Poll: Asal Mula Nenek Moyang Indonesia

Asal Mula Nenek moyang indonesia berawal dari mana ? 52% (13 votes)
Tersebar di mana sajakah nenek moyang indonesia ? 48% (12 votes)

Star Asal Usul Nenek Moyang Indonesia

First Thread In Kaskus

Beberapa pendapat para ahli tentang asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia antara lain sebagai berikut:

1. Prof.Dr.H.Kern
Menyatakan bahwa bangsa Indonesia berasal dari daratan Asia .Hal ini didukung dengan bukti bukti penggunaan bahasa. Bahasa-bahasa yang dipergunakan di Indonesia, Polynesia, Melanesia berasal dari satu akar bahasa yang sama yaitu bahasa Austronesia, penelitian Kern ini terutama ditujukan pada kesamaan nama-nama binatang dan alat perang.


2. Prof.Dr.Kroom
Asal-usul bangsa Indonesia adalah dari Asia Tengah, pendapat ini didasarkan pada bukti bahwa didaerah Cina tengah banyak terdapat sungai-sungai yang besar yang menjadi sumber kehidupan manusia.Dari sini mereka menyebar ke Indonesia pada sekitar tahun 2000 SM sampai tahun 1500 SM.


3. Hogen
Bangsa yang mendiami daerah pessisir Melayu berasal dari Sumatera. Bangsa ini bercampur dengan bangsa Mongol kemudian disebut sebagai bangsa Proto Melayu dan Deutro Melayu.


4. Dr.Brandes
Bangsa yang bermukim di Indonesia memiliki banyak persamaan dengan bangsa-bangsa yang mendiami daerah-daerah yang membentang dari sebelah utara pulau Formosa sampai sebelah barat daerah Madagaskar, sebelah selatan Jawa-Bali, dan sebelah timur sampai ketepi pantai barat Amerika, Brandes juga mendasarkan penelitiannya kepada perbandingan bahasa.


5. Prof.Muhammad Yamin.
Bangsa Indonesia berasal dari Indonesia sendiri, hal ini dibuktikan dengan penemuan-penemuan Fosil dan Artefak tertua dengan jumlah yang lebih banyak dan lebih lengkap di Indonesia.


6. Drs.Moh.Ali
Bangsa Indonesia berasal dari daerah Yunan, pendapatnya dipengaruhi oleh pendapat Moens yang berpendapat bahwa bangsa Indonesia berasal dari Mongol dan terdesak oleh bangsa-bangsa yang lebih kuat,dan akhirnya menyebar ke wilayah Indonesia,menurutnya nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari hulu-hulu sungai besar di Asia dan kedatangannya di Indonesia secara bergelombang tahun 3000 SM-1500 SM sampai tahun 1500 SM-500 SM. Pendapatnya didukung oleh suatu pernyataan tentang Blod und Breden Unchro yang berarti darah dan tanah bangsa Indonesia berasal dari Indonesia sendiri.


7. Mayumdar.
Bangsa –bangsa yang berbahasa Austronesia berasal dari India, kemudian menyebar ke Indho-China terus ke daerah Indonesia dan Pasifik, pendapatnya didukung oleh penelitiannya berdasarkan bahasa Austria yang merupakan bahasa muda di India Timur.


8. Max.Muller
Menyatakan bahwa asal dari bangsa Indonesia adalah daerah Asia Tenggara.


9. Van Heine Geldren
Bangsa Indonesia berasal dari daerah Asia, pendapatnya didukung oleh artefak-artefak yang ditemukannya di Indonesia memiiki persamaan dengan yang ditemukan di daratan Asia


10. Prof.Dr.Aswan Mutakin, M.P.d dan Drs.R.Gunawan Kamil Pasya, M.S.i
Gelombang migrasi pertama berlangsung sekitar tahun 3000 SM,yaitu berpindahnya ras Kaukasoid dari laut tangah melalui lembah sungai kuning di Cina utara, disana mereka bercampur dengan suku Aborigin, sehingga dihasilkan karakteristik Mongoloid.Setelah itu sebagian dari mereka mamasuki dan bermukin dikepulauan Indonesia bagian barat dan tengah.


