- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Kota Di Indonesia Yang Menggunakan Bus Rapid Trans


TS
KambingShop
Kota Di Indonesia Yang Menggunakan Bus Rapid Trans
Quote:
WELCOME TO MY THREAD
Quote:
Quote:
Terinspirasi dari thread "Tiga Kota Selain Jakarta Yang Menggunakan Busway Bogota"ane membuat thread ini. Sebenarnya di dunia banyak sekali kota yang telah menggunakan busway dari Amerika hingga Afrika yaitu Lagos BRT di kota Lagos, Nigeria
Nah, di Indonesia pun juga banyak kota yang udah menggunakan BRT walaupun sebutan tiap daerah berbeda-beda. Penasaran? Langsung liat saja deh
Spoiler for Lagos:

Nah, di Indonesia pun juga banyak kota yang udah menggunakan BRT walaupun sebutan tiap daerah berbeda-beda. Penasaran? Langsung liat saja deh
Quote:
1. TransJakarta - Jakarta
TransJakarta adalah BRT dengan koridor terpanjang di dunia dengan koridor yang berjumlah 11 dan halte yang berjumlah 215. Armada bus ini juga tidak sedikit, yaitu 524 unit.
Spoiler for Buka:

TransJakarta adalah BRT dengan koridor terpanjang di dunia dengan koridor yang berjumlah 11 dan halte yang berjumlah 215. Armada bus ini juga tidak sedikit, yaitu 524 unit.
Quote:
2. TransPakuan - Bogor
Bus Trans pakuan adalah bus rapid transit di kota Bogor yang diresmikan pada tanggal 3 Juni 2007 melayani koridor Baranangsiang-Terminal Bubulak sejauh 14 Km dalam waktu kurang lebih 45 menit,terdapat sekitar 16 halte di jalur ini, tarifnya adalah Rp 3000, sejak kenikan BBM. Bus kota ini sangat mirip dengan Trans Jakarta, hanya berhenti di halte-halte saja. Yang membedakan hanyalah bus ini tidak menggunakan jalur khusus dan menggunakan Bus jenis 3/4. Bus ini juga diharapkan akan mengurangi jumlah angkot dan solusi kemacetan di kota bogor, jalur trayek ini juga direncanakan diperpanjang hingga ciawi dan direncanakan juga pembuatan koridor baru yaitu Terminal Bubulak-Terminal Tanah Baru(sedang direncanakan) dan semenjak awal November halte utama bus ini dipindahkan dari Poll Bus menuju Cidanghiang,sekitar 50 meter dari terminal bus Baranangsiang.
Spoiler for Buka:

Bus Trans pakuan adalah bus rapid transit di kota Bogor yang diresmikan pada tanggal 3 Juni 2007 melayani koridor Baranangsiang-Terminal Bubulak sejauh 14 Km dalam waktu kurang lebih 45 menit,terdapat sekitar 16 halte di jalur ini, tarifnya adalah Rp 3000, sejak kenikan BBM. Bus kota ini sangat mirip dengan Trans Jakarta, hanya berhenti di halte-halte saja. Yang membedakan hanyalah bus ini tidak menggunakan jalur khusus dan menggunakan Bus jenis 3/4. Bus ini juga diharapkan akan mengurangi jumlah angkot dan solusi kemacetan di kota bogor, jalur trayek ini juga direncanakan diperpanjang hingga ciawi dan direncanakan juga pembuatan koridor baru yaitu Terminal Bubulak-Terminal Tanah Baru(sedang direncanakan) dan semenjak awal November halte utama bus ini dipindahkan dari Poll Bus menuju Cidanghiang,sekitar 50 meter dari terminal bus Baranangsiang.
Quote:
3. Batik Solo Trans - Solo
Batik Solo Trans merupakan BRT yang ada di Surakarta.Sebelum BST beroperasi adalah bus Damri A. Semenjak BST beroperasi bus Damri (jalur A) dipindah ke jalur B dan BST beroperasi di jalur A. Bus BST melayani jurusan Berangkat dari Palur-Jurug-UNS-RS Muwardi-Pasar Gede-Gladak-Kustati-Gading-Sraten-Jamsaren-Tipes-Bayangkara-Baron-Gendengan-Purwosari-Kleco-Pabelan-Kartosuro. Kembali Kartosuro-Pabelan-Kleco-Purwosari-RS Kasih Ibu-Gendengan-SGM-Sriwedari-Nonongan-LP-Gladak-Balai Kota-Pasar Gede-RS Muwardi-UNS-Jurug-Palur. Rencananya bus ini akan menggunakan kartu pintar untuk membayar ongkos bus, namun sementara ini masih memakai karcis yang langsung dilayani oleh kondektur. Saat ini jumlah halte BST ada 35 rencananya 51 halte tetapi ada halte portabel,jadi waktu dia tempuh lebih singkat,contoh halte Sangkrah biasanya tempat transit Bus luar kota dari Terminal Tirtonadi yang jurusan Sukoharjo,Wonogiri,Pacitan bahkan sampai Ponorogo. Untuk umum RP.3000,- dan pelajar RP.1500,-. Saat ini Batik Solo Trans juga melayani penumpang hingga Bandara Adisoemarmo.
Spoiler for Buka:

