KASKUS

Cara memilih telur yang baik

BISMILLAHIRROHMANIRROHIIM

Telur adalah salah satu bahan makanan hewani yang dikonsumsi selain daging, ikan dan susu. Umumnya telur yang dikonsumsi berasal dari jenis-jenis burung, seperti ayam, bebek, dan angsa, akan tetapi telur-telur yang lebih kecil seperti telur ikan kadang juga digunakan sebagai campuran dalam hidangan (kaviar). Selain itu dikonsumsi pula juga telur yang berukuran besar seperti telur burung unta (Kasuari) ataupun sedang, misalnya telur penyu. Sebagian besar produk telur ayam ditujukan untuk dikonsumsi orang tidak disterilkan, mengingat ayam petelur yang menghasilkannya tidak didampingi oleh ayam pejantan. Telur yang disterilkan dapat pula dipesan dan dimakan sebagaimana telur-telur yang tidak disterilkan, dengan sedikit perbedaan kandungan nutrisi. Telur yang disterilkan tidak akan mengandung embrio yang telah berkembang, sebagaimana lemari pendingin mencegah pertumbuhan sel-sel dalam telur.

Spoiler for Telur:


Cara memilih telur yang baik :

1. Kondisi cangkang telur tidak retak
Quote:kalo cangkangnya retak, telur akan jadi cepat busuk gan.. ane pernah diemin telur yang retak beberapa hari.. tau2nya malah busuk dan berulat..
2. Ukuran telur tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar
Spoiler for ukuran:

Quote:kan seperti kata orang bijak.. yang terlalu (berlebihan) itu ga bagus gan..
3. Warna telur tidak pucat atau terlalu gelap
Spoiler for warna:

Quote:warna telur pucat bisa di sebabkan telurnya lagi sakit gan.. coba lihat muka agan kalo lagi sakit.. pucat kan.. begitu juga telur gan..
4. Bersih dari berbagai kotoran atau pun noda
Quote:jangan pilih telur yang sudah ternoda gan.. enak aja orang lain yang menodai kita yang bertanggung jawab..
5. Tektur kulit telur halus mulus dan tidak kasar
Spoiler for mulus:

Quote:sama seperti saat memilih pasangan gan.. rata2 suka yang mulus2 kan.. jangan mau sama yang kasar.. emangnya amplas..
6. Tenggelam di dalam air jika dimasukkan ke dalam air, tidak terapung
Spoiler for terapung:

Quote:yang ini serius gan.. telur busuk akan terapung bila di taruh di air.. di karenakan kuning dan putihnya sudah mengering sehingga massa nya jadi lebih ringan dari air.. jadi mengapung deh..
7. Apabila diteropong terlihat jernih dan kuning telur ada di tengah telur
Spoiler for Terawang:

Quote:teropongnya pake lampu ya gan.. bahasa lainnya di terawang.. bukan pake teropong yang biasa agan gunain buat ngintip..
8. Baunya normal tidak berbau busuk
Spoiler for bau:

Quote:iya lah gan.. kalo dari bau aja udah busuk.. dalam nya pasti udah busuk..
9. Bentuk lonjong telur normal tidak bulat dan tidan ceper sekali
Spoiler for ceper:

Quote:jangan pilih yang ceper gan.. ntar di kira telanan..
10. Pilih yang dikemas dengan baik dan mengandung omega 3
Spoiler for kemasan:

Quote:kemasan menentukan kualitas gan.. kalo bisa cari telur yang modis gan.. kualitasnya pasti bagus..
Spoiler for omega3:

Sekian info dari ane.. semoga berkenan ya gan.. ini ciyus loh..
Spoiler for Tidak ada repost di antara kita:


Spoiler for Jangan di buka:


Makasih udah mampir..

SUMBER
Tiada pertamax di antara kita..
milih telurnya yg sedang-sedang aja yah
Quote:Original Posted By siyyal
milih telurnya yg sedang-sedang aja yah


iya gan.. biar timbangannya ga berat..
milih telur aja repot gan keburu d bacok sama pedagangnya klo telurnya kita acak2 dulu trus d cemplungin k air
Quote:Original Posted By agustianmichael
milih telur aja repot gan keburu d bacok sama pedagangnya klo telurnya kita acak2 dulu trus d cemplungin k air


berarti pedagangnya takut gan kalo ketahuan jual telur busuk..
biasa sih mak ane yang prgi ke pasar gan
bantu gan,
sekalian mejeng pejwan

Btw kagak pake gambar gan?
apa ane yg gak bisa muncul gmbarnya
Quote:Original Posted By Jinchuriiki
bantu gan,
sekalian mejeng pejwan

Btw kagak pake gambar gan?
apa ane yg gak bisa muncul gmbarnya


kagak gan..
kagak nemu gambar telur busuk..
ntar kalo nemu ane update..
mantap gan
selama ini si cuma dipilihin kan
makasih infonya gan
ane punya telor ga boleh dimasak+dimakan gan
Quote:Original Posted By not.a.member.
mantap gan
selama ini si cuma dipilihin kan


hati2 gan.. ntar di pilihin yang busuk lo..

Quote:Original Posted By caprocks
makasih infonya gan


sama2 gan..

Quote:Original Posted By baboenkaz
ane punya telor ga boleh dimasak+dimakan gan


terus bolehnya di apain gan..? di emut..? *ups
Quote:Original Posted By Akhmar




terus bolehnya di apain gan..? di emut..? *ups

tau aja nih agan
hayooo,,,menurut agan sendiri gimana,,,enak ga tuh

saya biasanya milih telur ceplok sama dadar gan, enak


Quote:Original Posted By baboenkaz

tau aja nih agan
hayooo,,,menurut agan sendiri gimana,,,enak ga tuh



mau tau aja atau mau tau banged nih gan..?

Quote:Original Posted By pahlawancinta
saya biasanya milih telur ceplok sama dadar gan, enak




asal jangan telur dadar busuk aja gan.. ntar semerbak baunya..

Quote:Original Posted By YankCan
Hmmm...
Ane gak bisa ngmng cuma mau ajah...








wah.. makasih gan..
ane klo beli telur di supermarket gan biar klo di pilih-pilih gak dimarahin ama yg punya warung...nais impoh gan...
ane milihnya yang gede aja gan sama yang ga busuk
Tambahin gambar gan
Quote:Original Posted By anomendarto
ane klo beli telur di supermarket gan biar klo di pilih-pilih gak dimarahin ama yg punya warung...nais impoh gan...


sama gan.. ane juga belinya di supermarket.. kalo diwarung suka di ambilkan yg punya warung..

Quote:Original Posted By azheee
ane milihnya yang gede aja gan sama yang ga busuk


suka yang gede2 ya gan..

Quote:Original Posted By steaminator
Tambahin gambar gan


belum punya gambar telur busuk nya gan..
ntar ane update.. thanks masukannya gan..