KESIMPULAN TENTANG ASAL-USUL BANGSA INDONESIA

Dari beberapa pendapat para ahli diatas maka dapat disimpulkan sebagai berikut:

1. Pendapat yang didasarkan pada penemuan-penemuan fosil dan artefak bahwa bangsa Indonesia berasal dari Indonesia sendiri dan kemudian menyebar ke Asia lainnya Pendapat ini di dukung oleh penemuan fosil di Cina yang kemudian disebut dengan Sinanthropus Pekeninsis yang diperkirakan hidup sezaman dengan Pithecanthropus Erectus Indonesia. Di wilayah Asia lainnya belum berhasil ditemukan fosil manusia purba.


2. Bahwa penduduk yang mendiami daerah kepulauan Indonesia diperkirakan dari daratan Asia. Melaui jejak sejarah yang diteliti ,bangsa Indonesia diperkirakan berasal dari daerah Yunan selatan kemudian menyebar kearah selatan hingga sampai ke Indonesia.

3. Bahwa masyarakat awal yang menempati wilayah Indonesia termasuk rumpun bangsa Melayu,bangsa ini merupakan nenek moyang bangsa Indonesia,yang terdiri dari 2 rumpun, yaitu :
1). Bangsa Proto Melayu (melayu tua) bangsa ini masuk ke Indonesia melalui dua jalan / route,yaitu :

Jalan Barat :melalui semenanjung Melayu,terus ke Sumatera dan menyebar ke seluruh Indonesia.

Jalan Timur :melalui Filipina terus ke Sulawesi selanjutnya keseluruh Indonesia Keturunan bangsa Proto Melayu yang masih ada sampai sekarang : Suku bangsa Dayak,Toraja,Batak dan Papua .


2). Bangsa Deutro Melayu (Melayu Muda) Memasuki wilayah Indonesia secara bergelombang melalui jalur barat : dari semenanjung Melayu terus ke Sumatera dan selanjutnya tersebar keseluruh Indonesia,keturunan bangsa Indonesia yang masih ada sampai sekarang diantaranya adalah : suku bangsa Jawa,Bugis,Minang dan Melayu


Dari ketiga kesimpulan pendapat para ahli tersebut diatas yang paling banyak dipakai/diyakini dan menjadi bahan acuan pelajaran Sejarah di sekolah adalah teori yang ke 3 (tiga) yang menyatakan bahwa :

masyarakat awal yang menempati wilayah Indonesia termasuk rumpun bangsa Melayu, yang merupakan nenek moyang bangsa Indonesia, yang terdiri dari 2 rumpun,yaitu :

1) Bangsa Proto Melayu (melayu tua)
2). Bangsa Deutro Melayu (Melayu Muda)

nah ini lah peta persebaran nenek moyang :


Semoga Bermanfaat bagi anda .
Jika agan semua berkenan memberikan , ane tampung dengan senang hati
Asal jangan lemparin ane dengan
bagus gan..
thx udah nambah pengetahuan ane..
mengenai asal usul asli Bangsa Indonesia masih berupa kontro versi. tapi menurut penelusuran genetic terbaru. justru awal mula perkembangan manusia di asia berasal dari Asia tenggara (sundaland) merujuk ke teori Out of africa. migrasi pertama homo sapiens (manusia modern) keluar dari afrika dan menetap di daratan sundaland
poling nya aneh. malah pertanyaan bukannya opsi jawaban
Di pelajaran sejarah sekolah ane yaitu gan dari bangsa proto melayu(melayu tua) sm deutero melayu(melayu muda)
malahan ada yang bilang kalo nenek moyang orang Indonesia itu adalah bangsa Atlantis...

maap kalo OOT. ane jg dapet dari trit laen...
Padahal masih satu nenek moyang tapi skr sepertinya bangsa kita masih bersifat kedaerahan dan rasis ...
wah kmbli ke pelajaran sejarah

thnks infonya gan, nambah pengetahuan


Quote:Original Posted By thread ane



[Must See] Rencana iluminati pengikut dajjal dalam kartu


menurut ane asal bangsa indonesia yah dari indonesia sendiri gan. buktinya sebagian warga malaysia adalah orang indonesia yang bermukim lama di bagian malaysia, dan beberapa asia tenggara lainnya. dan daerah madagascar juga dari sejarah merupakan perpindahan dari wilayah jawa juga kan. IMHO
kalo yg tentang asal usul nenek moyang bangsa jawa itu para dewa gimana gan? ada kaitannya ga? hehe
Wah saya kira semua teorinya mengatakan kalau Indonesia berasal dari asia, ternyata ada bukti juga kalo bangsa Indonesia berasal tanah Indonesia itu sendiri,

Masih belum jelas teori mana yang paling tepat nih
Thanks gan buat sumbangsihnya
ane buka pelajaran sejarah kok ga sedetail ini ya?
Pendapatnya mohammad yamin tampak seperti nasionalisme buta...

Quote:Original Posted By wenndleruchi

1. Pendapat yang didasarkan pada penemuan-penemuan fosil dan artefak bahwa bangsa Indonesia berasal dari Indonesia sendiri dan kemudian menyebar ke Asia lainnya Pendapat ini di dukung oleh penemuan fosil di Cina yang kemudian disebut dengan Sinanthropus Pekeninsis yang diperkirakan hidup sezaman dengan Pithecanthropus Erectus Indonesia. Di wilayah Asia lainnya belum berhasil ditemukan fosil manusia purba.


apa pula ini dihubungkan dengan Sinanthropus & Pithecanthropus?
Quote:Original Posted By diogenes.anjing
apa pula ini dihubungkan dengan Sinanthropus & Pithecanthropus?

Kedua-duanya termasuk Homo erectus.
Sinanthropus lebih muda dari erectus di Indonesia.
mksh gan... tread seperti ini yg bikin ane betah lama2 di kaskus. tambah ilmu.
ane jg bantu
klo menurut gue,
bangsa indonesia itu dari daratan hindia gan.

karena bangsa indonesia dulunya didominasi oleh hindu dan cerita2 tentang mahabarata.
yang notabennya dari tanah hindustan.
Saya pernah berkenalan dengan orang kepulauan pasifik..kalau nggak salah samoa..ternyata bahasa mereka seperti nama angka satu sampai sepuluh hampir sama dengan bahasa indonesia..
Kalau saya rasa memang asalnya dari bangsa dia asia yg mengembara kemana2..
Kenapa Papua masuk Proto Melayu?
bukankah orang Papua (dan Maluku serta NTT) itu ras Melanesia?
sedang suku lain di Indonesia ras Malayan Mongoloid.
kalo menurut ane sih ras Melanesia dan Malayan Mongoloid itu berbeda nenek moyang.
Quote:Original Posted By Vameliant
klo menurut gue,
bangsa indonesia itu dari daratan hindia gan.

karena bangsa indonesia dulunya didominasi oleh hindu dan cerita2 tentang mahabarata.
yang notabennya dari tanah hindustan.


Itu budayanya yang terpengaruh imigran asal India... kalau secara genetis sih enggak.

Tapi, ya, kalau ditarik jauh ke teori Out of Africa, bisa aja garis keturunan manusia purba yang kemudian menurunkan bangsa Indonesia pernah ada di India. India kan ada di antara Afrika dan Asia Timur, dan alamnya mungkin cocok untuk manusia purba.
Quote:Original Posted By InRealLife


Itu budayanya yang terpengaruh imigran asal India... kalau secara genetis sih enggak.

Tapi, ya, kalau ditarik jauh ke teori Out of Africa, bisa aja garis keturunan manusia purba yang kemudian menurunkan bangsa Indonesia pernah ada di India. India kan ada di antara Afrika dan Asia Timur, dan alamnya mungkin cocok untuk manusia purba.

klo menurut agan sendiri orang Indonesia (bangsa melayu) asalnya dari mana
apakah migrasi dari dataran asia atau ada teori lain
--
mengingat ciri fisik Indonesia dengan orang asia ada kemiripan