Setiap pemimpin memiliki gaya sendiri. Di sisi lain setiap perusahaan membutuhkan pendekatan personal. Kepemimpinan adalah proses yang berkelanjutan dan selalu ada cara memperbaiki kepepimpinan ke level yang lebih tinggi.
Tidak peduli siapa Anda, atau jenis perusahaan yang dipimpin, ada beberapa cara universal yang dapat membuat Anda lebih baik dalam hal kepemimpinan.
Berikut di bawah ini adalah 10 hal yang dapat dilakukan seorang pimpinan organisasi atau perusahaan, yang dilansir Inc.com:
Spoiler for 1. Jangan memikirkan hal teknis:
Itu bukan pekerjaan Anda. Tugas Anda adalah mendapatkan orang lain untuk mengeksekusi ide Anda. Idealnya seorang pemimpin adalah orang yang mempunyai pemikiran dan strategi besar.
Jangan terjebak pada hal teknis yang menguras tenaga dan melemahkan kemampuan atau potensi orang-orang kepercayaan Anda.
Spoiler for 2. Lupakan tentang demokrasi:
Adakalanya untuk tidak meminta masukan dari pihak lain, karena dampaknya hanya akan membuat bawahan kurang percaya pada kemampuan Anda. Bersikaplah yang tegas.
Spoiler for 3. Jangan pernah berkata 'mulai dari hal kecil':
Jika Anda ingin percepatan dalam usaha, jangan pernah berkata 'mulailah dari hal kecil'. Carilah ide-ide besar, dan mulailah mendorong tim Anda untuk mencapainya.
Jika Anda mulai dari yang kecil, maka hasilnya juga dari kecil.
Spoiler for 4. Atur waktu yang tepat:
Berkejaran dengan waktu butuh strategi untuk mengatur waktu yang tepat, kapan harus menyerang. Para CEO terbaik bergerak lebih cepat dari kompetitor mereka.
Kuncinya adalah ketidaksabaran. Ketidaksabaran adalah alat penting untuk memotivasi diri.
Spoiler for 5. Buat dan berceritalah tentang kisah-kisah menarik:
Memiliki visi yang kuat dan terarah akan berdampak baik jika Anda bisa meyakinkan orang lain untuk percaya pada apa yang Anda katakan. Buatlah cerita menarik yang bisa menginspirasi banyak orang.
Spoiler for 6. Berikan bahan jadi:
Jangan hanya omong kosong, atau angan-angan. Dokumen mentah dan digarap dengan tidak hati-hati, tidak akan dianggap serius. Perhatikan detil konsep yang Anda buat, bahkan sampai tanda bacanya.
Format yang sempurna merupakan elemen penting dalam menjual ide Anda.
Spoiler for 7. Siapkan arahan untuk setiap petemuan:
Struktur yang lebih lengkap membantu tim Anda mengerti bagaimana mencapai hasil. Berikan peran dan perjelas harapan tim. Tulis agenda, dan awasi setiap pertemuan pada setiap divisi.
Spoiler for 8. Keluarkan staf yang tidak produktif:
Pendapat klise ini ada benarnya: lebih baik merekrut orang baru, dari pada mempertahankan orang-orang lama yang sudah menurun produktivitasnya.
Spoiler for 9. Jangan pernah pupus semangat:
Jika Anda menginspirasi tim, jangan pernah surut semangat. Bicaralah lebih sering dan lebih jelas dari yang lainnya.
Spoiler for 10. Berperilakulah seolah perusahaan Anda adalah perusahaan publik:
Apa yang akan Anda lakukan jika Anda tahu bahwa setiap keputusan yang dibuat akan terlihat oleh pemegang saham dan memengaruhi saham mereka?.
Beroperasilah dari perspektif ini, maka ide-ide terbesar Anda akan naik ke permukaan.