Batik Solo Trans merupakan BRT yang ada di Surakarta.Sebelum BST beroperasi adalah bus Damri A. Semenjak BST beroperasi bus Damri (jalur A) dipindah ke jalur B dan BST beroperasi di jalur A. Bus BST melayani jurusan Berangkat dari Palur-Jurug-UNS-RS Muwardi-Pasar Gede-Gladak-Kustati-Gading-Sraten-Jamsaren-Tipes-Bayangkara-Baron-Gendengan-Purwosari-Kleco-Pabelan-Kartosuro. Kembali Kartosuro-Pabelan-Kleco-Purwosari-RS Kasih Ibu-Gendengan-SGM-Sriwedari-Nonongan-LP-Gladak-Balai Kota-Pasar Gede-RS Muwardi-UNS-Jurug-Palur. Rencananya bus ini akan menggunakan kartu pintar untuk membayar ongkos bus, namun sementara ini masih memakai karcis yang langsung dilayani oleh kondektur. Saat ini jumlah halte BST ada 35 rencananya 51 halte tetapi ada halte portabel,jadi waktu dia tempuh lebih singkat,contoh halte Sangkrah biasanya tempat transit Bus luar kota dari Terminal Tirtonadi yang jurusan Sukoharjo,Wonogiri,Pacitan bahkan sampai Ponorogo. Untuk umum RP.3000,- dan pelajar RP.1500,-. Saat ini Batik Solo Trans juga melayani penumpang hingga Bandara Adisoemarmo.
Quote:
4. TransSemarang - Semarang
TransSemarang adalah sebuah layanan angkutan massal yang meniru TransJakarta. Saat ini TransSemarang telah membuka 2 Koridor, yaitu Koridor 1 jurusan Mangkang - Penggaron dan koridor 2 jurusan Terboyo - Sisemut,Ungaran.
TransSemarang pernah diujicobakan pada 2 Mei 2009, bertepatan dengan hari jadi kota Semarang. Setelah ujicoba itu kabar peluncuran TransSemarang tak pernah terdengar lagi.
Setelah sekian lama tak terdengar, akhirnya TransSemarang diluncurkan pada tanggal 18 September.
Spoiler for Buka:

