KASKUS

(ask) nanya master kaskus tentang kasus hukum mobil ditabrak motor??

Ceritanya kemarin malam ketika saya lagi mau jalan pulang kerumah tiba2 ada sepeda motor nabrak mobil saya dri belakang...kronologisnya kondisi jalan waktu itu sepi waktu saya mau belok tidak ada kendaraan dibelakang saya tapi ketika saya mw belok kebetulan jalananya 2 arah dipepan saya ada mobil lewat terpaksa saya nunggu mobil itu lewat dlu baru saya balik arah...ketika saya berhenti n nunggu mobil didepan saya lewat tiba2 dari ara belakang ada sepeda motor kecang trus nabrak mobil saya..kondisi waktu otu mobil saya dalam kendisi diam sambil nunggu mobil di depan lewat + lampu sein hidup...gmn neh suhu2 penangan hukumnya...kondisi pengendara motor luka ringan..mobil saya bodi penyok stoplamp pecah...
Tolong batuamya agan2
di dlm mobil ad siapa? wktu dtmpat kejadian ad warga yg liat gk? klo ad 1 org lagi yg bisa menjelaskan klo agan lagi berhenti trus posisi lampu sein idup tiba2 si pengendara motor nabrak dr belakang.....agan bisa laporin k polisi dgn tuduhan si pengendara motor melanggar pasal 310 ayat 1 uu no 22 tahun 2009
cek pengendaranya punya sim ga?
Quote:Original Posted By uzko
di dlm mobil ad siapa? wktu dtmpat kejadian ad warga yg liat gk? klo ad 1 org lagi yg bisa menjelaskan klo agan lagi berhenti trus posisi lampu sein idup tiba2 si pengendara motor nabrak dr belakang.....agan bisa laporin k polisi dgn tuduhan si pengendara motor melanggar pasal 310 ayat 1 uu no 22 tahun 2009

Kebetulan waktu itu saya sendiri aja gan..kalo warga liat kurang tau juga gan soalnya pas kejadian langsung rame n saya juga panik cepet2 bawa korban krumah sakit...seandainya keluarga korban nuntut macem2 gmn gan?jelas2 dalam kondisi ini saya tidak salah ....jadi kalo seperti gmn gan?
Quote:Original Posted By VAIers
cek pengendaranya punya sim ga?

wah kurang tw juga gan...
turut prihatin gan...
aku nubie masalah hukum tapi bener statemen salah satu agan di atas,langkah pertama korek org yg bermasalah dgn anda punya sim atau tidaknya
kalo tidak,anda pada posisi kuat...org yg tdk punya sim berarti tidak berhak naik kendaraan bermotor apapun kondisi dan alasannya org yg bersangkutan salah secara hukum
asal anda juga punya sim tentunya
maaf itu aja yg bisa aku komen sambil nunggu teman2 yg lebih kompeten soal hukum
Quote:Original Posted By seepietoonk

Kebetulan waktu itu saya sendiri aja gan..kalo warga liat kurang tau juga gan soalnya pas kejadian langsung rame n saya juga panik cepet2 bawa korban krumah sakit...seandainya keluarga korban nuntut macem2 gmn gan?jelas2 dalam kondisi ini saya tidak salah ....jadi kalo seperti gmn gan?


Kalo lapor polisi bakalannya ente bisa kena charge lapor, secara polisi sekarang mah ada duit maka laporannya cepet diproses. dan satu lagi kalo ga ada saksi juga pasti ga akan didenger itu laporan ente gan. semua kembali lagi dalam keadaan pasrah, klo rusak ya dibengkelin gan.
seharusnya agan selesaikan dulu secara kekeluargaan dengan yang menabrak agan, kalau agan bersikeras dan yang nabrak bersikeras merasa sama sama paling benar barulah agan ajak dia kekantor polisi ataupun pos polisi terdekat dan minta diselesaikan secara kekeluargaan, dan ane berani jamin Pak Polisi bersikap Netral dan Tidak pernah memihak dikalangan yang bertikai, jelaskanlah apa masalah yang agan alami barusan.

