KASKUS

Video (Coming Soon) Film Perang Kerajaan Majapahit vs Padjajaran

PERANG BUBAT

Quote:



Quote:SURABAYA POST – Masih ingat Perang Bubat? Menurut sejarah yang sering disampaikan guru di SD dan SMP, inilah perang antara Kerajaan Majapahit yang berpusat di Jatim dan Kerajaan Pajajaran yang berpusat di Tatar Sunda atau Jabar.

Perang yang berawal dari politik pernikahan rancangan Patih Gajah Mada ini berakhir tragis. Awalnya, Prabu Linggabuana, Raja Kerjaan Pajajaran memenuhi permintaan Prabu Hayam Wuruk mengantar Putri Dyah Pitaloka Citraresmi ke Majapahit, tempat dilangsungkannya pernikahan besar.

Mengantar calon pengantin putri ke tempat calon mempelai putra adalah adat yang tidak wajar saat itu, namun Prabu Linggabuana melakukannya karena yakin pada niat baik Hayam Wuruk, raja yang masih satu nasab dengan para raja Pajajaran.

Ternyata, kepercayaan Linggabuana dimanfaatkan Gajah Mada, si patih yang punya jiwa ekapansionis seperti termaktub dalam sumpah amukti palapa-nya. Melihat rombongan Kerajaan Sunda yang tak seberapa jumlahnya --karena hanya mengantar mempelai putri-- muncul niat licik Gajah Mada. Dia mendesak Hayam Wuruk agar kedatangan Pitaloka tak dianggap sebagai kedatangan calon mempelai, melainkan bukti takluknya Pajajaran. Tentu saja rombongan Pajajaran tak terima dan lebih memilih bertempur meski jumlah mereka jauh lebih kecil. Hasilnya, tak satu pun anggota rombongan Pajajaran yang hidup.

Seperti diceritakan dalam Kidung Sunda dan Kidung Sundayana, Hayam Wuruk yang merasa bersalah mengirim permohonan maaf ke Kerajaan Pajajaran. Namun, dendam tak mudah dihapus. Cerita rakyat banyak menyebut orang Sunda diminta tidak menikah dengan orang “wilayah timur” (Majapahit).

“Perseteruan” budaya ini yang ingin dicairkan melalui media film yang digarap bareng “keturunan” Majapahit dan Pajajaran. Pemprov Jatim dan Pemprov Jabar akan mengangkat kisah pilu ini ke layar lebar. Dana yang dianggarkan Rp 2 miliar, dibagi rata antara kedua pemprov.

Wakil Gubernur Jatim, Saifulah Yusuf, mengatakan, pembuatan film Perang Bubat ini merupakan agenda budaya dan pariwisata. ”Saat ini baru tahap pendalaman materi. Bila selesai, mungkin 2011 pembuatan film mulai digarap,” kata Gus Ipul, begitu dia akrap disapa, Selasa (22/12).

Diakui Gus Ipul, ide pembuatan film ini berasal dari seringnya dia bertemu Wakil Gubernur Jabar, Dede Yusuf. ”Kami ingin membuat Film Perang Bubat secara kolosal seperti Gladiator atau Armageddon,” katanya.

Apakah Gus Ipul dan Dede Yusuf akan bermain di film itu? Menurut kedua pemain film itu –paling tidak Gus Ipul pernah main di film Laksamana Cheng Hoo—mereka takkan ambil peran sebagai pemain.

Sayang, Gus Ipul belum mau menjawab apakah film ini akan diedarkan secara komersial atau hanya menjadi bahan sosialisasi sejarah. Yang jelas, di Jabar kontroversi pembuatan film ini sudah memanas, namun tidak demikian di Jatim. “Orang Jatim banyak yang belum tahu, mungkin,” kata Gus Ipul.


Sumber
Spoiler for sumber:


Sejarahnya lengkapnya, langsung aja ke TKP gan.

Dulu ane pernah bikin status di jejaring sosial, berharap semoga Indonesia punya film kolosal kaya 300, tapi ceritanya tentang kerajaan-kerajaan di nusantara. Respon status ane beragam, ada yang optimis dan ada juga yang pesimis. Alhamdulillah, akhirnya harapan ane terwujud juga

Saya ucapkan terima kasih sebesar-besar kepada mereka berdua.
Quote:




UPDATE


Thanks infonya, gan!
Quote:Original Posted By yuniantoko
gan , tuh berita kok taon 2009 ?


Ane minta maaf atas ketidaktelitian ane, ternyata ini berita tahun 2009 dan ini beberapa update beberapa tahun kemudian.