TransSemarang adalah sebuah layanan angkutan massal yang meniru TransJakarta. Saat ini TransSemarang telah membuka 2 Koridor, yaitu Koridor 1 jurusan Mangkang - Penggaron dan koridor 2 jurusan Terboyo - Sisemut,Ungaran.
TransSemarang pernah diujicobakan pada 2 Mei 2009, bertepatan dengan hari jadi kota Semarang. Setelah ujicoba itu kabar peluncuran TransSemarang tak pernah terdengar lagi.
Setelah sekian lama tak terdengar, akhirnya TransSemarang diluncurkan pada tanggal 18 September.
Quote:
5. TransJogja - Jogja
Trans Jogja adalah sebuah sistem transportasi bus cepat, murah dan ber-AC di seputar Kota Yogyakarta, Indonesia. Trans Jogja merupakan salah satu bagian dari program penerapan Bus Rapid Transit (BRT) yang dicanangkan Departemen Perhubungan. Sistem ini mulai dioperasikan pada awal bulan Maret 2008 oleh Dinas Perhubungan, Pemerintah Provinsi DIY. Motto pelayanannya adalah "Aman, Nyaman, Andal, Terjangkau, dan Ramah lingkungan".
Sistem yang menggunakan bus berukuran sedang ini menerapkan sistem tertutup, dalam arti penumpang tidak dapat memasuki bus tanpa melewati gerbang pemeriksaan, seperti juga TransJakarta. Selain itu, diterapkan sistem pembayaran yang berbeda-beda: sekali jalan, tiket berlangganan pelajar, dan tiket berlangganan umum. Ada tiga macam tiket yang dapat dibeli oleh penumpang, yaitu tiket sekali jalan, dan tiket umum berlangganan. Tiket ini berbeda dengan karcis bus biasa karena merupakan kartu pintar. Karcis akan diperiksa secara otomatis melalui suatu mesin yang akan membuka pintu secara otomatis. Penumpang dapat berganti bus tanpa harus membayar biaya tambahan, asalkan masih dalam satu tujuan.
Pengelola Trans Jogja adalah PT Jogja Tugu Trans, sebagai wujud konsorsium empat koperasi pengelola transportasi umum kota dan pedesaan di Yogya (Koperasi Pemuda Sleman, Kopata, Aspada, dan Puskopkar) dan Perum DAMRI.
Sebagai komponen dari sistem transportasi terpadu bagi Kota Yogyakarta dan daerah-daerah pendukungnya, sistem ini menghubungkan enam titik penting moda perhubungan di sekitar kota.
Perencanaan Trans Jogja cukup mendesak karena sistem transportasi Yogyakarta dan sekitarnya sebelumnya dinilai tidak efisien. Pada tahap perencanaan banyak tantangan muncul dari pengelola bus yang telah ada serta para pengemudi becak. Penerapan sistem ini semula direncanakan pada tahun 2007, namun bencana gempa bumi Yogyakarta pada bulan Juni 2006 menyebabkan pergeseran waktu pelaksanaan.
Pada saat awal peluncuran, terdapat enam trayek bis yang dilayani secara melingkar dari dan kembali ke terminal awal mulai dari jam 6:00 hingga 22:00 WIB. Terdapat 54 armada bus berukuran sedang dengan 34 tempat duduk. 67 halte khusus dibuat dengan biaya masing-masing 70 juta rupiah yang dikerjakan oleh dua kontraktor.
Spoiler for Buka:
Trans Jogja adalah sebuah sistem transportasi bus cepat, murah dan ber-AC di seputar Kota Yogyakarta, Indonesia. Trans Jogja merupakan salah satu bagian dari program penerapan Bus Rapid Transit (BRT) yang dicanangkan Departemen Perhubungan. Sistem ini mulai dioperasikan pada awal bulan Maret 2008 oleh Dinas Perhubungan, Pemerintah Provinsi DIY. Motto pelayanannya adalah "Aman, Nyaman, Andal, Terjangkau, dan Ramah lingkungan".
Sistem yang menggunakan bus berukuran sedang ini menerapkan sistem tertutup, dalam arti penumpang tidak dapat memasuki bus tanpa melewati gerbang pemeriksaan, seperti juga TransJakarta. Selain itu, diterapkan sistem pembayaran yang berbeda-beda: sekali jalan, tiket berlangganan pelajar, dan tiket berlangganan umum. Ada tiga macam tiket yang dapat dibeli oleh penumpang, yaitu tiket sekali jalan, dan tiket umum berlangganan. Tiket ini berbeda dengan karcis bus biasa karena merupakan kartu pintar. Karcis akan diperiksa secara otomatis melalui suatu mesin yang akan membuka pintu secara otomatis. Penumpang dapat berganti bus tanpa harus membayar biaya tambahan, asalkan masih dalam satu tujuan.
Pengelola Trans Jogja adalah PT Jogja Tugu Trans, sebagai wujud konsorsium empat koperasi pengelola transportasi umum kota dan pedesaan di Yogya (Koperasi Pemuda Sleman, Kopata, Aspada, dan Puskopkar) dan Perum DAMRI.
Sebagai komponen dari sistem transportasi terpadu bagi Kota Yogyakarta dan daerah-daerah pendukungnya, sistem ini menghubungkan enam titik penting moda perhubungan di sekitar kota.
Perencanaan Trans Jogja cukup mendesak karena sistem transportasi Yogyakarta dan sekitarnya sebelumnya dinilai tidak efisien. Pada tahap perencanaan banyak tantangan muncul dari pengelola bus yang telah ada serta para pengemudi becak. Penerapan sistem ini semula direncanakan pada tahun 2007, namun bencana gempa bumi Yogyakarta pada bulan Juni 2006 menyebabkan pergeseran waktu pelaksanaan.
Pada saat awal peluncuran, terdapat enam trayek bis yang dilayani secara melingkar dari dan kembali ke terminal awal mulai dari jam 6:00 hingga 22:00 WIB. Terdapat 54 armada bus berukuran sedang dengan 34 tempat duduk. 67 halte khusus dibuat dengan biaya masing-masing 70 juta rupiah yang dikerjakan oleh dua kontraktor.
Quote:
6. Trans Metro Bandung - Bandung
Trans Metro Bandung adalah bus rapid transit di kota Bandung yang diresmikan pada tanggal 22 Desember 2008. Trans Metro Bandung telah mengoperasikan koridor pertama yaitu koridor Cibeureum-Cibiru sejauh 16 km. Terdapat 16 halte di jalur Trans Metro Bandung. Bus koridor I ini hanya melewati Jalan By Pass Soekarno Hatta. Bus ini juga diharapkan akan mengurangi jumlah angkot dan solusi kemacetan di Kota Bandung. TMB ini menjadi proyek patungan antara pemerintah kota Bandung dengan Perum II DAMRI Bandung dalam memberikan layanan transportasi massal dengan harga murah, fasilitas dan kenyamanan yang terjamin serta tepat waktu ke tujuan.
Spoiler for Buka:

