuliskan apapun.
Covering letter ini penting. Sebenarnya lebih penting dari CV. Dari sana kesan pertama terbentuk.
Sebaiknya tulis covering letter yang bisa menjual. Kenapa agan melamar, apa yang agan ketahui mengenai perusahaan, pernah melaksanakan pekerjaan serupa atau nggak. Pokonya buat sepersonal mungkin.
Saat mengirimkan surat lamaran via email, mungkin banyak dari agan-agan sekalian yang lupa menuliskan kata pengantar di body email. Seringkali yang terjadi adalah agan mengirimkan surat lamaran & CV dengan melampirkannya di attachment. Sementara di body email agan tidak menuliskan apapun.
Covering letter ini penting. Sebenarnya lebih penting dari CV. Dari sana kesan pertama terbentuk.
Sebaiknya tulis covering letter yang bisa menjual. Kenapa agan melamar, apa yang agan ketahui mengenai perusahaan, pernah melaksanakan pekerjaan serupa atau nggak. Pokonya buat sepersonal mungkin.
Spoiler for 10. Format CV:
Quote:
10. Format CV
Beberapa dari agan mungkin ada yang membuat CV dengan kreatif bukan hanya dengan format tulisan secara formal. Tapi agan harus mempertimbangkan apakah nantinya format CV tersebut bisa dibaca pihak user atau HRD. Bagaimana kalau dibaca sama manajer HR yang sudah berumur 40-an, dia belum tentu bisa mengerti. Jadi sebaiknya apapun format CV agan, buat yang bisa memudahkan orang lain untuk membacanya.
Sebagai tambahan, format CV sebaiknya disesuaikan dengan perusahaan yang dituju. Misalnya kalau perusahaan bergerak di bidang desain atau advertising perlu desain yang keren, bagus, eye catching. Kalau ke perbankan lalu buat desainnya kayak anak-anak ya itu kurang tepat.
Beberapa dari agan mungkin ada yang membuat CV dengan kreatif bukan hanya dengan format tulisan secara formal. Tapi agan harus mempertimbangkan apakah nantinya format CV tersebut bisa dibaca pihak user atau HRD. Bagaimana kalau dibaca sama manajer HR yang sudah berumur 40-an, dia belum tentu bisa mengerti. Jadi sebaiknya apapun format CV agan, buat yang bisa memudahkan orang lain untuk membacanya.
Sebagai tambahan, format CV sebaiknya disesuaikan dengan perusahaan yang dituju. Misalnya kalau perusahaan bergerak di bidang desain atau advertising perlu desain yang keren, bagus, eye catching. Kalau ke perbankan lalu buat desainnya kayak anak-anak ya itu kurang tepat.
Spoiler for 11. Nama Email:
Quote:
11. Nama Email
Tidak sedikit pelamar yang menggunakan email dengan nama berkonotasi negatif. Email seperti ini bisa menunjukkan agan tidak profesional. Sebaiknya buat email dengan nama yang lebih formal.
Tidak sedikit pelamar yang menggunakan email dengan nama berkonotasi negatif. Email seperti ini bisa menunjukkan agan tidak profesional. Sebaiknya buat email dengan nama yang lebih formal.
Quote:
Quote:
Wawancara Pekerjaan
Quote:
Pengetahuan yang Wajib Diketahui Setiap Pelamar Sebelum Menghadapi Wawancara Pekerjaan

Semua orang berlomba-lomba mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan harapan. Maka dari itu, manfaatkan kesempatan sebaik-baiknya saat dipanggil wawancara kerja. Sebelum mengikuti wawancara, siapkan diri agan terlebih dahulu dengan berbagai pengetahuan.
Seorang pelamar harus tahu mengenai profil perusahaan yang dituju. Yang penting agan harus tahu bisnis yang dijalankan oleh perusahaan tersebut.
Selain mengerti area bisnis dalam perusahaan, agan perlu tahu tuntutan pekerjaan pada bagian yang agan tuju. Misalnya melamar ke perusahaan advertising tapi memilih bagian keuangan, agan harus tahu & menguasai bidang tersebut karena nanti akan ditanya seberapa mampu agan mengembangkan perusahaan. Itu memperlihatkan jika agan memiliki niat yang besar untuk bergabung dalam perusahaan.
Kalau agan bisa mengetahui profil pewawancara sebelum wawancara itu akan lebih bagus. Malah kalau bisa agan sudah tahu akan di wawancara oleh siapa, GM, manajer HRD ataupun manajer divisi yang bersangkutan.
Selain pengetahuan, agan juga perlu menyiapkan diri sebelum proses tes wawancara kerja, seperti tidak datang terlambat, memperhatikan pakaian sebelum berangkat, dan terakhir kepercayaan diri mengikuti wawancara kerja.