DPRD Tolak Anggaran Rp 6 Miliar Untuk Pembuatan Film “Perang Bubat”


'Perang Bubat' Ditolak, Wagub Jabar Siapkan Film Lain

Sayang sekali yaa film bertema sejarah ini ditolak mentah-mentah oleh pemerintah, khususnya DPR hanya karna masalah biaya
Nice thread gan .. semoga Filmnya sukses

bangkitkan kembali kejayaan film nasional - yang mendidik dan membangun
Quote:Original Posted By positivisimo
Nice thread gan .. semoga Filmnya sukses

bangkitkan kembali kejayaan film nasional - yang mendidik dan membangun


Amin. Penasaran banget sama nih film, secara ane pecinta sejarah.
Semoga gan

sukses buat sineas tanah air, semoga filimnya rilis di 2013 ini
wah kalo bener-bener jadi nih pelem, harus mengikuti festival film diluar negeri juga gan.. biar makin booming kayak The Raid yang sukses mengenalkan budaya pencak silat ke internasional

kira-kira sutradaranya sapa yg bakalan menggarap tuh pelem ???

mudah-mudahan digarapnya secara serius yah, dari mulai skenario, pemaen ama sinematografinya.. kalo semua itu hal digarap secara serius mungkin biayanya bisa lebih dari Rp 2 miliar gan..
Quote:Original Posted By positivisimo
Semoga gan

sukses buat sineas tanah air, semoga filimnya rilis di 2013 ini


Semoga yaa, amin. Wah, kyanya masih lama gan hhe semua butuh proses.

Quote:Original Posted By Van Boteng
wah kalo bener-bener jadi nih pelem, harus mengikuti festival film diluar negeri juga gan.. biar makin booming kayak The Raid yang sukses mengenalkan budaya pencak silat ke internasional

kira-kira sutradaranya sapa yg bakalan menggarap tuh pelem ???

mudah-mudahan digarapnya secara serius yah, dari mulai skenario, pemaen ama sinematografinya.. kalo semua itu hal digarap secara serius mungkin biayanya bisa lebih dari Rp 2 miliar gan..


Wah ide bagus tuh mengenalkan Indonesia lewat film. Klo sutradaranya ane masih belum tau gan, next update dah. Amin, semoga filmnya sesukse film-film kya 300, Gladiator atau Troy.
wah.. ane demen ada yg semangat pingin bikin kolosal, apalagi dengan tema kerajaan-kerajaan di nusantara.
sekalian buat belajar sejarah
ane rasa klo buat dana ane setuju sama agan Van Boteng, utk film kolosal kyknya bakalan lbh dr 2M.
ini dananya ditanggung Pemprov ya? mirip kyk film "Gending Sriwijaya" hehe..
Semoga sukses ya gan! Ditunggu kabar selanjutnya
Perang Bubat = Perang HOAX bikinan Pujangga Pro Belanda untuk memuluskan politik Devide et Impera

sayang sekali kenapa cerita HOAX yang harus jadi ide cerita film kolosal


Quote:Original Posted By rzka
wah.. ane demen ada yg semangat pingin bikin kolosal, apalagi dengan tema kerajaan-kerajaan di nusantara.
sekalian buat belajar sejarah
ane rasa klo buat dana ane setuju sama agan Van Boteng, utk film kolosal kyknya bakalan lbh dr 2M.
ini dananya ditanggung Pemprov ya? mirip kyk film "Gending Sriwijaya" hehe..
Semoga sukses ya gan! Ditunggu kabar selanjutnya


Kementrian Budaya dan Pariwisata juga dukung kok gan

Quote:Original Posted By jikaengkauialah
Perang Bubat = Perang HOAX bikinan Pujangga Pro Belanda untuk memuluskan politik Devide et Impera

sayang sekali kenapa cerita HOAX yang harus jadi ide cerita film kolosal


Wah, ane baru tau gan. Klo boleh minta bukti sejarahnya? Seru nih klo kita bahas
Quote:Original Posted By jikaengkauialah
Perang Bubat = Perang HOAX bikinan Pujangga Pro Belanda untuk memuluskan politik Devide et Impera

sayang sekali kenapa cerita HOAX yang harus jadi ide cerita film kolosal



nah cerita dong kalau gitu....berarti agan tahu yang sebenarnya dong?? :