Trans Metro Bandung adalah bus rapid transit di kota Bandung yang diresmikan pada tanggal 22 Desember 2008. Trans Metro Bandung telah mengoperasikan koridor pertama yaitu koridor Cibeureum-Cibiru sejauh 16 km. Terdapat 16 halte di jalur Trans Metro Bandung. Bus koridor I ini hanya melewati Jalan By Pass Soekarno Hatta. Bus ini juga diharapkan akan mengurangi jumlah angkot dan solusi kemacetan di Kota Bandung. TMB ini menjadi proyek patungan antara pemerintah kota Bandung dengan Perum II DAMRI Bandung dalam memberikan layanan transportasi massal dengan harga murah, fasilitas dan kenyamanan yang terjamin serta tepat waktu ke tujuan.
Quote:
7. Trans Musi - Palembang
Trans Musi adalah kendaraan berjenis Bus Rapid Transit (BRT) di Kota Palembang, Indonesia. Trans Musi dikelola oleh PT Sarana Pembangunan Palembang Jaya yang merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kota Palembang. Sistem transportasi transmusi ini menghubungkan moda transportasi lainnya berupa bandara, stasiun kereta api, terminal bus, dan terminal bus air.
Sistem pembayaran Trans Musi menggunakan kartu pintar (smart card). Terdapat dua jenis smart card yaitu tiket sekali jalan (single trip) atau isi ulang. smart card isi ulang dibuat dengan empat tipe yang bisa dipilih masyarakat. Adapun voucher perdana untuk tipe isi ulang disediakan sebesar Rp. 18.000, dengan rincian Rp. 10.000 untuk voucher dan pulsa Rp. 8.000. Untuk voucher isi ulang juga disiapkan pulsa dari Rp. 10.000, Rp. 20.000, Rp. 50.000,dan Rp. 100.000.
Spoiler for Buka:

Trans Musi adalah kendaraan berjenis Bus Rapid Transit (BRT) di Kota Palembang, Indonesia. Trans Musi dikelola oleh PT Sarana Pembangunan Palembang Jaya yang merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kota Palembang. Sistem transportasi transmusi ini menghubungkan moda transportasi lainnya berupa bandara, stasiun kereta api, terminal bus, dan terminal bus air.
Sistem pembayaran Trans Musi menggunakan kartu pintar (smart card). Terdapat dua jenis smart card yaitu tiket sekali jalan (single trip) atau isi ulang. smart card isi ulang dibuat dengan empat tipe yang bisa dipilih masyarakat. Adapun voucher perdana untuk tipe isi ulang disediakan sebesar Rp. 18.000, dengan rincian Rp. 10.000 untuk voucher dan pulsa Rp. 8.000. Untuk voucher isi ulang juga disiapkan pulsa dari Rp. 10.000, Rp. 20.000, Rp. 50.000,dan Rp. 100.000.
Quote:
8. Trans Bandar Lampung - Lampung
Trans Bandarlampung adalah kendaraan berjenis Bus Rapid Transit (BRT) di Bandarlampung, Indonesia. Trans Bandarlampung dikelola oleh Konsorsium PT Trans Bandarlampung (PT. TBL) yang merupakan gabungan 37 perusahaan angkutan di Bandarlampung. Sistem transportasi Trans Bandarlampung ini menghubungkan wilayah kota dalam jarak yang cukup jauh. Trans Bandarlampung dioperasikan oleh swasta mutlak dan merupakan yang pertama di Indonesia.
Spoiler for Buka:
Trans Bandarlampung adalah kendaraan berjenis Bus Rapid Transit (BRT) di Bandarlampung, Indonesia. Trans Bandarlampung dikelola oleh Konsorsium PT Trans Bandarlampung (PT. TBL) yang merupakan gabungan 37 perusahaan angkutan di Bandarlampung. Sistem transportasi Trans Bandarlampung ini menghubungkan wilayah kota dalam jarak yang cukup jauh. Trans Bandarlampung dioperasikan oleh swasta mutlak dan merupakan yang pertama di Indonesia.
Quote:
9. Trans Metro - Pekanbaru
Transmetro Pekanbaru adalah bus rapid transit cepat di kota Pekanbaru yang mulai beroperasi pada tanggal 18 Juni 2009.
Spoiler for Buka:

Transmetro Pekanbaru adalah bus rapid transit cepat di kota Pekanbaru yang mulai beroperasi pada tanggal 18 Juni 2009.
Quote:
Quote:
Tambahan dari TS:
Spoiler for Buka:
Budayakan Komentar, Jangan Lupa Rate 5, Tambah Lemparin Cendol Biar Mantep






Diubah oleh KambingShop 04-02-2013 15:09
0
7.3K
Kutip
31
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan