Masih ingat gan Senam SKJ 94 ?


Olahraga ini mengingatkan kita semua waktu SD gan
klo denger ini pingin banget rasanya kembali ke jaman waktu SD

Quote:
Senam Kesegaran Jasmani atau sering disingkat dengan SKJ adalah senam massal yang diwajibkan oleh pemerintah Indonesia. Senam ini biasanya diiringi oleh lagu berirama dari berbagai provinsi yang diaransemen ulang dan biasanya dilakukan oleh sekelompok peserta besar. SKJ biasa dilakukan di tempat-tempat umum di Indonesia di hari-hari tertentu dalam satu minggu, yaitu hari Jumat pagi. Senam ini beserta musik yang mengiringinya menjadi sangat populer pada tahun '80-an dan '90-an saat masa pemerintahan Orde Baru.


Berikut ini adalah cara senam SKJ
Quote:
# LATIHAN SIKAP SIAP
Badan tegap dengan bahu rileks. Kedua tangan lurus di samping badan serta pandangan lurus ke depan. Kedua aki lurus dengan tumit rapat serta ujung kaki menghadap serong
# LATIHAN PEMANASAN
o Jalan di tempat
o Gerakan kepala. Menoleh ke kanan - kiri, menunduk - menengadah, serta gerakan memutar searah jarum jam dan sebaliknya
o Gerakan bahu
o Gerakan lengan dan punggung bagian atas
o Gerakan tekuk lengan, kaki bertumpu pada tumit
o Gerakan lengan, bahu, dada, tungkai
o Gerakan peregangan dinamis otot samping badan
o Gerakan peregangan statis

# LATIHAN GERAKAN PERALIHAN
Gerakan jalan, tepuk tangan, mau - mundur

# LATIHAN GERAKAN INTI
o Gerakan meluruskan dan menekuk lengan
o Gerakan memanah, mengayun lengan, mengangkat kaki
o Gerakan meluruskan dan menarik lengan
o Gerakan koordinasi gerakan tangan dengan kaki
o Gerakan mambo (cha - cha)


# LATIHAN GERAKAN PEREGANGAN
o Gerakan peregangan dinamis
o Gerakan peregangan statis


PERKEMBANGANNYA
Quote:
1. SKJ '84
Lagu pengiring diaransemen oleh Nortier Simanungkalit
2. SKJ '88
Lagu pengiring diaransemen oleh Januar Ishak. Satu seri berdurasi sekitar 5 menit.
3. SKJ '93
Lagu pengiring diaransemen oleh Januar Ishak. Satu seri berdurasi 12 menit 9 detik untuk versi satu seri, berisi Pemanasan, Inti, dimulai dari lagu:
· Yamko Rambe Yamko (Papua)
· Jali Jali (Jakarta)
· Tanduk Majeng (Jawa Timur)
· Cing Cangkeling (Jawa Barat)
· Rasa Sayange (Maluku)
· Paris Barantai (Kalimantan Selatan)
4. SKJ '94
Lagu pengiring sama dengan SKJ 93, hanya diberi hitungan.
5. SKJ Usia SD '96
Diaransemen oleh FX Sutopo, berisi Pemanasan, Inti, Pendinginan dan Pelemasan) durasi sekitar 10 menit.
6. Senam Sajojo
Diiringi dengan lagu Sajojo dari Papua.
7. Senam Poco – Poco
Diiringi dengan lagu Poco-Poco dari Sulawesi Utara.
8. Senam Kubro Siswo
Diiringi dengan lagu dan gerakan dari hasil penyerapan tarian adat Jawa yaitu tari Kubro Siswo. Musik identik dengan beduk, terompet, dan gamelan.
9. Senam Ayo Bersatu Beni
10. Senam Lansia
Biasanya diikuti oleh peserta yang sudah lanjut usia atau tidak memiliki kemampuan fisik normal dan
sehat seperti anak muda.


Spoiler for :


Spoiler for :


Spoiler for :


Quote:BELOM ISO DI

aja ya gan
SENAM SKJ yuk gan .... !!


Quote:NIH GERAKAN DASARNYA
ikutin yaa

Quote:



Keduaxx

Masiih , itu sampah Kota Jogjakarta
Selokan kota jogja gang 94 . Bner gak gan?
masa lalu yang suram
Quote:Original Posted By moderator.palsu
masa lalu yang suram


masa lalunya suram gan ??
ane ijin nyimak dolo yaa
Quote:Original Posted By air
ane ijin nyimak dolo yaa


kok ijin nyimak
Quote:Original Posted By danangsunday
Selokan kota jogja gang 94 . Bner gak gan?


apa ya gan
inget gan.. kemana tuh
Quote:Original Posted By andipramana123
inget gan.. kemana tuh


masih ada gan di beberapa tingkat sekolah dasar
dah jam 1 pagi dini ahri sepi
diadain tiap jumat.... wajib klo tdk ikut dihukum.. flashback sd ...
Quote:Original Posted By roorerror
diadain tiap jumat.... wajib klo tdk ikut dihukum.. flashback sd ...


tempet ane dulu malah tiap hari gan..
trus habis itu klo mau masuk kelas baris dulu
jadi inget waktu sekolah ah
kalo ane dulu SD sempet ngrasain tiap hari jumat gan tp setelah masuk SMP paling slama setahun 1-2 kali aja gan senamnya..

Baris paling belakang sambil liatin cewe2 goyang
jadi kngen jaman sd dan smp
anak-anak sekarang pada gak ingat tuh SKJ94 ingatnya JKT48 gan
Inget banget gan,,,,,sampe ane inget dihuku ma guru olaraga ane suruh ngapalin gerakan nih senam,,,hahahahahah