Star [HOT INFO..!!] Seni Lukis Pasir Biksu Tibet Paling Rumit Di Dunia

Quote:




HALO AGAN2-AGANWATI SELAMAT DATANG DI TRID ANE
sebelum di simak baiknya cek dulu klo ini bukan REPOST


Quote:
Spoiler for no repsol diantara kita:


oke karena udah diliat no repsol kita lanjut ke topik pembahasan


Quote:

Menghancurkan istana pasir bisa menjadi sangat menyenangkan. Tetapi bagaimana jika Anda telah menghabiskan berminggu-minggu menciptakan lukisan pasir dengan susah payah, hanya untuk dihancur pada akhirnya? Tapi inilah yang dilakukan oleh para biksu Tibet. Mereka yang membuat lukisan pasir indah, dan diakhir mereka hancurkan lukisan indah itu. Hal ini dikatakan untuk menandakan ketidakkekalan hidup.


Pasir Mandala adalah seni menciptakan karya yang rumit dengan menggunakan pasir berwarna, dipraktekkan oleh para biksu Tibet sebagai bagian dari tradisi tantra. Dalam bahasa Tibet, seni ini disebut dul-Tson-kyil-khor (mandala bubuk berwarna). Sebagai bagian dari pasir mandala, butiran pasir diletakkan dengan susah payah di kanvas datar. Beberapa biarawan bekerja pada satu bagian, yang dapat mengambil waktu berhari-hari untuk menyelesaikan.




The Mandala Kata berarti ‘lingkaran’ dalam bahasa Sansekerta dan dikatakan untuk mewakili kosmogram seorang Buddha atau Bodhisattva. Seni ini termasuk seni geometris dan beberapa simbol spiritual Budha. Sahabat anehdidunia.com sebuah pasir-dicat beragam warna yang disebut mandala dan digunakan sebagai alat untuk melukis. Menurut kepercayaan Budha, biksu yang mempraktekkan seni representasi visual dari pikiran yang tercerahkan oleh sang Budha.


Sebuah mandala pasir khas terdiri dari sebuah cincin luar, di dalam ada persegi yang lebih kecil mewakili ‘langit istana’, sebuah tempat tinggal dewa. Persegi ini memiliki empat gerbang yang mewakili masing-masing empat arah. Lingkaran serta alun-alun dibuat dengan beberapa lapisan yang rumit Alun-alun berisi lingkaran, dibagi menjadi 9 sektor. Para mandala Tibet yang tampak sederhana. Mereka mungkin terlihat seperti mereka terdiri dari pola dasar, tetapi sangat kompleks dan mungkin memerlukan beberapa minggu untuk menyelesaikan. Biksu Budha menjalani bertahun-tahun pelatihan sebelum mereka dapat membuat mandala. Karena ritual ini dianggap sangat sakral, hal itu tidak dapat dilakukan sembarangan orang. Jadi sebelum mandala dibuat, seorang bhikkhu akan menghabiskan waktu dalam studi filosofis dan artistik. Setelah tingkat pemahaman telah tercapai, mandala dapat dibuat. Dalam biara pribadi Dalai Lama, biara Nyamgal, biarawan menghabiskan sekitar tiga tahun belajar sebelum membuat mandala.





Secara tradisional, empat biarawan bekerja pada mandala tunggal, masing-masing mengambil dari empat kuadran. Masing-masing empat biarawan memiliki asisten untuk mengisi garis rinci mereka dengan warna. Semua biarawan mulai bekerja pada mandala dari pusat, bergerak ke arah luar. Sahabat anehdidunia.com bahkan sebelum mereka dapat mulai bekerja, para biarawan melakukan upacara pembukaan. Kemudian, kapur yang digunakan untuk membuat cetak biru dari mandala, dimulai dengan satu titik di pusat. Empat garis ditarik dari titik ini, setelah itu setiap biarawan akan bekerja di kuadran sendiri. Cetak biru selesai, menguraikan diisi dengan pasir berwarna, terbuat dari batu putih hancur dan dicelup. Sebuah bergerigi, corong seperti perangkat yang digunakan untuk mengisi aplikasi pasir, yang dikenal sebagai chakpu. Dua chakpus yang menggesek satu sama lain, menghasilkan getaran yang melepaskan pasir ke cetak biru.