Iya butuh bukti sejarahnya nih,
Maaf gan, krn ane buka pake operamini, susah mau copas artikel. Cari aja di mbah google dgn kata kunci "perang bubat rekayasa belanda". Ada banyak kok tulisan yg membahas. Intinya sih perang bubat itu hanya ada dlm kidung sunda (kidung sundayana) yg ditemukan oleh orang belanda (kalo ga salah namanya CC Berg), kidung ini berbentuk syair (nyanyian) bukan cerita. Terus ditulis dgn gaya Bali, dan diperkirakan dibuat pd abad ke 17, 3 abad stl Majapahit bubar. Nama pujangga penulis kidung sundayana tidak pernah diketahui, jgn2 yg nulis
CC Berg sendiri
Terus, peristiwa perang Bubat tidak ada sama sekali dlm Kitab Negara Kertagama yg ditulis 1 thn stl meninggalnya Gajah Mada, padahal Negarakertagama adlh sumber utama para sejarawan mengetahui sejarah Majapahit.
Ane sih netral dlm hal ini, Sunda, Jawa, Bali semua bersaudara.
Bagus kalau memang benar
Please klo jadi dibikin nih film. Jangan pake sutradara dan crew yang ecek2.
Pake Riri Riza atau Joko Anwar buat nih film.

Jangan sampe film bertema sejarah yg menjanjikan dan jadi terobosan di Indonesia ini berakhit tragis di tangan sineas2 sampah yang ga becus garap film berkelas.
Quote:Original Posted By ReinDhra
PERANG BUBAT




Sumber
Spoiler for sumber:


Sejarahnya lengkapnya, langsung aja ke TKP gan.

Dulu ane pernah bikin status di jejaring sosial, berharap semoga Indonesia punya film kolosal kaya 300, tapi ceritanya tentang kerajaan-kerajaan di nusantara. Respon status ane beragam, ada yang optimis dan ada juga yang pesimis. Alhamdulillah, akhirnya harapan ane terwujud juga

Saya ucapkan terima kasih sebesar-besar kepada mereka berdua.





maju trus film indonesia ku tercinta
Quote:Original Posted By jikaengkauialah
Maaf gan, krn ane buka pake operamini, susah mau copas artikel. Cari aja di mbah google dgn kata kunci "perang bubat rekayasa belanda". Ada banyak kok tulisan yg membahas. Intinya sih perang bubat itu hanya ada dlm kidung sunda (kidung sundayana) yg ditemukan oleh orang belanda (kalo ga salah namanya CC Berg), kidung ini berbentuk syair (nyanyian) bukan cerita. Terus ditulis dgn gaya Bali, dan diperkirakan dibuat pd abad ke 17, 3 abad stl Majapahit bubar. Nama pujangga penulis kidung sundayana tidak pernah diketahui, jgn2 yg nulis
CC Berg sendiri
Terus, peristiwa perang Bubat tidak ada sama sekali dlm Kitab Negara Kertagama yg ditulis 1 thn stl meninggalnya Gajah Mada, padahal Negarakertagama adlh sumber utama para sejarawan mengetahui sejarah Majapahit.
Ane sih netral dlm hal ini, Sunda, Jawa, Bali semua bersaudara.


Klo menurut sumber dari Bandung TV, ada dua versi : dari Kidung Sunda sama Kitab Pararaton

Quote:Original Posted By Halimantik
Bagus kalau memang benar


Sejarah harus dibuktikan gan kebenarannya.

Quote:Original Posted By Rusty.Nail
Please klo jadi dibikin nih film. Jangan pake sutradara dan crew yang ecek2.
Pake Riri Riza atau Joko Anwar buat nih film.

Jangan sampe film bertema sejarah yg menjanjikan dan jadi terobosan di Indonesia ini berakhit tragis di tangan sineas2 sampah yang ga becus garap film berkelas.


Betul, harus digarap sebaik mungkin. Sutradara dan produsernya pun harus berkompeten

Quote:Original Posted By JohnPokerZynga


maju trus film indonesia ku tercinta


semoga sukses gan.....kalo yg sekarang masi di kian santang semoga cara ngomongnya gk kyk gitu

Smile Expressing Gratitude

Aku Berharap Film Indonesia Semakin Baju Eh Maju Maksudnya
Spoiler for Jangan Dibuka Terlalu Bagus:
wah pasti keren, dah lama banged ga nonton film indonesia model perang perangan.
bosen juga liat film luar..
Cuma 2 miliar... Sayang kan klo cerita Perang Bubat jadinya kayak sinetron murahan Ind*siar... Aktornya krempeng2, adegan perangnya aneh bgt...
Perang Bubat kan cerita yg Melegenda, sampai sekarang saja (kabarnya) nama2 jalan di tanah Pasundan gak ada yg pake nama raja2 Jawa.