Semua orang berlomba-lomba mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan harapan. Maka dari itu, manfaatkan kesempatan sebaik-baiknya saat dipanggil wawancara kerja. Sebelum mengikuti wawancara, siapkan diri agan terlebih dahulu dengan berbagai pengetahuan.
Seorang pelamar harus tahu mengenai profil perusahaan yang dituju. Yang penting agan harus tahu bisnis yang dijalankan oleh perusahaan tersebut.
Selain mengerti area bisnis dalam perusahaan, agan perlu tahu tuntutan pekerjaan pada bagian yang agan tuju. Misalnya melamar ke perusahaan advertising tapi memilih bagian keuangan, agan harus tahu & menguasai bidang tersebut karena nanti akan ditanya seberapa mampu agan mengembangkan perusahaan. Itu memperlihatkan jika agan memiliki niat yang besar untuk bergabung dalam perusahaan.
Kalau agan bisa mengetahui profil pewawancara sebelum wawancara itu akan lebih bagus. Malah kalau bisa agan sudah tahu akan di wawancara oleh siapa, GM, manajer HRD ataupun manajer divisi yang bersangkutan.
Selain pengetahuan, agan juga perlu menyiapkan diri sebelum proses tes wawancara kerja, seperti tidak datang terlambat, memperhatikan pakaian sebelum berangkat, dan terakhir kepercayaan diri mengikuti wawancara kerja.
Quote:
Penampilan Pelamar Bisa Pengaruhi 80% Hasil Wawancara Kerja

Ada beberapa perusahaan yang 80 persen penilaiannya dilihat dari cara berpakaian si pelamar. Namun ada pula perusahaan yang memberikan penilaian 50 persen untuk penampilan sisanya berdasarkan jawaban-jawabannya. Memang agak subyektif sih.
Penampilan memang penting dipertimbangkan sebelum melakukan wawancara karena bisa mempengaruhi persepsi user saat pertama kali bertemu. contoh, misalnya ada seorang pelamar yang datang hanya memakai sandal sehingga pewawancara sudah beranggapan bahwa pelamar tidak serius mau bekerja.
Oleh karena itu, ada baiknya agan memperhatikan penampilan. Bahkan bila memungkinkan membawa baju cadangan. Pakaian cadangan berguna untuk mengganti baju agan bila lecek, keringetan, atau terkena noda makanan. Carilah pakaian yang membuat agan tampak profesional agar meyakinkan pewawancara bahwa agan siap bergabung dalam perusahaan.

Ada beberapa perusahaan yang 80 persen penilaiannya dilihat dari cara berpakaian si pelamar. Namun ada pula perusahaan yang memberikan penilaian 50 persen untuk penampilan sisanya berdasarkan jawaban-jawabannya. Memang agak subyektif sih.
Penampilan memang penting dipertimbangkan sebelum melakukan wawancara karena bisa mempengaruhi persepsi user saat pertama kali bertemu. contoh, misalnya ada seorang pelamar yang datang hanya memakai sandal sehingga pewawancara sudah beranggapan bahwa pelamar tidak serius mau bekerja.
Oleh karena itu, ada baiknya agan memperhatikan penampilan. Bahkan bila memungkinkan membawa baju cadangan. Pakaian cadangan berguna untuk mengganti baju agan bila lecek, keringetan, atau terkena noda makanan. Carilah pakaian yang membuat agan tampak profesional agar meyakinkan pewawancara bahwa agan siap bergabung dalam perusahaan.
Lanjut ke Bawah Gan..............
0
29.3K
Kutip
660
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan