salam kaskuser ini thread pertama ane setelah sekian tahun di kaskus mudah2an bisa buat pengetahuan agan agan dan bisa bermanfaat
Spoiler for KALO NAPSU BOLEH DIBUKA:
dengan hormat g nolak kalo di dan semoga allah SWT mmbalas kebaikan agan agan yang memberi alias yang ijo ijo ..
Quote:
bukti no repost
Spoiler for Anti contek :
agan buka aja sendiri ane kebingungn mau ngegrab atau pake photo scape
Spoiler for FAKTA 1 :
Patut diingat supir taxi bukan Google maps yang pasti tahu tentang semua jalan di Jakarta atau di Indonesia dan tahu jalan pikiran penumpangnya, setelah duduk dalam taxi hal pertama yg harus diucapkan adalah "Tujuan dan jalur favorit anda", kecuali belum pernah ke tempat tujuan, cukup bilang " yang cepet dan ga macet aj pa"
Spoiler for FAKTA 2:
Supir taxi juga biasa disebut para "tuyul" karena jenis pekerjaannya, coba deh agan bandingin pasti sama, cuma bedanya tuyul gak kelihatan sama mata biasa, kerjaannya keluar kandang dan pulang harus bw uang ke kandang
Spoiler for FAKTA 3:
Supir taxi punya 2 sistem, Pertama Sistem Komisi, Kedua Sistem Setoran.
Sistem Komisi : Taxi keluar kandang dengan bensin full dan pulang harus dengan bensin full, seluruh hasil sesuai argo disetor dengan pembagian rumus komisi yg berbeda tiap perusahaan taxi. biasanya maximum yg didapat supir 20% dari seluruh hasil setelah dipotong bensin, sistem ini jarang ada istilah nombok karena sedikit atau banyak sesuai pendapatan hariannya.
Sistem Setoran : sistem ini menggunakan metode setiap keluar kandang sudah pasti harus setoran sesuai jumlah minimal yg ditetapkan, biasanya besar setoran sesuai dengan jenis mobil yg dipakai, makin muda dan bagus makin tinggi setorannya.
Kedua sistem menggunakan metode yang hampir sama, hasil harian ditambah hasil bulanan sesuai progresifitas dan akumulasi seluruh setoran selama 1 bulan, beberapa ditambah lagi dengan hasil jumlah kerja sesuai target minimal. ( ilustrasi : Hari kerja minimal adalah 400 rb, pengemudi bekerja selama 24 hari, 20 Hari hasilnya diatas 400 rb, 4 hari dibawah 400 rb, yg dihitung kerja adalah 20 hari, 4 hari dianggap TIDAK KERJA, bonus tambahannya sekitar Rp 200 rb) Pendapatan Normal seluruh supir Taxi kisaran antara Rp 3 - 5 juta sebulan kotornya, ini belum dikurangi makan pagi-siang-malam, jajan, parkir, tol, preman. dll. kisarn bersih paling tinggi sekitar Rp 2 juta perbulan dengan hari kerja 22 hari kerja dan jam kerja rata 15 jam perhari.
[/list]
Spoiler for FAKTA 4 :
UNTUK KEAMANAN pilihlah taxi dengan tingkat kebesaran nama perusahaan, makin terkenal perusahaannya biasanya makin tinggi tingkat pelayanannya, HAL PALING PENTING bukan nama supirnya tapi PERUSAHAAN dan NOMOR PINTU/LAMBUNG ini sangat berguna untuk kasus kehilangan atau ketidaknyamanan
Spoiler for FAKTA 5:
Tidak ada supir taxi yang tidak mengharapkan tips, karena dari tipslah mereka mau tetap kerja Taxi.
Spoiler for FAKTA 6:
Jam kerja supir taxi rata rata diatas 20 Jam perhari, keluar Jam 3 pagi pulang jam 12 malam, atau keluar jam 10 siang pulang jam 8 pagi, keluar pagi biasa disebut "orang siang" keluar malam/sore biasa disebut "orang kalong"
Spoiler for FAKTA 7:
Jenis Penumpang Taxi macam2 dari pengalaman TS mulai dari Hantu sampai dengan perempuan malam atau bos galau, setiap jenis penumpang punya karakter beda beda yang paling enak bos galau yang butuh temen curhat yg ini tipsnya rata rata guede banget. tips terbesar yang pernah TS dengar dari supir taxi lain adalah 10 jeti karena bos galau menemukan pencerahan setelah ngobrol ngalor ngidul sama supirnya, yang paling ga enak adalah penumpang hantu, karena jarang ada yang bayar. yang paling ga enak adalah jam makan siang krena banyak banget "argo bajaj" alias dibawah Rp 10 rb tp naeknya ber-5, bayarnya duit pas pula, dijamin begitu turun supirnya mengutuk penumpang tadi
Spoiler for FAKTA 8 :
cuma ada satu dari seribu/sepuluh ribu yang kebetulan nemu "rejeki gunung" di taxi, beberapa temen TS ada yang jadi bendahara/kasir tamu karena nyimpen duit sampe ratusan juta punya si tamu dan jadi tukang bayar segala kebutuhan tamu, otomatis dapat gaji tambahan dari tamu yang pasti bikin ngiler (modus), byngin deh, supir muter2 tapi ga ada penumpang dan argo dinyalain seharian penuh, nanti bayarnya diambil dari rekening tamu yg dipegang supir.
Spoiler for FAKTA 9 :
Semua supir Taxi harus bayar sendiri dari setiap kecelakaan yang mereka alami kecuali bukan karena kesalahannya tapi tetap mendapat sangsi. makanya musuh utama Taxi adalah para Biker yang biasanya ga perduli kalo gores atau patahin spion
Spoiler for FAKTA 10:
Tidak ada Argo yang bisa dimainkan atau disetel2 pada Taxi dengan sistem pool atau pulang kekandang atau perusahaan besar, jadi pilihlah Taxi yg bermerk dan kredibilitasnya diakui