KASKUS

Keutamaan Taubat ( belajar bersama yuk )

Assalammualaikum wr.wb agan'' & sista'' yg dirahmati oleh Allah

disini ane mau bahas tentang hadits2 & ayat2 al Qur'an yg ane baca tentang keutamaan bertaubat

Taubat adalah meninggalkan perbuatan yg tercela ( dilarang agama ) menurut syariat menuju perbuatan yg terpuji menurut syariat & mengetahui bahwa dosa2 & maksiat menimbulkan kebinasaan dan menjauhkan dari Allah& surgaNya,sedangkan meninggalkan semua itu berarti mendekatkan kpd Allah & surgaNya

beberapa keutamaan bertobat yg ane baca dari ayat2 al qur'an & hadits

1.semua dosa diampuni oleh Allah

Katakanlah: "Hai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.( Q.S Az zumar 53 )

Dan Dialah yang menerima tobat dari hamba-hamba-Nya dan memaafkan kesalahan-kesalahan dan mengetahui apa yang kamu kerjakan,(Q.S syura 25)

Maka barang siapa bertobat (di antara pencuri-pencuri itu) sesudah melakukan kejahatan itu dan memperbaiki diri, maka sesungguhnya Allah menerima tobatnya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.(Q.S al maidah 39 )

Tuhanmu telah menetapkan atas diri-Nya kasih sayang, (yaitu) bahwasanya barang siapa yang berbuat kejahatan di antara kamu lantaran kejahilan, kemudian ia bertobat setelah mengerjakannya dan mengadakan perbaikan, maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.(Q.S al an'am 54 )

Dan kami tidak mengutus seseorang rasul, melainkan untuk ditaati dengan seizin Allah. Sesungguhnya jika mereka ketika menganiaya dirinya datang kepadamu, lalu memohon ampun kepada Allah, dan Rasul pun memohonkan ampun untuk mereka, tentulah mereka mendapati Allah Maha Penerima tobat lagi Maha Penyayang.(Q.S annisa 64 )

Jika kalian melakukan kesalahan-kesalahan (dosa) hingga kesalahan kalian itu sampai ke langit, kemudian kalian bertaubat, niscaya Allah SWT akan memberikan taubat kepada kalian." (Hadist diriwayatkan oleh Ibnu Majah dari Abi Hurairah, dan ia menghukumkannya sebagai hadits hasan dalam kitab sahih Jami` Shagir - 5235)

Nabi saw. Bersabda : “Penyesalan itu taubat, Orang yang bertaubat itu seperti orang yang tidak berdosa sama sekali”. (Hr. Thabrani dan Abu Nuaim dari Ibnu said Al-Anshari)

"Orang yang bertaubat dari dosa seperti orang yang tidak berdosa." (HR. Ibnu Majah dan dihasankan oleh Syaikh Al-Albani

2.berkat taubat,keburukan kita akan diganti dgn kebaikan

kecuali orang-orang yang bertobat, beriman dan mengerjakan amal saleh; maka kejahatan mereka diganti Allah dengan kebajikan. Dan adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.( Q.S Al furqan 70 )

3.dilapangkan rejeki

maka aku katakan kepada mereka: "Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun,niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat,dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.(Q.S Nuh 10-12 )

4.ditempatkan di surga

Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa,
Mereka itu balasannya ialah ampunan dari Tuhan mereka dan surga yang di dalamnya mengalir sungai-sungai, sedang mereka kekal di dalamnya; dan itulah sebaik-baik pahala orang-orang yang beramal.( Q.S ali imran 133 & 136)

“Maka sesudah mereka (nabi-nabi) datanglah suatu generasi yang menyia-nyiakan shalat dan memperturutkan hawa nafsu, niscaya mereka itu akan dilemparkan ke dalam kebinasaan. Kecuali orang-orang yang bertaubat di antara mereka, dan beriman serta beramal saleh maka mereka itulah orang-orang yang akan masuk ke dalam surga dan mereka tidaklah dianiaya barang sedikit pun.” (QS. Maryam: 59, 60)

5.tidak akan di azab jika memohon ampun

Dan Allah sekali-kali tidak akan mengazab mereka, sedang kamu berada di antara mereka. Dan tidaklah (pula) Allah akan mengazab mereka, sedang mereka meminta ampun.( Q.S al anfal 33 )

6.menjadi orang2 yg beruntung

Adapun orang yang bertobat dan beriman, serta mengerjakan amal yang saleh, semoga dia termasuk orang-orang yang beruntung.(Q.S Qashash 67 )

Dan bertobatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.( Q.S an nur 31 )

7.mendapatkan do'a para malaikat

(Malaikat-malaikat) yang memikul Arasy dan malaikat yang berada di sekelilingnya bertasbih memuji Tuhannya dan mereka beriman kepada-Nya serta memintakan ampun bagi orang-orang yang beriman (seraya mengucapkan): "Ya Tuhan kami, rahmat dan ilmu Engkau meliputi segala sesuatu, maka berilah ampunan kepada orang-orang yang bertobat dan mengikuti jalan Engkau dan peliharalah mereka dari siksaan neraka yang menyala-nyala,
ya Tuhan kami, dan masukkanlah mereka ke dalam surga Adn yang telah Engkau janjikan kepada mereka dan orang-orang yang saleh di antara bapak-bapak mereka, dan istri-istri mereka, dan keturunan mereka semua. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana,
dan peliharalah mereka dari (balasan) kejahatan. Dan orang-orang yang Engkau pelihara dari (pembalasan) kejahatan pada hari itu, maka sesungguhnya telah Engkau anugerahkan rahmat kepadanya dan itulah kemenangan yang besar".(Q.S al mu'min 7-9 )

8.dicintai Allah

Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang tobat dan menyukai orang-orang yang menyucikan diri.( Q.S al baqarah 222 )

ketika seorang hamba melepaskan diri dari jerat maksiat dgn bertobat,berarti orang itu telah memutihkan kembali hati mereka dari titik hitam kemaksiatan yg mengotorinya
rasulullah saw bersabda:
jika seorang hamba berdosa,noda2 hitam akan mengotori hatinya.namun jika dia bertobat maka hatinya akan bersih kembali ( H.R iibnu majah )

bertobat selayaknya senantiasa dilakukan oleh setiap mukmin
mengenai hal ini,rasulullah saw bersabda:
kebajikan ialah yg menenangkan hati,sedangkan dosa ialah yg meresap dan membimbangkan hati (H.R muslim )

orang2 yg bertobat mampu membeningkan hati mereka dari keruhnya dosa
krn itu mereka layak mendapatkan cinta Allah
Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang tobat dan menyukai orang-orang yang menyucikan diri.( Q.S al baqarah 222 )

ya,itulah sekelumit pemahaman saya tentang keutamaan taubat
mungkin agan2 ada yg mau nambahi lagi ttg ayat2 & hadits ttg taubat,monggo di share disini

maaf jika ada salah kata dari saya,mohon jangan di
maaf jika tulisan saya semrawut & membingungkan,maklum newbie & ini trit pertama saya

jika berkenan mohon di
×