Tapi yang paling unik tentang mandala pasir Tibet adalah saat mereka hancur setelah selesai. Para biarawan bekerja metodis akan menyikat pasir, mendorong semuanya menuju pusat platform. Seluruh proses ini dibatalkan, dan pasir dituangkan ke dalam air terdekat. Tindakan ini dimaksudkan untuk mengajari kita untuk tidak melekat pada benda-benda duniawi, dan melambangkan ketidakkekalan dari semua hal-hal materi



Quote:krna byk yg minta pic nya ditambah nih ane tambahin

Spoiler for PIC TAMBAHAN:




Spoiler for Tambahan:


Quote:sumber
BEST COMMENT

Quote: KOMENTAR TERBAIK PER TANGGAL 12-02-13


Quote:Original Posted By raoty
betul2 seperti kehidupan ya gan, pertama2 dari nol kemudian ada warna dikit n smakin lama semakin bagus, tp akhirnya hilang lg..

Spoiler for testi sang pemenang:


Quote:Original Posted By Gradz
rasanya gmana ya gan..
berhari2 bikin, trus udah bagus diancurin...

iya sih, emng mngajarkan ketidak kekalan segala sesuatu..
bener sih..
tapi kan karya juga yg mngabadikan kita..dan warisan seni utk generasi mendatang kelak, misalnya...

ah tapi ya sudahlah..toh senimannya juga ga ribut..


Quote:Original Posted By bpkemooo
Keren tuh gan
point nya adalah asal kita bisa sabar, kita pasti dapet hasil yang terbaik
dari foto nya juga bisa diliat kesabaran para biksu nempelin tu pasir ke tempatnya, dan juga butuh kerja sama yang baik.. butuh kreatifitas tinggi tentunya hahaha
nice share gan





Spoiler for dan kata agan yg lain:
rumit banget gan, beda ama yang biasanya ane liat
tehnik tingkat dewa budha tuh gan......
tambahin gambar gambarny gan
masih pengen liat lukisanny lebih banyak
buset, rumit bener
mejanya kesenggol, mewek tuh
________________________________________________________________
faisallamri

Wiiw ternyata biksu suka maen juga :P

#Peace
Tak ada di antara kita
Quote:Original Posted By MakmurJr2
rumit banget gan, beda ama yang biasanya ane liat


Quote:Original Posted By amp99
tehnik tingkat dewa budha tuh gan......


Quote:Original Posted By faisallamri
buset, rumit bener
mejanya kesenggol, mewek tuh
________________________________________________________________
faisallamri



Quote:Original Posted By pr0ph0z.newbie
Wiiw ternyata biksu suka maen juga :P

#Peace
Tak ada di antara kita

iyaa gan kereen bisa detail gtu lukisannya

Quote:Original Posted By PamPamChuap
tambahin gambar gambarny gan
masih pengen liat lukisanny lebih banyak

nanti ane update gan
lagi nyari pic yg mantep2nya dlu
sayang banget gak bisa jadi lukisan permanen,senggol dikit luluh lantak
wow gilee , mantap bener

btw abis dibuat sebagus ntu terus diancurin lagi????? wtf udah gila kali yee

sayang banget
gambarnya dikit amat
salut nih seninya. cakep banget hasilnya sepertinya. sayang gak ada gambar yg lebih jelas untuk hasil akhir lukisannya gan


kerennn lukisan pasirnya

tuh pasir di kasiin apa ya bisa berwarna gitu?
Quote:Original Posted By p3p3ng
wow gilee , mantap bener

btw abis dibuat sebagus ntu terus diancurin lagi????? wtf udah gila kali yee

sayang banget


haahahaa iyaa makanya udah bikin cape2 buat apa nantinya katanya mereka mungkin
karya seni nya keren banget gan
Quote:Original Posted By fairysstuff
karya seni nya keren banget gan


iya gan ini baru seni dibuatnya ribet dan bagus jadinya
Wah keren ya lukisan pasirnya. Tapi sayang kalau akhirnya dihancurin gitu
wow...hebat gan, butuh kesabaran, ketelitian dan akhirnya...keikhlasan karena kudu dirusak