Video 

Quote:Original Posted By seepietoonk
Ceritanya kemarin malam ketika saya lagi mau jalan pulang kerumah tiba2 ada sepeda motor nabrak mobil saya dri belakang...kronologisnya kondisi jalan waktu itu sepi waktu saya mau belok tidak ada kendaraan dibelakang saya tapi ketika saya mw belok kebetulan jalananya 2 arah dipepan saya ada mobil lewat terpaksa saya nunggu mobil itu lewat dlu baru saya balik arah...ketika saya berhenti n nunggu mobil didepan saya lewat tiba2 dari ara belakang ada sepeda motor kecang trus nabrak mobil saya..kondisi waktu otu mobil saya dalam kendisi diam sambil nunggu mobil di depan lewat + lampu sein hidup...gmn neh suhu2 penangan hukumnya...kondisi pengendara motor luka ringan..mobil saya bodi penyok stoplamp pecah...




gini Gan yang salaah itu adalaah yg pengendaraa motor mungkin pengendara motor tidak melihaat mobil agaan, Teruss karena pengendaraa motor kecepetaan ngebut jadi diaa ga bsa rem mendadak kali gan hahha
Kalau ane mslkaan kan sebagaai agan mah ane mnta ganti rugi ga mkirin tuh mtor mau jatuh ke mau apa yg slaah kan diaa , kita udah diem ko mlah di tabrak

Quote:Original Posted By KaskusGeneral




gini Gan yang salaah itu adalaah yg pengendaraa motor mungkin pengendara motor tidak melihaat mobil agaan, Teruss karena pengendaraa motor kecepetaan ngebut jadi diaa ga bsa rem mendadak kali gan hahha
Kalau ane mslkaan kan sebagaai agan mah ane mnta ganti rugi ga mkirin tuh mtor mau jatuh ke mau apa yg slaah kan diaa , kita udah diem ko mlah di tabrak



Ane setuju yang salah adalah pengendara motor, tapi itu harus didasarkan dengan bukti-bukti bahwa pengendara mobil berada disaat yang tepat dan tempat yang tepat. Lebih baik dibicarakan secara kekeluargaan dan bila tidak bisa dibicarakan secara kekeluargaan, lebih baik melibatkan Pihak Kepolisian. Banyak yang pesimis tetapi alangkah baiknya dilaporkan agar mendapatkan kepastian status Agan daripada ni kasus ngga kelar-kelar
sim nopol dll punya Agan lengkap gak? ada saksi lain yang liat kejadian? kalo iya minta ganti rugi aja ke penabrak
Bagi para pengendara mobil, apabila ada kejadian seperti ini pengemudi tersebut harus bersikap tenang. Lalu, hentikan beberapa kendaraan (baik mobil/motor) yang ada di jalur anda untuk meminta bantuan. Jangan lupa untuk meminta nomor telpon/HP/alamat mereka apabila keterangan saksi dibutuhkan. Apabila ada warga setempat yang melihat langsung kejadian tersebut, boleh dimintakan bantuan juga. Setelah itu, segera berikan pertolongan untuk pengendara motor yang mengalami kecelakaan tersebut. Segera lapor kejadian tersebut ke kantor polisi terdekat. Dalam laporan, minta polisi tersebut untuk mencantumkan bahwa anda merupakan korban dalam kecelakaan lalu lintas.

Untuk ganti rugi, cobalah selesaikan secara kekeluargaan. Namun, di Indonesia, biasanya pemilik/pengemudi kendaraan roda 4 harus bersedia mengganti kerugian pemilik/pengemudi kendaraan roda 2.

Apabila penyelesaian secara kekeluargaan tidak menemukan solusi, boleh diteruskan ke pengadilan dengan membawa bukti-bukti dan saksi-saksi apabila diperlukan. Alangkah baiknya apabila didalam mobil terdapat cctv/kamera yg merekam kejadian tersebut.
Quote:Original Posted By y2strading
Bagi para pengendara mobil, apabila ada kejadian seperti ini pengemudi tersebut harus bersikap tenang. Lalu, hentikan beberapa kendaraan (baik mobil/motor) yang ada di jalur anda untuk meminta bantuan. Jangan lupa untuk meminta nomor telpon/HP/alamat mereka apabila keterangan saksi dibutuhkan. Apabila ada warga setempat yang melihat langsung kejadian tersebut, boleh dimintakan bantuan juga. Setelah itu, segera berikan pertolongan untuk pengendara motor yang mengalami kecelakaan tersebut. Segera lapor kejadian tersebut ke kantor polisi terdekat. Dalam laporan, minta polisi tersebut untuk mencantumkan bahwa anda merupakan korban dalam kecelakaan lalu lintas.

Untuk ganti rugi, cobalah selesaikan secara kekeluargaan. Namun, di Indonesia, biasanya pemilik/pengemudi kendaraan roda 4 harus bersedia mengganti kerugian pemilik/pengemudi kendaraan roda 2.

Apabila penyelesaian secara kekeluargaan tidak menemukan solusi, boleh diteruskan ke pengadilan dengan membawa bukti-bukti dan saksi-saksi apabila diperlukan. Alangkah baiknya apabila didalam mobil terdapat cctv/kamera yg merekam kejadian tersebut.


pendapat tolol.. jangan diikutin
×