- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Sejarah Jembatan Ampera Dan Proses Pembuatannya


TS
mrkogoromouri
Sejarah Jembatan Ampera Dan Proses Pembuatannya

Buat agan & sista yang berasal dari sumatera selatan, pasti deh udah familiar bgt ama yang nama nya Jembatan Ampera. Secara nih jembatan bukan hanya terkenal di SUMSEL aja, tapi pada umumnya orang Indonesia pasti pernah denger deh tentang jembatan ini

Ke TKP yok.


Pembangunan jembatan gerak ini dimulai pada bulan april 1962, setelah mendapat persetujuan dari presiden soekarno. Biaya pembangunannya diambil dari dana rampasan perang jepang dalam kata lain semua di tanggung oleh pemerintah jepang dari kontraktor dan pekerja.
Pada awalnya, jembatan sepanjang 1.177 meter dengan lebar 22 meter ini, dinamai jembatan bung karno. Menurut sejarawan djohan hanafiah, pemberian nama tersebut sebagai bentuk penghargaan kepada presiden ri pertama itu. Bung karno secara sungguh-sungguh memperjuangkan keinginan warga palembang, untuk memiliki sebuah jembatan di atas sungai musi.





Kite lanjut lai nyok.

Pada saat bagian tengah jembatan diangkat, kapal dengan ukuran lebar 60 meter dan dengan tinggi maksimum 44,50 meter, bisa lewat mengarungi sungai musi. Bila bagian tengah jembatan ini tidak diangkat, tinggi kapal maksimum yang bisa lewat di bawah jembatan ampera hanya sembilan meter dari permukaan air sungai.Sejak tahun 1970, jembatan ampera sudah tidak lagi dinaikturunkan. Alasannya, waktu yang digunakan untuk mengangkat jembatan ini, yaitu sekitar 30 menit, dianggap mengganggu arus lalu lintas antara seberang ulu dan seberang ilir, dua daerah kota palembang yang dipisahkan oleh sungai musi.




Jembatan ampera pernah direnovasi pada tahun 1981, dengan menghabiskan dana sekitar rp 850 juta. Renovasi dilakukan setelah muncul kekhawatiran akan ancaman kerusakan jembatan ampera bisa membuatnya ambruk.
Bersamaan dengan eforia reformasi tahun 1997, beberapa onderdil jembatan ini diketahui dipreteli pencuri. Pencurian dilakukan dengan memanjat menara jembatan, dan memotong beberapa onderdil jembatan yang sudah tidak berfungsi. Warna jembatan pun sudah mengalami 3 kali perubahan dari awal berdiri berwarna abu-abu terus tahun 1992 di ganti kuning dan terakhir di tahun 2002 menjadi merah sampai sekarang.
Nah segitu aja informasi yang ane dapat,buat agan & sista yang kebetulan paham tentang sejarah nih Jembatan, Mohon tambahannya.
Ane juga minta maaf jika penulisan dan kemungkinan sejarah yang ane dapat, terdapat kekeliruan. MOHON PENCERAHAN nya ya gan & Sista.

TERIMAKASIH!

Sumber : Google.co.id,Wikipedia.org,adipedia.com
Diubah oleh mrkogoromouri 20-02-2013 22:06
0
5K
37


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan