KASKUS

Exclamation Mitra 10 Depok - Hati hati beli di tempat ini





Sabtu - 2 Peb 2013, TS membeli 5 box kekurangan keramik di Mitra 10. Proses transaksi berlangsung sebagaimana biasa TS lakukan, cek banyaknya box dan tanda tangan serah terima setelah petugas memasukan box ke mobil TS.
Setelah sampai rumah, TS menurunkan box tersebut dan terkejut menemukan box yang tampak terbuka dan sepertinya ada yang janggal dengan jumlahnya, karena lebih ringan dari yang lain. Setelah melihat isinya dan menghitung ulang, ternyata benar kurang 3 buah dan box ini pernah dibuka sebelumnya karena tertulis kurang 3 untuk display (as per attached image) ...
TS panik, takut akibat kekurangan ini, keramik lain yang sudah dipasang bakal belang kalau cari di tempat dan waktu yang berbeda (sebelumnya sudah dapat wanti-wanti untuk beli lebih agar kalau ada yang rusak atau gompal bisa ter-cover, tapi ga pernah menyangka kalau sampai isi-nya disunat seperti ini). Bingungnya, kenapa ini terjadi di toko sebesar Mitra 10, justru alasan TS ke sana karena melihat kemungkinan mereka memiliki kualitas produk yang lebih baik dengan harga yang bersaing. Ternyata, skala besar dan semboyan kepuasan pelanggan adalah nomor satu itu memang hanya isapan jempol. Dengan maksud komplain, TS telepon:
- Mitra 10 Depok: Kalau hanya kurang 3, ambil sendiri saja ... catat komplain, cuma bilang mau ditindaklanjuti dan akan dihubungi kembali sepertinya masuk tempat sampah begitu telepon ditutup (nanya alamat saja tidak, sepertinya benar2 niat ga mau tanggung jawab).
- Hotline Mitra 10: Berharap minta bantuan, ternyata masuk kuping kiri keluar kuping kanan, katanya sudah disampaikan ke Mitra 10 Depok (lebih parah: nanya masalah secara detail nota dan lainnya tidak dilakukan, sepertinya hanya duduk di depan telepon tapi fungsi customer service-nya ga jalan, yang lucu bilang nomor resi sedang dicari tapi ga nanya nomor resi ... koq bisa .. resi siapa tuh yang dicari )
Setelah konsultasi dan recheck ulang dengan tukang, mereka yakin cukup dan TS mulai bernafas lega, malas juga urusan sama Mitra 10, ini sih ujung-ujungnya sepertinya masuk ke dalam masalah duit receh bagi mereka, jadi ga layak untuk ditindaklanjuti ...
Yah, pelajaran juga untuk TS agar lebih hati-hati dalam beli keramik, bukan hanya hitung box, tapi perhatikan juga isi dan jumlah (buset deh, kalau sampai 100 box saja ... kerjaan akhir tahun jadi masalah pribadi ) ... dan jangan percaya sama toko skala besar begitu saja, karena ga menjamin mereka punya pengendalian stok dan respon pelanggan yang baik ... terutama Mitra 10 Depok. Bukan kasus ini saja, tapi kali ini bukan masalah kualitas yang masih bisa ditolerir, tapi kuantitas yang mulai disunat tanpa pemberitahuan ...
diskon aja ga dikasih, malah dipotong barangnya
wah kenapa ga diperiksa di toko nya gan..??
kalo disana udh ketauan bisa lebih cepet ya claim nya
Quote:Original Posted By hezztee
wah kenapa ga diperiksa di toko nya gan..??
kalo disana udh ketauan bisa lebih cepet ya claim nya


iyaa nih, mungkin tsnya juga yg kurang teliti...hehehe
Mungkin sedang terburu-buru gan, tukang lagi nungguin di rumah, jadi gak sempet periksa-periksa dulu di toko.

Tapi biarpun kata tukang cukup, harusnya tetep aja balik ke toko buat ambil kekurangannya yang 3 pcs itu. Selain emang udah jadi hak kita, bisa jadi pelajaran buat M10 biar kedepannya lebih hati-hati. Coba, apa gak malu tuh toko kalo TS balik sambil nenteng kardus yang tulisannya "Kurang 3 PCS" sambil ngomel2, "Mas, kok barang beginian dijual sih?
ga murni salahnya TS kok..kpn sih kita kalau beli sesuatu SELALU kita cek?
pasti ada saatnya kita beli sesuatu dan langsung terima2 aja krn atas dasar kepercayaan... ini emg tokonya yg ga bener..
ngecek keramik satu persatu ? memangnya enteng apa ? harusnya pihal store (toko) sudah ada catatan di sistem bahwa terjadi kekurangan karena sebagian untuk display (beberapa kali saya belanja ke depo bangunan dan mereka cukup tercatat rapi sistemnya)
beli 2 kotak gpp sih kalau saya cek
tapi kalau hitungan puluhan kotak, boro boro cek
kurang 3pcs memang tanggung basah


selamat ya yg lagi reno
mg mg lancar2

Quote:Original Posted By lunar1980
ngecek keramik satu persatu ? memangnya enteng apa ? harusnya pihal store (toko) sudah ada catatan di sistem bahwa terjadi kekurangan karena sebagian untuk display (beberapa kali saya belanja ke depo bangunan dan mereka cukup tercatat rapi sistemnya)


Bener nih Om Lunar....cuma saya mau tanya kenapa TS pas2 an banget yah beli keramiknya..sampai kurang 3 pcs saja sudah panik...menurut saya sih kalau beli keramik begini mungkin perlu dilebihin agak banyak...bagaimana kalau nanti rusak/ pecah waktu pemasangan? Atau buat nanti2 misalnya.

Soalnya bener spt yg TS bilang kalau model nya ngga keluar lagi masak jadi belang? Ya memang harus tetap diclaim kekurangannya itu, cuma bagaimana kalau memang ternyata 3 pcs itu tdk ada lagi...repot juga kan.
desember lalu gue beli barang disana, cabang lain sih. dibrosur bulanan barang gue ada diskon 5%, pas bayar katanya diskon udah gak berlaku padahal tanggalnya belum lewat.
FYI soal keramik. kalo orang bangunan biasanya tau keramik beda batch, warna bisa beda. kalo merek2 terkenal biasanya gak gitu beda, paling beda ukuran sekian mm. di tiap box ada batch nya.
Semestinya TS balik lagi ke Toko buat ajukan Claim!,biar langsung dapat gantinya!,menurut ane ini murni kesalahan Toko/.pegawainya yang tidak memisahkan barang yang kurang dengan yang lengkap!...TS jangan hanya diam aja walaupun tukang nyatakan cukup tp kekurangan 3 pcs adalah hak anda yang sudah dibayar...
Ane pernah beli 10 box keramik di depok mitra 10,
biasanya setelah bayar Ane, disuruh nunggu sebentar untuk diambil barangnya, setelah barangnya datang, Yang antar, Petugas Mitra10 selalu mencek ulang, dengan mencocokkan nota pembelian yang ada pada Ane.

Ane selalu periksa dus-dus itu apakah tertutup segel atau tidaknya, bahkan Ane selalu teliti untuk melihat segel plastik yg terbuka atau di ganti bahkan ada yang ditimpah.

ini KESALAHAN TS yang tidak teliti, teledor, tidak melihat pas dinaikin ke mobil kan bisa dilihat dari segel nya apakah terbuka atau segel di timpah segel lainnya.

kalau benar TS memeriksa dan menghitung box-box keramik tersebut,
itu pas TS cek dan lihat banyaknya box-box nya kenapa tidak melihat tulisan "kurang 3 pcs, (display)" ??



tinggal ke mitra 10 nya langsung gan ,bawa dusnya itu.
pasti di kasih lah 3pcs doang itu ane rasa.
Quote:Original Posted By FIRSTKASKUSTER
Ane pernah beli 10 box keramik di depok mitra 10,
biasanya setelah bayar Ane, disuruh nunggu sebentar untuk diambil barangnya, setelah barangnya datang, Yang antar, Petugas Mitra10 selalu mencek ulang, dengan mencocokkan nota pembelian yang ada pada Ane.

Ane selalu periksa dus-dus itu apakah tertutup segel atau tidaknya, bahkan Ane selalu teliti untuk melihat segel plastik yg terbuka atau di ganti bahkan ada yang ditimpah.

ini KESALAHAN TS yang tidak teliti, teledor, tidak melihat pas dinaikin ke mobil kan bisa dilihat dari segel nya apakah terbuka atau segel di timpah segel lainnya.

kalau benar TS memeriksa dan menghitung box-box keramik tersebut,
itu pas TS cek dan lihat banyaknya box-box nya kenapa tidak melihat tulisan "kurang 3 pcs, (display)" ??


Yup, semestinya cek dulu itu box-box satu persatu ya, di gulang guling nyari petunjuk (note: TS pengalaman bantu ngangkat keramik puluhan box dari mobil turun, buat mutar satu sisi ke sisi lain saja butuh tenaga ekstra ... badan TS sih kecil ... hehehe ... kelemahan dan prinsip TS: no Raja Tega dan berharap yang Pro saja), tapi memang situasi waktu itu juga berperan, cuaca mau hujan, margonda macet, bawa anak istri yang cuman baru makan french fries BK doang ... jadi prosedur standar saja ... lihat box ada 5 lengkap langsung tancap gas cabut.

Seperti di awal TS beli ke sini karena kemungkinan aman dari tipa tipu lebih besar jadi bisa lebih cepat dan efisien ... eh ga tau-nya musti pakai prosedur eceran (ga nyangka untuk keramik juga harus diterapin, pernah TS beli wastafel di sini juga harus teliti baik-baik ... hidden krack )

Ini juga permintaan gara-gara waktu reno, TS iseng tambah sana sini jadi kurang ... hehehe ... tukangnya lapor deh. Berhubung TS bukan tukang, meskipun ada spare 1-2 box, cara pandangnya ya kalau beli 1 box berarti harus dapat 1 box sesuai isi - 1 box = 1 m2 (plus batch kode sama atau minimal ga lari jauh warnanya) dan untuk lebih jamin beli di tempat yang terjamin.

Terlepas dari itu tulisan ballpoint yang juga luput dari pantauan TS, kenapa Mitra 10 Depok juga tidak melihat tulisan itu? Kenapa box seperti ini digabungkan dengan ready for delivery item?

TS sadar kalau beli keramik ga bisa perfect (tapi bukan isi sampai hilang ya, hanya pecah beberapa dalam perjalanan/packaging lain, yah setidaknya bisa dipakai buat plin) .. kenapa beli KW1, karena berharap KW1 benar2 menjamin untuk mutu dan kenapa beli di toko besar, berharap toko besar benar2 menjamin isi. Dari pengalaman TS beli ratusan box, ada yang robak robek kardusnya, tapi isinya pas ... bagaimana checknya kalau di tempat tujuan: itu keramik disusun sama tinggi dalam satu ruangan dengan isi menghadap ke kita ... dan fine-fine saja tuh (itu sih dari Depo Serpong sama BJ Tangerang).
kalau TS ambil sendiri di sana: standard check box saja, ketawa ketiwi sama petugasnya ... ini kelemahan TS, kasihan kalau ngelihat orang keringatan tapi muka ditekuk ... malah mampet itu keringat.

Malah ada kasus mereka pernah ngasih lebih dan TS balikin (ga tega kalau uang mereka dipotong gara2 ada box hilang) ... dan no compain so far.

Intinya: TS sih mikir lurus-lurus saja, TS salah, TS tanggung, yang TS tuntut hanya produk dan pelayanan yang baik dari kepercayaan yang TS berikan.

Pikir2 kenapa ga beli di Depok saja kalau ada toko gede sekelas itu di sini ... tapi ternyata memang masih bukan kelasnya ... gimana ratusan, kalau 1 dari 5 aja ga benar.

Kenapa akhirnya sampai di sini ga surat pembaca harian nasional sekalian ... ini cuman curhat dan share info aja untuk kaskuser ... sama dengan yang lain, untung ada kaskus, jadi setidaknya dengan nulis, dongkol di hati sedikit terobati, jadinya angin santai saja ... syukur-syukur ini thread merubah Mitra 10 Depok jadi lebih professional dan bagi para kaskuser cuman contoh kasus saja kekurang telitian pembeli dari keteledoran penjual baik sengaja maupun tidak disengaja ... lagipula tukang sendiri bilang bisa cukup.

... tenang ... kalau memang benar2 butuh TS pasti balik koq ke Mitra 10 Depok buat nyelamatin 1 ruangan .

Nah itu bedanya: TS mikir 3pcs untuk melengkapi 1 ruangan = menyelamatkan beberapa box kalau Mitra 10 Depok sepertinya mikir 3 pcs saja dan itu saja titik ... ga mikir 1 pcs pun berharga dalam pemasangan keramik.

Untung saat ini itu keramik cukup, menghindari emosi berlebih TS pikir lebih baik, takutnya out of controll kalau sudah emosi ... ga mau spesifik ke person juga ... kasihan kalau mereka juga punya tanggungan.


Quote:Original Posted By lunar1980
ngecek keramik satu persatu ?[/B] memangnya enteng apa ? harusnya pihal store (toko) sudah ada catatan di sistem bahwa terjadi kekurangan karena sebagian untuk display (beberapa kali saya belanja ke depo bangunan dan mereka cukup tercatat rapi sistemnya)


siapa yang suruh ngecek keramik satu2?
cukup cek kardusnya aja..
lihat udah dibuka apa masih segel utuh...
karena itu cukup dari kardus nya aja udah ketauan kalo itu pernah diambil untuk barang display

Quote:Sabtu - 2 Peb 2013, TS membeli 5 box kekurangan keramik di Mitra 10. Proses transaksi berlangsung sebagaimana biasa [B]TS lakukan, cek banyaknya box dan tanda tangan serah terima, setelah petugas memasukan box ke mobil TS.



jelas sudah disini bahwa TS nya yang gak telitit, dia sendiri udah bilang kalo uda periksa banyaknya box.. masa gak nyadar kalo ada box yang udah terbuka???
cek dus 1 per 1? ain't no body have time for dat.
Wah masukan yang bagus buat ane yg sering bolak balik Mitra 10 nih
Quote:Original Posted By supertramp


Bener nih Om Lunar....cuma saya mau tanya kenapa TS pas2 an banget yah beli keramiknya..sampai kurang 3 pcs saja sudah panik...menurut saya sih kalau beli keramik begini mungkin perlu dilebihin agak banyak...bagaimana kalau nanti rusak/ pecah waktu pemasangan? Atau buat nanti2 misalnya.

Soalnya bener spt yg TS bilang kalau model nya ngga keluar lagi masak jadi belang? Ya memang harus tetap diclaim kekurangannya itu, cuma bagaimana kalau memang ternyata 3 pcs itu tdk ada lagi...repot juga kan.


saya saja nyetok keramik sampai 2 dus ngeri soalnya kalau ga keluar lagi.

Quote:Original Posted By hezztee


siapa yang suruh ngecek keramik satu2?
cukup cek kardusnya aja..
lihat udah dibuka apa masih segel utuh...
karena itu cukup dari kardus nya aja udah ketauan kalo itu pernah diambil untuk barang display


kemungkinan besar TS nya sudah buru2 mau balik, jadi cuma cek jumlah kardus, buru2 masukin dan terlupa. cuma bagaimanapun pihak store harusnya aware (setidaknya kalau jumlah tidak lengkap/ pecah disendirikan).
emang tokonya aja yang gak bener..kirain beli keramik kek beli hp gitu gampang ceknya...TS angkut atas dasar kepercayaan...
Bln Des kmrn kebetulan habis belanja banyak di Mitra 10.
Beli sekitar 20 dus keramik, ternyata kurang 6 dus.
Tapi besoknya langsung dikirimin lagi koq
Kalo menurut saia sih TS gak salah krn semestinya yg ngecek lebih teliti itu karyawan Mitra 10-nya. Kalo gak salah pas ambil barang di Mitra 10 dicek lagi kan sama petugasnya ? Mungkin sama" lagi meleng jadi gak ada yg sadar soal tulisannya